Cara Investasi yang benar dan aman

INVESTASI vs TRADING

Anda harus membedakan terlebih dahulu kedua arti tersebut, karena saling bertolak belakang.

Investasi yaitu anda duduk diam dapat uang (pasif saja) , tetapi hasil yang diperoleh biasanya kurang signifikan (kalah dengan trading) dan tergantung kepada pengelola uang anda tersebut. Tetapi Investasi juga bisa aman dan untuk masa pensiun kelak jika memilih dengan benar dan tepat. Selain itu investasi juga dapat meningkatkan Capital Gain atau Pertumbuhan Modal.

Trading yaitu anda harus ikut aktif , tetapi hasil yang diperoleh bisa sangat besar ataupun justru merugi. Dan untuk Trading adalah tergantung kepada kemampuan anda sendiri.

Mengenai Trading, anda disarankan untuk menempatkan dana anda di perusahaan broker yang terpercaya dan memiliki regulasi yang jelas dan aman. (Anda bisa membaca penjelasannya di halaman yang lain pada web kami yang membahas tentang broker)

Untuk Investasi, kami akan membahas di halaman ini, karena seringkali masyarakat sangat buta perihal investasi ini, dan akhirnya salah mengambil jalan dan ikut semacam Money Game, Arisan Berantai, Saham Pre-IPO yang tidak jelas, dan HYIP yang ujung-ujungnya pasti akan hilang ataupun dibawa lari uangnya oleh pengelolanya.

HYIP, Money Game dan semacamnya pasti menawarkan Mimpi-Mimpi cara cepat menjadi kaya, padahal itu semua tidak logis dan berbohong. Karena kalau dia sendiri (si pengelola tersebut) bisa begitu, maka dia sudah kaya raya kan dan buat apa repot-repot berjualan atau mencari dana orang lain lagi, dan kenapa dia juga tidak pinjam uang saja di bank… yang dimana dia hanya perlu memberi imbal hasil yang kecil kepada bank kan.. (bunga bank paling max paling hanya 1% / perbulan, bahkan di luar negeri bunga bank dibawah 1% per bulan lo)

Contoh: HYIP memberi anda return 10% per bulan (bahkan ada yang lebih), padahal kalau dia si pengelola HYIP tsb meminjam uang di bank, dia cukup memberi ke banknya 1% per bulan bukan.. (hemat 9%) , nah kenapa dia tidak pinjam ke bank saja ?? KARENA, Bank tidak bisa dibohongi, jadi dia memperdaya orang-orang awam !

Nah oleh karena itu kita harus jeli dan berpikir tajam, jangan mau dibohongi oleh orang-orang yang tidak benar seperti itu lagi.

Mengenai cara investasi yang BENAR, ada berbagai macam, yaitu:

  • Properti, seperti membeli properti dan disewakan, ataupun membeli tanah untuk disimpan (untuk membeli property, perhatikan lokasinya !)
  • Beli emas, dan disimpan untuk jangka panjang. Atau melalui media online seperti info dari artikel blog kawan kita di www.brokeremas.com
  • Kolektor produk-produk antik bernilai tinggi (lukisan, barang seni, dkk)
  • Franchise yang bisa pasif income, seperti Indomaret, Alfamart, Apotek K24, dll.
  • Bisnis (sebagai komisaris ataupun penyerta modal pasif saja), tetapi hati-hati ya karena bisnis juga banyak yang tidak benar pula. (Pelajari Sistem dan Laporan Keuangannya)
  • Berinvestasi langsung di saham-saham yang benar dan kredibel / bluechip
  • Reksadana Saham yang kompeten
  • Obligasi (bond) , diutamakan yang Obligasi Pemerintah agar lebih aman seperti ORI (Obligasi Republik Indonesia), ataupun Obligasi dari perusahaan swasta yang sudah solid seperti Astra.
  • SUN (Surat Utang Negara), Sukuk
  • Deposito di bank (jangan di rentenir ya), tapi deposito sangat kecil returnnya dan bisa habis termakan inflasi. (Tidak disarankan untuk Deposito !)
  • Pemilihan Unit Link secara tepat pada produk Asuransi

Mengenai beberapa produk investasi diatas, kami tidak membahas semuanya, karena kompleksitasnya yang bila dibahas di sini tidak akan selesai dan sangat panjang. Kami hanya membahas secara Singkat mengenai Investasi Jangka Pendek (bisa untuk cash flow) di Strategi Investasi Emas Online , serta untuk Jangka Panjang dan Menengah di Reksadana, Obligasi, ORI, Sukuk dan Unit Link Asuransi.

Untuk pemilihan lembaga investasinya (khususnya untuk produk Reksadana, ORI, Sukuk, Obligasi), kami menyarankan anda untuk ikut pada produk-produk yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang resmi dan legal di Indonesia (yang terdaftar di BAPEPAM), seperti pada produk-produk yang ditawarkan di Bank-Bank yang BESAR (sebaiknya jangan di bank-bank kecil ya), selain itu di produk-produk pada perusahaan sekuritas yang resmi terdaftar di Bapepam itu juga boleh (seperti E-Trading, OSK, Danareksa, Trimegah, Mandiri Sekuritas, Panin Sekuritas, dll). ATAU anda bisa berkonsultasi kepada kami terlebih dahulu secara Gratis daripada tersesat.

Pemilihan produknya boleh pada produk-produk investasi yang umum, yaitu seperti Emas, Reksadana, Unit Link Asuransi, Obligasi (bond), ORI, Sukuk Ritel, dan bahkan Deposito.

Ok , sekarang masuk pada pokok bahasan tentang cara menginvestasikan uang tabungan anda secara Benar dan Aman untuk masa depan atau pensiun anda kelak :

STRATEGI INVESTASI EMAS SECARA ONLINE

Strategi investasi emas secara online ini adalah salah satu strategi investasi yang kami rekomendasikan pula, karena cukup Mudah dan dapat dikerjakan dengan Santai, tetapi memiliki potensi return yang cukup Bagus dan Aman.

Emas adalah suatu instrumen yang pasti akan terus naik untuk jangka panjangnya, karena emas merupakan logam mulia yang dipakai untuk berbagai hal, termasuk untuk devisa suatu negara, backup mata uang, sarana hedging (lindung nilai), alat pembayaran, untuk keperluan produk-produk elektronik, perhiasan dan sebagainya. (tanpa emas, dunia tidak bisa hidup)

Emas sangat Bernilai Tinggi , karena Emas tidak dapat dibuat oleh manusia, selain itu persediaan emas juga semakin hari semakin sedikit, hal inilah yang membuat emas sangat bernilai dan trend nya adalah cenderung untuk naik, meskipun kadang dapat terjadi gejolak atau turun tetapi itu hanyalah sesaat, dan ujung-ujungnya nanti akan naik kembali yang dimana hampir setiap tahun semakin mahal nilainya.

Lihat perkembangan harga emas di beberapa tahun ini dengan Klik Disini

Dari berbagai macam investasi emas, yang paling efektif adalah menggunakan media Online di Internet, karena dengan media ini anda Tidak Perlu Repot menyimpan Fisik Emas anda di brankas, dan tidak perlu takut dicuri / kehilangan fisik emas anda, selain itu dengan Internet dapat dilakukan dimana saja secara Instan dan lebih Hebat, serta lebih Praktis, Efisien, dan Menguntungkan. TAPI anda tidak boleh sembarangan invest di media online atau internet ini , karena banyak penipuannya juga !
(Kami akan memberikan tips nya di bawah ini)

Untuk strategi investasi di emas secara online, bisa digunakan untuk keuntungan jangka pendek, menengah, ataupun untuk mendapatkan Cash Flow, karena sifatnya yang menggabungkan Trading dengan pola Investasi, sehingga teknik ini sangat cocok bagi anda yang ingin berinvestasi sekaligus mendapatkan perputaran uangnya (cash flow).

Cara kerja investasi Emas secara Online ini Prinsipnya juga sederhana yaitu ketika harga emas turun maka anda membelinya (beli emas ketika harganya turun atau sedang murah), tetapi ada suatu perhitungan tertentu yang kita tidak boleh sembarangan asal membelinya, karena hal itu bisa membahayakan. Cara ini berdasarkan pengalaman kami adalah sangat efektif dan tidak menyita waktu, serta dapat dilakukan oleh siapa saja.

Investasi dengan teknik emas secara online ini HARUS dilakukan melalui media suatu perusahaan berjangka yang Kredibel , karena di perusahaan berjangka (perusahaan broker yang bisa untuk trading emas ini) terdapat daya ungkit atau leverage yang memungkinkan anda untuk membeli emas senilai beberapa ratus kali lipat dari harga emas konvensional pada umumnya (menggunakan sistem seperti uang muka saja), selain itu bebas biaya pajak, dan anda bisa mendapatkan selisih harga jual beli yang lebih rendah dan menguntungkan daripada membeli emas fisik konvensional.

Kami menyarankan anda untuk memilih perusahaan berjangka (perusahaan broker) dengan Tepat dan HARUS MEMILIH YANG AMAN, karena menyangkut dengan keamanan dana anda jangka panjang. Yang Terbaik adalah melakukan strategi investasi emas online ini di perusahaan broker luar negeri yang terdaftar pula di CFTC milik pemerintah Amerika Serikat, karena CFTC adalah lembaga regulator yang PALING KREDIBEL di dunia, selain itu penyertaannya sebagai nasabah juga terjangkau (modal kecil juga bisa invest dan trading, mulai dari sekitar Rp.2 jutaan sudah bisa), di perusahaan anggota CFTC adalah sangat aman, dan keuntungan lainnya adalah anda bisa memperoleh fasilitas yang lebih lengkap seperti Bebas Biaya Inap, Lebih Murah Marginnya, Tanpa Intervensi Dealer (non bandar), dan bisa Mengatur Volume Lotnya dengan Lebih Rapat dan Fleksibel dibanding lainnya atau broker lokal (di broker luar negeri yang terdaftar di CFTC bisa menggunakan instrumen Emas dengan volume Micro, Mini, sampai tingkat Reguler keatas, dan sangat fleksibel serta lebih menguntungkan).

Jangan investasi emas di perusahaan-perusahaan investasi yang tergolong High Risk, ataupun HYIP (yang menjanjikan imbal hasil tinggi/ponzi) ataupun yang dikelola oleh seseorang dan perusahaan yang tidak jelas / tidak teregulasi secara benar (tidak terdaftar pula di CFTC.gov), karena hal tersebut bisa sangat berbahaya dan berpotensi untuk dibawa lari, mengingat instrumen Emas ini seringkali dimanfaatkan oleh para penjahat kerah putih dan perusahaan-perusahaan ilegal semacamnya (seperti Tambang Abal-Abal, Saham Pre-IPO Sampah, MLM Money Game, dan semacamnya), selain itu banyak juga disesatkan ke semacam ilegal gambling atau perjudian yang menguntungkan oknum tertentu.

Untuk teknik selengkapnya mengenai strategi emas secara online ini sebagai investasi dan cash flow, simak detail selengkapnya di penjelasan blog salah satu kawan kita di www.brokeremas.com

Setelah anda mempelajari strategi berinvestasi di emas secara online ini, maka anda semestinya Tidak Perlu Lagi mengikuti seminar ataupun workshop pelatihan emas yang harganya mahal hingga jutaan rupiah :) selain itu belum tentu teknik yang diajarkan juga benar dan aman, karena seringkali yang diajarkan disana adalah suatu hal yang beresiko tinggi atau menjurus ke gambling. Di situs kami anda bisa mendapatkan segala informasi strategi trading dan investasi emas tersebut dengan Gratis  melalui cara yang mudah, praktis dan ringan.

