Pada tanggal 15 januari 2015 sore kemarin terjadi kejadian yang sangat luar biasa, dan baru kali ini terjadi kejadian semacam itu yang menyebabkan USD/CHF turun lebih dari 1800 point dalam sekejap dan lanjut hingga ribuan pips totalnya, dan mata uang CHF menguat sangat super sekali.

Hal ini disebabkan karena SNB mencabut batas bawah dari mata uang Swiss Franc (CHF)  tersebut , sehingga mengakibatkan mata uang tersebut menguat sangat sangat signifikan terhadap lainnya.

dan akibat dari hal tersebut banyak broker yang mengalami kerugian, terutama yang jenisnya Non Dealing Desk, sedangkan untuk broker yang Dealing Desk nyaris tidak mengalami kerugian bahkan malah surplus dan panen, mengapa bisa demikian ?

Dari kejadian kemarin itu banyak sekali Trader yang mengalami kerugian, karena tidak menyangka akan kejadian tersebut. Sehingga sebagian besar loss trade semua (merugi, terutama yang trade di instrumen CHF). Jadi bukan banyak yang menang, melainkan banyak yang loss. Karena mereka juga tidak menyangka bahwa batas bawah CHF dicabut oleh SNB tersebut, dan kejadian itu sangat mengejutkan.

Mengapa rata-rata para broker Non Dealing Desk itu bisa menderita kerugian yang signifikan karena kejadian CHF kemarin tersebut adalah karena :

  • Kliennya banyak yang loss dan akhirnya broker non dealing desk tsb kehilangan banyak klien yang menyebabkan batas minimum dari total dana klien di mata regulator itu menjadi minim. (karena mereka juga tidak menyangka akan terjadi berita semacam ini)
  • Dari akibat itu dari pihak liquiditor (para bank) tidak mau lagi menampung lemparan order dari para klien tersebut dari broker yang bersangkutan, karena para liquiditor juga memsuspend sistemnya agar tidak mengalami kerugian semakin dalam juga, dan akhirnya efek berantainya adalah menyebabkan SL nya (batas stop loss) user menjadi tembus karena nggak bisa dilempar kepada liquiditornya si broker tersebut tsb , dan akhirnya menjadi minus balancenya, sehingga pihak broker lah yang disuruh menanggung untuk menghapus balance minus tersebut dari para usernya, nah kalau yang minus itu ada banyak maka broker bisa menderita kerugian yang banyak.
  • Tetapi kalau itu adalah broker bandar maka mereka tidak akan mengalami kerugian, sebab uang nasabah yang loss akan masuk ke kantong broker dan brokernya malah panen 🙂
    tetapi kalau kebalikannya, yaitu nasabahnya banyak yang menang maka pihak broker bandar bisa bangkrut, tetapi broker bandar ini sudah mengantisipasi nasabahnya agar jangan menang (atau susah profitnya) dengan cara mengakali sistemnya ketika terjadi hal tersebut, sedangkan di broker yang NON BANDAR mereka Tidak Bisa seenaknya mengakali sistem seperti halnya broker bandar, jadi akibatnya “bablas” sesuai dengan keadaan market yang sebenarnya.

Berikut informasi dari Bloomberg mengenai banyak klien broker besar tersebut yang mengalami kerugian (BUKAN profit ya), sehingga dari banyaknya kliennya yang merugi tersebut maka nilai dana di broker tersebut menjadi menyusut dan menyentuh batas minimum yang ditetapkan oleh regulator : http://www.bloomberg.com/news/2015-01-16/fxcm-faces-losses-on-franc-trades-as-swiss-shock-spreads.html

Jadi JANGAN SALAH mengartikan informasi di luar sana yang mungkin memanfaatkan situasi ini dengan mengatakan bahwa brokernya profit , nah itu perlu anda waspadai sebab bisa jadi mereka adalah broker bandar yang Happy jika para kliennya loss dan uang masuk ke kantong bandar. (baca penjelasan bloomberg diatas tersebut bahwa kejadian kemarin itu BUKAN karena kliennya menang banyak lalu broker tidak bisa membayar, tetapi karena klien dari broker yang bagus itu mengalami kerugian dan justru broker yang harus menanggungnya)

Broker Non Bandar = klien profit maka broker happy, klien kalah banyak maka broker juga sedih.

