Macam-Macam Pengembangan Uang dan Investasi

Ada beberapa macam investasi ataupun metode untuk pengembangan uang, yang dimana hal ini kami kelompokkan menjadi 2 kelompok besar yaitu sistem Terpusat dan Non Terpusat

Sistem Terpusat

Pola sistem ini adalah kita menempatkan dana pada SATU Tempat Perusahaan , dan perusahaan tersebut yang mengelolanya dengan suatu janji ataupun imbal dan bagi hasil tertentu kepada para pelanggannya. Anda mempercayakan penuh kepada perusahaan tersebut akan nasib dana anda.

Kelemahan sistem ini adalah bila terjadi suatu hal yang buruk pada perusahaan tersebut (misalkan ditutup oleh kepolisian) maka anda bisa beresiko kehilangan semua dana anda ataupun mengalami kerugian besar.

Contoh sistem terpusat ini ada berbagai macam karena umum ditemui, yaitu seperti para bank, koperasi, ataupun investasi yang dikelola oleh 1 perusahaan saja, dan semacamnya. Termasuk yang sudah scam / tutup yaitu Liberty Reserve dan investasi-investasi bodong (HYIP) semacam VGMC, GTI,  Swisscash, dkk nya adalah termasuk di golongan sistem terpusat, sehingga begitu ada masalah maka akan langsung kolaps semua dan tamat riwayatnya dalam sekejap.

Bisnis MLM seperti Talk Fusion, Iwowe, Fortune Travel, Amway, CNI, dan semacamnya adalah juga temasuk pada sistem Terpusat.

Sistem Non Terpusat (Peer 2 Peer)

Yaitu suatu sistem yang dana atau pusat pengendalinya tidak ditempatkan pada satu tempat, melainkan TERSEBAR di setiap penggunanya. Dan istilah ini biasanya dikenal dengan sebutan Peer 2 Peer (P2P). Sistem yang non terpusat ini lebih kebal terhadap resiko perusahaan yang fatal, karena tidak ada server terpusat yang bisa distop / ditutup secara sepihak. Selain itu tidak bisa melakukan kecurangan pada satu sisi saja.

Kelemahan sistem non terpusat ini adalah lebih ribet dan membutuhkan suatu proses yang lebih panjang daripada sistem terpusat, karena di sistem non terpusat ini pengendalinya adalah bukan terletak pada 1 induk, melainkan pada banyak tempat. Kemudian apabila anda melakukan kesalahan (misalkan salah transfer uang) maka akan sangat sulit untuk dikoreksi kembali, sebab pengendalinya bukan berada pada 1 induk.

Contoh sistem non terpusat ini adalah Crytocurrency yaitu Bitcoin , Litecoin , MMM , dan semacamnya.

Sistem Non Terpusat adalah mustahil ataupun sangat amat sulit untuk dapat dihentikan sepihak, karena server dan proses mereka tidak terletak di 1 tempat saja melainkan ada pada masing-masing penggunanya (tersebar) . Jika anda pernah tahu menggunakan BitTorrent maka kira-kira seperti itu cara kerjanya, yang dimana sampai sekarang tidak ada yang bisa menghentikannya.

Mana yang lebih baik ?

hal ini tergantung pada strategi dan tujuannya. Untuk sistem yang terpusat harus memilih perusahaan yang legal dan teregulasi secara benar agar keamanan dan nasib dana anda lebih terjamin, selain itu legalitas dan regulasi juga berguna untuk menghindari terjadinya kecurangan dari pihak perusahaan.

Sedangkan untuk yang Non terpusat memang mereka lebih kebal, tetapi anda juga harus memahami terlebih dahulu cara kerja mereka dan nilai fluktuasinya bila terjadi.

Semua metode-metode pengembangan uang ini pasti ada resikonya, dan anda harus membagi resiko tersebut dengan bijak. Jangan serakah dan jangan meletakkan semua telur anda di keranjang yang sama. Selamat berinvestasi !

(BrokerForex.com)

69 KOMENTAR

  1. malam master mo nanya ni…teman sy ajak inventasi di GCG asia pialng di kuala lump MALAYSIA. katnya dpt 22persen ada y dpt 50persen tergtung depo nya..nrt master GCG itu trading apa an tu..?

    • itu money game loh, memang returnnya besar dan menggiurkan 🙂

      main begitu harus pakai uang yang mana kita siap jika kehilangannya, agar tidak stress

      sebab return yang segitu besar dan fantastis (sebulan bisa 100% returnnya) itu kalau emang dia trade beneran maka sudah dipakai oleh pemerintah tuh untuk mengentas kemiskinan dan bayar utang negara 🙂

      jadi hati2 ya dengan bermain money game

  2. Berinvestasi dengan membeli InaCoin aman ga master?apakah ini scam atau cryptocoin beneran punya asli Indonesia?

  3. Bsh minta nmr tlp lansung dan alamatnya yg komentar semua per tanya an di atas.krn bnyk yg sy mau per tanyakan ke anda yg terutama anda menjelek kan tentang sky way.hati2 loh.bnyk negara yg anda akan hadapi!!!!!!!!