Teknik trading dan investasi Emas secara Online ini bisa memberikan keuntungan yang cukup baik dengan resiko yang kecil, tetapi harus dijalankan secara SABAR dan TEPAT sesuai dengan petunjuknya.

REKSADANA

Investasi yang sangat kami sarankan untuk jangka panjang selain strategi emas online diatas adalah pada produk-produk Reksadana, dan mengenai reksadana ini kami menyarankan untuk memilih produk REKSADANA SAHAM, karena produk ini bagus untuk investasi jangka panjang diatas 5 tahun, dan anda dapat meningkatkan capital gain (pertumbuhan modal) di waktu tersebut ataupun untuk masa pensiun anda kelak. (reksadana saham ini sangat bergejolak tetapi ujung-ujungnya pasti akan naik di masa panjang tersebut, cocok sekali untuk uang pensiun kelak). Tetapi jika tujuan anda adalah short term dibawah 5 tahun dan uang investasi tersebut adalah untuk uang dapur/uang usaha bisnis anda, maka sebaiknya jangan ikut di reksadana saham !

Untuk reksadana saham, kami anjurkan anda untuk mengambil produk-produk yang dikeluarkan oleh perusahaan besar, aman, legal, dan yang SUPER KREDIBEL menurut kami, yaitu seperti keluaran dari perusahaan Schroder, Manulife, BNP Paribas dan Panin Sekuritas (Panin Dana Maksima). Karena performance mereka sangat bagus dan layak untuk kita ambil.

Beberapa Contoh nyata penerapan reksadana :

Di tahun 1997 bila anda menabung Rp.100 juta pada produk reksadana Panin Dana Maksima, maka tahun 2012 sekarang dana anda akan menjadi lebih dari Rp.5 Milyar .

Kemudian jika di tahun 2000 anda menabung di reksadana saham Schroder Dana Prestasi Plus sebesar Rp.100 juta, maka di tahun 2012 sekarang dana anda sudah berkembang menjadi Rp. 2,1 Milyar

jika di tahun 2005 anda menabung Rp.1 Milyar di Schroder Dana Istimewa, maka di tahun 2012 sekarang dana anda sudah berkembang menjadi Rp.5 Milyar.

Dari beberapa contoh diatas, anda bisa melihat perkembangan mereka jika diendapkan secara jangka panjang.

Untuk detail prospektus mereka, anda boleh meminta dan bertanya kepada petugas bank , mereka dapat memberikan data-data pertumbuhannya, dan itu nyata tanpa rekayasa.

(contoh diatas tersebut adalah berdasarkan hasil nyata kinerja Reksadana yang sudah terjadi. Tetapi untuk masa depan belum tentu bisa berkinerja sama seperti masa lalu. Konsultasikan ke petugas bank anda untuk info lebih detailnya)

Beberapa produk unggulan untuk reksadana saham di Indonesia yaitu (yang kami rekomendasikan boleh anda ikuti) : Schroder Dana Prestasi Plus, Schroder Dana Istimewa, Schroder 90+, BNP Paribas Solaris, BNP Paribas Star, BNP Paribas Pesona, BNP Paribas Pesona Amanah, BNP Paribas Equitas, Manulife Saham Andalan, Manulife Dana Saham

Reksadana nyaris tidak bisa bangkrut, karena reksadana adalah terdiri dari kumpulan saham-saham unggulan penopang perekonomian negara Indonesia, seperti saham Unilever, Indofood, BRI, BCA, Mandiri, Astra, Telkom dan kawan-kawannya, yang dimana jika mereka bangkrut maka negara Indonesia juga pasti akan hancur. Jadi investasi di reksadana saham bisa dikatakan sangat aman untuk jangka panjang (asalkan memilih di produk reksadana yang benar seperti petunjuk kami tersebut)

Jangka waktu investasi di reksadana saham jika semakin lama dan semakin panjang maka akan semakin baik dan berkembang, ATAU anda bisa melakukan rutin menabung setiap bulannya di reksadana saham tersebut untuk hasil yang optimal pula dan tidak peduli gejolak market.

UNIT LINK (Produk Asuransi)

Sedangkan bila anda ingin memilih produk-produk jenis unit link yang bisa dibundle dengan Asuransi, maka mereka bisa anda dapatkan di perusahaan Asuransi Terkemuka, seperti Prudential, Acelife, Manulife, Generali, Sequis life, Axa, dan sebagainya. Prinsip kerja unit link adalah seperti Reksadana, hanya saja return lebih kecil (karena terpotong biaya-biaya untuk asuransi), dan kelebihannya anda bisa mendapatkan manfaat asuransi pula.

Tapi ingat, bahwa untuk investasi dengan unit link di asuransi ini pertumbuhan dananya pasti akan kurang maksimal, sebab terpotong dengan biaya asuransi (seiring usia) dan seringkali juga tidak dimasukkan semuanya ke produk investasi (bertahap), akibatnya anda bisa ketinggalan momentum dan dana anda tidak bertumbuh secara bagus.

Bila anda memang ingin ikut produk UNIT LINK pada asuransi ini, mintalah pengaturan komposisinya 50:50 ataupun 60:40 atau bahkan 70:30 (investasi harus yang lebih besar), karena seringkali ada agen yang buruk yang memberikan anda komposisi investasi hingga 20:80 atau kurang, dan itu jelas merugikan anda, karena nilai investasi anda bisa sangat buruk. (agen asuransi mendapatkan komisi dari uang yang ditempatkan pada nilai asuransinya dan bukan pada nilai investasi, jadi agen pada dasarnya lebih suka bila penempatan asuransi anda lebih besar dari top up investasinya, karena komisi dia bisa lebih besar. Jadi anda harus jeli dan pintar ya, jangan salah penempatannya !)

Untuk top up di Unit Link pada Asuransi ini mintalah penempatan pada portfolio saham.

Sebaiknya asuransi adalah digunakan sebagai proteksi kesehatan, dan bukan digunakan untuk sarana investasi, sebab perkembangan nilai investasinya buruk.

OBLIGASI , FR , ORI , SUN, SUKUK

Untuk pilihan produk jenis seperti obligasi, ORI, dan sukuk, produk ini seperti Deposito, dan bisa anda dapatkan pada bank-bank yang umum, seperti di BCA, BRI, Mandiri, CIMB Niaga, HSBC, Bank Mega, Standard Chartered, Citibank, Commonwealth, BII, dan sebagainya. Dan prinsip kerja produk obligasi dan sukuk adalah sama seperti deposito, hanya saja disini bunga lebih tinggi, terjamin 100%, dan bisa menikmati extra capital gainnya pula, walaupun Capital Gainnya tidak akan bisa setinggi seperti Reksadana Saham. Serta di Obligasi dan Sukuk ini terdapat jangka waktunya.

Untuk produk-produk diatas, anda juga bisa memantau perkembangan mereka pada koran Bisnis Indonesia di setiap harinya, ataupun melihat pada website Bapepam.

anda bisa menanyakan secara lebih detail perihal produk-produk tersebut kepada petugas bank anda, mereka siap membantu memberi penjelasan lebih lengkap.

Bagaimana cara mendapatkannya Reksadana, ORI, dll ?

Kami sarankan Anda bisa menghubungi pihak Bank untuk mudahnya, dan nanti anda akan didampingi oleh Personal Account Officer / Relationship Manager (RM) yang bisa membantu anda mengurus keperluan administrasi dan penjelasannya.

Bank-bank yang umumnya menyediakan produk-produk diatas adalah : Bank HSBC, ANZ, Bank Citibank, Bank Commonwealth, Bank Standard Chartered, Bank BII, Bank BNI, CIMB Niaga, Bank Mandiri dan lain-lain. Anda bisa menghubungi pihak bank terlebih dahulu untuk menanyakan hal tersebut, apakah menyediakan produk tersebut atau tidak. (umumnya Bank pasti menyediakan, tapi ada juga bank yang tidak menyediakan, contohnya: BCA).

Ikutlah di produk-produk yang kami rekomendasikan di atas agar tidak salah memilih !

Mulai sekarang, tinggalkan HYIP, Money Game, Arisan Berantai, MLM Binary, ataupun tawaran-tawaran investasi diluar sana yang menjanjikan keuntungan tinggi atau Mimpi-Mimpi cara cepat kaya dalam sekejap. Karena hal-hal seperti itu berbahaya semua, tidak legal, tidak bisa untuk jangka panjang, dan sangat tidak bertanggung jawab.

Semoga bermanfaat !

(Brokerforex.com)

Baca link ini juga: http://brokerforex.com/investasi-profit-besar/

618 Responses to Cara Investasi yang benar dan aman

  1. kadekjunia says:

    Dear master
    Master.. saya sudah melakukan investasi berupa unit link AIA
    Yaitu IDR equity syariah fund yang tergolong beresiko besar .. dlm wktu 7 thn..
    Menurut master gmna prospek kedepan?

    • Broker Forex says:

      itu tergantung dari pertumbuhan saham2 yang dikelola mereka + biaya2 investasinya.

      kalau kami sarankan untuk investasi jangan ikut yang unit link yang dibundling asuransi, karena pertumbuhannya tidak maksimal, sebab biaya2nya itu semakin lama semakin besar.
      kecuali kalau tujuan anda asuransi maka boleh.

      kalau anda ingin benar2 investasi, maka saran kami adalah masuk ke reksadana atau beli sahamnya langsung itu lebih maksimal

  2. suyab says:

    master, saya mau nanya nih, saya sekarang lagi kuliah, dan ingin berinvestasi reksadana, dan saya mau investasi di reksadana syariah, nah saya mau nanya

    1. utk produk reksadana syariah, yg recommended apa saja ya?
    2. untuk biaya investasinya, bisa dijelaskan? kalau idealnya biayanya itu seberapa?
    3. kalau misal beli di bank, gimana? dan apa harus pakai npwp?
    4. kalau IPOT menurut master sendiri gimana? apakah aman?

    maaf kalau banyak nanya master, sekian dan terima kasih :D

    • Broker Forex says:

      1. pilih yang dari manulife, BNP Paribas, itu bagus2
      2. itu tergantung dari perusahaan reksadananya dan agen penjualnya, biasanya antara 1% – 2%, tapi kalau manulife itu bebas biaya asalkan dihold lebih dari 1 tahun
      3. bisa beli di bank lebih enak, NPWP harus pakai, kalau nggak ada NPWP mungkin bisa tapi tergantung kebijakan agen penjualnya dan biasanya tidak bisa sekarang kalau gak salah.
      4. aman kok, tapi itu untuk trading saham lokal. Kalau beli reksadana jangan disana sebab produknya terbatas

      • suyab says:

        oh ya master, kalau misal saya mau investasi ke produk RD yg tergolong baru, gimana cara menganalisa prospek masa depan dari produk tsb? oh ya master, saya juga sempat cari di IPOT, saya menemukan produk yg saya cari, yg dari BNP Paribas, apa lebih baik langsung saya beli lewat IPOT atau enanknya bagaimana ya?

