Cara Investasi yang benar dan aman

INVESTASI vs TRADING

Anda harus membedakan terlebih dahulu kedua arti tersebut, karena saling bertolak belakang.

Investasi yaitu anda duduk diam dapat uang (pasif saja) , tetapi hasil yang diperoleh biasanya kurang signifikan (kalah dengan trading) dan tergantung kepada pengelola uang anda tersebut. Tetapi Investasi juga bisa aman dan untuk masa pensiun kelak jika memilih dengan benar dan tepat. Selain itu investasi juga dapat meningkatkan Capital Gain atau Pertumbuhan Modal.

Trading yaitu anda harus ikut aktif , tetapi hasil yang diperoleh bisa sangat besar ataupun justru merugi. Dan untuk Trading adalah tergantung kepada kemampuan anda sendiri.

Mengenai Trading, anda disarankan untuk menempatkan dana anda di perusahaan broker yang terpercaya dan memiliki regulasi yang jelas dan aman. (Anda bisa membaca penjelasannya di halaman yang lain pada web kami yang membahas tentang broker)

Untuk Investasi, kami akan membahas di halaman ini, karena seringkali masyarakat sangat buta perihal investasi ini, dan akhirnya salah mengambil jalan dan ikut semacam Money Game, Arisan Berantai, Saham Pre-IPO yang tidak jelas, dan HYIP yang ujung-ujungnya pasti akan hilang ataupun dibawa lari uangnya oleh pengelolanya.

HYIP, Money Game dan semacamnya pasti menawarkan Mimpi-Mimpi cara cepat menjadi kaya, padahal itu semua tidak logis dan berbohong. Karena kalau dia sendiri (si pengelola tersebut) bisa begitu, maka dia sudah kaya raya kan dan buat apa repot-repot berjualan atau mencari dana orang lain lagi, dan kenapa dia juga tidak pinjam uang saja di bank… yang dimana dia hanya perlu memberi imbal hasil yang kecil kepada bank kan.. (bunga bank paling max paling hanya 1% / perbulan, bahkan di luar negeri bunga bank dibawah 1% per bulan lo)

Contoh: HYIP memberi anda return 10% per bulan (bahkan ada yang lebih), padahal kalau dia si pengelola HYIP tsb meminjam uang di bank, dia cukup memberi ke banknya 1% per bulan bukan.. (hemat 9%) , nah kenapa dia tidak pinjam ke bank saja ?? KARENA, Bank tidak bisa dibohongi, jadi dia memperdaya orang-orang awam !

Nah oleh karena itu kita harus jeli dan berpikir tajam, jangan mau dibohongi oleh orang-orang yang tidak benar seperti itu lagi.

Mengenai cara investasi yang BENAR, ada berbagai macam, yaitu:

  • Properti, seperti membeli properti dan disewakan, ataupun membeli tanah untuk disimpan (untuk membeli property, perhatikan lokasinya !)
  • Beli emas, dan disimpan untuk jangka panjang. Atau melalui media online seperti info dari artikel blog kawan kita di www.brokeremas.com
  • Kolektor produk-produk antik bernilai tinggi (lukisan, barang seni, dkk)
  • Franchise yang bisa pasif income, seperti Indomaret, Alfamart, Apotek K24, dll.
  • Bisnis (sebagai komisaris ataupun penyerta modal pasif saja), tetapi hati-hati ya karena bisnis juga banyak yang tidak benar pula. (Pelajari Sistem dan Laporan Keuangannya)
  • Berinvestasi langsung di saham-saham yang benar dan kredibel / bluechip
  • Reksadana Saham yang kompeten
  • Obligasi (bond) , diutamakan yang Obligasi Pemerintah agar lebih aman seperti ORI (Obligasi Republik Indonesia), ataupun Obligasi dari perusahaan swasta yang sudah solid seperti Astra.
  • SUN (Surat Utang Negara), Sukuk
  • Deposito di bank (jangan di rentenir ya), tapi deposito sangat kecil returnnya dan bisa habis termakan inflasi. (Tidak disarankan untuk Deposito !)
  • Pemilihan Unit Link secara tepat pada produk Asuransi

Mengenai beberapa produk investasi diatas, kami tidak membahas semuanya, karena kompleksitasnya yang bila dibahas di sini tidak akan selesai dan sangat panjang. Kami hanya membahas secara Singkat mengenai Investasi Jangka Pendek (bisa untuk cash flow) di Strategi Investasi Emas Online , serta untuk Jangka Panjang dan Menengah di Reksadana, Obligasi, ORI, Sukuk dan Unit Link Asuransi.

Untuk pemilihan lembaga investasinya (khususnya untuk produk Reksadana, ORI, Sukuk, Obligasi), kami menyarankan anda untuk ikut pada produk-produk yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang resmi dan legal di Indonesia (yang terdaftar di BAPEPAM), seperti pada produk-produk yang ditawarkan di Bank-Bank yang BESAR (sebaiknya jangan di bank-bank kecil ya), selain itu di produk-produk pada perusahaan sekuritas yang resmi terdaftar di Bapepam itu juga boleh (seperti E-Trading, OSK, Danareksa, Trimegah, Mandiri Sekuritas, Panin Sekuritas, dll). ATAU anda bisa berkonsultasi kepada kami terlebih dahulu secara Gratis daripada tersesat.

Pemilihan produknya boleh pada produk-produk investasi yang umum, yaitu seperti Emas, Reksadana, Unit Link Asuransi, Obligasi (bond), ORI, Sukuk Ritel, dan bahkan Deposito.

Ok , sekarang masuk pada pokok bahasan tentang cara menginvestasikan uang tabungan anda secara Benar dan Aman untuk masa depan atau pensiun anda kelak :

STRATEGI INVESTASI EMAS SECARA ONLINE

Strategi investasi emas secara online ini adalah salah satu strategi investasi yang kami rekomendasikan pula, karena cukup Mudah dan dapat dikerjakan dengan Santai, tetapi memiliki potensi return yang cukup Bagus dan Aman.

Emas adalah suatu instrumen yang pasti akan terus naik untuk jangka panjangnya, karena emas merupakan logam mulia yang dipakai untuk berbagai hal, termasuk untuk devisa suatu negara, backup mata uang, sarana hedging (lindung nilai), alat pembayaran, untuk keperluan produk-produk elektronik, perhiasan dan sebagainya. (tanpa emas, dunia tidak bisa hidup)

Emas sangat Bernilai Tinggi , karena Emas tidak dapat dibuat oleh manusia, selain itu persediaan emas juga semakin hari semakin sedikit, hal inilah yang membuat emas sangat bernilai dan trend nya adalah cenderung untuk naik, meskipun kadang dapat terjadi gejolak atau turun tetapi itu hanyalah sesaat, dan ujung-ujungnya nanti akan naik kembali yang dimana hampir setiap tahun semakin mahal nilainya.