    • Wkwkwk..negara mana..di belarus aja mereka lagi terkencing2, minta utangan ke dubai. PraIPOnya gagal. Gak tau kan? Wkwkwk..kasihan sih sebenrnya masyarakat yang udah terlanjur masukin uang. Tpmmg susah untuk nyadarin kalo kita masih di dalam. Leader2 ga akan diam untuk terus mengedukasi kita, menghipnotis dg kata2 dan gambar2 lama.

      Pasti masih ada tuh gambar2 tanda tangan 2 mou dengan pemerintah india, ui, itb, dll, bahkan hibah dari PBB dan pendaftaran patent di India jg ga valid.

      Udah lahhhh…insyaaaff..istighfar sbnyak2nya.

      Aku tau untuk orang2 spt Edwin Soru dan Juan Yulfa yang dulunya miskin begitu dapat banyak transferan dari Kaki2 mereka pasti terkaget2 dan peluang untuk balik modal setelah kerugiannya di MMM.

      hati2. Kemarin mereka masih posting liputan kegiatan mereka di majalah MASKA, padahal itu liputan lama sebelum kedok mereka dibongkar ama Country Directornya sendiri.

  4. Selamat Sore master, bagaimana dengan PT. equity world future (EWF) apakah aman untuk berinvestasi di sana? Mohon penjelasannya …. trims sebelumnya

  5. pak master sy mo ty..investasi tentang AMAZON dftr member seharga 2jt..anda cm melakukan ketik tulis pokoknya py internet sj sdh bs memiliki dolar /hr 1000$.menurut pak master apa itu benar investasi itu? almatnya privateamazonmasters.com/

  6. master..
    tanya tentang saham di skyway.capital/en/ apakah itu benar informasinya? aman atau tidak kalau invest saham disitu

      • Master katanya skyway terdaftar di bvi? Bagaimana itu?
        apakah emang praIPO yg ditawarkan ini hanyal abal abal atau bgmn mekanisme pra-IPO yg aman/masuk akal?

        • hati2 ya Pak dengan tipuan2 money game. Dan cara2 Pra-IPO money game itu sebenarnya money game model jadul loh.

          pra-IPO itu nggak mungkin ditawarkan retail2 semacam ini Pak apalagi di MLMkan, kecuali kalau itu barang sampah loh

          lihat saja itu Gojek, Tokopedia, Traveloka, dkknya yang memang real dan bagus, itu pra-IPOnya pun yang masuk perusahaan gajah2 yang memang mereka selektif. Dan bukan dibikin seperti MLM cari member2 untuk menawarkan sahamnya, itu sih money game

          kalau memang perusahaan bagus dan bukan abal2, maka nggak usah ditawarkan ke retail maka gajah sudah masuk duluan suntik trilyunan Pak

        • PraIPO itu gak akan pernah ditawar2kan dengan cara murahan seperti SkyWay atau Gem4me.

          Udah lah Mas Pak Bu kita insyaf. Itu bisnis bener2 ngeruk doang. Kalopun dapet cipratan komisi dari kaki2 kita itu gak akan berkah.

          Selidiki dulu. Dedengkot si SkyWay dan Gem4me itu sama Edwin Soru dan keluarganya. Dulu dia hancur di MMM jadi mereka manfaatkan SkyWay dan Gem4me buat balikin modal mereka. Skrg mereka jadi nasabah prioritasnya BCA dan rumahnya baru. Tp itu semua pake uang yang dikirim dari orang2 desa yang tergiur rayuan mereka. Orang2 desa yang ga tau bagaimana investasi yang benar.

          Gambar2 yang dipakai untuk jualan jg udah usang. Sebelum Country Directornya SkyWay mbongkar kedok MLMnya SkyWay.

          Jadi jangan percaya. Foto2 Country Directornya dg UI, ITB, dan OJK itu sudah usang. Kata2nya dibuat2 seolah2 teknologinya diterima di Indonesia dan di Berbagai Negara. Padahal nyatanya semua orang kepercayaannya di India, Australia, dan Indonesia mereka depak semua karena orang2 kunci ini tau pada akhirnya daleman si SkyWay dan kemana sbnrnya uang itu ngalir.