  3. darmiand says:

    sore master,
    mau nanya nih..saya baru saja buat akun sekuritas,dan rncna mau beli saham bluechips utk invest jgk panjang,gmn mnurut master?dan apakah bagusnya saya pegang satu saham saja atau lebih 1 saham?
    tnx master :D

  4. annabell says:

    Halo master. Saya mau investasi reksadana. Tp waktu saya ke bank, mereka minta no.npwp saya. Sedangkan umur saya masih 18 tahun. Dan saya tidak punya npwp. Karna masih sekolah. Bisa ga kalo saya pake no npwp papa saya? Kebetulan papa saya yang menganjurkan untuk beli reksadana aja atas nama saya tapi pake no. Npwp papa saya. Soalnya saya minta modal untuk trading forex ga di kasih. Katanya itu penipuan. Satu pertanyaan lagi. Gimana saya bisa menjelaskan ke papa saya kalo forex itu bukan penipuan? Terimakasih master…

    • Broker Forex says:

      coba ditanyakan ke banknya ya, sebab tiap2 bank punya kebijakan sendiri2.

      dan mustinya bisa kok Bu

      forex itu bukan penipuan loh, sebab forex ini sama seperti halnya anda berbisnis money changer yang memanfaatkan selisih kurs.
      yang penipuan itu kalau anda ikut2 taruh dana di tempat2 HYIP yang mengatasnamakan forex

  5. agungpri90 says:

    minta saran tempat investasi master, dan menurut produk apa aja yang bagus?. harap maklum, baru mau belajar master

  6. tedod2007 says:

    Master saya baru dlm trading forex, mau nanya mengenai xm.com dan igofx, ini broker aman apa tidak ya…? Thanks

  7. Wahyu Kurniawan says:

    mau tanya master, tentang perusahaan Solarwarm HQ dengan alamat
    Level 27, 1 South Sathorn Road,Tungmahamek, Sathorn, Bangkok, 10120,Thailand, dan cabangnya ada di malaysia, katanya sebentar lagi akan di buka di Indonesia, itu perusahaan bonafit gak ya? apakah aman untuk berinvestasi di perusahaan itu? terima kasih.

    • Broker Forex says:

      Kalau kita pelajari, dia berbahaya loh, karena anda juga tidak kenal dia bagaimana, apalagi uang anda diserahkan begitu saja kepada dia kan dan dikelolanya, terus apakah ada pembukuannya kepada anda ? lalu anda juga mana bisa tahu dia mengelolanya benar atau tidak… atau jangan2 hanya gali lubang tutup lubang.

      hati2 Pak, itu semacam VGMC. dan itu HYIP ya

  8. skippers says:

    Master, Panin mau meluncurkan produk terbarunya Panin Dana Ultima tgl 13 Juni ini, bagaimana penilaian Master terhadap produk barunya ini, katanya sih lebih agresif?? thanks

  9. Alden says:

    bos sya baru mo blajr & rncna inest jg ni..mo tny sbaik ny taro bnyk d awal / invest per buln..trus klo cuma bsa invest hnya 1 mcam ja gmna..tqs

    • Broker Forex says:

      boleh saja, tapi kalau itu jatuh maka telur anda akan pecah semua.

      jadi sebaiknya jangan taruh semua telur anda di dalam 1 keranjang yang sama

      • Alden says:

        gtu y bos..trus klo liat coment2 d forum kan mnrut bos yg baik di reksadna sham tuh..dri segi profit 30% per thunnya..sya hnya krywn swata (ga tau krja smpe kpn ny ) yg hny berpenghasilan 2,5 jt dan baru mempunyai anak..istri cuti kerja tpi brncana istrhat..sya brncna invest tuk msa dpan ank 5-10 thun..kra2 jenis produk ( 2 / 3 ) reksdna sham pa yg bgus dan invest awl ny sktar 500rb/kurg dan minimum regular invest ny 100-250rb..mhon sran ny..tqs

        • Alden says:

          oh ya 1 lgi bos..produk ny yg mudah dlm sgla hal y tuk daftar,informasi,inves reguler,dll lah, pkoke yg mnurut pngalaman bos terbaik ja deh klo ga..maaf repotin ni

          • Broker Forex says:

            Reksadana saham itu mudah, nanti bisa dibantu oleh RM nya (relationship managernya).
            tapi untuk jangka panjang ya, sebaiknya diatas 5-10 thn

            itu benar2 untuk invest jangka panjang ya Pak

        • Broker Forex says:

          itu tidak pasti 30% per tahun loh Pak, jadi tergantung kinerja saham2nya.

          mungkin dengan situasi Bapak kalau ingin reksadana saham, bisa di Panin Dana Maksima ya, atau yang terbaru ini Panin Dana Ultima itu juga ok kalau kami pelajari.
          bisa diambil di Panin Sekuritas ya Pak

          • Alden says:

            tqs bos tuk saran ny..tpi sya berdomisli di bandar lampung,lampung..panin sekuritas stlah sya cek di sius ny tdk punya cabang d lokasi sya..jdi bgmna..klo produk comwlth bgmna bos dan yg mna sja bsa djdikan pilihan

  10. Yudison says:

    Dear Master
    saya sebelumnya lama bermain saham
    diforex ini saya baru sekitar 1 tahun
    kalau disaham saya hitung hitung dalam 1 tahun profit rata rata perbulan hanya berkisar 2-3 %
    untuk di forex ini saya konsisten rata rata 5 % dengan risk manajemen yang ketat
    tapi menurut kawan profitnya terlalu rendah
    kalau saua push profit, risiko juga naik, kemungkinan bisa loose
    pertanyaan apakah di forex konsisten 5 % perbulan sudah cukup baik
    mohon info supaya saya tidak penasaran dan lepas kendali

    salam

    • Broker Forex says:

      5% per bulan konsisten itu sudah cukup baik kok Pak.
      jangan dipaksakan ya nanti malah amburadul kan sayang.
      ingat prinsip jangan serakah ya, karena kalau dipaksakan return besar maka resiko juga semakin tinggi.

  11. b164nd says:

    Halo Master Forex,

    Kebetulan baru join, meskipun selama ini rajin berkunjung ke web brokerforex sambil nyari inspirasi investasi :)

    Mau nanya nih master,,barusan ada teman menawarkan investasi di Infocuse Indonesia.
    Disana menawarkan keuntungan yang fantastis sampai 6% sehari.
    Ini linknya :infocuse.com/

    APakah ini masuk kategori HYIP, ponzi, MLM?

    Terima kasih sebelumnya atas jawabannya..

    Salam,

  12. carleone says:

    Master mau tanya tentang bossventure.. Gimana itu ya?
    Kata temen saya diluar negeri sana uda menyebar dan bagus.
    Sejujurnya saya ga tertarik..tapi temen saya itu ikutan..kasian aja kalo tyt itu scam atau tipu2 atau sejenisnya..
    Mohon petunjuknya master.. Terima kasih banyak..

    • Broker Forex says:

      Bossventure ini berbahaya loh, karena dia HYIP yang dikemas dalam MLM

      dan kami juga pernah diminta bantuan menghubungi Satgas Investigasi dari OJK , dan mereka mengatakan bahwa Bossventure ini sudah diberi peringatan oleh mereka karena itu adalah investasi bodong

      kami tidak menyarankan ya, berbahaya

  13. ferimoko says:

    selamat malam pak brokerforex.com
    bagaimana investasi ini apa legal dan aman ya ?
    investasi untuk beli pohon dan menunggu 5 tahun baru mendapatkan hasilnya..?
    ini website nya

    http://i-gist.com/

    terimakasih

    • Broker Forex says:

      iya boleh2 saja, tetapi nanti 5 tahun kemudian berkembang atau tidak itu yang tidak bisa diprediksi.
      kalau tanamannya berkembang dan bagus maka its ok.

      yang penting adalah diversifikasi aset ya

      • jhon says:

        Master mau tanya tentang saham, biar lebih jelas saya ambil contoh seandainya saya beli saham BRI trus karena suatu hal BRI di akusisi(dibeli) oleh BCA. trus nasib investasi saham BRI saya gimana? hilang ata berubah jd saham BCA? nilainya kira-kira naik apa turun? tq

        • Broker Forex says:

          bisa ada 2 skenario:
          1. saham anda akan dibeli dengan harga yang lebih tinggi dan akan dilebur menjadi 1 dengan BCA
          2. saham anda tetap BRI tetapi dengan harga yang tentu juga akan melambung

          karena keputusan suatu perusahaan dibeli oleh perusahaan lain, itu merupakan very good news

  14. carleone says:

    halo master, apa kabar?

    sudah lama saya ga berkunjung ke blog ini.
    setelah membeli beberapa RDS Bluechip sesuai arahan master, sekarang saya tertarik di trading saham. saya sudah memulai trading saham sejak tanggal 22 februari 2014 lalu di sekuritas dimana saya juga membeli RDS yang bagus pertumbuhannya disana.
    karena saya pemula dan ga begitu paham soal Saham, saya sementara ini hanya mengikuti rekomendasi dari marketing disana yang menurut saya cukup kooperatif dan komunikatif.
    tapi masalahnya, ternyata analisa marketing tersebut kurang bagus, sehingga sejak tanggal 22 februari sampai dengan sekarang saya hanya menghasilkan kurang lebih 30 ribu saja dari dana investasi 40jt.

    pertanyaan saya,
    1. apakah dalam trading saham ini bisa dijadikan pendapatan tetap perbulan sebagai pengganti gaji atau uang tambahan yang cukup lumayan sesuai ekspektasi saya? saya beranggapan seperti itu karena menurut saya trading saham ini tidak beda dengan kita berjualan atau berdagang di toko atau pasar, dengan suatu besaran modal tertentu kita belanja barang dengan harga semurah murahnya untuk kemudian di jual kembali dengan harga setinggi tingginya, dan bisa cepat perputarannya.
    2. jika iya bisa, berarti apakah mungkin memang saya yang salah memilih marketing trading saham sebagai penasehat atau pemberi masukan untuk saham saham yang saya perjual belikan? mengingat sejauh ini setelah saya mengikuti sarannya hanya menghasilkan 30rb dengan modal 40jt (dan sudah saya top-up menjadi 50jt).
    3. jika tidak bisa, instrument investasi apa yang bisa? karena sebenarnya saya paham bahwa berdagang atau berbisnis adalah hal yang tepat, tetapi saya belum ada gambaran untuk memulai dagang atau bisnis apa sebagai tambahan penghasilan diluar gaji tetap saya sebagai karyawan.
    4. mohon petunjuk literatur atau sumber informasi ataupun buku buku yang tepat untuk pemula(benar benar pemula, istilah kata dalam dunia saham pun saya banyak tidak tahu) seperti saya untuk memperdalam saham atau instrument investasi yang saya maksud. jika master takut dikira promosi atau mendukung buku atau sumber tertentu mohon bisa di email secara pribadi ke saya.
    5. kalau memang saya kurang tepat memilih marketing sekuritas saya ada rencana pindah sekuritas saja, yang lebih baik analisanya..ada rekomendasi dari master??

    demikian dari saya, mohon maaf panjang lebar sekali. terima kasih banyak master..

    • Broker Forex says:

      1. Bisa, tapi tidak mudah. Dana saham memang lebih baik untuk investasi Pak agar lebih maksimal. Seperti Warren Buffet pun tidak bertrading saham melainkan investasi saham.
      tapi kalau anda memang ingin trading di saham, maka jangan gunakan margin ya (berhutang ke broker) karena itu bisa fatal

      2. iya bisa jadi.
      3. sebaiknya berbisnis saja Pak untuk menghasilkan cashflow, dan dari sebagian hasil cashflow Bapak tersebut ditabung di saham2 bluechip. Kami prefer saham2 perbankan karena pertumbuhannya bagus (seperti BBNI, BBCA, BMRI, BBRI)

      4. ada banyak Pak di toko buku. Tapi sebenarnya simple kok main saham ini, nggak perlu yang rumit2 :)
      investasi di saham itu paling bagus daripada deposito

      5. kami tidak pakai marketing soalnya, dan kami untuk saham cenderung ke investasi di saham2 bluechip terutama yang perbankan

      • carleone says:

        Kalo ga pake marketing mksdnya ga masuk lewat sekuritas? Emang bisa? gmn caranya master?