Broker Bandar = klien profit maka broker sedih, sedangkan jika klien loss (seperti kejadian kemarin SNB Swiss itu) maka broker bandar justru berbahagia karena panen.

Baca juga penjelasan di link ini : http://seekingalpha.com/article/2850706-if-your-broker-did-not-lose-money-in-the-chf-debacle-you-should-be-afraid

Begitulah penjelasannya mengapa banyak broker besar yang NON DEALING DESK yang rata-rata mengalami kerugian (walaupun tidak semuanya , dan juga tergantung dari banyaknya kliennya yang bertrading di instrumen CHF atau tidak), seperti contoh broker FXCM yang akhirnya dibail-out oleh perusahaan Leucadia, Interactive Brokers yang mengalami kerugian ratusan juta USD, lalu Oanda, Gain Capital dan semacamnya, bahkan ada beberapa yang tutup seperti broker Excel Markets, dan juga Alpari UK yang masih menunggu keputusan rapat dari dewan direksinya untuk menjual ataupun membail-outnya. Selain itu di broker-broker Non Dealing Desk yang merugi tersebut maka mereka juga menurunkan leveragenya (menjadi 1:100, 1:50 atau bahkan 1:10) karena untuk menekan kerugian, oleh karena itu jangan heran jika tiba-tiba ada pengumuman dari broker mengenai penurunan leveragenya.

Hati-hati dengan broker yang masih mempertahankan leveragenya hingga fantastis, semisal 1:1000 atau bahkan 1:2000 keatas, itu sudah pasti broker yang nggak beres dan Bandar. Anda harus siap dengan konsekuensinya mereka nanti.

Saat ini, situasi untuk broker-broker baik semacam FXCM , Gain Capital, FXDD, Oanda, Dukascopy, dan kawan-kawannya sekarang sudah AMAN dan NORMAL kembali karena situasi sudah kembali kondusif.

Mungkin hanya untuk beberapa pair mata uang tertentu yang leveragenya masih belum dinormalkan, terutama mata uang exotic dan yang bersangkutan dengan CHF, jadi hindari dulu trade di jenis mata uang aneh-aneh tersebut sampai beberapa bulan kedepan.

Jika anda trading di broker yang teregulasi secara benar, maka anda tidak perlu kuatir, karena dana anda aman di bawah jaminan oleh regulatornya, dan akan dikembalikan sesuai dengan sisa dana anda di broker tersebut jika terjadi kebangkrutan di sisi broker. Hal ini berbeda jika anda bertrading di broker yang tidak teregulasi benar, maka nasib dana anda akan tidak jelas jika terjadi sesuatu hal yang buruk pada broker tersebut.

Selamat Bertrading 🙂

33 KOMENTAR

  1. Master mau nanya nih, misal kt trade dgn risk ketat 1% dari balance per trade dengan win and profit ratio 1:2 sl 30 tp 60 kan harusnya trade bs dblg aman, akan tetapi tiba2 saat lg jalan tb2 ada news yg macam usdchf ini efek snb, tiba2 balance jadi minus , nah kmrn setau master dr fxdd gmn y penyelesaiannya? Apakah dana nasabah langsung 0 dan dianggap MC atau loss nasabah yg diakui cuman sebesar SL yg dipasang, trims kmrn sempat jg tanya dgn admin gainscope trus jawabannya dana nasabah balancenya dinolkan karena sebelumnya sudah ad pmbrthuan bahwa akan ada news besar dan dianggap itu salah klien, nah jawaban seperti itu sangat tidak fair sekali karena bisa aja email tsb tdk dibaca dan nasabah tidak tau akan ada news besar, lagian toh trader yg tekhnical jarang kok melihat news tsb, kl dinolkan sih sangat tidak fair sekali, kl begitu ntar kedepannya udh susah trading, dengan risk yg ketat z tiba2 lgsg amblas saldo jadi 0 alias MC….a