Lihat perkembangan harga emas di beberapa tahun ini dengan Klik Disini

Dari berbagai macam investasi emas, yang paling efektif adalah menggunakan media Online di Internet, karena dengan media ini anda Tidak Perlu Repot menyimpan Fisik Emas anda di brankas, dan tidak perlu takut dicuri / kehilangan fisik emas anda, selain itu dengan Internet dapat dilakukan dimana saja secara Instan dan lebih Hebat, serta lebih Praktis, Efisien, dan Menguntungkan. TAPI anda tidak boleh sembarangan invest di media online atau internet ini , karena banyak penipuannya juga !
(Kami akan memberikan tips nya di bawah ini)

Untuk strategi investasi di emas secara online, bisa digunakan untuk keuntungan jangka pendek, menengah, ataupun untuk mendapatkan Cash Flow, karena sifatnya yang menggabungkan Trading dengan pola Investasi, sehingga teknik ini sangat cocok bagi anda yang ingin berinvestasi sekaligus mendapatkan perputaran uangnya (cash flow).

Cara kerja investasi Emas secara Online ini Prinsipnya juga sederhana yaitu ketika harga emas turun maka anda membelinya (beli emas ketika harganya turun atau sedang murah), tetapi ada suatu perhitungan tertentu yang kita tidak boleh sembarangan asal membelinya, karena hal itu bisa membahayakan. Cara ini berdasarkan pengalaman kami adalah sangat efektif dan tidak menyita waktu, serta dapat dilakukan oleh siapa saja.

Investasi dengan teknik emas secara online ini HARUS dilakukan melalui media suatu perusahaan berjangka yang Kredibel , karena di perusahaan berjangka (perusahaan broker yang bisa untuk trading emas ini) terdapat daya ungkit atau leverage yang memungkinkan anda untuk membeli emas senilai beberapa ratus kali lipat dari harga emas konvensional pada umumnya (menggunakan sistem seperti uang muka saja), selain itu bebas biaya pajak, dan anda bisa mendapatkan selisih harga jual beli yang lebih rendah dan menguntungkan daripada membeli emas fisik konvensional.

Kami menyarankan anda untuk memilih perusahaan berjangka (perusahaan broker) dengan Tepat dan HARUS MEMILIH YANG AMAN, karena menyangkut dengan keamanan dana anda jangka panjang. Yang Terbaik adalah melakukan strategi investasi emas online ini di perusahaan broker luar negeri yang terdaftar pula di CFTC milik pemerintah Amerika Serikat, karena CFTC adalah lembaga regulator yang PALING KREDIBEL di dunia, selain itu penyertaannya sebagai nasabah juga terjangkau (modal kecil juga bisa invest dan trading, mulai dari sekitar Rp.2 jutaan sudah bisa), di perusahaan anggota CFTC adalah sangat aman, dan keuntungan lainnya adalah anda bisa memperoleh fasilitas yang lebih lengkap seperti Bebas Biaya Inap, Lebih Murah Marginnya, Tanpa Intervensi Dealer (non bandar), dan bisa Mengatur Volume Lotnya dengan Lebih Rapat dan Fleksibel dibanding lainnya atau broker lokal (di broker luar negeri yang terdaftar di CFTC bisa menggunakan instrumen Emas dengan volume Micro, Mini, sampai tingkat Reguler keatas, dan sangat fleksibel serta lebih menguntungkan).

Jangan investasi emas di perusahaan-perusahaan investasi yang tergolong High Risk, ataupun HYIP (yang menjanjikan imbal hasil tinggi/ponzi) ataupun yang dikelola oleh seseorang dan perusahaan yang tidak jelas / tidak teregulasi secara benar (tidak terdaftar pula di CFTC.gov), karena hal tersebut bisa sangat berbahaya dan berpotensi untuk dibawa lari, mengingat instrumen Emas ini seringkali dimanfaatkan oleh para penjahat kerah putih dan perusahaan-perusahaan ilegal semacamnya (seperti Tambang Abal-Abal, Saham Pre-IPO Sampah, Money Game, dan semacamnya), selain itu banyak juga disesatkan ke semacam ilegal gambling atau perjudian yang menguntungkan oknum tertentu.

Untuk teknik selengkapnya mengenai strategi emas secara online ini sebagai investasi dan cash flow, simak detail selengkapnya di penjelasan blog salah satu kawan kita di www.brokeremas.com

Setelah anda mempelajari strategi berinvestasi di emas secara online ini, maka anda semestinya Tidak Perlu Lagi mengikuti seminar ataupun workshop pelatihan emas yang harganya mahal hingga jutaan rupiah :) selain itu belum tentu teknik yang diajarkan juga benar dan aman, karena seringkali yang diajarkan disana adalah suatu hal yang beresiko tinggi atau menjurus ke gambling. Di situs kami anda bisa mendapatkan segala informasi strategi trading dan investasi emas tersebut dengan Gratis  melalui cara yang mudah, praktis dan ringan.

Teknik trading dan investasi Emas secara Online ini bisa memberikan keuntungan yang cukup baik dengan resiko yang kecil, tetapi harus dijalankan secara SABAR dan TEPAT sesuai dengan petunjuknya.

REKSADANA

Investasi yang sangat kami sarankan untuk jangka panjang selain strategi emas online diatas adalah pada produk-produk Reksadana, dan mengenai reksadana ini kami menyarankan untuk memilih produk REKSADANA SAHAM, karena produk ini bagus untuk investasi jangka panjang diatas 5 tahun, dan anda dapat meningkatkan capital gain (pertumbuhan modal) di waktu tersebut ataupun untuk masa pensiun anda kelak. (reksadana saham ini sangat bergejolak tetapi ujung-ujungnya pasti akan naik di masa panjang tersebut, cocok sekali untuk uang pensiun kelak). Tetapi jika tujuan anda adalah short term dibawah 5 tahun dan uang investasi tersebut adalah untuk uang dapur/uang usaha bisnis anda, maka sebaiknya jangan ikut di reksadana saham !

Untuk reksadana saham, kami anjurkan anda untuk mengambil produk-produk yang dikeluarkan oleh perusahaan besar, aman, legal, dan yang SUPER KREDIBEL menurut kami, yaitu seperti keluaran dari perusahaan Schroder, Manulife, BNP Paribas dan Panin Sekuritas (Panin Dana Maksima). Karena performance mereka sangat bagus dan layak untuk kita ambil.

Beberapa Contoh nyata penerapan reksadana :

Di tahun 1997 bila anda menabung Rp.100 juta pada produk reksadana Panin Dana Maksima, maka tahun 2012 sekarang dana anda akan menjadi lebih dari Rp.5 Milyar .

