Hello pembaca,

Menjadi seorang trader adalah profesi yang sangat menarik. Dimana kita dituntut untuk selalu belajar dan belajar dari market yang selalu bergerak dinamis. Tidak ada kata Master dalam profesi ini, namun kita bisa menjadi Profesional dalam profesi ini. Seorang profesional tentulah berbeda dengan seorang amatir, dimana seorang Profesional lebih mampu memahami dan menjiwai sebuah kunci penting dalam dunia trading ini. Terutama mampu untuk selalu bersikap tenang dalam keadaan market apapun.

Pada artikel kali ini, saya akan mencoba membahas, salah satu kunci terpenting dalam Trading tersebut, yakni Trend Harga.

Apa itu Trend Harga dan Bagaimana Cara Mengenalinya?

Trend harga adalah kecenderungan arah harga dalam jangka waktu tertentu, yang ditentukan oleh faktor tertentu.

Untuk mengenali Trend ini, ada beberapa cara, yakni:

  1. Menggunakan High dan Low pada candle stick,
  2. Menggunakan Trend Line Tool pada MT4.

 

Menggunakan High dan Low pada Candle Stick

Cara pertama adalah menggunakan High dan Low, sebelum itu, akan saya coba jelaskan apa itu High dan Low.

High adalah pola harga puncak dari sebuah kenaikan yang dibentuk oleh harga, dan Low adalah pola harga lembah dari sebuah penurunan yang dibentuk oleh harga, detail bisa di lihat pada gambar di bawah ini :

 

Dalam pengenalan Trend, untuk Trend naik (Uptrend), harga akan membentuk pola harga High / Puncak yang lebih tinggi dari High sebelumnya (Higher High / HH) dan membentuk pola harga Low / Lembah yang lebih tinggi dari Low sebelumnya (Higher Low / HL).

Dan untuk Trend turun (Down trend), harga akan membentuk pola harga High / Puncak yang lebih rendah dari High sebelumnya (Lower High / LH) dan membentuk pola harga Low / Lembah yang lebih rendah dari Low sebelumnya (lower Low / LL).

Gambar di bawah ini akan menampilkan contoh dari Trend Turun (Terbentuknya Lower High / LH dan Lower Low / LL):

See,

harga benar – benar berada dalam Trend Penurunan / Downtrend yang sangat jelas dengan terbentuknya Lower High dan Lower Low. Ini menandakan bahwa, peluang untuk entry Sell / Jual akan lebih besar dibandingkan peluang untuk entry Buy / Beli.

Menggunakan Trend Line Tool pada MT4

Nah, untuk identifikasi trend berikutnya adalah menggunakan Trend Line Tool yang sudah tersedia di platform Meta Trader 4 (MT4) kita.

Untuk menggunakan tool ini, kita bisa mengaksesnya dibagian pojok kiri atas pada MT4 kita. Lihat gambar di bawah ini.

 

Jika anda tidak menemukannya disitu, bisa juga dengan cara ini (Klik pada menu Insert > Lines > Trendline) :

Untuk menggunakannya pada chart adalah, menentukan awal dari High atau Low dan dipertemukan dengan High atau Low berikutnya (Jika menarik dari High, pertemukan dengan High juga, jika menarik dari Low, pertemukan dengan Low juga).

Untuk contoh, coba simak gambar berikut ini:

Pada gambar di atas, kita mencoba menarik dari Low sebelumnya, menuju Low berikutnya, dan Low berikutnya lagi. Dan setelah trendline terbentuk, tampak harga berada dalam trend kenaikan / Uptrend, saat harga melewati garis trendline, maka akan menimbulkan indikasi terjadinya perubahan trend, dalam contoh gambar, maka harga memiliki indikasi berganti arah menjadi Downtrend / Penurunan.

Oke pembaca,

dengan memahami Trend, kita akan lebih memahami kemanakah harga cenderung akan bergerak. Sehingga kita pun tidak mudah terjebak dengan signal – signal arah palsu yang muncul di chart kita.

Sekedar Saran, cobalah menemukan Trend Utama dari harga di dalam Time Frame Weekly. Dan diterapkan kembali ke dalam Time Frame yang lebih kecil (Daily – 4 Hour – 1 Hour) untuk hasil trading yang lebih maksimal.

Happy Trading all.

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini

*