      • Thank you Pak Admin. Alhamdulillah masih ada yang logis dan mau share terkait dengan bisnis onlinenya si SkyWay ini. Udah jelas praIPOnya molor2. Country Directornya yang latar belakangnya lawyer saja akhirnya mundur karena ga mau terlibat jauh. Meski dia akhirnya difitnah sama perusahaannya di belarus karena membangkang dan mbongkar semua kedok daleman penipuan ini.

        Tp mmg susah Pak. Itu dedengkotnya Edwin Soru kan mantan dedengkot MMM.

        Mau diingetin OJKpun masyarakat yang sdh jadi korban ya ga akan kerasa jadi korban.

        Udahlah kerja yang bener. Sayangi uang. Mau investasi ya yang bener aja. Tanya langsung ke Bursa kalo mmg mau main saham atau ke BAPEPTI. Mau beli saham asing jg bs tanya langsung ke bursanya. Ga usah mainan rantai2an. Dikatain MLM jg ga mau mereka. Padahal jelas2 rantai wkwkwkwk

  7. https://yobit.net itu cara kerjanya bagaimana ya pak,,,ada teman yang bilang bisa profit besar kalau beli coin di yobit,,,,,,apakah bisa dipakai untuk cari uang pak beli coin di yobit tersebut??,,makasih

    • itu pakai cara arbitrase Pak, memang bisa profit tetapi nggak bisa besar2, sebab liquiditasnya di sana itu sebenarnya terbatas.
      dan juga sering main suspend loh Yobit itu.

      kalau sekedar kecil2 saja, boleh kok Pak, cuman kalau sudah lumayan besar uangnya misalnya sudah angka puluhan juta keatas, itu harus hati2 kalau bermain arbitrase dengan crypto tersebut di Yobit

      • ada teman saya beli coin lambo di yobit,,dan walaupun tidak ditradingkan dia mendapatkan keuntungan 1% perjam/24% per hari…………asalkan harga lambo tersebut stabil ,,dia sudah dapat profit pak,,,,, saya itu masih belum ngerti tentang yobit ini,,,,,,,,makasih pak informasinya

        • hati2 loh coin lambo itu tergolong coin coinan, alias shitcoin. Dan kalau sedang sial dan liquiditasnya sedang kecil/tidak ada maka bisa berabe.
          hindari itu Pak, karena itu beresiko tinggi, sebab tidak beda dengan money game loh.

          Yobit itu hanya exchange saja Pak, dia mempertemukan penjual dan pembeli saja

    • Koinworks itu adalah fintech media p2p untuk pemberi pinjaman , resikonya adalah jika orang yang anda pinjamin itu tidak membayar maka anda akan beresiko kehilangan uang anda.

      tapi selama ini koinworks itu bagus dan legal kok

  8. pak kalo unitlink di asuransi allianz seperti Smartlink Rupiah Balanced Fund bagus ga?

    • kalau tujuannya untuk investasi, jangan memilih yang dibundling dengan asuransi
      karena hasilnya tidak akan maksimal, dan juga pasti akan tergerus dengan biaya2 asuransi yang semakin tahun semakin mahal

  9. Selamat pagi, perkenalkan nama saya Kania beralamat di Condet Jakarta Timur dan ingin konsultasi mengenai pembukaan awal sebagai pemula dan masih awam seperti saya telah mengikuti program BukaReksa di salah satu aplikasi yaitu Bukalapak, saya sudah 4 bulan membeli produk CIMB-PRINCIPAL Bukareksa Pasar Uang. Mohon pencerahannya apakah program itu aman dan bagus? Saya sangat tertarik dengan reksadana namun saya masih bingung harus memulai dari mana untuk masa depanku kelak, mumpung usia dan fisik saya masih mampu untuk bekerja salah satu perusahaan. Mohon pencerahan dan penjelasannya ya. Terima kasih dan semoga suskses

  10. Selamat pagi master,,,, mau tanya bagaimana untuk trading di binary.com apakah itu aman, legal dan halal?

  11. Pagi master,
    Ada tawaran pembelian saham Dari perusahaan yg produknya adalah alikasi software semacam WhatsApp, namanya Gem4me.
    Dengan asumsi bahwa pengguna aplikasi akan terus bertambah shg nilai saham akan meningkat. Konon aplikasi software tsb akan dibeli oleh perusahaan Google.
    Bagaimana menurut pendapat Master?
    Terima kasih

    • Jangan percaya Gem4me itu Pak, itu penipu ya dan investasi bodong, pasti !