Kemudian jika di tahun 2000 anda menabung di reksadana saham Schroder Dana Prestasi Plus sebesar Rp.100 juta, maka di tahun 2012 sekarang dana anda sudah berkembang menjadi Rp. 2,1 Milyar

jika di tahun 2005 anda menabung Rp.1 Milyar di Schroder Dana Istimewa, maka di tahun 2012 sekarang dana anda sudah berkembang menjadi Rp.5 Milyar.

Dari beberapa contoh diatas, anda bisa melihat perkembangan mereka jika diendapkan secara jangka panjang.

Untuk detail prospektus mereka, anda boleh meminta dan bertanya kepada petugas bank , mereka dapat memberikan data-data pertumbuhannya, dan itu nyata tanpa rekayasa.

(contoh diatas tersebut adalah berdasarkan hasil nyata kinerja Reksadana yang sudah terjadi. Tetapi untuk masa depan belum tentu bisa berkinerja sama seperti masa lalu. Konsultasikan ke petugas bank anda untuk info lebih detailnya)

Beberapa produk unggulan untuk reksadana saham di Indonesia yaitu (yang kami rekomendasikan boleh anda ikuti) : Schroder Dana Prestasi Plus, Schroder Dana Istimewa, Schroder 90+, BNP Paribas Solaris, BNP Paribas Star, BNP Paribas Pesona, BNP Paribas Pesona Amanah, BNP Paribas Equitas, Manulife Saham Andalan, Manulife Dana Saham

Reksadana nyaris tidak bisa bangkrut, karena reksadana adalah terdiri dari kumpulan saham-saham unggulan penopang perekonomian negara Indonesia, seperti saham Unilever, Indofood, BRI, BCA, Mandiri, Astra, Telkom dan kawan-kawannya, yang dimana jika mereka bangkrut maka negara Indonesia juga pasti akan hancur. Jadi investasi di reksadana saham bisa dikatakan sangat aman untuk jangka panjang (asalkan memilih di produk reksadana yang benar seperti petunjuk kami tersebut)

Jangka waktu investasi di reksadana saham jika semakin lama dan semakin panjang maka akan semakin baik dan berkembang, ATAU anda bisa melakukan rutin menabung setiap bulannya di reksadana saham tersebut untuk hasil yang optimal pula dan tidak peduli gejolak market.

UNIT LINK (Produk Asuransi)

Sedangkan bila anda ingin memilih produk-produk jenis unit link yang bisa dibundle dengan Asuransi, maka mereka bisa anda dapatkan di perusahaan Asuransi Terkemuka, seperti Prudential, Acelife, Manulife, Generali, Sequis life, Axa, dan sebagainya. Prinsip kerja unit link adalah seperti Reksadana, hanya saja return lebih kecil (karena terpotong biaya-biaya untuk asuransi), dan kelebihannya anda bisa mendapatkan manfaat asuransi pula.

Tapi ingat, bahwa untuk investasi dengan unit link di asuransi ini pertumbuhan dananya pasti akan kurang maksimal, sebab terpotong dengan biaya asuransi (seiring usia) dan seringkali juga tidak dimasukkan semuanya ke produk investasi (bertahap), akibatnya anda bisa ketinggalan momentum dan dana anda tidak bertumbuh secara bagus.

Bila anda memang ingin ikut produk UNIT LINK pada asuransi ini, mintalah pengaturan komposisinya 50:50 ataupun 60:40 atau bahkan 70:30 (investasi harus yang lebih besar), karena seringkali ada agen yang buruk yang memberikan anda komposisi investasi hingga 20:80 atau kurang, dan itu jelas merugikan anda, karena nilai investasi anda bisa sangat buruk. (agen asuransi mendapatkan komisi dari uang yang ditempatkan pada nilai asuransinya dan bukan pada nilai investasi, jadi agen pada dasarnya lebih suka bila penempatan asuransi anda lebih besar dari top up investasinya, karena komisi dia bisa lebih besar. Jadi anda harus jeli dan pintar ya, jangan salah penempatannya !)

Untuk top up di Unit Link pada Asuransi ini mintalah penempatan pada portfolio saham.

Sebaiknya asuransi adalah digunakan sebagai proteksi kesehatan, dan bukan digunakan untuk sarana investasi, sebab perkembangan nilai investasinya buruk.

OBLIGASI , FR , ORI , SUN, SUKUK

Untuk pilihan produk jenis seperti obligasi, ORI, dan sukuk, produk ini seperti Deposito, dan bisa anda dapatkan pada bank-bank yang umum, seperti di BCA, BRI, Mandiri, CIMB Niaga, HSBC, Bank Mega, Standard Chartered, Citibank, Commonwealth, BII, dan sebagainya. Dan prinsip kerja produk obligasi dan sukuk adalah sama seperti deposito, hanya saja disini bunga lebih tinggi, terjamin 100%, dan bisa menikmati extra capital gainnya pula, walaupun Capital Gainnya tidak akan bisa setinggi seperti Reksadana Saham. Serta di Obligasi dan Sukuk ini terdapat jangka waktunya.

Untuk produk-produk diatas, anda juga bisa memantau perkembangan mereka pada koran Bisnis Indonesia di setiap harinya, ataupun melihat pada website Bapepam.

anda bisa menanyakan secara lebih detail perihal produk-produk tersebut kepada petugas bank anda, mereka siap membantu memberi penjelasan lebih lengkap.

Bagaimana cara mendapatkannya Reksadana, ORI, dll ?

Kami sarankan Anda bisa menghubungi pihak Bank untuk mudahnya, dan nanti anda akan didampingi oleh Personal Account Officer / Relationship Manager (RM) yang bisa membantu anda mengurus keperluan administrasi dan penjelasannya.

Bank-bank yang umumnya menyediakan produk-produk diatas adalah : Bank HSBC, ANZ, Bank Citibank, Bank Commonwealth, Bank Standard Chartered, Bank BII, Bank BNI, CIMB Niaga, Bank Mandiri dan lain-lain. Anda bisa menghubungi pihak bank terlebih dahulu untuk menanyakan hal tersebut, apakah menyediakan produk tersebut atau tidak. (umumnya Bank pasti menyediakan, tapi ada juga bank yang tidak menyediakan, contohnya: BCA).

Ikutlah di produk-produk yang kami rekomendasikan di atas agar tidak salah memilih !

Mulai sekarang, tinggalkan HYIP, Money Game, Arisan Berantai, ataupun tawaran-tawaran investasi diluar sana yang menjanjikan keuntungan tinggi atau Mimpi-Mimpi cara cepat kaya dalam sekejap. Karena hal-hal seperti itu berbahaya semua, tidak legal, tidak bisa untuk jangka panjang, dan sangat tidak bertanggung jawab.

