Bitcoin adalah mata uang digital yang baru baru ini mencapai tertinggi baru yang spektakuler pada tingkat volatilitas yang meningkat secara dramatis, para trader dan investor sama-sama mempertanyakan apakah ini adalah sebuah kondisi yang baik untuk memperdagangkan aset ini atau apakah sekarang ini adalah waktu yang tepat untuk melepas keuntungan sebelum nanti pada akhirnya kehilangan nilai.

Sebagian besar perdebatan saat ini difokuskan pada apakah Bitcoin sedang menggelembung atau tidak dan apakah layak sebagai investasi jangka panjang. Banyak orangyang bertanya apakah mungkin memberi nilai wajar pada Bitcoin pada kondisi sekarang ini, faktor apa yang akan mempengaruhi harga pasarnya, dan apa yang harus dilihat pedagang sebelum mereka memutuskan untuk terlibat dalam perdagangan Bitcoin.

Istilah yang saya sukai untuk apa yang sering dikenal sebagai “gelembung aset”, “gelembung harga”, atau “gelembung investasi” adalah “gelembung spekulatif”, karena selalu dipastikan puncak gelembung-gelembung ini disebabkan oleh aktivitas spekulatif yang sangat intens. Gelembung spekulatif terjadi saat aset berada jauh, jauh di atas apa pun yang mendekati nilai sebenarnya (mungkin lebih baik dikatakan “berkelanjutan”). Cara yang lebih baik untuk menggambarkannya mungkin adalah untuk mencatat bahwa karena semua gelembung spekulatif pecah, gelembung dapat didefinisikan sebagai aset naik secara eksponensial terhadap harga yang sangat meningkat dan kemudian jatuh ke bawah dan menetap pada tingkat yang jauh lebih rendah daripada harga aslinya (biasanya jatuhnya 75% atau lebih).

Mari bandingkan diagram di atas dengan grafik harga harian terkini dari Bitcoin dalam Dolar AS:

Seolah salah, Bitcoin mungkin masih layak dibeli, sementara jika itu benar, penjualan singkat bisa menjadi sebuah perdagangan yang hebat. Tentu saja, pilihan yang lebih baik bagi Anda adalah untuk tidak melakukan trading Bitcoin sama sekali, tetapi apa Bitcoin itu dan bagaimana cara kerjanya adalah sesuatu yang harus dipertimbangkan sepenuhnya, mengingat dugaan kalau saat ini bitcoin sedang menggelembung

Apa itu Bitcoin?

Bitcoin adalah mata uang digital yang bisa dibeli dengan bebas. Bitcoin belum lama ada, namun hingga saat ini bitcoin dapat diterima dalam perekonomian global, termasuk perusahaan besar seperti Microsoft, Bloomberg dan Virgin. Sebagian besar mata uang didukung oleh bank sentral negara bangsa, yang memiliki kekuatan untuk menentukan pasokan sampai batas tertentu, dan karenanya dapat mempengaruhi nilai tukar mata uang mereka.

Bitcoin tidak memiliki otoritas pusat dan yang lebih penting lagi, Bitcoin baru hanya bisa dibuat oleh komputer setelah mereka secara probabilistik menghabiskan jumlah yang sama dengan nilai sebenarnya dari bitcoin. Membuat Bitcoin membutuhkan pembuatan dan pengoperasian perangkat keras komputer dengan koneksi internet. Jika dapat dihitung berapa biaya rata-rata untuk menghasilkan Bitcoin, nilai tersebut dapat digunakan untuk memperkirakan “nilai wajar” sebuah Bitcoin.

Monetarisme, Bitcoin, dan Mimpi Standar Emas

Setelah 21 juta Bitcoin telah dibuat (“ditambang”), akan menjadi tidak mungkin untuk membuat Bitcoin baru. Bitcoin akan menjadi mata uang yang belum pernah dilihat dunia : satu yang akan benar-benar tahan terhadap inflasi, dan pasokannya akan tetap terbatas selamanya. Bitcoin sering dibandingkan dengan emas dan perak, yang secara historis bertindak sebagai safe haven yang utama dan paling banyak digunakan masyarakat. Namun ada berberapa studi yang mengatakan kalau Bitcoin akan lebih kuat, alasan yang paling logis adalah emas dan perak dapat ditambang dan ditimbun, dan nilai relatif mereka dalam istilah nyata terkadang berfluktuasi. Di sisi lain teorinya, bitcoin tidak akan mengalami masalah ini.

Jawaban dari pertanyaan bitcoin yang menggelembung

Tampaknya akan sangat logis untuk mengasumsikan kalai saat ini Bitcoin sedang bertahan dalam keadaan yang tidak terkontrol, dan ini dipastikan akan sangat berpengaruh terhadap semua mata uang fiat yang ada. Dan satu satunya dampak yang akan timbul adalah sebuah pertanyaan yang mengatakan apakah bitcoin diterima menjadi legal sesuai dengan hokum yang berlaku?

Faktor yang sangat berpengaruh dalam hal ini adalah apakah akan ada mata uang kripto lainnya yang pada akhirnya dapat merebut peran utama Bitcoin. Perlu dicatat disini bahwa kapitalisasi mata uang kripto lainnya telah mulai melebihi kapitalisasi Bitcoin. Jika Anda percaya bahwa Bitcoin akan mempertahankan dominasinya terhadap kripto-mata uang individual lainnya dan akhirnya diterima secara luas, maka akan ada banyak alasan yang percaya bahwa Bitcoin bernilai setidaknya $ 1.600 pada saat sekarang ini.

Jika ini benar, maka Bitcoin mungkin akan mengalami overbought dan mulai mengalami sebuah koreksi substansial, namun tidak dapat dikatakan kalua sekarang Bitcoin sedang menggelembung. Dan ini otomatis mendukung Bitcoin sebagai media investasi jangka menengah yang menarik.

Namun ini semua bukan berarti membenarkan asumsi bahwa Bitcoin akan menjadi mata uang yang dapat dikonversi secara bebas dan mudah berubah, dimana bitcoin akan tersedia untuk semua orang yang memang menginginkannya dan akan diterima secara umum sebagai sebuah alat pembayaran yang sah.

Pemerintah di beberapa negara masih mempertahankan system mata uang fiat mereka karena memiliki nilai yang cukup besar dalam mempertahankan sistem mata uang fiat yang mungkin meningkat untuk menghapus hutang dan belum bisa membiarkan bitcoin untuk merebut mata uang nasional sebagai alat tukar yang sah.

4 KOMENTAR

  1. Selamat pagi pak. Indodax itu trading forex kah ? Atau trading binary? Atau saya ini salah tanya.

    Terimakasih pak

  2. Selamat pagi pak , saya ingin bertanya untuk pembelian Coin crypto terpercaya di mana ya , karena banyak beredar situs2 yang terkadang ragu untuk membelinya , terimakasih

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini

*