    • Kalau kena tembus TP nya kan juga bisa profit banyak banget loh Pak, jadi ADIL itu Pak.

      selain itu kalau pakai risk 1% secara normal nggak mungkin akan bisa kena MC Pak, kecuali kalau pakai risk yang lebih dari 10% nah itu baru bisa habis atau MC 🙂

      kami waktu itu juga nggak trade, karena sudah ada keterangannya, tapi kalau itu adalah memang kesalahan brokernya maka akan diganti pasti oleh mereka.

      tapi memang kalau terkena kondisi seperti kemarin tersebut jika angka SL tidak tersedia, maka pasti akan tembus. Dan ini dialami oleh beberapa teman kami yang trade di beberapa broker yang lain2 juga begitu semua.

      Demikian juga ada pula yang pasang TP di titik tersebut dan tembus malah profit nggak karuan. JADI FAIR INI. (SL bisa tembus, TP pun juga bisa tembus).

      Yang diganti oleh broker itu biasanya adalah kalau sampai dananya MINUS, maka itu ditanggung oleh broker kepada liquiditornya mulai dari titik 0 nya.
      Seperti yang terjadi di broker Fxcm kemarin yang minus2 itu di-Nol kan semua dan diganti oleh Fxcm sampai merugi banyak tuh si Fxcm kan.
      bahkan ada yang nggak kuat malah jadi kolaps seperti Alpari tersebut, dan Ironfx.

      Oleh karena itu, trade dengan teknikal lebih sering habis loh daripada yang fundamental, sebab penggerak pasar itu sebenarnya adalah fundamental dan bukan teknikal.
      jadi jangan sampai seperti pakai kaca mata kuda yang tidak mau melihat kanan kiri, padahal sudah diberi peringatan agar hati2 di tanggal tersebut.

      Seperti halnya negara Indonesia yang saat ini terkena imbas penguatan dollar sampai 14000 lebih, nah pemerintah pun juga nggak bisa apa2 Pak, masak pemerintah mau nanggung dipatok sendiri harga kursnya, kan jelas tidak bisa.
      Broker pun juga sama, sebab itu kalau yang kena SL akan tembus, tapi kalau yang kena TP tembus dan profit buanyak banget itu bagaimana ?? masak mau di Nol kan juga…

      Selain itu, toh sudah diberi peringatan sebelumnya, dan kalau sampai dilanggar dan akhirnya celaka sendiri ya bukan salah brokernya loh.

      itu yang kejadian nyata saja yang China tiba2 mendevaluasi mata uangnya pun juga malah mendadak tidak ada pemberitahuan dulu loh, itu pun negara lain juga nggak bisa protes, sebab memang kejadian pasarnya begitu kok.

      harus dilihat dari 2 sisi Pak, dari yang pasang SL dan yang pasang TP juga.
      Nggak bisa secara Egois hanya melihat dari sisi SL nya saja.