Semoga bermanfaat !

(Brokerforex.com)

Baca link ini juga: http://brokerforex.com/investasi-profit-besar/

814 Responses to Cara Investasi yang benar dan aman

  1. candra15 says:

    Kalau panin dana maksima msih bagus gak untuk kedepannya master??
    Selain itu apa yang master rekomendasikan?? Terimakasih

  2. mimi says:

    Master,
    saya tanya donk…ditempat saya lagi booming net invest yang pengembaliannya profitnya 100% dalam waktu 20 sampe 40 hari kerja (bukan hari kalender). jadi misalnya saya invest 600rb dapat pengembalian 1.2juta, 3,6 juta dapat 7,2 juta. Investasinya katanya diputar diperusahaan jasa dan pemasaran, saya ingin ikut tapi masih ragu. siapa tau master pernah dengar tentang invest ini. mohon pencerahannya :). tq

    • Broker Forex says:

      Jangan ikut itu Pak, itu PASTI SCAM dan abal2.

      kalau dia bisa begitu, ngapain repot2 cari orang, kenapa nggak perusahaan tsb pinjam uang saja di bank dan diputar sendiri, kan lebih untung. (bank cukup dikasih 1% aja kan).
      nah berhubung bank tidak bisa ditipu makanya dia cari orang awam

      hati2 Pak

  3. timothyriady says:

    Mohon pencerahannya Master
    1. Apakah ada produk dari MNC Securitas dan MNC Asset Management yang bagus? terutama produk untuk pemula dan dana kecil.
    2. Bagaimanakah track record kedua perusahaan tersebut?
    3. Apakah dana yang masuk untuk kepentingan di Grup mereka saja? Mengingat badan usaha yang bernaung cukup banyak.
    Trims atas penjelasannya.

    • Broker Forex says:

      MNC tsb dia perusahaan yang legal, dan boleh kok kalau ingin diversifikasi.
      tapi kalau kami pribadi suka yang produknya schroder dan bnp paribas aja, sebab sudah lebih teruji.

      untuk dana masuk di kepentingan group mereka itu pasti ada Pak.

  4. shinery says:

    Master Brokerforex,
    Kalau investasi yang ini: d4f-official.com/
    Bagaimana pendapat master?
    Bunga 1%/hari

    Terima kasih.

  5. iniidku says:

    masta boleh minta saran dan pendapat untuk investasi yang aman dan risk lossnya rendah tidak?

    modal saya 100 jt

  6. asrul says:

    Dear master,

    Saya mau tanya, baru-baru ini bni securities launching web zaisanbnis.com, apakah web dari BNI S tsb hanya cocok untuk trading saja? bagaimana sebaiknya jika saya berniat
    untuk investasi saham dalam jangka waktu lama?

    sekian, terimakasih.

    • Broker Forex says:

      iya itu untuk trading saham lokal.
      Bapak bisa hubungi ke pihak BNI Sekuritas seputar hal tsb ya

      invest saham jangka lama bisa saja kok Pak, tergantung saham2 yang dipilih, dan kami sarankan pilih saham2 yg jenisnya bluechip ya

  7. jhon says:

    Asuransi tabungan pendidikan prudential bagus ga master dilihat dari:
    1. Keamanan dana?
    2. Pertumbuhan?
    Tq master

    • Broker Forex says:

      kalau aman pasti aman Pak
      kalau di asuransi jangan harap pertumbuhan investasinya bagus ya :)
      kalau ingin investasi maka bisa di saham langsung atau reksadana saham, selain itu property juga ok

  8. Purwa86 says:

    Broker forex yth,
    Saya sudah beli reksadana Bnp Paribas Pesona Syariah dan Mnc dana Syariah di Ipotfund, Apakah Ipot fund sudah terdaftar resmi di OJK, Bila di kemudian hari ada masalah pada Ipotfund amankah dana saya dan bagaimana cara mencairkanya.
    Terimakasih atas pencerahanya, Salam.

    • Broker Forex says:

      resmi kok.
      ipot itu hanya sebagai agen penjual saja, yang penting itu adalah BNP Paribas dan MNC nya tsb sebagai perusahaan pengelolanya
      kalau ipotnya bermasalah, maka dana anda tidak hilang, karena dia hanya sebagai agen penjual saja, dan ipot ini resmi kok.
      tapi kalau BNP Paribasnya atau MNCnya yang bermasalah nah itu baru berbahaya

  9. priska75 says:

    Selamat Siang Pak,

    Saya ingin banyak bertanya dan mengetahui lebih jauh sebelum memulai investasi Reksadana. Mohon bimbingannya.

    Saya ingin membeli Reksadana dr commonwealth ataupun ipotfund. tetapi, yang menjadi pertimbangan saya adalah saya mempunyai teman yg berada di Australia. dan beliau bilang bahwa bank ini sedang tahap collapse. saya khawatir bank ini akan tutup cabang di Indonesia. serta Ipotfund..yg baru saja beroperasi pada tahun 2014.
    (saya kurang percaya karena baru saja dibuka).
    1.apa saran bapak? apakah tetap saya harus membeli di commonwealth atau ipotfund? kalau tidak, dimanakah saya bisa membeli Reksadana yang berkualitas seperti commonwealth (bank custodian) yang mempunyai banyak pilihan?
    2. saya baru saja bekerja. umur saya 22thn. saya ingin sekali mempunyai 3 jenis reksadana yang saya persiapkan untuk :
    – DP mobil (2tahun kedepan)
    – Membeli rumah/apartemen
    – Dana Pensiun
    Reksadana apa saja yang bapak sarankan untuk 3 hal tersebut?
    3. Saya juga ingin bertanya sedikit tentang Forex. adakah broker yang terpercaya untuk mengelola investasi yang saya berikan? misal : saya memberikan kepada A sejumlah uang sebanyak 20 Juta untuk dikelola di forex. dan kemudian 2bulan kemudian saya mendapatkan untung 2juta. dan saya dapat mengambil keuntungan tersebut. apakah sistem tersebut benar2 ada pak? contoh website Forex yg menawarkan : apriliofx.com(IB HotForex Indonesia). mohon penjelasannya ataupun rekomendasi dari Bapak.

