Pada bulan Juni 2017, harga 1 Bitcoin berada dikisaran $2600 disebagian besar pasar bursa pertukaran Bitcoin. Dan pada bulan Desember 2017, harga Bitcoin merangkak naik tujuh kali lipat, meningkat dari harga $ 2600 ke kisaran harga $ 18200 dengan total market Cap sebesar $ 308 Milyar dollar.

Saat saya menulis artikel ini ,harga bitcoin saat ini merupakan harga tertinggi sepanjang masa, Kenapa hal ini bisa terjadi ? Apakah yang mempengaruhinya ?

Bitcoin dirancang oleh seseorang dengan sebutan Satoshi Nakamoto yang sampai saat ini belum diketahui siapa dibalik nama itu. Bitcoin diciptakan setelah krisis keuangan global 2008 dan beroperasi di luar pemerintah pusat, bank dan lembaga keuangan. Selama bertahun-tahun ini, cara kerja Bitcoin telah menantang regulator, karena kebanyakan dari mereka berjuang untuk menemukan cara untuk mengendalikannya. Hal ini menyebabkan beberapa negara melarangnya atau membuatnya ilegal, sementara beberapa lainnya tetap jeli dan sisanya mencari cara untuk memberikan pajak dan mengatur operasinya. Namun, sudut ‘ketidakpastian’ tetap terlihat. Meski masih belum ada pendirian yang jelas oleh banyak negara, meski ada banyak negara yang ikut mendukung mata uang kripto ini.

Negara Jepang baru-baru ini mengakui Bitcoin sebagai metode pembayaran yang sah, meski tetap diperlakukan sebagai aset, dan bukan sebagai mata uang. Di India, Departemen Perekonomian, Departemen Keuangan telah membentuk sebuah komite untuk memeriksa kerangka kerja yang ada di seputar Virtual Currencies (VCs). Panitia tidak hanya akan memeriksa status VC di India dan di seluruh dunia, namun juga akan menyarankan langkah-langkah untuk menangani perlindungan konsumen dan mencegah adanya pencucian uang.

Pada saat yang sama negara Rusia,Dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg, Deputi Menteri Keuangan Rusia Alexey Moiseev mengatakan bahwa dalam upaya untuk memerangi pencucian uang, pihak berwenang Rusia berharap untuk melegalkan bitcoin dan mata uang kripto yang lainnya sebagai instrumen keuangan pada tahun 2018. Dia menyatakan jika ada sebuah transaksi, orang-orang yang memfasilitasi itu harus mengerti dari siapa mereka membeli dan kepada siapa mereka menjual, sama seperti dengan operasi bank. Sementara, Bangko Sentral ng Pilipinas (BSP), yaitu sebuah bank sentral Republik Filipina , mengeluarkan pedoman yang mengakui Bitcoin sebagai metode pembayaran yang sah.

Upaya untuk membawa produk-produk terkait Bitcoin adalah akibat langsung dari meningkatnya permintaan karena semakin banyak orang mencari untuk berinvestasi dalam mata uang kripto tersebut. Meskipun ada produk seperti Grayscale Bitcoin Investment Trust (GBTC), yang diperdagangkan dengan OTC (diajukan ke SEC untuk pencatatan NYSE) dan dana yang diperdagangkan dari ARK Investment Management, mereka menawarkan kesempatan terbatas untuk berinvestasi di Bitcoin. Sementara yang pertama dimaksudkan hanya untuk investor terakreditasi, yang terakhir memiliki holding yang sangat kecil di Bitcoin.

Namun, ada pilihan berinvestasi untuk jangka panjang di Bitcoin untuk masa pensiun dengan membuka akun IRA Bitcoin (perusahaan Amerika Serikat), yang disetujui oleh Internal Revenue Service (IRS). Skema ini disambut dengan hangat dan telah mengumpulkan sekitar $ 10 juta sampai saat ini, yang mencerminkan kepercayaan investor yang mendasarinya.

Selain itu,startup Bitcoin telah menarik investasi besar di perusahaan Bitcoin dan blockchain dengan total dana sebesar $ 550 juta pada tahun 2016, sesuai laporan. Selain itu, banyak investor terkemuka telah meningkatkan ‘taruhan’ pada Bitcoin, sehingga menunjukkan masa depan yang optimis untuk mata uang kripto yang satu ini. Miliarder Mike Novogratz baru-baru ini mengungkapkan bahwa dia memegang 10% kekayaan bersihnya dalam mata uang kripto seperti Bitcoin dan Ethereum. Dia sekarang memprediksi Bitcoin akan melewati $ 100.000 .

Akhirnya dapat disimpulkan, ada banyak alasan geopolitik dan ekonomi yang berada di bawahnya seperti tingkat hutang yang meningkat di beberapa negara terkemuka di seluruh dunia,. Sebuah laporan oleh Saxo Bank memprediksi bahwa Bitcoin dapat menembus angka yang lebih tinggi dari saat ini, “Jika sistem perbankan dan juga penguasa seperti Rusia dan China beralih untuk menerima Bitcoin sebagai alternatif selain USD dan sistem pembayaran dan perbankan tradisional.” Dengan beberapa Faktor yang bermain, prospek bitcoin akan terlihat semakin cerah kedepannya.

Pada akhirnya keputusan ada dipihak anda ? Apakah anda akan mencoba untuk berinvestasi bitcoin atau tidak,Jika ya banyak hal yang harus anda perhatikan seperti harga bitcoin yang sangat tidak stabil,bila anda membeli 1 bitcoin diharga 1 juta rupiah,belum tentu 1 menit kemudian harga nya akan tetap sama.Sehingga anda perlu bijak dalam menentukan pilihan yang akan anda buat.

 

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini

*