Dalam pasar bebas emas adalah sebuah mata uang, tapi seringkali emas tidak dianggap sebagai mata uang. Emas itu sendiri mempunyai sebuah harga dan akan terus berfluktuasi terhadap beberapa mata uang dunia seperti Dollar Amerika, Euro ataupun Yen Jepang.  Perkembangan pasar bebas dijaman sekarang ini membuat emas sangat memungkinkan untuk dijadikan sebagai pengganti mata uang, namun untuk membayar kebutuhan barang dan jasa yang tidak memungkinkan untuk menerima emas, kemudian menggunakan mata uang kertas untuk membayarnya.

Dengan memiliki emas, orang orang dapat melindungi diri mereka dan asset asset mereka dari ketidak pastian ekonomi global (safe heaven). Tren kuat dan pembalikan yang sudah biasa terjadi dalam mata uang manapun juga bisa terjadi di dalam emas. Dengan kata lain, emas adalah sebuah investasi proaktif untuk dapat melindungi asset pribadi dari ancaman ketidakpastian ekonomi yang saat ini banyak terjadi.

Emas tidak perlu membuat sebuah persamaan dengan mata uang lainnya karena memang berbeda penggunaannya, emas dapat digunakan oleh mereka yang ingin melakukan investasi dalam komoditas atau mata uang.

Apakah ada pernah mendengar sebuah strategi tradng yang menggunakan moving average? Kebanyakan trader melupakan moving average karena dianggap terlalu sederhana buat kebanyakan trader, namun apakah anda tahu kalau seorang investor bernama Steve Sjuggerud melalui Daily Wealth menuliskan kalau moving average adalah strategi investasi terbaik yang pernah ada.

Sistem ini benar benar hebat, dan ia hanya sedikit kehilangan uang dalam tradingnya dalam 40 tahun terakhir. Strategi ini sebenarnya sangat sederhana, tidak dibutuhkan banyak keahlian khusus dalam melakukannya, hanya membutuhkan lima menit saja dalam sebulan, Bahkan seorang trader pemula bisa melakukannya dengan baik

Yang penting, Anda tidak perlu tahu apapun tentang suku bunga, rasio harga terhadap pendapatan, resesi, atau apapun …

Namun yang perlu Anda ketahui adalah, pada akhir bulan, apakah tren naik atau turun dalam lima aset tersebut.

Apakah candlestick yang dalam gambar diwakilkan dengan warna hitam berada diatas warna biru? Kalau benar maka yang harus anda lakukan adalah membelinya, kalau ternyata tidak maka jangan sekali sekali untuk melakukan langkah beli.

Dari sini anda sudah menilai kalau sebenarnya trading dengan menggunakan moving average sangatlah mudah. Dan yang harus anda ketahui sekarang ini adalah keuntungan berdasarkan strategi investasi itu fantastis, seperti yang sudah di tunjukkan.

Jika candlestick (harga emas) berada di atas garis biru (trend), maka beli emas. Jika garis hitam di bawah garis biru, maka jangan beli emas.

Seperti yang bisa Anda lihat, dari sekitar tahun 2005 sampai 2011, jika Anda ingin memiliki emas. Dan dari tahun 2012 sampai 2015, Anda tidak ingin memiliki emas. (Garis biru moving average dengan menggunakan rata rata 10 bulan.)

Banyak yang mengatakan kalau sistem ini sangat bodoh, namun hasil yang sangat mencengangkan mengatakan kalau sejak tahun 1971 …

Ketika dalam mode “beli”, emas naik hingga level tahunan sebesar 16,8%, dan

Ketika dalam mode “jangan membeli”, emas kehilangan uang pada tingkat tahunan gabungan sebesar 2,8%.

Sebagai perbandingan, antara membeli dan memegang emas akan menghasilkan kenaikan tahunan 8% per tahun.

Dengan melihat kenyataan ini apakah strategi trading emas yang anda miliki saaat ini bisa mengalahkan keuntungan dari sistem trading yang dikatakan orang bayak sebagai sistem bodoh?

Dalam sistem yang sangat sederhana namun memiliki hasil keuntungan yang tidak biasa ini  membuat banyak orang kembali melirik moving average sebagai sebuah sistem trading, bukan lagi sebuah indikator saja. Tentu saja ini adalah hasil yang sangat mengejutkan.

Apabila dibandingkan dengan beragam sistem trading yang jauh lebih kompleks, maka sebenarya sistem trading ini akah terlihat sangat sederhana dan sangat simpel. Sistem tradig ini sama sekali tidak peduli dengan suku bunga, rasio harga terhadap pendapatan, resesi, inflasi, atau semacamnya. Inti mereka, mereka mengandalkan tren.

 

7 KOMENTAR

  1. Saya mengalami kesusahan dalam mengisi daftar aku real di geanscope.adakah panduan pendaftaran akun real.terimakasih

    • Gainscopefx itu mudah kok. Kami pribadi juga trade disana.
      Itu tinggal masuk saja ke webnya di gainscopefx.com, lalu klik linknya yang untuk daftar real account, kemudian diikuti saja petunjuknya, atau tanya ke chat online CS nya

  2. Trading emas di FXCM demo pake lot 1.00 seperti trading di mata uang biasa pake lot 0.01, trading emas juga spreednya lumayan tinggi.
    kalo trading emas pake modal 100$ bisa/tidak pake lot 1.00?

  3. Moving Average yang digunakan SMA atau EMA atau yang bagaimana dan Time Frame berapa ?

    Thanks.

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini

*