    Ditunggu Pak untuk Jawabannya. Terimakasih

    • Broker Forex says:

      1. Saran kami adalah beli di bank commbank itu boleh kok, tetapi harus pilih produk reksadana yang benar ya, karena bank tidak akan menjamin kalau misalnya perusahaan reksadana tersebut kolaps. Karena bank itu adalah sebagai agen penjual saja
      2. bisa baca ini ya http://brokerforex.com/investasi-profit-besar/cara-investasi-yang-benar-dan-aman/
      dan reksadana tidak bisa untuk jangka pendek dibawah 5 tahun, sebab hasilnya bisa kurang bagus.
      reksadana (apalagi yang jenisnya saham) itu lebih cocok untuk diatas 10 tahun

      3. waduh jangan Bu, bisa habis entar uang Ibu.
      buanyak sekali loh Bu penipuan2 yang menggunakan cara iming2 Investasi Forex.
      Bahkan ada yang ngaku2nya anak pejabat lah, artis, muridnya pengusaha terkenal, master trader, dll tapi nyatanya ujung2nya duit nasabah yang dikelola itu habis semua/merugi dan orangnya juga lari atau nggak mau bertanggung jawab. Apalagi broker Hotforex yang Ibu sebut itu adalah broker Non Regulated loh, jadi bahaya Bu.
      kami juga sudah sering banget menerima keluh kesah dari korban2 tersebut Bu.

      karena orang yang benar2 hebat dalam bertrading maka mereka cukup pinjam uang dari bank lalu mereka putar sendiri itu lebih menguntungkan daripada mengelola dana orang (dan lebih tidak ribet), karena imbal hasil dari pinjaman di bank itu lebih menguntungkan dibanding hasil tradenya.
      Kalau dia pinjam di bank maka cukup balikkin ke bank hanya 1% per bulan, sedangkan kalau mengelola dana orang lain maka harus diatas itu kan.

      Jadi hati2 Bu dengan tawaran2 investasi seperti itu ya, beresiko buanget bila Ibu tidak menguasainya

      • priska75 says:

        oke pak. terimakasih untuk sarannya. saya akan investasi reksadana saham untuk jangka lama.
        ada lg pak yg mau saya tanya.

        1. misalnya commonwealth bangkrut. dan saya telah melakukan investasi reksadana. anggap saja..saya telah investasi di reksadana BNP Paribas. kemudian commonwealth bangkrut. bagaimana dengan dana yang telah saya setorkan tersebut?apakah ikut hilang krn commonwealth bangkrut?

        2. saya tertarik untuk bertrading forex dengan saran bapak. yaitu, dengan mengikuti kalender ekonomi. yang saya mau tanyakan..pada saat kapan saya harus buy dan sell? misalnya pada Jumat,12 juni 2015 yg lalu dengan berita mata uang JPY, dengan judul “Indeks Tersier Industri”.pada jam 11.30(GMT +7) dengan impact medium dan tanda seru 2x. maka dari hasil tersebut..apabila saya mau mentrade’kan mata uang tersebut. apa yang harus saya lakukan? saya harus BUY atau SELL (usd/jpy) kah?(eur/jpy)/atau (gbp/jpy)?

        Terimakasih sebelumnya untuk jawaban Bapak.

  10. febrianda says:

    Pak mau tanya apakah kalau kita beli reksadana di ipotfund.com aman?
    adakah perbedaan antara beli di MI, Commbank dan ipotfund?
    terima kasih sebelumnya

    • Broker Forex says:

      Aman kok, dia juga resmi (ipot tsb).
      tetapi di ipot itu tidak banyak pilihannya.

      beli di MI itu biasanya feenya lebih murah, tetapi repot kalau ada apa2 maka harus datang ke perusahaan MInya kecuali kalau kantor MInya di sebelah rumah anda maka its ok :)
      kalau lewat bank seperti Commbank (commonwealth) itu enaknya bisa dilayani di semua cabang bank tsb dan bisa mendapatkan fasilitas bank, walaupun feenya lebih mahal tetapi menurut kami masih tidak apa2, karena feenya hanya beda sekitar nol koma berapa % aja kok , selain itu akan dilayani oleh relationship officer yang siap membantu anda kemana2

  11. Phantom27 says:

    Pagi master,
    Mohon infonya saya memiliki uang Rp. 50 juta dan rencana akan saya alokasikan untuk membeli Reksadana Panin Dana Maksima, Schroder Dana Prestasi Plus, Schroder Dana Istimewa, dengan rencana sebagai berikut :
    1. Panin Dana Maksima 20 juta
    2. Schroder 90+ 15 juta
    3. Schroder Dana Istimewa 15 juta

    Mohon bantuannya :
    1. Apakah setup saya tersebut sudah cukup baik? Atau ada yang menurut master lebih bagus? Karena saya sudah melihat grafik perkembangan dananya tetapi kesulian membacanya (saya agak buta grafik, hehe)
    Bila ada yang lebih bagus dari Panim dan Schroder untuk saat ini tolong rekomendasinya.
    2. Untuk membeli reksadana Schroder atau BNP apakah bisa lewat bank BNI atau BRI? Karena saya hanya menjadi nasabah di kedua bank itu.
    3. Rencana saya reksadana ini akan saya ambil 5-10 tahun kedepan. Saya mau tanya bagaimanakah waktu terbaik untuk mengambilnya nanti? Apakah berdasarkan grafik atau bagaimana.

    Maaf merepotkan dan terima kasih atas waktunya.
    Salam

    • Broker Forex says:

      1. sudah bagus kok Pak
      2. bisa dicoba ditanyakan ke bank tersebut ya
      3. jika nanti sudah menghasilkan gain yang cukup buat anda maka bisa anda ambil.
      nah tiap2 orang itu punya ukuran gain sendiri2, jadi yang bisa menentukan adalah anda sendiri ya bagaimana kecukupan kebutuhan anda tsb.

      • Phantom27 says:

        Tks Master,
        Untuk saat ini kondisi masih turun terus, lebih bagus bila saya langsung masuk total atau top up secara berkala setiap bulan ya?
        Untuk Reksadana Campuran, apakah ada yang rekomendasi dari Master?
        Kemarin tes saya tipe Moderat, jadi saya pikir mungkin sebaiknya sebagian saya investkan untuk Reksa Campuran, tidak semua di saham. Atau sudah cukup bijak kalau saya investkan di Reksa Saham seperti diatas??

        • Broker Forex says:

          top berkala itu hasilnya bisa lebih baik.

          kami nggak sarankan reksadana campuran, karena nanggung Pak.
          hasilnya gak seberapa resiko juga hampir sama dengan reksadana saham
          apalagi kalau masih muda maka hajar di reksadana saham untuk pensiun kelak itu hasilnya bagus

  12. huggetz says:

    siang master,
    pencerahannya dong, berdasar pengalaman master, dengan situasi ekonomi yang seperti ini, masih baguskah invest di reksadana ? secara NAB turun terus akhir2 ini :)

    thanks master

    • Broker Forex says:

      kan sudah pernah kami sampaikan berkali2. invest di reksadana saham adalah untuk jangka panjang 10 tahun lebih itu malah lebih bagus.
      kalau untuk short term nggak bisa Pak.

      masih bagus kok Pak invest di reksadana saham, asalkan untuk jangka panjang ya

  13. Traderuppercut says:

    Pak, mau tanya kalau investasi PT Dua Belas Suku itu aman tidak?

