Sebagai seorang trader tentu Anda tidak akan asing lagi dengan teknik trading emas breakout. Teknik trading emas ini merupakan teknik jitu dan favorit bagi sebagian besar trader emas. Strategi ini terfokus dan selalu menampilkan momentum ketika harga menembus level support atau resistance yang sudah teridentifikasi. Ini adalah sebuah strategi yang tidak bisa dipandang sebelah mata, strategi ini mampu untuk memberikan Anda keuntungan yang relatif besar, dan juga memberikan sinyal ketika dimulainya trend baru atau perubahan harga.

Sudah banyak trader yang membenarkan hal ini, maka dari tak heran jika para trader menggunakan strategi ini untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Langsung saja mari kita bahas 5 alasan mengapa strategi breakout sangat profitable.

1. Ada di Segala Kondisi Pasar

Jangkauan strategi trading emas ini cukup luas. Strategi ini mencakup berbagai macam trik dan strategi dalam dunia trading emas. Level strategi ini bisa saja ditentukan oleh salah satu dari beberapa indikator teknis. Bisa saja hal ini adalah harga pasar sebelumnya, apakah pada harga yang rendah atau kah pada harga yang tinggi. Strategi ini memerlukan harga yang bisa menembus dan bergerak pada level tertentu yang didukung oleh volume yang besar.

Ketika berbagai macam strategi lainnya memiliki kemampuan hanya pada kondisi-kondisi tertentu, lain halnya dengan strategi breakout ini. Strategi ini mampu diterapkan pada berbagai kondisi pasar yang berbeda-beda. Strategi ini juga kuat untuk menentukan sejumlah trend yang baru, namun hal ini memiliki kekurangan dimana ketika terjadi pergerakan kecil, breakout tidak akan mampu berjalan efektif. Strategi ini juga tidak bisa diterapkan untuk single timeframe.

Pada dasarnya strategi breakout haruslah dapat diterapkan pada berbagai jenis pasar dan dengan jumlah modal yang berbeda-beda. Bahkan ketika pembeli atau penjual mencoba untuk memanipulasi kondisi pasar, breakout akan terjadi dengan sangat cepat. Namun breakout memiliki kelemahan, strategi ini  akan gagal di gunakan jika keadaan market bergerak zigzag. Anda harus berhati-hati ketika menemukan kondisi seperti ini, salah langkah bisa saja akan menyebabkan kehilangan akun Anda. Anda bisa gunakan strategi lain apabila menemui kondisi pasar yang seperti ini.

2. Motivasi Diri Untuk Trading berdasarkan Probabilitas

Tanpa memperdulikan strategi apa yang digunakan, Anda tetap memiliki peluang untuk mendapatkan keuntungan, meskipun sebenarnya Anda tidak memahami secarakeseluruyhan strategi dan prinsip di dunia trading emas ini. Kondisi semacam ini di sebut game of probabilities. Untuk menjadi trader yang konsisten, Anda pada dasarnya harus yakin bahwa di pasar terdapat peluang yang dapat membuat Anda melipatgandakan keuntungan.

Semakin besar peluang keuntungan maka semakin besar pula kemungkinan profit yang akan didapatkan. Namun yang perlu Anda garis bawahi adalah bahwa hal ini bukan untuk mengajarkan Anda bahwa dalam trading hanya bermain dengan harapan saja. Yang paling penting adalah bagaimana cara Anda untuk mengidentifikasi potensi keuntungan dengan membandingkan resiko yang mungkin terjadi.

Ketika Anda mempertaruhkan 20% dari total dana Anda, tetapi apabila Anda hanya mengharapkan pergerakan pasar sejumlah 5% merupakan hal yang tidak masuk akal. Trik trading menggunakan metode breakout ini akan membantu Anda untuk menentukan entry posisi secara tepat. Anda juga bisa memiliki gambaran untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk keluar dari posisi yang tidak menguntungkan. Hal seperti ini merupakan sebuah kewajiban yang harus Anda lakukan sebagai trader yang mana juga berkaitan erat dengan trading plan Anda. Jadi sebisa mungkin manfatkan semua peluang yang bisa Anda dapatkan, identifikasi dan tentukan langkah yang tepat sebelum Anda memulai trading.

3. Bisa Menentukan Batasan Resiko Dengan Mudah

Trading yang Anda lakukan tidak akan berjalan optimal sesuai keinginan Anda apabila tidak disertai dengan trading plan yang baik, salah satunya yaitu dengan menentukan batasan resiko. Menggunakan manajemen resiko penting untuk menentukan keberhasilan trading Anda. hal ini memungkinkan Anda untuk menghitung seberapa besar keuntungan yang mungkin Anda dapat. Perlu di ingat bahwa menggunakan manajemen resiko sebenarnya bukanlah bagian dari strategi. Hal Ini merupakan bentuk perlindungan terhadap dana Anda. Cobalah untuk membatasi resiko Anda sebesar 1% – 2% saja. Angka tersebut adalah jumlah standar yang biasa dipakai oleh para trader.

4. Membantu Waktu Trading Jadi Lebih Efisien

Manfaat lainnya yang bisa Anda dapat dari strategi breakout adalah bahwa waktu Anda akan menjadi lebih efisien. Anda tidak harus selalu memantau pasar karena strategi ini sudah memberikan Anda informasi yang detail dan spesifik. Pada beberapa kasus, breakout bisa saja terjadi dalam beberapa kali dalam sehari. Sebagai contoh yaitu ketika pembukaan sesi pasar dan ketika data ekonomi rilis. Hal tersebut menyebabkan volume meningkat dan kemungkinan terjadinya breakout menjadi semakin lebih besar. Oleh karena itu trader bisa duduk manis sambil melihat atau memantau sesekali sinyal yang tepat. Karena waktu yang terbatas akan membuat Anda tidak mampu untuk melihat chart secara terus menerus. Secara psikologis hal ini juga dapat membantu mengontrol emosi Anda ketika terjadi suatu kejadian yang sangat berpengaruh.

5. Sebagai Sarana Disiplin Trading

Salah satu sifat yang wajib dimiliki oleh seorang trader adalah disiplin. Dengan disiplin seorang trader dapat mengatur lancarnya alur perdagangan. Sifat strategi breakout yang sistematis dan lengkap akan membuat Anda menjadi lebih leluasa menjalankan aktivitas selain trading. Cara bagaimana breakout mengeksekusi seolah-olah sudah diatur sedemikian rupa untuk membuat para trader menjadi disiplin.

Setiap elemen yang ada pada trik trading emas ini harus melalui berbagai macam tahapan. Mulai dari proses perencanaan seperti memilih sinyal yang tepat untuk masuk melalui kemungkinan entry positiondan resiko trading. Dengan disiplin, trader akan membangun konsistensi nya secara otomatis. Dalam dunia trading emas, konsistensi haruslah sudah mulai dicetak sedini mungkin untuk masa panjang selanjutnya. Cara berpikir seperti ini akan menjadikan trader sukses meraih keuntungan yang diinginkan.

Itulah beberapa hal yang wajib Anda ketahui sebagai trader. Strategi breakout adalah strategi unggulan. Trik ini dipercaya sebagian para trader profesional sebagai salah satu strategi trading anti loss. Meskipun begitu tetap akan ada kemungkinan kelemahan yang mungkin akan terjadi di masa yang akan datang. Apabila Anda adalah trader pemula, strategi ini cocok untuk Anda jalankan karena caranya yang mudah dipahami dan tidak begitu rumit. Gunakan demo akun terlebih dahulu sebelum terjun langsung menggunakan modal yang Anda miliki.

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini

*