      Kalau kena SL dan Margin Call (MC) maka pasti akan menjadi 0 dananya, TAPI kalau yang kena TP dan untung besar maka dananya tentu juga akan membengkak berkali lipat kan Pak.
      jadi Adil

      • Master, satu lagi yang mengganjal saya, adakah semacam lembaga asuransi yang bisa menghandle kasus semacam efek SNB ini , atau apakah para broker ada yang mengasuransikan trading dari klien atau nasabahnya, soalnya kan kasihan juga liat brokernya, okelah kalo dari sisi nasabah perlakuannya FAIR karena ada yang loss banyak dan ada juga yang profit banyak.., nah kalo dari sisi broker kan malahan LOSS nya yang banyak sehingga banyak broker yang goyang sampai ada yang diambil alih dan hampir kolaps… thanks…

        • nggak ada Pak asuransinya. Jadi harus brokernya sendiri

          tapi akibat kejadian kemarin itu, broker juga mengantisipasi skrg, biasanya mereka melakukan hedge entah di instrumen apa kami kurang tahu

  2. sudha bsa nggak pake leverage 1:400 di FXDD sekarang untuk pair yang mengandung USD(EURUSD, GBPUSD, USDCHF, dlsb)?

  3. Bagaimana dengan FXCM pak setelah kejadian tersebut?
    Apakah masih aman untuk jangka panjangnya?
    Mohon infonya ya pak..
    makasih…

  4. Saya harap anda dapat terbuka & jujur apa ada nya , karena banyak dari kita (bukan saya saja) yang mungkin masih penasaran dengan Anda.
    Sesuai potingan ini , saya mau tanya ?
    1, Apakah anda open posisi (OP) saat kejadian berita di mata uang ini pada tgl saat itu juga ?
    2, Berapa takaran lot yang anda pasang ?
    3, Berapa batas SL & TP yang anda setting ?
    4, Berapa profit / loss anda saat itu juga ?
    5, Apa anda ikhlas dengan kejadian itu ?
    Ditunggu ya jawaban nya, makasih 😀

    • Kami tidak trade di waktu kejadian SNB tsb.
      sebab kami tahu bahwa kalau ada berita2 pidato itu sebaiknya dihindari dulu untuk keamanan, karena seringkali gak jelas dan banyak kejutan2

  5. saya masih kurang paham dengan negatif balance, apa penyebabnya balace kita bisa negatif pak? bukankah kita trade itu tidak mungkin lebih dari batas modal atau sampai negatif. Thanks

    • Penyebabnya adalah pihak liquiditor/bank tsb tidak mau menerima lemparan order dari broker.
      sehingga akhirnya Margin Call dan SL nya untuk user tsb menjadi tidak tereksekusi dengan baik (sebab liquditornya gak mau menerima) dan akibatnya tembus dan menjadi minus (akibat pasar melompat tajam tsb) dan akhirnya broker yang disuruh mengganti hal tersebut oleh regulatornya.

      kejadian semacam ini terjadi di waktu berita SNB kemarin itu, dan bahkan ada broker yang sampai bangkrut gara2 hal tersebut.
      tetapi nasabah tidak dianggap berhutang, sebab ditanggung oleh brokernya

      liquiditor tidak mau menerima sebab juga tidak mau menderita kerugian lebih dalam akibat selisih kurs yang tiba2 berubah super tajam tersebut
      bahkan di waktu SNB itu perdagangan CHF juga sempat tersuspend oleh market

  6. met pagi ne, master..
    sy sudah punya akun real di fxdd, tapi sejak akun sy terverifikasi dan sudah menerima email berisi data login d meta trader fxdd sy belom deposit. pertanyaannya:
    1. apakah akun tersebut masih aktif dan masih bisakah sy deposit ? (sdh hampir 6 bulanan sejak terverifikasi)
    2. bagaimana caranya untuk tahu apakah akun sy d fxdd itu masih aktif ?
    terima kasih master atas perhatiaannya..

  7. Pak, aku kan tradingnya di FxPro (tapi yg Account ECN-nya), rencana aku mau buka Account Forex yg ECN tapi di broker lain. yg Aku mau tanyakan : Klo FXTM bagus gak ya? itu regulasi dari mana yaa? karena saya cari2 sepertinya gak ada, saya baca disana ada ECN accountnya. dan untuk broker FXDD apakah ada Account ECN’nya juga? terima kasih.