        Maksud master investasi di saham beda dengan investasi di reksadana saham? Lebih bagus mana pertumbuhannya? Sy sudah ikut PDM di panin sekuritas dan BNP Paribas.

        Kalo investasi di saham, bukan trading saham, berarti perlakuannya sama seperti kita investasi di reksadana saham ya master? Kita beli saham dan dibiarkan dalam jangka waktu cukup lama begitu?

        Terima kasih panduannya

        • Broker Forex says:

          Tetapi lewat sekuritas, tetapi kami tidak mengikuti arahan dari marketingnya untuk open posisi tradingnya. Karena kami lebih condong ke arah investasi.
          jadi Buy and Hold

          Reksadana saham itu isinya juga kumpulan saham2, tetapi diserahkan kepada profesional yaitu fund management yang kawakan untuk mengelolanya.
          kalau anda bisa mengelola sendiri maka tanpa reksadana bisa lebih optimal, tetapi kalau masih newbie kami sarankan di reksadana dulu.
          Panin dan BNP Paribas itu bagus kok Pak.

          betul, kalau investasi itu sama seperti reksadana juga, dan dibiarkan dalam jangka waktu lama, dan anda juga bisa mendapatkan deviden loh kalau di saham yang anda beli tersebut ada jatah pembagian devidennya

  15. skippers says:

    salam sejahtera Master,
    mau minta saran dan rekomendasi untuk dana awal 50jt, sebaiknya dialokasikan ke rekasadana saham mana saja yah karena yg master rekomendasikan ada 11 produk (panin dana maksima, schroder, manulife, bnp dll), dan apakah pembagian sebaiknya sama rata? rencananya tiap bulan saya sisihkan total 2 jt untuk top up produk2 tersebut, jadi tidak mungkin saya ambil semuanya, thanks master

  16. eko investa says:

    Malam Master BrokerForex…

    Saya ada beberapa pertanyaan berhubungan dengan Investasi saham:
    1. Untuk saham-saham blue chip, rekomendasi master lebih baik untuk diinvestasikan atau ditradingkan?
    2. Apabila suatu saat nanti broker/sekuritas kita mengalami permasalahan sehingga akhirnya dikeluarkan dari anggota bursa, bagaimana status saham dan dana kita? bagamana cara klaim saham dan dana kita tersebut setelah perusahaan dilikuidasi? karena walaupun rekening dana nasabah atas nama kita pribadi akan tetapi untuk penarikan dana harus melalui perusahaan broker…saya menggunakan broker OSK
    3. Untuk trading saham rekomendasi master take profit di berapa %? karena saya berniat untuk sebagian ditradingkan dan sebagian di investasikan jangka panjang

    Terima kasih atas jawaban n penjelasan dari master

    • Broker Forex says:

      1. Investasi Pak
      2. nggak ada masalah, karena saham anda kan bukan disimpan oleh sekuritas tersebut. Tapi disimpan di KSEI pencatatannya
      3. itu tergantung risk management Bapak (normalnya jangan lebih dari 5% resikonya), kalau saham kami lebih prefer untuk investasi.

      • carleone says:

        Nimbrung komen disini ya..
        Maksud master 5% resiko tu apa artinya dan gmn cara hitung resikonya? Yrima kasih

        • Broker Forex says:

          misalkan modal Rp.100 juta maka 5% nya adalah Rp.5 juta.
          jadi kalau rugi Rp.5 juta maka cut.

          tapi kalau tujuannya investasi jangka panjang seperti di saham bluechip ataupun di reksadana saham yang Buy and Hold, maka itu beda, dan perlakuannya adalah seperti menabung

  17. BumbleBee says:

    Dear Broker Forex,
    mau tanya ini aman ga?
    http://secureinvestment.com

  18. heri s says:

    Malam master ,,,
    Sudah 4 bulan saya joint reksadana gara2 baca artikel master.awalnya bingung dan ribet ,tpi setelah dicoba dan dijalani ,enjoy juga (walaupun hasilnya masih minus) .
    Untuk reksadana ,rencana akan saya evaluasi kalau sudah memasuki 2 tahun (walaupun tiap bln juga dilihat) .

    Setelah belajar kesani-sini ,saya tertarik untuk mencoba langsung ke saham .jadi sambil nungguin reksadana ,saya bisa belajar saham ,seperti pepatah ”sambil menyelam ,minum air” .

    Nah pertanyaan saya :
    1.tolong dong master ,sebutin cara membeli saham mulai dari awal hingga mengevaluasinya ?
    (saya beli saham untuk investasi ,bukan trader)
    2.minta referensi perusahaan sekuritas yg bonafit ?
    (lokal / luar)
    3.beli saham itu ,bisa via online g yha master ?
    (seperti beli reksadana via commbank)
    4.deposit (uang kita) ,disimpan oleh siapa ?
    5.klo kita beli saham ,dan disimpan bertahun-tahun ,kita kena biaya admin gak ?
    6.bukti kepemilikan klo kita beli saham ,apa yha master ?

    Trimakasih atas jawabannya ,,,

    • Broker Forex says:

      1. itu panjangan ceritanya Pak, tapi kalau mau hitungan cepat, itu pilihan saham yang bluechip , dan kemudian non tambang, non teknologi sebaiknya.
      kemudian coba Bapak rasakan juga bahwa perusahaan tersebut kira2 10 tahun lagi apakah masih tetap bertumbuh atau tidak.
      kami biasanya menyukai saham2 bluechip untuk dipegang jangka panjang, seperti BCA, Unilever, Mandiri, BNI

      2. kalau untuk saham lokal maka harus menggunakan perusahaan sekuritas lokal, itu ada banyak kok, tapi yang termurah komisinya itu di Daewoo (dulu etrading namanya), atau Indo Premier (IPOT) itu juga ok.

      3. bisa Pak, rata2 perusahaan sekuritas sekarang sudah online, seperti IPOT, Daewoo, OSK, dll sudah bisa online semua

      4. di segregated account Pak, dan juga saham kita juga dilindungi oleh pemerintah

      5. nggak Pak

      6. saham yang anda beli itu semua tercatat di KSEI (http://akses.ksei.co.id/)
      itu sudah bisa sebagai bukti kepemilikan saham anda. Dan pindah2 sekuritas pun maka saham anda juga masih tetap (berlaku untuk saham lokal ya)

  19. Pirate_Trader says:

    Dear brokerforex,

    Maaf Pak mau konsultasi tentang reksadana. Setelah membaca artikel tentang investasi di reksadana saya membandingkan beberapa produk reksadana keluaran panin, schroder dan bnp paribas.

    Dari ketiga produk tersebut saya bandingkan yang capital gain nya paling tinggi adalah produknya Panin. Pertanyaan saya adalah

    1. Seberapa besar resikonya apabila saya berinvestasi reksadana hanya di panin saja? (Tidak spreading ke reksadana lain dengan alasan capital gain tersebut dan rencana invest untuk 5 – 7 tahun saja)

    2. Apakah kasus seperti bank century dapat terjadi pada Panin sekuritas? Seberapa besar kemungkinannya dan dipengaruhi faktor apa saja?

    3. Bagaimana tanggapan Bapak mengenai menyimpan tabungan dalam bentuk US dollar? Apakah efektif untuk hedging, investasi jangka panjang atau jangka pendek? Apakah Bapak invest juga dalam bentuk mata uang US dollar?

    Terima kasih sebelumnya Pak

    salam sukses

    • Broker Forex says:

      1. tidak bisa diprediksi Pak, sebab tidak akan ada yang tahu dikedepannya bagaimana, jadi paling baik adalah didiversifikasi

      2. kemungkinan itu kecil sekali, mengingat Panin adalah perusahaan besar dan juga terdaftar di Bapepam untuk produk reksadananya, sedangkan yang investasi yang dilakukan oleh Bank Century itu adalah memang benar2 investasi bodong yang tidak terdaftar di regulator mana2, jadi murni penipuan itu.
      reksadana itu adalah juga diinvestasikan ke perusahaan2 penopang negara ini seperti BCA, Unilever, Semen Indonesia, dll yang dimana hampir mustahil kalau mereka sampai bangkrut.

      3. boleh2 saja, tetapi tidak untuk jangka panjang ya, karena mata uang itu lebih labil dan tidak seperti saham.
      kami juga ada menyimpan USD tetapi porsinya sangat kecil sekali dibanding portfolio kami yang lainnya

  20. setya nugroho says:

    master, saya tertarik untuk investasi emas seperti yang master ajarkan di brokeremas.com karena tidak perlu pakai analisa dan hanya tinggal menunggu naik saja, sedangkan di pairs kita perlu analisa dulu. kalo modal hanya $150 sebab drawdown di pairs mster, apakah bisa investasi dengan teknik averaging 200 master?? ataukah harus deposit sampai min $1000 master??
    terima kasih master atas sarannya :)

  21. gomeno says:

    dear masta,

    masih seputar Neteller
    saya lihat ada logo Maestro-Mastercard Debit-Visa Electron yg artinya kebanyakan kartu debit/ATM di Indonesia memiliki akses tsb, berarti Netteler juga terima kartu debet u/ bisa akses deposit/penarikan ke e-wallet Neteller.
    trus, Neteller juga menyediakan fasililitas kartu NettCard dgn charge $13, apakah kartu ini juga berfungsi seperti layaknya Credit Card atau hanya sebatas seperti kartu BCA Flazz yg harus direload terlebih dahulu, cuma kelebihannya Netteler punya multiple akses ke seluruh jaringan finansial dunia.

    thank’s

  22. Fdx says:

    Salam Master,

    Gak trsa ya sudah di Penghujung AKhir 2013 master :D
    Iklim Investasi di 2013 benar2 Loyo & Lesu ya Masta, Luar biasa benar ini Industri Keuangan ….
    Saatnya Evaluasi Masta ?

