Data terbaru ADP menunjukkan peningkatan jumlah tenaga kerja baru di sektor privat sebesar 263.000 di bulan maret 2017, melebihi ekspetasi pasar di angka 188.000.

Terdapat pula revisi angka peningkatan yang dicatatkan untuk bulan februari sebesar 245.000; cukup signifikan apabila melihat hasil sebelumnya yang dirilis di bulan februari sebesar 298.000.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari ADP, terdapat peningkatan jumlah tenaga kerja sebesar 118.000 pada perusahaan kecil, 100.000 untuk perusahaan kelas menengah, dan 45.000 untuk perusahaan skala besar. Terdapat peningkatan sebesar 82.000 untuk sektor produksi barang konsumen dan 30.000 untuk sektor manufaktur. Sementara di bidang jasa, terdapat peningkatan sebesar 181.000. Hasil negatif hanya ditemukan di sektor informasi (seperti media, dll).

Hasil data ADP ini menunjukkan adanya  angin segar bagi pasar tenaga kerja AS, yang terindikasi tetap kuat meski adanya beragam sentimen negatif dari pasar internasional; dan hasil ini berperan sebagai indikator oleh para trader untuk memprediksi kebijakan FED yang akan dirilis di bulan Juni. Selain itu, hal ini menunjukkan keberlanjutan ekspetasi positif pasar untuk hasil NFP di hari jumat, 7 April 2017 dengan harapan hasil akan berada di atas angka 200.000 untuk bulan maret 2017. Apabila hasil positif dapat terus ditunjukkan oleh kegiatan ekonomi AS, maka bukan tidak mungkin FED akan menaikkan suku bunga nya.

Gambar : USD Dollar Index (DXY) Timeframe 5M yang menunjukkan lompatan ketika rilisnya data ADP

Dalam chart forex, Apabila tidak ada sentimen positif dari lawan pair USD, maka dapat diindikasikan hasil data ini sebagai dorongan gerakan bullish bagi pair USD. Apabila chart dalam kondisi sideway, maka kemungkinan besar pasar masih menunggu keluarnya data NFP besok lusa. Tetap berhati-hati dalam trading dalam kondisi sideway.

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini

*