Trading profit tiap hari bukan sesuatu yang bisa mudah didapatkan, terlebih dengan pergerakan market forex yang begitu dinamis, membuat siapapun harus berusaha ekstra keras hanya demi profit. Terdapat berbagai cara untuk profit, salah satunya yaitu dengan memaksimalkan lot.

Semisal trader berada dalam jalur kemenangan, memindahkan posisi stop dan menyesuaikan lot dapat memperbesar peluang trader mendapat profit lebih daripada seharusnya. Tapi harus dipertimbangkan juga, kapan sebaiknya trader memakai trik ini.

Bagaimana cara mengelola profit dalam trading sebenarnya merupakan bagian dari strategi manajemen keuangan yang diterapkan trader, terlebih jika ingin trading profit tiap hari. Manajemen keuangan mutlak harus diterapkan dengan sebaik mungkin.

Mungkinkah Trading Profit Tiap Hari?

Sederhananya iya, sangat mungkin trader memperbesar profit yang didapat daripada yang seharusnya. Pertama, trader harus memakai sistem trading yang benar-benar efektif saat masuk trading lalu ambil beberapa profit dan tahan hingga beberapa lot sambil ‘menunggangi’ tren lebih jauh.

Teknik ini ditujukan untuk menangkap profit lalu mengikuti tren yang berkembang yang disertai dengan strategi trading yang efektif dan sudah dibuktikan di akun demo sebelumnya. Memang terdengar sederhana, tapi trading profit tiap hari dengan teknik sebenarnya tidak mudah.

Walau demikian, trader pemula juga bisa menerapkan teknik yang sama untuk mendapat profit tiap hari dari trading. Tentunya dimulai dengan memakai akun demo dan mengambil mikro lot yang kemudian seiring waktu ditingkatkan. Yang harus diingat, teknik ini didasarkan pada tren market semata.

Memang akan sulit menemukan satu jenis strategi yang benar-benar efektif, tapi ini seharusnya bukan menjadi satu halangan bagi trader. Tiap trader tentu punya karakter berbeda sehingga teknik yang digunakan akan menyesuaikan dengan gaya yang dimiliki.

Termudah tentunya dengan trading berbasis tren yang berfokus pada time frame tinggi. Ini masih disertai dengan membuat rencana harian jika yang dituju adalah trading profit tiap hari. Analisa mendalam jelas diperlukan, termasuk dengan melihat kalender ekonomi.

Selain kalender ekonomi, trader juga harus melihat level support dan resistance untuk mengatur target harga yang ingin dituju. Analisa trading yang melibatkan berbagai komponen tersebut bisa memberi trader profit yang ditargetkan dan bisa dikatakan masuk sebagai sistem trading efektif.

Aturan Dasar Trading Profit Tiap Hari

Berapapun lamanya trading dibuka, faktor penentu sukes tidaknya yaitu ada pada proses pengambilan profit. Akan menjadi sesuatu yang sia-sia jika trading menunjukkan performa optimal tapi saat take profit, trader justru kurang maksimal dalam merencanakan.

Itu sebabnya, ada semacam aturan dasar yang harus diketahui trader saat ingin mengambil profit. Misalnya saja, saat trader masuk ke market dan trading berjalan positif hingga berhasil mengumpulkan 30-50 pip, trader bisa mulai mengadopsi beberapa teknik yang bertujuan untuk menambah profit sembari mempertahankan yang sudah didapat.

Saat trader berada dalam posisi menang trading dan pergerakan market masih mendukung, aturan dasar dari teknik memaksimalkan profit dengan lot yaitu dengan mengurangi jarak hingga setengah lot lalu sesuaikan posisi stop di sebagian lot lain untuk mencapai poin break even.

Dari sini, trader bisa membiarkan posisi yang terbuka untuk bergerak menunggangi tren market lebih jauh. Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat trader dengan mencari profit lewat memaksimalkan lot, dan ini tidak bisa didapat jika memakai teknik yang lain.