  14. febrianda says:

    mau minta saran nih pak, untuk investasi > 5tahun saat ini bagusan mana ya antara reksadana saham dan Logam Mulia?

  15. kenshu says:

    Malam Master…
    mau tanya, apakah aman berinvestasi di E*TRADE FINANCIAL??
    disana ditawarkan investasi kerjasama dengan penawaran
    profit harian 1% – 6% setiap harinya..
    Perusahaan Trading Investasi ini pusatnya ada di Amerika
    dan di Indonesia dengan legalitas SIUP PT. ETRADE INDONESIA

    • Broker Forex says:

      hati2 Pak, kalau dia bisa 1%-6% PER HARI, ngapain repot2 cari nasabah, toh bisa pinjam uang bank aja kan dia lebih enak :)
      tapi nyatanya kan tidak, jadi anda harus pikir pakai logika ya dan jangan tergiur begitu saja dan gelap mata

  16. mochez says:

    Siang master,

    Saya mau tanya tentang kliklm .com. Mereka sih bilangnya perusahaan dagang. tetapi banyak orang bilang itu investasi.
    Joint dengan modal 3.6 juta ( dapat logam mulia 2 gr dan evoucher 2,5jt). Dengan merekrut orang yang dalam artian mereka mendaftar seperti yang kita juga lakukan, kita sebagai perekrut mendapatkan 500 ribu sebagai komisi referensi.

    Mohon pencerahan

  17. vando11 says:

    mau tanya:
    1. Panin Dana Maksima itu dari bank apa? cara menghubungi bagaimana? apa ada web, kantor di indonesia dimana?
    2. Schroder Dana Prestasi Plus dari bank apa? cara menghubungi bagaimana? apa ada web, kantor di indonesia dimana?
    3Manulife Saham Andalan, Manulife Dana Saham dari bank apa? cara menghubungi bagaimana? apa ada web, kantor di indonesia dimana?

    • Broker Forex says:

      1. itu beli di Panin Sekuritas, coba di googling ya , cari yang dekat dengan tempat anda

      2. Schroder, Manulife, dan semacamnya itu beli di bank2 umum bisa, seperti HSBC, Niaga, BII, BCA, Commonwealth, Standard Chartered, Citibank, dll
      coba di googling

  18. rai431 says:

    Saya suka sekali dengan ulasan bapak, oiya panin itu yang punya bloomberg tv jga ya?, maklumlah saya newbiw trading jga pke akun cent difbs, sy bca2 ternyata benar apa yg ditulis bpk ttg broker2 lokal, sy pnh ditradingkan di salah stu broker lokal namanya pt vi*hasilnya mmang nol besar.

  19. faustinho7 says:

    Master tolong tanya dongg, saya ingin coba masuk dalam reksadana panin untuk reksadana saham…. Menurut master lebih baik yg mana di panin dana maksima yg nab sudah ±77rb atau panin dana prima nab ± 3500 atau produk baru panin dana ultimatum nab ±1300? Rekomendasi dari master baiknya yg mana, saya berencana utk investasi minimal 5 tahun. Master satu lagi saya mau tanya sebenarnya faktor-faktor apa yg memengaruhi kinerja suatu produk reksadana? Saya lihat di milik panin maksima sdh 77 ribuan harganya dr 1997 sedangkan prima harga 3500 sejak 2007…. Perbedaannya cukup jauh antara prima dan maksima. Terima Kasih Master

    • Broker Forex says:

      kalau kami pribadi di Panin maksima Pak, dan nilai NAB yang tinggi itu bukan mencerminkan reksadana tsb sudah jenuh loh, itu anggapan yang salah.
      justru kalau yang nilainya sudah tinggi itu mencerminkan reksadana itu sudah berdiri lama dan bagus banget, sebab bertumbuh terus kan.

      yang mempengaruhi kinerja reksadana itu adalah saham2 yang diambil di dalamnya dan juga penyertaan dananya.

  20. Doni Kuswandi says:

    Halo Master,
    Saya mau bertanya, sebelumnya saya benar benar pemula dan masih blm mengerti sepenuhnya tentang investasi namun saya sangat tertarik untuk berinvestasi.
    Pertanyaannya untuk pemula seperti saya yg sangat baru seperti saya untuk ingin berinvestasi dengan baik benar untuk langkah awal apa yg harus saya lakukan?

    Terimakasih sebelumnya.

    • Broker Forex says:

      Untuk pemula , pertama2 kenali dulu apakah itu uang yang benar2 tidak dipakai dulu secara jangka panjang atau tidak, serta tujuan anda untuk capital gain atau cash flow.

      kalau untuk jangka panjang diatas 10 tahun (atau untuk pensiun kelak) dan untuk capital gain, saran kami adalah ambil reksadana saham.
      karena pertumbuhannya itu bagus dan mengalahkan inflasi.
      selain itu investasi di property juga boleh tetapi jangan sampai salah pilih lokasi ya.

      tapi kalau untuk short term (jangka pendek) maka ikut di obligasi atau sukuk negara itu bagus, tetapi tentunya returnnya tidak bisa sebagus kalau jangka panjang seperti reksadana saham ataupun property.
      selain itu obligasi atau sukuk bisa untuk cashflow juga setara dengan deposito.
      pilihan lain adalah dengan trading emas di broker teregulasi dengan teknik tertentu yaitu averaging down, tetapi ini lebih baik kalau anda sudah paham mengenai trading ya

      yang kami sebut itu adalah yang pasti aman ya Pak dan terhindar dari resiko Scam , asalkan mengikuti panduan kami di artikel kami di web kami ini ya

  21. RadjaPurba says:

    Siang BrokerForex,

    Saya mau nanya mengenai Trading Saham.
    Apakah (para) Master di brokerforex juga trading saham sekaligus forex?

    kira-kira bagaimana prospek keduanya jika dibandingkan?
    terima kasih sebelumnya.

    salam.

  22. huggetz says:

    malam master,
    saya baru belajar investasi reksadana, dan beli reksadana di bank commonwealth.
    ada 4 produk yang saya beli yaitu schroder 90 plus, bnp paribas pesona syariah, manulife dana saham dan RD campuran manulife dana stabil berimbang. kira2 udah tepat belum ya master pilihan saya tersebut untuk tahun ini ? thanks

    • Broker Forex says:

      bagus kok, cuman yang manulife dana stabil berimbang itu ngapain ngambil itu Pak

      lebih baik digenjot langsung di sektor saham semua full agar lebih maksimal untuk jangka panjangnya ya

      • huggetz says:

        ok master, thanks. nanti sy genjot lagi untuk reksadana saham nya. maklum saya termasuk investor moderat, jadi saya coba2 beli manulfe dana stabil berimbang tsb. tapi untuk reksadana saham manulife yang kira2 bagus yg mana ya master? saya pilih manulife ini karena fee belinya 0%…. tks

      • bhsakti says:

        siang master
        saya mau minta saran dan pandangan tentang trding forex di supermegaprofit, saya di ajak untuk ikut tradingnya,katanya anti dagdigdug,konsisten profitnya.
        ini situsnya supermegaprofit.com
        terimakasih atas sharenya.