    • FXTM itu broker kecil loh. Dan sebaiknya nggak disarankan.
      FXDD itu ECNnya ada, tapi kalau ECN yang benar2 100% ECN itu nggak bisa heding dan ada FIFO loh, leveragenya juga rendah.
      dia hanya menang di spread (tapi ada komisi), itu seperti di fxddfrontier.
      menurut kami kurang enak kalau pakai jenis ECN, lebih baik yang non ECN tapi yang non bandar

  8. MIN, JADI KALAU STOPLOSS TERTEMBUS KARENA TIDAK BISA DI ORDER OLEH LIQUIDITORNYA MAKA PIHAK BROKER YANG MENANGGUNG? JADI JIKA TRADER PASANG SL 50 POINT TERNYATA TEMBUS SAMPAI 1000 POINT DENGAN 1 STANDART LOT MAKA PIHAK BROKER MENGGANTI HINGGA 9.500-10.000 USD KEPADA CLIENT/TRADERNYA, GITU KAH MIN?

    TERUS KALAU MINUS BALANCE, UANG TRADER ITU LARINYA KEMANA?

    KALAU BROKERNYA (BROKER UK) TAK SANGGUP MEMBAYAR, APAKAH YANG MENANGGUNG SELANJUTNYA FCA/FSCS MIN?

    THANKS MIN, MAAF BANYAK TANYA…HE…

    • betul, jadi akibatnya broker merugi karena menanggung beban tersebut

      minus balance itu larinya ya ke broker tersebut harus menanggungnya di laporan keuangannya kepada regulator
      sebab kapitalisasi broker tersebut akan menyusut karena nilainya dikurangi balance yang minus tersebut, seperti yang terjadi di fxcm kemarin itu.

      iya kalau broker UK nggak sanggup membayar maka akan diselesaikan oleh regulator tersebut

      • TERUS DARI KEJADIAN SNB KEMARIN APAKAH ADMIN JUGA MENGALAMI KERUGIAN (OVER SL YANG MENGAKIBATKAN NEGATIVE BALANCE)?
        KALAU YA, APA SUDAH PASTI DAPAT GANTI KERUGIAN DARI PIHAK BROKER FXDD?
        THANKS MIN…, SUDAH MASUK DI RANAH PRIBADI ADMIN INI.HE..

        • MIN YANG DIMAKSUD NEGATIVE BALANCE ITU BUKANNYA TRADER MEMPUNYAI HUTANG KEPADA BROKER YA?
          TERUS BROKER ITU RUGI BUKAN KARENA MENGGANTI UANG PARA CLIENTNYA, TAPI MENGGANTI NEGATIVE BALANCE/UTANG PARA TRADERNYA KETIKA MENEMBUS STOP LOSS…
          JADI, APAKAH BENAR BROKER MENGGANTI UANG TRADER YANG HILANG GARA-GARA MENEMBUS STOP LOSS.
          COBA BACA DEH MIN DI WEBSITE INI….
          https://leaprate.com/2015/01/gain-capital-decides-to-forgive-negative-client-balances-leaprate-exclusive/

          ATAU INI SEBAGIAN SAYA COPY PASTE….

          ~Gain Capital memutuskan untuk memaafkan saldo klien negatif~

          LeapRate.com telah belajar bahwa broker forex ritel Gain Capital Holdings Inc (NYSE: GCAP) dan Unit Forex.com yang telah mengirim pesan kepada klien (lihat contoh di bawah) bahwa mereka tidak akan diminta untuk membayar saldo klien negatif dalam rekening mereka.

          Itu menandai pembalikan cepat untuk Forex.com. Pada hari Selasa kami melaporkan bahwa Forex.com (serta beberapa broker forex lain) akan setelah pedagang untuk membayar saldo klien negatif berutang kepada perusahaan dari kerugian yang terjadi pada Swiss Franc perdagangan Kamis lalu.

          Apa sebenarnya adalah ‘keseimbangan klien negatif’?