    A. IHSG pun loyo masta, RDS andalan juga gak bisa berbuat bnyak di thn 2013 ini, RDS di PAM Terperosok dlm masta, hrga unit 70 Ribu ……weleh2

    B. Emas pun juga Loyo masta, cukup dlm hrga @ 534 / Gram Masta …..Apalagi Unit Link AXA sangat dalam masta, malah terus termakan biaya ………

    Pertanyaanya,

    A. Bagaimana Prediksi Iklim Investasi thn 2014 ini masta, secara FED trus akan mengurangi Tapering secara bertahap, apakah terus bertahan di Investasi Liquid atau Cut Loss lalu di alihkan ke Properti

    B. Menurut masta & Pengalaman Jam terbang Masta, Prospek 2014 ini jenis Investasi apa yg bisa memberikan hasil maximal dlm jangka 1 tahun / sepanjang tahun 2014

    C. Menurut masta & Pengalaman Jam terbang Masta, dalam proses RE – BALANCING ASET, bagaimana dng pengaturan Porto folio nya agar minimal bisa tercapai Min. Rebalancing …Apakah yg Emas di cutloss di alihkan ke properti yg Asuransi juga begitu, atau bagaimana masta

    Trims Banyak Share nya

    • Broker Forex says:

      kemungkinan nanti akan rebound setelah Pemilu ya, tetapi tentunya dengan presiden yang diharapkan masyarakat.
      tapi kalau presidennya si Raja Dangdut ya pasti akan semakin terpuruk hahaha.

      untuk investasi apa yang terbaik di 2014, kami pun juga tidak bisa tahu (tidak ada seorang pun yang bisa tahu pasti Pak).
      oleh karena itu kami selalu menyarankan diversifikasi ya dan jangan menaruh semua telur anda di keranjang yang sama.
      dan investasi yang paling kami minati itu sampai sekarang adalah masih tetap di Saham dan Properti, sebab mereka tidak ada matinya dan pasti akan bertumbuh untuk jangka panjang.

      tetapi kalau untuk cashflow tetap di trading dan bisnis ya

      • Fdx says:

        Jadi Master tetap optimis dng Saham & Reksadana, bahkan akan plus untuk jangka panjang ?

        ya untuk tepat nya memang tdk ada yg bisa pastikan master, tapi maksud sya yg Prospek dng iklim & situasi di 2014 ini jenis investasi apa ? minimal bisa Re – balancing dr nilai aset yg minus tady

        atau intinya memang sya harus cut loss yg ada di Emas & Unit link, lalu sya alihkan ke Reksadana saham & Properti ya ?

        oiya master, btw ini Gambaran sinyal dr Pak wapre budiono :

        “Foktor pertama tentu faktor ekonomi global, dimana likuiditas global. Akan terjadi perubahan karena dengan diputuskannya perubahan postur kebijakan moneter The Fed Amerika Serikat, tentu ini harus kita antisipasi.

        Risiko Kedua, menurut Boediono yakni harga minyak karena minyak menjadi variable sangar penting pada ekonomi Indonesia.”Saya melihat harga minyak akan terus pada level saat ini, pasokannya stabil khususnya akibat meningkatnya pemanfaatan shale gas di Amerika Serikat dan jika tidak adanya gangguan suplai dari negara-negara Timur Tengah yang menjadi produsen minyak,” ungkap Boediono.

        Risiko ketiga yang harus diantisipasi adalah kenaikan harga pangan dunia dan politik dalam negeri.

        “Untuk harga pangan global saat ini dalam kondisi baik, suplai pangan dan panennya dalam kondisi bagus. Harga pangan dunia ini sangat berpengaruh ke kita, kalau harga pangan dunia naik maka harga pangan di dalam negeri juga akan naik begitupun sebaliknya. Terakhir kondisi politik, saya berharap pemilu 2014 akan sama seperti 2004 dan 2009 dalam artian berjalan dengan lancar dan aman, pemerintahannya langsung bisa bekerja ketika mandat diberikan,” tandasnya.

        bagaimana menurut master menanggapi, pidato pak wapres tsb

        • Broker Forex says:

          iya kami tetap optimis dengan saham jangka panjang dan properti.
          Dan kalau turun tajam itu saatnya beli lagi, karena itu berarti diskon besar. (Warren Buffet pun juga begitu lo caranya).

          mengenai pidato itu seringkali mengandung unsur politik, jadi kami tidak percaya 100% begitu saja. Tapi dari pidato itu tidak ada hal2 yang membahayakan ekonomi Indonesia kok Pak.

  23. gomeno says:

    halo masta,

    apakah sama Netteler dengan Payoneer fungsinya. apakah prosedur keduanya harus punya kartu kredit untuk bisa mengakses ?
    saya lihat u/ Bank Wire Netteler ‘Zero Fees’ lalu bagaimana dengan deposit bank lokal yg mengenakan charge ?
    sudah adakah Bank lokal yg sudah memfasilitasi Netteler ?

    thank’s

    • Broker Forex says:

      Hampir sama Pak, tetapi kalau payoneer itu sudah include dengan kartu kreditnya (jadi hampir sama seperti apply kartu kredit).

      kalau neteller itu sama seperti paypal, dan harus ada kartu kredit.

      bank lokal belum ada yang memfasilitasinya, coba digoogling info2nya ada banyak kok Pak

  24. sakura says:

    Selamat malam master, saya mau menanyakan suatu model investasi, tapi bukan jenis forex sih.
    Namanya bossventure tolong direview master soalnya ada teman yg ngajak tapi masih mikir-mikir.
    Kira-kira aman atau tidak karena katanya menawarkan pasif Income sebesar 1,5% setiap hari selama 90 hari.
    Terima kasih sebelumnya.

  25. gomeno says:

    dear TBF,

    Mohon Reviewnya YoutradeFX dan Hantec Markets

    thank’s

    • Broker Forex says:

      kalau youtradefx itu jangan Pak, karena nggak regulated benar, kemudian bisa menerima metode transfer yang ilegal semacam webmoney, jadi itu tidak aman.

      kalau hantec itu masih boleh

    • heri s says:

      Malam master ,,,
      Gara2 baca2 artikel master ,saya jadi mantap untuk gabung ke reksa dana .
      Akhirnya ,awal november kmaren ,saya beli produk reksa dana dari schroders (4 produk) ,bnp paribas (6 produk) ,dan manulife (2 produk).
      Nah ,dari ke-12 produk tersebut ,ko saya belum dapat laporan bulanan yha master ?
      (baru dapat : scrhoders 1 produk ,bnp paribas 2 produk ,dan yg lain belum)
      Padahal kan sudah lebih dari 1,5 bulan sampai sekarang.
      Saya beli semua produk tersebut ,lewat commbank .dan dalam sekali bcheeli ,,bahkan saya sudah coba beli online.
      Setelah dicheck via account commbank (online) ,jumlah unit dan saldo ,semua cocok.
      Nah ,pertanyaan saya :

      1.tiap kali kita transaksi ,kita dapat laporan tidak ?
      Dan dalam bentuk apa ?
      (dari bank kustodian / dari commbank)

      2.bukti valid apa ,yg harus saya pegang sebagai pemilik produk reksa dana tersebut ?

      3.apa yg harus saya lakukan ,agar dapat laporan transaksi ,maupun bukti ,bahwa saya memiliki reksa dana tersebut ?

      Atas perhatiannya saya ucapkan ,terima kasih …

      • Broker Forex says:

        1. laporan itu bisa ada 2 macam, dari laporan dari commbanknya langsung, dan juga dari reksadananya.
        bisa dicoba ditanyakan ke RM nya ya

        2. dari laporan dari commbanknya itu sudah valid kok Pak

        3. bisa hubungi ke relationship manager (RM) Bapak di bank commbank tsb ya untuk dibantu

  26. primetrader says:

    master, kalau mau invest di ORI itu kira2 minimum berapa yah? dan bagusnya di mana kalau mau invest ORI?

    • Broker Forex says:

      ORI itu ada bermacam2 serinya, coba ditanyakan ke bank anda ya, biasanya di bank2 seperti bank Mandiri, CIMB Niaga, BNI itu ada

      minimum masuknya kalau nggak salah Rp.10 juta (kami lupa) , coba ditanyakan ke banknya ya untuk dipastikan.

      ORI ini sama seperti halnya deposito tsb, cuman agak beda.

  27. sibali says:

    mana lebih baik master investasi reksadana saham dengan reksadana indeks saham ataupun ETF. karena menurut beberapa informasi untuk jangka panjang sangat susah manajer investasi mengalahkan pasar (indeks saham/ETF). Dimanakah bermain indeks/ETF menurut master paling baik dan aman serta indeks/saham apa yang master anjurkan ?

    • Broker Forex says:

      ETF itu sama seperti saham yang single2 atau saham tunggal, tetapi ETF itu merupakan seperti suatu kumpulan saham, dan anda harus pintar2 memilih nya , dan tidak boleh sembarangan loh.
      memang kalau ETF atau saham tunggal kalau belinya tepat memang bisa lebih tinggi, tetapi kalau sampai salah pilih maka bisa bonyok loh, apalagi kalau masih pemula.

      untuk pemula, saran kami adalah ikut di reksadana saham.

      untuk trading ETF itu bisa di broker interactivebrokers ataupun di optionxpress, tapi akses internet broker tsb saat ini diblokir oleh Bappebti dan Kominfo, karena broker lokal kalah bersaing. (ya beginilah Indonesia kalau bermain kotor pejabatnya).
      tapi nggak perlu kuatir, tetap bisa dibuka seperti cara di : http://brokerforex.com/blokir-web/

  28. primetrader says:

    master, kalau mau investasi saham gimana yah?
    apakah harus daftar di broker dahulu? kalau broker yang bagus buat saham apa yah pak? terus cara depositnya gimana?

    • Broker Forex says:

      itu harus daftar di perusahaan sekuritas.
      itu ada macam2 Pak, bisa di daewoo sekuritas (e-trading), osk, panin sekuritas, trimegah, danareksa , dan semacamnya

      cara depositnya adalah bisa transfer ke rekening perusahaan sekuritas tsb.
      Bapak bisa datang ke kantor mereka untuk buka rekening ya

      tapi kalau untuk broker luar negeri (untuk saham luar negeri) maka bisa di interactivebrokers.com

  29. bhsakti says:

    Siang master..
    Mau tanya nih maaf klo agak nyimpang…Bagaimana pendapat master dengan trading cryptocurrent, trading BTC di BTC-e atau mtgox. trims

  30. wirat says:

    Dear Master,,,
    Maaf saya kembali bertanya mengenai Investment company Golden Bird Group yang bermarkas di singapore dengan website indexgb.com/.
    saya ditawari dan diyakinkan oleh teman saya kalau deviden perusahaan ini lancar terus tiap bulannya..
    dengan Market Price ($)(harga beli saham) 0.77 per dec 2013
    dan Deviden (cents) (June 2013) 4.2
    dan akan IPO pada 2016
    dan harga sahamnya diperkirakan 3$ – 5$ per lembar saham (versi auditor public Ernst & Young)
    Mohon bantuan advice nya apakah menurut master apakah saya harus ikut apa tidak?

    terima kasih

    • Broker Forex says:

      lebih baik jangan ya Pak, karena indexgb ini seperti VGMC ataupun ECMC yg telah scam tsb, bahaya ya

      • gobang says:

        Maaf om mau tanya..bagaimana dengan produk amanah investa dari dbstips.com,, apakah aman tu om..mau belajar nabung plus investasi plus asuransi juga..atau ada saran dan masukan yang lain om..makasih

        • Broker Forex says:

          itu asuransi pendidikan dari BNI Life, tapi ini coba Bapak konfirmasi ke bank BNI Syariah ya, apa betul ada kerjasama dengan Duta Business School tsb.

          dan juga kalau kami pelajari, ini seperti asuransi pada umumnya.

          tapi kalau tujuan Bapak adalah investasi (bukan asuransi) maka disarankan ikut reksadana langsung itu lebih bagus dan optimal hasilnya.

          • gobang says:

            Om jika investasi reksadana itu gimana caranya..kita transfer tiap bulan atau gimana ya om..trus reksadana yang dgn dana kecil apakah di BNI ada ya..masukannya om..makasih

            • Broker Forex says:

              reksadana itu bisa dibeli di bank2, seperti di bank commonwealth, bank BNI, mandiri.

              transfernya gak perlu tiap bulan, tetapi suka2 anda. Sama seperti menabung begitu kok Pak.

