Robot merupakan suatu alat untuk membantu seorang trader ataupun fund manager dalam menganalisa pasar dan mengambil keputusan order.

Robot bisa sangat berguna apabila kita menempatkannya dengan benar sesuai dengan fungsinya. Karena tidak semua robot sama fungsi dan kegunaannya.

Adapun cara kerja robot umumnya terbagi menjadi 3 secara garis besar, yaitu:

  • Robot yang mengandalkan indikator
  • Robot yang mengandalkan mekanikal
  • Robot yang mengandalkan fundamental

bisa juga terjadi kombinasi diantara 3 metode diatas

Robot indikator adalah robot yang mengambil suatu keputusan order berdasarkan pada grafik chart yang terjadi

Robot Mekanikal adalah robot yang menggunakan pola-pola baku dan tanpa mempedulikan analisa lainnya

Robot Fundamental adalah robot yang mengambil suatu keputusan order berdasarkan pada analisa berita yang terjadi di pasar

Mana yang terbaik ? sekali lagi itu adalah tergantung pada penempatan robotnya dan kegunaannya. Seperti contoh ada robot yang harus dimatikan pada saat akan terjadi berita (robot menghindari berita), tetapi ada robot yang justru harus dinyalakan ketika akan terjadi berita high impact.

Menggunakan robot juga bisa terjadi minus, tetapi karena keunggulan robot adalah dia tidak terpengaruh oleh faktor psikologis maka seringkali minus bisa berbalik menjadi positif.

Robot yang buruk biasanya adalah robot yang hanya mengandalkan averaging dan digandakan volume lotnya ketika averagingnya tersebut minus. Cara ini membutuhkan modal yang sangat besar untuk menahan gejolak pasar tersebut.

Robot diluar sana juga banyak yang dijual dengan harga jutaan rupiah, tetapi kita tentu tidak akan tahu robot yang dipasarkan itu bagus atau jelek. Cara untuk mencari tahu adalah dengan mencoba versi trialnya atau dengan melihat audit pada fxblue ataupun myfxbooknya. (mintalah hal ini kepada si penjual robot).

Bila tidak ada hal-hal diatas, maka sebaiknya hindari membeli robot yang semacam itu.

Beberapa contoh robot yang bagus yang bisa dipakai gratis adalah seperti di Valas.net, karena pada valas.net tersebut kita bisa melihat Live Trade yang dilakukan oleh para Robotnya dan ini sangat bagus

Klik disini untuk melihat contoh live trade dari robot Valas.net tersebut

Menggunakan robot bukanlah sebagai mesin uang yang pasti profit, karena robot ada kalanya juga bisa merugi bila kita tidak tahu cara kerja ataupun hanya asal membeli tanpa mengetahui kinerja / track recordnya.

Robot memang membantu tugas manusia yang melakukan trading di forex ataupun emas, tetapi jika kita tidak paham maka hendaklah berkonsultasi dahulu kepada beberapa pakar agar tidak membeli kucing dalam karung.

 

Posting untuk Konsultasi dan Tanya Jawab :