          Banyak trader forex ritel (yang pendek Swiss Franc) hilang di atas kertas lebih dari uang mereka di deposito Kamis lalu. Jauh lebih banyak. Sebagai contoh, seorang pedagang yang memiliki $ 1000 di deposito dengan broker dan digunakan untuk mendukung sebuah 100x pengaruh perdagangan EURCHF lama akan kehilangan sekitar $ 20.000 sebagai tingkat EURCHF menurun sebesar 20% hampir seketika. Tapi broker hanya memiliki $ 1.000 uang trader di deposito. Itu akan meninggalkan ‘balance klien negatif’ $ 19.000 yang pedagang teknis berutang kepada broker.

          Alasan untuk perubahan hati di Forex.com?

          Dalam pandangan kami, keputusan bisnis yang sederhana (dan pintar).

          Jika saldo tidak diampuni, maka trader akan hilang dan kemungkinan membuka rekening baru di broker yang berbeda, sedangkan broker pertama benar-benar memiliki sedikit kesempatan pernah mendapatkan uangnya kembali. Tetapi jika (pertama) broker mengampuni keseimbangan, maka pedagang jauh lebih mungkin untuk tinggal, deposit uang baru, dan perdagangan lagi.

          • memang kalau balance negatif maka itu ditanggung broker, oleh karena itu mengapa FXCM sampai merugi ratusan juta USDollar gara2 menanggung ini.

            dan saran kami kalau balance negatif maka coba hubungi ke brokernya ya

  9. halo master,

    saya ada beberapa pertanyaan
    1. sdh berapa lama master di FXDD ? Boleh tau alasan awal milih broker tsb ?
    2. Kenapa bukan yg lebih bonafid spt oanda/ dukascopy/ alpari /FXCM (walaupun sekarang FXDD sudah diakuisisi FXCM ) ?
    3. Apakah FXDD termasuk NDD / DD?

    Karena dari yang saya baca, banyak review negatif tentang FXDD, seperti slippage yang jauh melebar saat news dan withdrawal yang terkadang dipersulit .
    Apa master juga mengalami hal2 spt itu ?

    Thx

    • 1. sudah lebih dari 5 tahun. dengan dana juga diatas $100,000
      kami suka dengan mereka karena ada historis company yang bagus, lalu pelayanannya juga enak dan fleksibel dibanding lainnya.
      fitur2nya juga termasuk cocok, dan kami pakai mereka juga nggak pernah bermasalah, depo wdnya juga enak dan aman.

      2. fxdd juga bonafit sama seperti mereka, kami juga pernah ke kantor fxdd langsung di amerika, dan perusahaannya juga termasuk besar dan salah satu pemain mula2 di industri forex kalau kami lihat2 sejarahnya disana.
      selain itu yang mungkin nggak banyak orang tahu adalah fxdd ini ternyata penyedia sistem (supplier) dari banyak broker2 loh, dan mereka mengambil fee juga dari design sistem teknologi mereka yang dipakai oleh broker2 lain, jadi istilahnya kanan kiri dia dapat 🙂

      3. iya non dealing desk mereka tersebut, buktinya kami selama ini trade sampai profit bejibun2 pun nggak pernah sampai trouble.

      biasa Pak kalau pohon semakin tinggi maka semakin kencang angin yang menerpanya, dan banyak yang nggak suka, biasanya isu2 dari kompetitornya.
      Jangankan FXDD, itu broker2 lain juga banyak kok yang diomongkan negatif seperti FXCM, Gain Capital, sampai Interactive Brokers pun juga.. tapi yang penting kami trade beneran di sana itu bagus dan nggak pernah masalah.
      Omongan negatif2 kami biarkan saja, sebab bisa jadi itu karena tidak paham atau isu2 gak benar. (seperti salah baca digit ataupun tidak paham supply demand market, toh di broker apapun juga pasti akan sama nanti)