              BNI rasanya ada, coba ditanyakan ke petugas CS nya ya

  31. Yudison says:

    Dear Master

    saya mau berbagi pengalaman saya kepada Pa Gunawan
    Untuk mencari keuntungan diatas 2 % perbulan mungkin bisa dengan cara sebagai berikut:
    1. Buka akun micro dengan free komisi dan free swap dan non FIFO
    2. Lakukan trading pada komodity GOLD karena sangat volatile
    3. Ambil grafik harga GOLD selama 6 bulan terakhir, lalu cari harga mediannya
    4. Kalau harga saat ini berada dibawah Median lakukan Open buy
    5. lakukan teknik seperti teknik averaging
    6. lakukan order dengan besaran lot dan interval jarak harga , sehingga dana anda bisa bertahan sampai harga 200 usd dibawah harga median
    7 dari pengalaman saya dengan besaran lot 0,02 usd , interval setiap order aalah 1 usd, take profit 2,5 usd , besaran deposit di 30 000 usd, akan didapat profit diatas 3 % perbulan
    8 biasanya harga tidak turun terus, dalam perjalanan turun selalu ada pembalikan harga, kalau ada pembalikan maka ada take profit yang terjadi, maka ketahanan dana akan bertambah
    9 dalam 6 bulan biasanya harga akan crossing garis median 2 sd 3 kali, saat crossing ini semua port folio akan terjual dan floating loss akan zero
    10 perlu dipersiapkan dana untuk Top Up kalau harga akan turun melebihi 200 point dar median agar tiak terkena auto lock/Margin Call

    mohon koreksi dari master kalau ada kekurangan

    salam
    Yudison

  32. Gunawan says:

    Salam Master,
    Sebelumnya mohon maaf kalau pertanyaan saya ini berlebihan.
    Saat ini saya sudah tidak bekerja karena sesuatu hal, tetapi saya mempunyai tabungan.
    Yang ingin ditanyakan adalah apakah ada investasi atau trading yang kira-kira bisa memberikan cash flow bulanan kira-kira 2% per bulan dari modal dan selain itu sekaligus dapat mengalami capital gain per tahun kira-kira 10%.
    Saya sudah coba trading forex di demo, tapi sulit sekali untuk bisa profit konsisten setiap bulannya. Sedangkan kalau ikut reksadana saham, cash flow bulanannya tidak pasti Master.
    Kira-kira model investasi atau trading apa yang cocok dengan keterbatasan saya ini master?
    Fokus utamanya adalah supaya tabungan tersebut tidak berkurang dan adanya cashflow bulanan untuk biaya hidup.
    Terima kasih sebelumnya, Master.

    • Broker Forex says:

      sebenarnya ada, (tapi bukan yang cashflow ya) , tetapi biasanya ada di semacam mitra2 investor dari para developer property ataupun bisnis.
      tapi ini harus di orang atau perusahaan yang sudah terpercaya. Dan biasanya modal investnya lebih besar diatas 1 miliar. dan pengembaliannya juga sudah Fix (tidak berfluktuatif)

      atau selain itu bisa dengan franchise seperti Indomaret, Alfamart, atau yang lebih murah itu Kebab Turki Babarafi itu katanya boleh untuk cashflow (untuk yang program sistem kerjasamanya mereka / syariah kalau gak salah namanya)

      Sedangkan untuk reksadana ini juga boleh, tapi reksadana ini fluktuatif, karena untuk capital gain , dan harus jangka panjang sekali.

      dan kalau belum ada pekerjaan tetap, saran kami jangan terjun di trading forex ya, sebab psikologis anda pasti akan labil, dan akhirnya malah loss.

  33. sikimun says:

    saya mau tanya master
    1.cara memilih produk RD yang bagus dengan modal hanya 1jt bagaimana ?
    2.lalu untuk top up perbulan minimal berapa dan bisa tidak tanpa jangka waktu yang rutin ?
    soalnya umur saya masih 20th dan belum punya punya penghasilan tetap, itung-itung belajar menabung apalagi kalo bisa untung :D

    • Broker Forex says:

      1. coba ditanyakan ke bank mandiri, bni ataupun commonwealth ya, mereka bisa dengan dana minim untuk RD saham nya
      2. per bulan itu bebas , terserah Bapak, dan nggak ditop-up juga gpp

      Bapak boleh bertanya ke bank2 tsb ya untuk minta penjelasan lebih detail

  34. wirat says:

    Dear Master,,,
    mohon dibantu untuk pencerahannya perihal investment company Golden Bird Group yang bermarkas di singapore dengan website indexgb.com/.
    apakah perusahaan ini bisa menjamin para Investornya??

    terima kasih sebelumnya.

  35. Hamid says:

    Siang mater, mw tanya nih,
    sya ingin investasi tp yg syari’ah, tlong sbutkan 3 aja yg mnurut master pling bgus. mksih….

  36. karna says:

    Met Sore Master,
    Saya tertarik dengan ulasan master tentang reksadana saham.
    Saya punya dana sisa tiap tahun sebesar 80 jutaan dan saya ingin investasi di RDS untuk jangka 5 – 10 tahun.
    1. bagaimana sebaiknya, apakah uang tersebut dibelikan sekaligus untuk beberapa macam produk RDS atau membeli satu jenis secara berangsur tiap bulan atau bagaimana?
    2. Bila saya membeli beberapa RDS misalnya 8 jenis masing-masing seharga 10jutaan, berarti selama setahun saya tidak membeli lagi RDS sampai saya dapat lagi 80juta tahun depan, begitukah?
    3. Dari paparan Master sebaiknya membeli RDS pada moment yang tepat, kapankah itu? Bila maksudnya pada saat harga saham turun, darimana kita mengetahui naik turunnya harga saham sementara yang kita tahu cuma nama produk RDS saja. tidak tahu di di saham mana?
    Demikian juga kapan saat melepasnya, apakah menjualnya ke Bank yang menjual RDS?
    Terima ksih

    • Broker Forex says:

      1. keduanya sama baiknya, dan ada plus minusnya.
      kalau sekaligus masuk maka kalau misalkan naik tajam maka anda akan ikut naik semuanya, tetapi kalau turun tajam maka akan terseret semua.
      tetapi kalau angsuran itu adalah bertahap, jadi bisa jadi anda bisa masuk ketika angsuran tsb maka dapat harganya sudah bottom lalu naik tajam dan anda lebih untung, atau bisa juga kebalikannya yaitu harganya naik terus dan anda tidak bisa mengambil titik rendahnya secara keseluruhan

      Tergantung strategi anda sendiri.

      2. iya, boleh beli lagi boleh tidak, terserah Bapak.

      3. tidak bisa tahu Pak, tetapi biasanya moment yang tepat itu adalah ketika index harga saham turun tajam . Nah ini bisa anda lihat di grafik IHSG.
      memang sekarang masih zig zag zig zag, sebab menjelang pemilu. Tapi kan RDS itu untuk jangka panjang, jadi tidak apa2 masuk kapan saja menurut kami.

      menjualnya bisa ke perusahaan tempat anda beli tsb (bisa ke bank atau ke perusahaan sekuritasnya), dan cair dalam waktu 5 hari kerja biasanya.

  37. heri s says:

    pagi master ,,,
    setelah saya baca artikel di broker forex dan semua komentar2nya, akhirnya saya beli produk reksadana di commbank. 12 produk sekaligus,,,,

    1.schroder dana prestasi
    2.schroder dana prestasi plus
    3.schroder dana istimewa
    4.schroder 90+ equity fund
    5.bnp paribas pesona
    6.bnp paribas pesona syariah
    7.bnp paribas star
    8.bnp paribas equitas
    9.bnp paribas solaris
    10.bnp paribas infrastruktur plus
    11.manulife saham unggulan
    12.manulife dana saham

    pertanyaan saya :
    1.selain ke-12 produk diatas, produk apa lagi yg layak saya beli ? (via commbank)
    2.sudah tepatkah saya membeli sekian banyak produk (untuk diversifikasi) ,tetapi hanya 1 jenis saja? (RD Saham) (u/ investasi 15-20 thn)
    3.performance RD Saham tiap2 produk kan beda2, penyebabnya apa ,ya master ?
    bukannya semua produk, investasi di saham yg sama, dan per saham pun g bisa lebih dari 10%.
    bisa di jelaskan master ?
    4.saya ada rencana masuk ke saham langsung,,,
    minta saran dari master perusahaan2, yg bisa saya masuki u/ jangka panjang (15-20 thn) ,minta tolong sebutin nama PT. nya ya….. 10 – 15, pt-lah…
    terima kasih atas referensinya….
    5.artikelnya minta di up date dong!

    sekian dan terima kasih,
    atas semua jawaban dari master….

    • Broker Forex says:

      1. iyu sudah bagus semua Pak dan komplit

      2. tepat Pak

      3. karena portfolio dan keputusan manager investasinya

      4. yang blue chip Pak, dan hindari saham2 teknologi dan tambang.
      yang bagus itu bisa seperti Unilever, Semen Indonesia, BCA, Mandiri, BNI, BRI, Astra

      5. artikel yang mana Pak :)

  38. carleone says:

    Master mau tanya…
    setelah mencoba beberapa RDS.. saya penasaran dengan FOREX.
    menurut master lebih baik mana antara investasi di RDS dan FOREX
    terima kasih

  39. miner77 says:

    Morning Master,

    Kalau dilihat di struktur suatu MI kan jajaran dewan direksi/dewan komisaris harus bekerja keras agar portofolionya investor berkembang agar perusahaan sekuritas mereka survive dan tetap dipercaya-nah kalo berkembang sih bagus,tapi kalau katakanlah dalam beberapa tahun/bahkan misalnya 5 tahun keatas mencatatkan kinerja negatif kan nantinya diamuk investor nih,,apalagi portofolio MI tetangga sebelah moncer,maka dia akan dituntut kerja ekstra keras mirip kita trading forex habis loss besar dan harus segera bangkit mencari profit yg setengah mati susahnya.

    Kalau dipikir2 lbh enak jadi investor ya Master (apalagi yg dananya besar dan diversifikasinya tepat) giliran minus portofolio maka yg berfikir keras pengelolanya (kita tinggal lihat dan memutuskan action selanjutnya), giliran kinerjanya positif investor yg memperoleh semuanya..mereka cuma digaji doang dan gk berhak atas capital gain yg diperoleh.

    Seperti tiap2 MI ini punya parameter dlm mentargetkan profit/seperti juga trading forex/saham ya Master makanya survive terus/tp kalau saya pikir2 ini juga pressure yg sangat tinggi,mending jadi investor aja deh (susah2 sekarang makmur dihari tua).

  40. heri s says:

    sore master,,,
    saya sudah kenal reksadana kira2 setahun yg lalu… tapi belum juga punya account.
    nah, akhir tahun ini saya sudah mantap mau invest ke reksadana (terutama yg reksadana saham).
    sekedar info :
    *saya umur 29 thn
    *penghasilan 2X umk jakarta
    *jangka invest antara 15 – 20 thn
    *pengin ambil reksadana (RDS), penginnya banyak produk sekaligus, misal MI S produk 1,2,3 ,MI B produk 1,2,3 ,MI M produk 1,2,3
    *invest per bulan kira2 : 500rb ,untuk semua produk di atas (jadi muter, 1 bln 1 produk)

    minta saran dong master, produk2 dibawah untuk jangka panjang :
    1.panin dana maksima
    2.panin dana prima
    3.scrhoder dana istimewa
    4.schroder dana prestasi
    5.schroder dana prestasi plus
    6.scrhoder 90+ equity found
    7.bnp paribas solaris
    8.bnp paribas star
    9.bnp paribas pesona
    10.bnp paribas pesona syariah
    11.manulife dana saham
    12.manulife saham andalan

    pertanyaannya :
    1.berdasar pengalaman master, tolong diperingkat untuk semua produk di atas, berdasar performance thn2 yg lalu dan prediksi 15 – 20 thn yg akan datang?
    2.berdasar pengalaman master,tolong diperingkat berdasar ke-agresifitas-nya?
    3.mending mana, beli semua produk di atas (top up per bln 500rb per produk) ,atau beli produknya dikurangin (jadi 4 – 6 produk saja)?

    mohon bantuannya master, saya ucapkan terima kasih….