        • Broker Forex says:

          supermegaprofit ini pakai cara trading balance Pak, hati2 ya
          itu main kecil bisa, tapi kalau main besar bisa berbahaya banget, apalagi broker yang dipakai dia adalah broker2 ecek2 dan tidak teregulasi seperti instaforex dan ibank.

          mentornya itu hidup dari seminarnya Pak, bukan dari trading betulan di trading balancenya, sebab mana berani pakai uang besar di broker2 begituan, bisa2 nanti kena scam bisa nangis loh, karena itu main di broker2 ilegal yang dimana tidak ada jaminan keamanan

          • bhsakti says:

            pagi master,
            1.Saya belum faham apa itu trading Balance,mohon di jelaskan untuk wawasan saya.
            2.Kalau tehnik trading balance ini bisa konsisten profit, apa bisa di terapkan pada broker yg teregulasi.
            terims master

            • Broker Forex says:

              1. itu main dengan 2 broker yang berbeda, dengan tujuan untuk swap positif ataupun untuk bonus, dengan menerapkan hedge
              2. kalau yang swap bisa, tetapi butuh modal besar sampai puluhan ribu dollar.
              tapi kalau yang main bonus itu nggak bisa, sebab broker teregulasi itu tidak ada bonus2 gila seperti di broker2 bandar yang non regulated.

  23. dean82 says:

    Malam Master
    saya baru mau mulai ikut reksa dana .. kebetulan saya mau mulai di sam syariah berimbang..bagaimana mnurut master di sam tsb?

  24. roger7 says:

    hallo brokerforex

    mau tanya nih…apakah aman untuk investasi di mfcclub yg system stock split saham.
    ini webnya mfcclub.com/

    Mohon penjelasannya mengenai mfcclub. trima kasih

  25. Bayu Haris says:

    Malam Master
    Saya mau tanya tentang perusahaan Minna Padi, mereka bergerak dalam bidang apa.?
    Perusahaan tersebut bagus tidak
    Terima Kasih

  26. mamansp says:

    Selamat malam master…
    saya mau tanya masalah investasi di reksadana saham apakah sama dengan transaksi saham secara on line (ada transaksi BUY/SELL), contoh kita beli saham amerika US30 (dowjones) diharga 17800 lalu harganya turun mejadi 17500 itu artinya kita mengalami LOSS, nah klw untuk reksadana saham lokal saya masih agak sedikit bingung apakah skema sama seperti itu?
    lalu bagaimana produk investasi dari CITYBANK berikut https://www.citibank.co.id/global_docs/fund-fact_90-plus-efund-bhs.pdf
    terima kasih master atas bantuannya…

    • Broker Forex says:

      Beda Pak, reksadana itu seperti kita beli tanah atau emas fisik lalu disimpan (nilainya bisa naik turun tapi fisik emasnya kan tetap utuh), dan berbeda dengan seperti trading saham.

      mengenai produk yang dijual di Citibank yaitu Schroder 90+ itu bagus Pak, itu kan sesuai dengan yang kami rekomendasikan diatas ini

  27. dmf007 says:

    halo masta, saya mau invest di reksadana saham daftarnya dmn ya? dan minimal investnya berapa ya? trims

  28. ahmad-trade says:

    Master bagaimana menurut anda tentang cakrabuanasuksesindonesia.com saya ditawari oleh temen investasi yang dia ikuti tsb. Investasi emas dapat passif income per bulan sebesar 4%…modal awal 50jt , perbulan dapat profit 2jt, setelah 2 tahun modal bisa ditarik kembali 50jt.
    Termasuk jenis investasi apa? Trading atau bukan? Tolong jelaskan

  29. ahmad-trade says:

    Kalau saya trading forex dengan balance 3000$ bisakah saya profit 30%, 60%, atau bahkan 100% perbulan tapi juga bisa beresiko sejumlah tersebut?

  30. meca says:

    Hi Master,
    saya mau rencana beli reksadana saham sekitar 10 produk masing-masing 500rb auto invest selama 12 – 17 thn, kira2 rekomendasi produk mana selain Schroder, Manulife, BNP Paribas dan Panin Sekuritas.?
    Jika tidak ada, dari keempat MI tsb kira produk mana saja yg bagus untuk strateginya.?

    Thanks,

  31. abbassfx says:

    selamat malam master ,
    saya pemula dan ada beberapa pertanyaan berikut :
    1.tahun lalu saya pernah menitipkan dana saya pada trader senior yang menjadi mentor saya selama beberapa bulan , karena sibuk saya berinisiatif menitipkan dana saya pada orang tsb , tetapi setelah saya menitipkan dana saya , orang tsb menghilang , namanya adalah : christian budi nugraha , dia sering munggunakan id:tian trader, dia juga owner dari beberapa website ( tiantrader.com , tianmarketiva.com , ageadoo.com, yang saya mau tanya , apa master mengetahui info dan historis tentang dia ?

    2.saya mau minta rekomendasi master untuk broker dan sistem pembayaran online, selama ini saya pakai agea.com dan fasapay.com

    3.lalu bila saya ingin berinvestasi sistem online apa master ada rekomendasi juga ?

    mohon bantuannya , terima kasih .

    • Broker Forex says:

      1. nggak tahu kami Pak.
      hati2 Pak kalau titip dana ke orang lain loh, apalagi yang ngaku2 mentor dan bla bla la

      2. itu hati2 loh, sebab Agea broker non regulated, dan fasapay itu seperti liberty resever yang dimana nggak ada jaminan keamanannya dan berbahaya.
      saran kami gunakan broker2 yang terdaftar resmi seperti yang terdaftar di salah satu NFA, FCA, MIFID, ASIC , serta yang Tidak menerima transfer dana yang ilegal semacam webmoney, fasapay, pakai perantara2 / exchanger / titip orang lain, perfect money, transfer lokal dan semacamnya.
      dan hindari broker lokal ya

      3. kalau investasi sistem online yang nggak jelas dan memberikan bunga tidak wajar , serta anda tidak mengenal betul orang tersebut dan track recordnya maka JANGAN ikut. Lebih baik trade sendiri lebih aman Pak, atau seperti penjelasan di artikel kami diatas ini ya

      • abbassfx says:

        Terima kasih master atas masukannya , lalu kalau saya mau pindah broker kira-kira yang aman yang mana ya ? bisa sebutkan situsnya ? saya mau coba di gainscope , tapi ada 3 situs : gainscope.com , gainscope.co.id , dan gainscopefx.com , saya takut kalau salah satunya cuma situs palsu .