  10. pertanyaan saya pak, mengapa broker harus menanggung resiko rugi dari clientnya? apakah ini pengaruh dari leverage yg mereka berikan, semakin tinggi maka semakin besar resikonya bagi perusahaan.

    dan satu lagi, mengapa Fxdd aman aman saja? tapi broker lain yang bapak anjurkan semuanya melaporkan kerugian yang besar..

    saya jadi kembali putar pertanyaanya ( membaca logika berfikir di atas) Mengapa fxdd fine fine saja ???

    terimakasih Master

    • rata2 semua broker pasti merugi (broker yang non dealing desk)

      ada broker yang memang dia fine2 saja karena kerugiannya masih sebatas yang bisa ditoleransi, karena tiap2 broker bisa berbeda2 kan.

      buktinya adalah fxdd sekarang juga mengurangi leveragenya secara sementara, nah ini juga untuk menekan kerugiannya mereka, walaupun masih dalam kondisi bisa ditoleransi dan tidak membahayakan perusahaan.

      kalau broker yang tidak merubah leveragenya nah itu yang patut hati2 di broker tersebut, karena bisa jadi dia habis panen raya dari loss nasabah kemarin dan masuk ke kantong bandarnya (tipikal broker bandar)

  11. Yth, Mr. brokerforex !

    Pada kejadian menguatnya CHF terhadap USD tgl 15/01/2015 mengakibatkan banyak broker (non dealing desk) yg merugi besar krn kehilangan banyak Klien (yang LOSS) sehingga batas minimum dari total dana klien dimata regulator menjadi minim & liquiditor mensuspend sistemnya agar tdk rugi terlalu dalam, yg akhirnya menyebabkan STOP LOSS user menjadi TEMBUS sampai balance MINUS sehingga Broker yg mengganti balance minus usernya.

    Pertanyaan saya, (1) berarti arti TEMBUS pada kejadian ini bukan tersentuh ya SL’nya, melainkan terseret harga & terbuka seperti pola GAP? (2) lalu jika Broker benar mengganti balance minus user seperti apa hitungannya (jika user hanya rugi 10% (sesuai SL’nya) lalu tiba2 balance menjadi minus, apakah broker benar mengembalikan uang user seperti semula lalu memotong kerugian 5% itu)? sekiranya Mr. brokerforex dpt memberikan pencerahan & gambaran yg jelas agar kami sebagai trader lebih mengerti. Terima kasih !

    • 1. yap
      2. itu ada kalkulasinya sendiri dari pihak broker yang kami juga kurang tahu jelas. Tapi yang jelas broker tersebut menanggung kerugiannya tsb dan mempertanggung jawabkan kepada regulator agar bisa memenuhi batas minimum yang ditentukan

  12. Kliennya banyak yang loss dan akhirnya broker non dealing desk tsb kehilangan banyak klien yang menyebabkan batas minimum dari total dana klien di mata regulator itu menjadi minim. – See more at: http://brokerforex.com/efek-kejadian-snb-pada-mata-uang-chf-yang-menyebabkan-beberapa-broker-merugi-banyak/#sthash.Ti4IigrO.dpuf

    Master mau nanya apakah klien yang trade di mata uang CHF semuanya loss..? kan seharusnya ada yang profit juga…? misal di USD/CHF kan gak semuanya ngambil posisi sell , bagaimana dengan yang lagi trade posisi buy pasti untung besar y…? thanks…

    • kebetulan menurut data2 yg beredar itu banyakan yang loss Pak daripada profitnya ketika kejadian tsb, sebab tidak menyangka hal tersebut terjadi.
      dan ini seumur2 baru kejadian 1x ini aja seperti ini.

      kalau waktu itu ambil posisinya tepat maka bisa profit besar

  13. Great… Terima kasih banyak informasinya Pak. Sangat membantu membuka pikiran saya tentang broker. 🙂

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini

*