    • Broker Forex says:

      Reksadana saham yang Bapak sebut itu merupakan reksadana yang bagus2
      tapi kalau kami disuruh memprediksi 15-20 tahun mereka perkembangannya bagaimana kami pun tidak bisa tahu, tapi kalau anda diversifikasi ke masing2 reksadana tersebut maka hasilnya PASTI bagus kok.
      Jangan kuatir.

      Kami pribadi pun juga invest di semua produk reksadana yang Bapak sebut tersebut. Dan hasilnya so far memang bagus.

      dan kami sarankan membeli semua produk tersebut lebih baik (reksadana yang anda sebut itu), karena untuk diversifikasi ya , dan jangan meletakkan telur2 anda di dalam 1 keranjang yang sama.

  41. genjez says:

    Selamat Sore Master ,saya awam soal infestasi.yang ingin saya tanyakan adalah
    1. Saya mempunyai tabungan anak 10 jt , anak saya umur 3 tahun ,kira-kira infestasi apa yang baik untuk keperluan anak saya kalo mau kuliah.
    2.saya mempunyai tabungan 50 juta ,umur saya 40 tahun ,kira-kira infestasi apa yang cocok untuk hari tua saya
    mohon kiranya master dapat membantu saya ,terima kasih

    • Broker Forex says:

      untuk investasi yang paling mudah, itu adalah menggunakan reksadana saham
      seperti di panin dana maksima, ataupun di bnp paribas solaris dan schorder 90+
      dan produk2 ini bisa dibeli di panin sekuritas ataupun di bank2 terkemuka (kecuali BCA), seperti di BNI, Mandiri , Commonwealth, HSBC dan semacamnya

      instrument reksadana itu bagus untuk pensiun ataupun untuk dana pendidikan yang dipetik nanti di jangka panjang yang lebih dari 5 tahun bahkan 10 tahun

      • genjez says:

        Tanya lagi master ,untuk Reksadana saham seperti yang master sampaikan di atas bisa kah saya di 5 atau 10 tahun kedepan saya mengalami kerugian.Trus kira-kira kapan waktu yang tepat untuk ikut Reksadana saham.Terima kasih

        • Broker Forex says:

          bisa saja terjadi, tetapi kemungkinannya kecil.
          ikut reksadana itu bisa kapan saja itu bagus kok, dan lebih bagus lagi kalau rutin menabung tiap bulan

          • genjez says:

            Maaf master,kenapa ya di setiap Bank contoh Bank BNI dan Mandiri pasti ada :
            Disclaimer :
            1. Investasi melalui Reksa Dana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui Reksa Dana. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa datang.
            2.Reksa Dana adalah produk Pasar Modal dan bukan merupakan produk Bank, sehingga tidak dijamin oleh Bank serta tidak termasuk dalam cakupan obyek program penjaminan pemerintah atau penjaminan simpanan.
            3.BNI bertindak sebagai Agen Penjual Reksa Dana BNI tidak bertanggung jawab atas segala tuntutan dan risiko atas pengelolaan potofolio Reksa Dana.

            di sini saya ada yang kurang paham di No 2 dan No.3,kenapa Reksa dana tidak termasuk dalam Penjaminan Pemerintah dan Pihak Bank tidak bertanggung jawab atas segala tuntutan dan resiko dari Reksa dana.terus kalo ada apa-apa di kemudian hari saya harus kemana untuk mengadu?
            tolong ya master penjelasannya ,

            • Broker Forex says:

              itu memang begitu Pak, untuk persyaratan saja.
              untuk force majeure, siapa tahu indonesia kena bom nuklir atau terjadi perang atau misalnya telkom, bca, unilever, bank mandiri bangkrut, nah maka bank tidak mau menanggung.

              • genjez says:

                Malam Master .minta pencerahan lagi nich…
                Di Daerah saya itu Bank Besarnya BCA.BNI,Mandiri dan BRI,
                yang ingin saya tanyakan adalah :
                1.Sesuai Pengalaman Master kira-kira Bank apa yang di rekomendasikan kepada saya supaya proses Pembeliannya Sahamnya gak ribet dan lengkap (terus terang saya gak punya NPWP )
                2.Kalo Kita mau investasi reksadana di Schroder Dana Prestasi Plus, Schroder Dana Istimewa, Schroder 90+ , Manulife Saham Andalan, Manulife Dana Saham ,panin dana maksima dan panin dana prima , ada perbedaan gak hasil akhir yang kita peroleh pada tiap2 bank tersebut.anggaplah kita beli lewat Bank BNI-15 tahun berkembang 20 % trus kalo di Bank Mandiri bisa 25 %
                mohon pencerahannya master,untuk modal saya melangkah menuju bank.dan saya ucapkan terima kasih atas bantuannya.

                • Broker Forex says:

                  1. harus pakai NPWP Pak, mungkin bisa di bank Mandiri atau BNI itu bisa (tapi harus tetap pakai NPWP loh)
                  coba saja ya kalau tanpa NPWP, mungkin bisa

                  2. tidak ada bedanya

                  • genjez says:

                    Terima kasih Master atas jawabannya.

                    • genjez says:

                      Siang master, mau nanya lagi nich.
                      kira-kira tanggal berapa ya yang baik untuk melakukan top up reksadana saham itu.saya pingin bisa nabung di RD tiap bulan sekali.
                      terima kasih master..
                      di tunggu jawabannya

                    • Broker Forex says:

                      menurut statistik sih awal2 bulan sekitar tgl 5 begitu.

                      tapi itu kurang lebih ya, sebenarnya hari apa saja baik, sebab untuk long term

  42. carleone says:

    salam master,
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas edukasi yang saya dapat dari membaca blog ini, baik informasi dari master sendiri maupun dari sesama pengunjung blog yang lain.
    Yang akhirnya membuat saya bisa berinvestasi di 2 produk RDS yang menurut para pakar termasuk yang terbaik . sekarang saya jadi ketagihan untuk berinvestasi di RDS, saya ingin diversifikasi lagi ke produk RDS yang lain (walau tidak banyak tapi harus).
    Saya sering buka web infovesta dan kontan. ada yang menarik perhatian saya yaitu produk RDS Millenium Equity yang lahir pada Maret 2008. pada web infovesta ternyata produk ini urutan 7 terbaik untuk perkembangan dalam 5 tahun terakhir, urutan nomor 2 dalam 3 tahun terakhir dan urutan nomor 1 dalam 1 tahun terakhir. saya cocokkan dengan web kontan ternyata benar dia posisi 1 dalam 1 tahun terakhir dan juga dalam 6 bulan terakhir.
    tapi sekali lagi saya bukanlah ahli ekonomi, saya tetap butuh petunjuk dari para pakar yang beredar disini termasuk master sendiri.
    pertanyaan saya untuk Master dan para pengunjung Blog ini adalah :
    Bagaimanakah RDS Millenium Equity ini? apakah memang bagus? termasuk pelayanannya dan fasilitas nya? dan juga apakah memang aman berinvestasi disini?
    Mohon Share pengalamannya.
    terima kasih banyak…….
    Best Regards,

    • Broker Forex says:

      RDS millenium itu termasuk baru dan belum tahu kredibilitas jangka panjangnya gimana.

      kami lebih prefer RDS yang dari perusahaan2 yang memang sudah solid, seperti schroder, bnp paribas, manulife ataupun panin dana maksima tsb

      tapi kalau anda ingin diversifikasi ke millenium juga tidak salah, asalkan jangan semuanya dimasukkan ke sana semua ya. Sebab nggak tahu performance dia 10-20 tahun lagi bagaimana dan belum teruji

  43. juludrun says:

    permisi gan brokerforex
    Mau konsultasi nih, misalnya kalo forex dijadikan investasi perbulan. Contohnya pada bulan 1 saya memasukkan dana di broker sebesar 100rb, lalu pada bulan berikutnya 100rb tiap bulan (top up). Disamping saya jg trading modal tersebut.
    Bagaimana pendapat agan?

    Atas jawabannya saya mengucapkan terima kasih, JAYA SELALU TIM BROKERFOREX.

  44. Fdx says:

    Master,

    Misal kan Master dapat Return Keuntungan dari SAHAM Anggap lah 500 jt
    Dengan jam terbang & pengalaman Master …

    Menurut analisa master,

    Apakah dana itu master investasikan di Properti misal Tanah / rumah / ruko ( tapi tau sndiri kan, di jabodetabek harga properti semua nya udah overload, dah Gak Masuk Akal apalagi jakarta )

    Atau membeli Reksadana Saham ?

    Bagaimana Pilihan Master, Thanks

    • Broker Forex says:

      iya , kami diversifikasi ke property juga, dan kalau moment reksadana/sahamnya sedang bagus ya kami beli juga.

      jadi nggak bisa dipastikan harus ini itu, jadi dipelajari dulu lagi Pak dan dilihat moment nya

      kemudian beli properti juga bisa rembukan dengan teman kan, dibuat atas nama PT bisa dengan beberapa orang partner :)

  45. miner77 says:

    1.Master minta sarannya 1 saja produk reksadana saham yang berpotensi bagus jangka panjang diatas 5 th, (produk RDS selain punyanya panin,schroder dan bnp paribas dan sam=sudah punya).

    2.Kalau Emco mantap ini kira2 bagus nggak ?

    3.Produknya Trimegah dulu Trim kapital terkenal sekarang gimana ya kira2 ?

    Satu saja yang kira2 ok jangka panjang.

    Thanks

    • Broker Forex says:

      1. manulife dana saham, manulife saham andalan itu juga ok

      2. itu baru, belum tentu di kedepannya dia bagus. Kalau kami lebih prefer di yang sudah stabil dan kredibel

      3. bisa anda coba belajar cek di Bloomberg ya, disana bisa dilihat grafik historicalnya.
      (bisa coba cari di google)
      disana bisa anda coba banding2kan dengan produk reksadana yang lain ya

  46. fingo7 says:

    Halo Masta’,

    sy mau invest 100jt di reksadana.
    dari artiket Masta’ , diuraikan Panin dan Schroder bagus. Kalo Panin sdh banyak cabangnya di seluruh indonesia.. nah kalo Schroder ini bgm?
    juga aspek keamanan dana serta kemudahan penarikan dana.

    oya kalo Masta’ analisis, apakah Schroder lebih bagus dari Panin?

    Thanx Masta’ :)

    • Broker Forex says:

      schroder ini lebih banyak lagi, karena dia dijual hampir di semua bank besar di Indonesia (kecuali BCA tidak ada)

      nah kalau bank2 besar mau menjualkan, ya pasti bagus Pak.

      reksadana Panin tidak dijual di bank panin loh, melainkan di Panin sekuritas

      tapi baik Panin dan Schroder juga sama2 bagus

  47. hasanr04 says:

    Master, klo mau investasi emas $250 dengan strategi averaging ini di ECNpro, bagus ga? Saya lihat contract sizenya 1 lota = 10 troy onz. Klo di FXDD, rekomen minimal deposit berapa untuk investasi emas ini?

    thanks master.

