Beberapa orang mengatakan bahwa emas adalah pasar yang sulit untuk diperdagangkan. Memang pada kenyataannya ada beberapa yang demikian, emas sulit untuk diperdagangkan. Untuk itu para investor atau seorang trader profesional memerlukan waktu dan pengalaman yang cukup lama bahkan bertahun-tahun untuk menganalisa pasar emas, yang sebenarnya jika ditelaah lagi banyak pola pergerakan yang menguntungkan.

Sudah beberapa tahun sampai sekarang banyak penelitian serius seputar emas. Namun juga banyak di kalangan para pelaku bisnis seperti trader yang mempelajari banyak hal mengenai komoditi yang satu ini. Emas memang merupakan salah satu hal yang dijual di pasar, dimana setiap pergerakan harganya menantang untuk selalu disimak, namun berpotensi untuk mendapatkan keuntungan apabila diperdagangkan. Emas memiliki kisaran nilai harian yang sangat besar. Rentang harian pada 300 – 500 pip dan rata-rata harian terkecil sekitar 160 pip.

Emas adalah sesuatu yang tidak stabil. Emas dapat dengan mudahnya mengayun dalam rentang 80-100 pip hanya dalam beberapa menit saja. Contohnya sebuah sinyal yang menunjukkan pergerakan yang menguntungkan untuk seorang trader, bisa saja langsung menurun drastis menuju angka dimana hal tersebut akan menjadikan kerugian yang amat sangat banyak..

Emas juga bisa bergerak melesat sangat jauh tanpa harus melihat history pergerakan sebelumnya. Walaupun terdapat jeda antara Support Resistance, pullback pada gerakan terbaik tidak akan terjadi. Bisa dikatakan bahwa sulit untuk menentukan kapan emas “berayun” dan kapan “berjalan” sampai seorang trader melihat pergerakan yang sebenarnya pada chart.

Waktu terbaik untuk trading emas adalah pada saat mendekati waktu pembukaan market pagi hari. Hal ini dikarenakan hal tersebut adalah satu-satunya waktu dimana emas tidak akan bergerak denan signifikan. Hal ini mengacu pada beberapa jam terakhir sesi Amerika dan beberapa jam pertama pada sesi Asia. Ketika Tokyo dibuka, Anda bisa untuk segera open.

Price Action banyak digunakan oleh para trader profesional, hal ini dikarenakan bahwa price action merupakan suatu indikator harga terbaik. Pergerakan emas akan sangat konsisten ketika emas bergerak kuat melalui atau di luar area, terutama setelah periode price action sudah mulai sepi.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila Anda ingin bermain dalam perdagangan emas dan tentunya untuk mendapatkan keuntungan yang tidak Anda duga sebelumnya.

  1. Pastikan ukuran posisi transaksi emas Anda stabil pada porsi yang kecil.
  2. Fokus pada Siklus dan Turning Point. Siklus bisa saja menjadi sebuah support yang memberikan pengaruh yang cukup besar dalam trading jangka pendek dan jangka panjang.
  3. Sebelum melakukan transaksi, Anda harus memeriksa apakah indikator yang digunakan efisien dan berfungsi dengan baik. Ini perlu dilakukan untuk menghindari perkiraan yang salah yang mengakibatkan loss pada akun Anda.
  4. Gunakan indikator RSI dan Stokastik untuk trading emas, hal ini karena telah terbukti mampu membantu banyak trader mendapatkan kesuksesannya selama bertahun-tahun. Anda juga bisa menggunakan indikator lainnya, tapi jangan lupa untuk memeriksa tingkat efektif dari indikator tersebut sebelum melakukan transaksi di pasar emas.
  5. Apabila indikator yang Anda gunakan memiliki fungsi yang baik tetapi tidak seperti yang Anda inginkan jangan pernah ragu untuk memberikan sedikit perubahan setingan angka dan lain sebagainya untuk mendapatkan sinyal yang benar-benar akurat.
  6. Jangan ragu untuk menggunakan moving average apabila sudah memperlihatkan sinyal yang baik pada waktu sebelumnya.
  7. Selalu gunakan trend line, hal ini terbukti sangat berguna sebagai support atau resistance untuk trading emas. Titik paling rendah atau paling tinggi yang lebih signifikan dapat Anda gunakan untuk membuat trend line ini.
  8. Yang perlu Anda tahu bahwa pasar tidak hanya bersifat Siklis, tapi juga Fraktal. Pola harga dapat bersifat proporsional yang berarti ketika kita melihat pola harga yang dilihat pada skala yang lebih besar juga mungkit terlihat pada skala yang lebih besar. Hal ini dapat membantu dalam menentukan harga tertinggi dan terendah pada waktu tersebut.
  9. Volume adalah bagian penting dari sebuah informasi, hal ini sering diabaikan oleh sebagian besar trader. Apabila sebuah demonstrasi disertai dengan kenaikan volume, maka hal ini mungkin saja menjadi awal dari sebuah reli yang lebih besar. Namun apa bila disertai dengan volume rendah dan tampak menurun, besar kemungkinan akan berakhir pada penurunan pula. Apabila penurunan sampai hari ketiga masih terjadi dan disertai dengan volume tinggi, maka penurunan tersebut mungkin akan berlanjut.

Bermain di trading emas sebenarnya tidaklah sesulit dengan apa yang sering orang bayangkan. Hal ini hanya memerlukan pendalaman pengetahuan yang lebih untuk benar-benar serius terjun pada dunia perdagangan emas ini.

Trading emas pada dasarnya sama dengan trading forex, tetapi Anda perlu lebih memerlukan perhatian khusus pada setiap berita-berita fundamental. Karena emas adalah sebagai save heaven, maka berita-berita fundamental akan sangat berpengaruh pada trend dan harga.
 

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini

*