Pertama dan paling penting, saldo akun dan ekuitas akan meningkat drastis sehingga margin yang tersedia juga akan meningkat. Dari sini trader akan mendapat rasa percaya diri lebih karena masih memiliki margin yang cukup untuk membuka posisi baru dalam market.

Begitu trader merubah lot dan menyesuaikan posisi stop ke poin break even, trading sebenarnya sudah berakhir positif sehingga tidak ada kelelahan mental dan trader masih punya peluang mendapat profit lebih karena sebagian lot masih terbuka untuk meraup profit.

Tapi untuk bisa trading profit tiap hari dengan memaksimalkan lot harus dilatih secara serius di akun demo, baik dengan mikro lot atau mini lot. Trader pada intinya harus mencoba berbagai skenario memakai prosedur yang sama persis, dan beruntungnya teknik ini bisa digunakan untuk semua pair.

Pertimbangan Lain Saat Mengambil Profit

Trading profit tiap hari bisa didapat dengan melihat berbagai pertimbangan. Satu pertimbangan utama yaitu terkait volatilitas pair yang dipilih untuk trading. Idealnya, semakin tinggi volatilitas pair tersebut, maka potensi perpindahan bisa diupayakan lebih besar sehingga profit kian tinggi.

Yang juga harus diperhatikan yaitu kekuatan dan kualitas tren yang diikuti. Tidak ada trading profit tiap hari jika tren yang dipilih ternyata hanya sementara dan cepat menghilang. Semisal mengikuti tren dengan time frame tinggi seperti mingguan atau bulanan, trader bisa memaksimalkan lot dan membiarkannya berjalan hingga beberapa waktu berikutnya.

Jika ingin trading swing dengan time frame 4 jam, trader bisa melakukan langkah yang sama lalu merubah lot terakhir pada time frame tersebut. Saat membeli EUR/JPY dan semua pair JPY mengalami tren naik pada time frame harian, langkah terbaik yaitu dengan menahan trading EUR/JPY.

Satu pertimbangan lain terkait trading profit tiap hari dengan memaksimalkan lot yaitu kekuatan dan kualitas sinyal masuk yang diambil dengan memakai tool heatmap. Semisal masuk trading memakai heatmap dengan sinyal trading kuat dan konsisten, juga tidak di dekat area support dan resistance, bahkan pair volatilitas rendah bisa bergerak kuat.

Pergerakannya bahkan bisa mencapai 125 pip pair dengan volatilitas rendah dan 300 pip pada pair dengan volatilitas tinggi hanya untuk satu sesi trading. Bisa dibayangkan jika trading profit tiap hari dengan jumlah pip luar biasa, dan hanya dengan teknik ini trader bisa melakukannya.

Mengotomatisasi Keluar Trading Dengan Profit

Selalu ada cara bagi trader untuk memanfaatkan fitur otomatis pada trading yang profit. Semisal menjual suatu pair lalu pair tersebut mendekati area support yang kuat, trader bisa menempatkan semacam pengingat tepat di atas area support guna mengingatkannya.

Dari sini trader bisa memeriksa grafit chart dan indikator untuk melihat apakah harus keluar trading atau memindahkan lot lagi. Pengingat semacam ini bisa membantu trader dalam memantau profit dan keluar secara otomatis pada poin harga tertentu yang menjadi target.

Opsi lain bagi trader yaitu memanfaatkan tool apapun yang berkaitan dengan pemaksimalan lot lalu diterapkan pada platform trading di Indonesia. Saat ini beberapa jenis broker dan terminal trading yang diberikan sudah bisa digunakan untuk keperluan tersebut.

Beberapa tool juga memungkinkan trader untuk mengatur target posisi lalu secara otomatis memindah lot menggunakan order limit. Untuk trader yang tak punya waktu luang banyak, opsi ini jelas menjadi cara termudah untuk mengkapitalisasi profit trading dengan memaksimalkan lot.

Sudah jelas bahwa trading profit tiap hari pasti menjadi harapan untuk semua trader, dan memaksimalkan lot termasuk cara paling sederhana yang bisa dilakukan. Selamat mencoba!

Posting untuk Konsultasi dan Tanya Jawab :