  48. hendri.nico says:

    Saya lihat di Schroder ada empat produk :

    Schroder 90 Plus Equity Fund Acc : NAV Rp.1,537.36
    Schroder Dana Prestasi Plus Acc : NAV Rp.22,724.86
    Schroder Dana Prestasi Acc : NAV Rp.27,026.46
    Schroder Dana Istimewa Acc : NAV Rp.5,675.72

    Nah, yang mau saya tanyakan :

    1. Bagusnya saya ambil yg harga nav nya masih murah ( Schroder 90 Plus Equity Fund Acc : NAV Rp.1,537.36 ) atau yang sudah mahal ( Schroder Dana Prestasi Acc : NAV Rp.27,026.46 ). ?
    Saya takutnya ntar kalau ambil yang udah mahal kedepannya jadi semakin tinggi dan sedikit yang membeli.. trus malah makin down ntar..

    2. Trus menurut mastah yg paling recommend dari ke empat produk schroder diatas yang mana? (saya mau ambil 1 aja dari ke empat pilihan tsb.. :)

    Terimakasih sebelumnya mastah.. :)

    • hendri.nico says:

      Oia, satu lagi mastah.. :)

      3. Bagai mana cara perhitungan perkembangan dana yang kita investasikan.. ? misalnya begini, ini misalnya lo mastah.. :)

      Di tahun 2014 saya investasi 100 jt, nah pada anual returns(%) pertahunnya adalah :

      2015 = 100%
      2016 = 200%
      2017 = 50%

      Nah, dana saya yang 100 jt itu di tahun 2017 menjadi berapa mastah ?
      a) Apakah di ambil dari persentase keuntungan tahun terakhir (2007 = 50%), jadi total di tahun 2017 dana saya menjadi => Rp. 100 jt + 50% = Rp. 150 Jt

      atau

      b) Apakah di ambil dari total persentase tiap tahun ?
      2015 = 100% (dana saya di yang Rp.100 jt di th 2014 naik 100% menjadi Rp.200 Jt)
      2016 = 200% (dana saya di yang Rp.200 jt di th 2015 naik 200% menjadi Rp.600 Jt)
      2017 = 50% (dana saya di yang Rp.600 jt di th 2016 naik 50% menjadi Rp.900 Jt )

      c) Apakah di ambil dari total dari keseluruhan total tahun ?
      2015 = 100%
      2016 = 200%
      2017 = 50%

      (100% + 200% + 50% = 350% ) jadi dana saya di 2017 adalah 100 jt + 350% = Rp. 450 Jt

      Yang mana yang bener mastah ? a, b atau c ? atau salah semua .. :)

      • Broker Forex says:

        pengertian umumnya itu akan menjadi :
        2015: 100 juta menjadi 200 juta
        2016: 200 juta tsb akan menjadi 600 juta
        2017: 600 juta akan menjadi 600 + (600 x 50%) = 900 juta
        tapi tentunya itu bergantung kepada performance reksadana tsb ya
        dan jarang banget bisa ratusan persen, normalnya itu kalau kita ambil rata2 itu sekitar 20%-30% / th

        dan juga satu hal lagi, tanyakan ke perusahaan reksadana tsb, karena tiap2 reksadana bisa jadi berbeda cara penyampaian presentasenya tsb ya
        (harus dibaca di buku prospektus dan fund fact sheet nya dgn cermat)

    • Broker Forex says:

      1. jangan dilihat dari harganya sudah tinggi . Harga NAV yang sudah tinggi itu menandakan dia reksadana yang sudah lama dan SEHAT. karena bertumbuh terus
      nah kalau yang NAV nya masih rendah itu menandakan dia reksadana yang masih baru.

      tapi kalau dia reksadana yang masih baru tapi NAV nya masih rendah itu yang harus dihindari

      2. saran kami masuk ke s90, sdpp dan sdi , diversifikasi itu lebih baik Pak. Kalau disuruh pilih 1 maka di s90. Tapi kami lebih menyarankan masuk di ke 3 nya sekaligus

  49. teten01 says:

    thank masta atas tanggapan nya..smga sehat selalu masta

  50. hendri.nico says:

    tanya lagi mastah, produk reksadana saham dari BNP Paribas yang terbgus buat jangka panjang apa ya mastah. ? soalnya saya lihat banyak sekali pilihannya..

  51. teten01 says:

    produk reksadana saham dari manulife dan schroder yang terbgus buat jangka panjang apa ya mastah..mau invest 50 juta nich..

  52. hendri.nico says:

    Sore mastah, saya ingin berinfestasi di 4 produk yg katanya bagus untuk jangka panjang :

    1. Schroder dana istimewa
    2. Manulife
    3. BNP Paribas
    4. Panin Sekuritas

    Nah, pertanyaan saya :

    1. pada masing2 produk tsb kan ada lagi cabang2nya, (misalnya Panin sekuritas, itu kan ada yg panin dana maksima, dan panin dana prima), dari cabang2 tersebut yg mana yg bagus mastah berdasarkan 4 produk tersebut..?

    2. Di Bank apa saya bisa mendapatkan ke 4 produk reksadana tersebut ? ( dalam 1 bank lo ya.. biar ga’ ribet mastah.. ) apakah bank BRI, BNI, COMMBank, atau yg mana ?

    3. Apakah ke 4 produk itu pembayaran / penyetoran nya fleksibel bisa berapa aja dan kapan saja ?

    Terimakasih sebelumnya mastah.. :)

    • hendri.nico says:

      oia satu lg mastah, :)

      pertanyaan ke

      4. ada yg namanya reksadana indeks, itu bagus ga ya ? yg bagus Produk mana mastah ?

      Terimakasih..

    • Broker Forex says:

      1. semua sama bagusnya, dan kalau kami sarankan bisa didiversifikasi dengan masuk ke semuanya tsb juga boleh

      2. Commonwealth itu bisa, atau HSBC, atau Standard Chartered. Tapi kalau untuk produk Panin harus ke Panin Sekuritasnya (tidak ada di bank untuk Panin ini)

      3. iya bisa. Tergantung dari aturan bank penjualnya juga

  53. miner77 says:

    Master saya usul/dr yg lain juga,bagaimana kalo di website ini ditambahkan menu/sub menu khusus mengenai trading saham/stock biar tambah sip (lebay hehehe….).beserta analisa dan trik2nya.

    Atau mungkin Master sudah bikin website khusus mengenai trading saham,mohon dikasih link-nya.

    Thank You

  54. ferizkydp says:

    Mau tanya masta,kalo untuk dana 5juta dan mau investasi jangka panjang (diatas 5tahun) bagusnya di invest kemana ya??
    Terima kasih sebelumnya

  55. asrafi08 says:

    halo master, saya mau bertanya beberapa hal :
    1. Saya sudah banyak menjelajah broker forex, lite forex insta forex octafx dan sebagainya, nah di broker tersebut sangat sering kali merugikan saya, dalam hal pengurangan balance tiba”. lalu saya sekarang di jaden forex, apakah di jaden forex ini aman? kalau memang tidak, apakah uang yang di balance masih bisa saya withdraw?
    2. Saran master untuk broker yang terpercaya , yang aman untuk bermain di NEWS, dan tidak menggeser..
    3. Saya seringkali digeser angka transaksi saya pada saat news, apakah memang karakter forex itu memang begitu, atau karna ulah broker ilegal?
    terimakasih master, mohon diberi pencerahan.. Salam sukses

    • Broker Forex says:

      1. Jadenforex ini lebih parah loh dari yang Bapak sebut tersebut. Jangan ya Pak.

      2. kalau news, biasanya pasti bergeser, karena faktor ketimpangan demand dan supplynya.
      baca ini ya: http://brokerforex.com/forex/broker-curang-atau-tradernya/

      3. memang begitu Pak. Apalagi kalau pakai stop buy stop sell.
      tapi kalau di broker yang ilegal maka pergeserannya adalah tidak wajar.
      kalau di broker legal maka bisa diclaimkan kalau misalnya tidak wajar, dan di broker legal maka semuanya fair dan tidak ada curang

      • asrafi08 says:

        Terimakasih master. Sekarang balance saya masih ada sekitar 300$ di sana, apakah masih bisa di withdraw ? Terus saran master broker yang bagus dimana yaa, saya ga tau mau milih broker yang mana lagi . Terimakasih.

        • Broker Forex says:

          Kalau dana kecil mustinya bisa. Tapi kalau dana besar apalagi yang profit terus2an nah itu yang berbahaya kalau di broker2 yang non regulated seperti itu.

          saran kami adalah carilah broker yang sudah terdaftar juga di CFTC ya agar aman, karena CFTC itu regulator yang paling ketat

          • asrafi08 says:

            website CFTC nya apa ya ?
            Terus kalo master sendiri tradingnya dimana n broker mana aja yang di sarankan master? Terimakasih ..

            • Broker Forex says:

              webnya CFTC di cftc.gov
              kami pribadi trade melalui Gainscope.com (fxdd / fxdirectdealer).

              saran kami kalau yang aman itu adalah carilah perusahaan broker yang terdaftar juga di CFTC, itu kredibel Pak.
              karena untuk menjadi anggota di CFTC itu tidak gampang dan ketat banget

      • gilank says:

        mlm master, ikut nimbrung niy, master bilang jaden forex itu lbh parah, parah nya gmn ya master? mungkin master bisa skalian share untuk pencerahan teman saya, soalnya dia dstu,, thx master

        • Broker Forex says:

          parahnya karena broker jadenforex ini tidak teregulasi, alias tidak legal.
          sehingga ibaratnya itu tidak ada polisi yang mengawasi dan menjadi penengahnya

          akibatnya yang berlaku adalah hukum suka2 brokernya, jadi kalau ada apa2 maka anda hanya bisa pasrah saja loh.
          (ini seperti bank gelap begitu)

          bahaya Pak kalau main di tempat2 broker yang non regulated/yang tanpa hukum seperti itu

  56. carleone says:

    master mau tanya.. kalo Cipta Syariah Equity dari ciptadana bagus ga?

  57. aris32 says:

    Mo tanya nih pak
    1. Misalkan punya dana untuk investasikan property sebesar 500 juta hasil dari usaha. lebih baik mana, uang tersebut dibelikan property secara cash atau pakai kredit saja sehingga sisa dana bisa untuk tambahan modal lagi?
    2. apakah sekarang adalah waktu yang tepat untuk investasi emas secara online lagi?

    • Broker Forex says:

      1. kalau property maka harus cari lokasi yang bagus dan harga masih murah.
      kalau kredit itu hati2. Sebab sistem hutang itu kalau sampai usaha anda tidak berjalan bagus maka bisa berbahaya.

      2. emas itu boleh dibeli untuk disimpang jangka panjang, ataupun untuk diversifikasi aset ya

  58. carleone says:

    Semangat Pagi Master,

    Mau tanya analisa atau pendapat master mengenai tutupnya pemerintahan AS dan dampaknya ke pasar modal mungkin termasuk IHSG dan kemungkinan harga reksadana saham.. karena saya bukan background ekonomi, tapi kok ada feeling IHSG bakal kena dampaknya dan akan turun ya perasaan saya.
    maklum master, biar siap siap top up dan nambah RD lagi.. hehehe..
    terima kasih banyak master

  59. bhsakti says:

    nambah master bagaimana dgn berternakuang.com
    mhn pendapatnya.

Leave a Reply