  32. gian says:

    halo master,

    saya ada beberapa pertanyaan :
    1. ada comment yang saya baca, katanya kl profit kita di forex lebih besar dr balance, maka aturannya memang tdk bs ditarik.. apa memang benar begitu utk semua broker?

    2. selain trading forex, apakah master trading saham / emas juga ?

    3. karena FXDD sudah gabung dgn FXCM, berarti kl saya daftar di gainscope.. otomatis saya adalah nasabah FXCM ?
    jadi kalau suatu saat FXDD bangkrut , saya msh bs trading di FXCM ?
    atau sebaliknya, kl FXCM bangkrut , saya msh bs trading di FXDD ?
    apakah kl FXCM bangkrut, FXDD juga ikut bangkrut dan sebaliknya ?

    karena kemarin FXCM melaporkan kerugian ratusan juta dollar akibat SNB… berarti ini termasuk kerugian FXDD ya ? karena mereka 1 pemilik..

    Makasih master

    • Broker Forex says:

      1. kalau di broker bandar sebagian besar iya, tapi kalau non bandar nggak ada masalah

      2. iya, untuk investasi

      3. bukan 100% gabung, tapi SEBAGIAN saja, sehingga mereka tidak connect.
      karena pemiliknya bukan FXCM saja, melainkan ada beberapa company, salah satunya Tradition Group.

      kalau FXCM bangkrut maka FXDD tidak akan ikut bangkrut, karena bukan pemilik 100%

      FXCM merugi tidak ada hubungannya dengan FXDD

  33. mus says:

    Selamat malam master,
    Saya rencana coba investasi direksadana, 40jt rp. Rencana pecah mungkin jd 5 reksadana.
    Dari beberapa rekomendasi master, mana yg paling recomend untuk saat ini? Sebaiknya beli dimana? Terkait dg fee beli/jual.
    Tks banyak sebelumnya.

    • Broker Forex says:

      kalau kami seperti di artikel kami diatas ini.
      tapi tahun 2015-2016 ini Indonesia lebih menggenjot di bidang infrastruktur, jadi beli reksadana yang fokus di industri tersebut ya untuk mengambil momentum ini.
      bisa tanya ke bank tempat anda menabung, nanti mereka bisa menjelaskan juga

  34. ngurahajus says:

    Master , penghasilan saya 10 jt per bulan ,mw coba investasi , baiknya investasi apa ?

    • Broker Forex says:

      tergantung risk profile Bapak dan juga umur dan tujuan

      kalau masih muda dan untuk jangka panjang, sebaiknya di reksadana saham

      bedakan antara investasi dan trading ya, karena itu 2 hal yang berbeda.
      kalau trading itu sama seperti bekerja dan tujuannya adalah mendapatkan cashflow, sedangkan kalau investasi itu lain

  35. dwie says:

    master slamat. sore…
    mohon infonya mengetahui ini. masta.
    makasih atas jawabannya

    http://www.bareksa.com/id/text/2015/01/19/
    gratis-10-iphone-5c-untuk-1000-nasabah-
    pertama-reksa-dana-online/9103/news

  36. lindautama says:

    Sy baru mau cb investasi di reksadana pak..lbh baik sy masuk lwt bank comenwealth ato lwt ipot fund pak?lbh terjamin mana ya ?mohon pencerahan nya ..mksh

  37. pilopilo86 says:

    salam master, sya ingin bertanya tentang saham.
    1. seandainya ingin membuka rekening saham apakah harus datang langsung ke perusaahn sekuritasnya?
    2. sya tinggal di bali, apakah ada perusahaan sekuritas di bali? sya cma dapat referensi perusahaan sekuritas yang ada di jakarta saja.
    3. kira2 berapakah modal minimum yg dissyaratkan untuk membuka rekening saham?
    Terima kasih sebelumnya..

  38. JuwitaNS says:

    Kalau ipotfund aman tidak utk beli reksadana, karena saya tertarik disana utk BNP Paribas Pesona Syariah setor awal hanya 100rb, pas sekali dengan keuangan saya sebagai pelajar. Mohon pencerahannya. Trimakasih sebelumnya

  39. jack.jambrong says:

    bos minta reviewnya dong, nanoindustryinv[dot]com
    udah setahun per januari ini. Terima kasih

  40. chuenzzz08 says:

    selamat siang,
    mau menanyakan apakah reksadana di bank bisa hanya bermodal 10-25jtan?
    dan keterangan di atas ada yang sistemnya nabung tiap bulan, apakah bisa diinfo bank / perusahaan apa yang memberlakukan cara tersebut?

    thanks.
    david.

  41. genjez says:

    Selamat siang master..
    1 tahun lalu saya beli reksadana 7 jenis yang masing2 modal awal 1 juta dan installmet/bulan 300 rb / RD rencana untuk 10 tahun :
    BNP paribas Star
    BNP Paribas Ekuitas
    Manulife Dana Saham
    Schroder 90 Plus Equity Fund
    Schroder Dana Istimewa
    Schroder Dana Prestasi
    Schroder Dana Prestasi Plus
    Pertanyaan saya adalah ,di lihat perkembangannya setelah 1 tahun ini kira2 menurut master ada yang perlu di ubah atau di ganti gitu.
    saya tunggu sarannya master,dan terima kasih

  42. masidhe says:

    malm Master
    mo nanya neh, bagaimana dengan BO ini;
    onestability.com/index.php
    apakah ini aman? kbetulan sy tertarik joint
    mohon pencerahannya, trimakasih

  43. w41ming says:

    Malam Master,
    Saya mo nanya. Kalo di gainscope itu yang bebas bunga hanya khusus muslim ya ?
    Klo misalnya bukan muslim apakah bisa mengajukan free swap ? Klo misalnya tidak bisa, apakah boleh menggunakan id orang lain untuk bisa trading ? Apakah ada masalah kedepannya bila menggunakan id orang lain ?

    • Broker Forex says:

      untuk muslim saja Pak. non muslim tidak bisa.
      tapi kalau pakai ID orang lain yang muslim maka mustinya bisa, tapi nanti rekening bank anda adalah pakai orang tsb loh.
      ya nanti urusannya adalah anda dengan orang tsb

  44. yoyo2811 says:

    Selamat siang,
    Saya mau nanya kalau mau melihat grafik perkembangan NAB suatu reksa dana dari awal berdiri sampai NAB terbaru hari ini dimana ya?
    Makasih sebelumnya

Leave a Reply