      kalau perusahaan itu bagus, ngapain dia buat seperti ini.
      coba lihat saja itu facebook, google, twitter dan semacamnya, mana pernah ada dibuat seperti begini…

      jangan mau Pak dibodohin dengan investasi bodong tersebut ya

      • Iya itubdedengkotnya dibIndonesia Gem4me dan SkyWay sama: Edwin Soru, Laura Guinta(yang sekarang banyak posting promosi Kupang, kedok aja karena dulu websitenya pernah dibodongin ama OJK), Juan Yulfa, Iren Dethan (yang masih aktif jadi Guru di Kupang, postingannya sekarang banyak ngikut di forum2 OJK) tapi mereka di belakang masih belum sadar. Tetep nyedot duit masyarakat Pak. Gambar2 yang sdh ga valid spt tandatangan MoU dan pertemuan2 Country Directornya yang juga akhirnya mundur, masih diposting mereka untuk meyakinkan korban2nya. Skrg mereka buat posting video2 proyek di dubai. Ngga tau stelah ini dmana. Karena di Lithuania, Australia, India, dan Indonesia, pemerintahnya sdh mendeteksi kalo teknologi mereka abal2 dan investasinya bodong.

        Bahkan liputan2 di TV dan Majalah2 di Indonesia yang sdh ga relevan jg masih dipajang. Padahal itu liputan saat dulu SkyWay awal2 masuk Indonesia dan kita belum pada ngeh kelakukan mereka didalam.

        Untungnya Country Directornya berani ambil resiko, ngungkap dan dia keluar. Nama dia dipake jualan MLM.

  12. Baru2 ini saya ditawarkan investasi saham pra ipo dari perusahan skyway yg bergerak pd bidang transportasi. Apakah ini aman, dan bagaimana prospeknya untuk 5 th ke depan. Tks

    • jangan Pak, saham2 pre-ipo seperti skyway itu banyakan investasi bodong

      jangan ikut ya , apalagi kalau itu dijadikan MLM dengan sistem cari2 orang supaya mau invest disana, tambah berbahaya lagi

        • kalau invest2 itu hati2 Pak, kalau invest di bitcoin dengan langsung beli BTC nya itu masih boleh, tetapi kalau diserahkan ke investasi2 dengan iming2 imbal hasil tertentu maka itu jangan ya

  13. saya punya dana di deposito cukup besar, lebih baik mana investasi di deposito, karena saat ini saya hanya dapat sekitar kurang dari 10jt/ bulan, apa reksadana saham itu lebih baik dari pada reksadana pasar uang.
    terima kasih master
    salam

    • itu semacam pembiayaan, tetapi dikemas peer 2 peer.

      itu ada resiko uang anda tidak bisa kembali loh, jadi sebenarnya itu adalah donasi tetapi jangan mengharapkan uang anda bisa kembali 100% loh, karena itu ada potensi gagalnya.

      • maaf mau tanya kalo jual beli saham online pakai platform mt4 seperti forex ga pak ..kalo ada di mana downloat flatform trading saham online seperti mt4

        • kalau saham itu beda Pak, nggak pakai seperti MT4, kecuali itu jenisnya CFD

          saham itu platformnya sendiri lagi dan tergantung perusahaan sekuritasnya

          kalau saham luar negeri itu bisa di interactivebrokers

  14. mau tanya tentang moorescapital yang menjanjikan 2,8 % perhari selama 80 hari
    menurut agan gimana? apakah dana kita aman? diinvestasikan kemana sih dana kita sama moorescapital?

  15. Master,
    Saya masi awan terhadap investasi. Saya hanya mempunyai 10jt..menurut master invest mana dlm 3 bln isa langsung dpt hasil, dan pastinya jalur aman.

  16. Selamat Malam Master…
    mau nanya nih tentang ini… /car3i-network.com/
    gimana menurut master apakah bagus dan aman?
    terima-kasih

    • itu Asuransi yang di MLM kan.

      menurut kami kerja semacam itu butuh perjuangan extra keras supaya bisa sukses

      dan juga kalau asuransi itu biasanya sampai 5 tahun aja, setelah itu bisa lepas satu2 loh kalau tidak di top up lagi.

      kalau kami pribadi kurang minat, sebab kecil hasilnya menurut kami 😀

  17. Master
    Saya mau tanya apakah program powerfullPHP itu bagus atau tidak,kalau di banding kan dengan MMM dari rusia itu mana yang lebih bagus,so banyak yang bilang kalu program PHP itu hasil jiplakan dari MMM itu sendiri.

  18. Master,
    Saya masih awam tentang investasi, selama ini jika ada dana ya cuma ditabung. Setelah membaca blog ini, saya tergugah untuk mulai berinvestasi khususnya untuk persiapan pensiun. Jika saya mempunyai dana 1M, mohon bantuan penjelasannya untuk pertanyaan sbb:
    1. Sebaiknya bagaimana investasi yang cukup menguntungkan, namun tetap aman?
    2. Bagaimana idealnya diversivikasi investasi untuk dana tersebut?
    Sebelumnya saya sampaikan banyak terima kasih atas penjelasannya.

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini