Ada ungkapan perdagangan yang umum “Trend adalah teman Anda.” Frase seperti ini telah teruji waktu karena sangat penting untuk rencana perdagangan apapun. Artikel ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana mengidentifikasi tren menggunakan grafik harga dan analisis teknis.
Sebelum kita memulai, penting untuk terlebih dahulu menjelaskan mengapa trend trading adalah strategi trading populer yang digunakan oleh banyak trader baru dan berpengalaman. Seorang trader yang berpengalaman tahu kapan mereka menemukan tren yang kuat dan perdagangan dalam arah tren, hal ini dapat membuat perdagangan menjadi jauh lebih mudah. Karena itu, trader berpengalaman mencari tren yang lebih kuat untuk berulang kali memanfaatkannya.
Misalnya, jika pasar bergerak naik dalam tren yang kuat, tidak sepenting strategi yang digunakan untuk entry, Anda hanya perlu membeli. Bila Anda berdagang ke arah tren, sisa strategi trading Anda bisa jatuh ke tempatnya. Ini tidak berarti bahwa semua perdagangan Anda akan menjadi pemenang. Ini berarti Anda tidak harus tepat dalam entri dan keluar begitu Anda menemukan tren yang kuat untuk trading.
Cenderung ada lebih banyak pips yang harus dilakukan dalam arah tren daripada melawan tren.
Pada grafik di atas, perhatikan berapa banyak pips yang tersedia untuk sisi negatif dari sisi atas. Dengan menyelaraskan dengan arah tren, Anda menyelaraskan strategi Anda dengan momentum pasar.

Tentukan Trend

Untuk mengetahui trennya, tarik grafik harga pada pair mata uang pilihan Anda dengan antara 100-200 candle. Lalu jawab pertanyaan mana arah harga yang umumnya bergerak?
Jika trennya naik, maka konfirmasikan arahnya dengan mencari rangkaian harga tertinggi dan posisi terendah yang lebih tinggi pada grafik. Tren naik yang valid akan terlihat seperti grafik di atas.
Pada akhirnya, semua tren akan berakhir. Jadi, uptrend ini berubah menjadi tren turun saat serangkaian level terendah dan posisi terendah di bawah ditetapkan seperti yang ditunjukkan di bawah ini.
Jika tren turun, konfirmasikan downtrend dengan mencari rangkaian lower high dan lower low pada chart. Berikut adalah grafik dari tren turun yang valid.
Downtrend ini berubah menjadi tren naik ketika serangkaian level tertinggi dan level terendah yang lebih tinggi mulai terbentuk seperti yang dicatat di bawah ini.
Penting untuk dicatat bahwa tidak ada aturan khusus untuk mengidentifikasi tingkat tinggi dan rendah yang digunakan untuk analisis kecenderungan. Idenya adalah memilih contoh uptrend yang paling jelas atau tren turun untuk diperdagangkan.
Bersikeras untuk menemukan pasangan dalam tren yang jelas bahwa seorang anak berusia 10 tahun dapat mengidentifikasi arah tren dari seberang ruangan. Jika Anda tidak yakin dengan arah tren, maka pindahlah ke pair berikutnya yang identifikasinya sudah jelas.
Manfaatkan fakta bahwa ada banyak pasangan untuk berdagang. Inilah salah satu kelebihan perdagangan pasar forex.
Ringkasan
Ada beberapa keuntungan untuk trading di tren yang kuat itulah sebabnya banyak trader berpengalaman dan terkenal mengikuti strategi itu.
Carilah gerakan tren yang paling jelas. Ada lebih dari 30 pasangan mata uang yang berbeda untuk memilih dan mencari tren terkuat dari pasangan tersebut.
Saring sinyal trading Anda ke arah tren. Ambillah hanya sinyal masuk dalam arah tren dan abaikan sinyal masuk yang merupakan tren kontra.

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini

*