Setidaknya terdapat sejumlah fitur yang harus dimiliki platform trading terbaik dunia. Terlebih tiap trader punya preferensi masing-masing, dan platform terbaik harus bisa menyediakan semua alat yang diperlukan guna membuat performa trading lebih baik.

Fitur yang ditawarkan juga bisa menjadi semacam acuan yang nantinya digunakan untuk menilai kelayakan dari platform tersebut. Saat ini ada banyak platform trading yang beredar dengan kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Beberapa fitur berikut bisa menjadi poin penilain penting untuk bisa disebut sebagai platform trading terbaik dunia.

#1. Tipe Akun

Kelengkapan tipe akun yang ditawarkan bisa menjadi poin penting dalam menilai kelayakan platform. Beberapa jenis platform sengaja didesain khusus untuk digunakan satu tipe akun saja, dan tidak bisa digunakan membuka jenis akun lain.

Saat ini, mayoritas broker rata-rata menawarkan tiga jenis akun saja, yaitu akun mikro, akun standar, dan akun premium. Hanya ada sedikit broker yang menambahkan jenis akun cent selain tiga jenis akun yang sudah disebut. Lebih lengkap lebih bagus karena trader punya opsi lebih banyak.

#2. Akun Demo

Merupakan fasilitas wajib yang harus disediakan untuk trader. Akun demo pada dasarnya didesain untuk trader pemula yang ingin belajar trading, walau trader pengalaman juga tetap bisa memanfaatkannya. Tiap trader pada dasarnya punya tujuan masing-masing dengan akun demo.

Jika pada pemula akun demo biasa dimanfaatkan untuk belajar, trader pro biasanya memanfaatkan untuk mencoba berbagai strategi atau sistem yang baru dikembangkan. Dari sini, trader lalu menguji kelayakan strategi tersebut pada akun demo.

Oleh broker, akun demo diisi dengan uang virtual yang bisa dipakai untuk berbagai keperluan. Lingkungan yang ditawarkan akun demo juga serupa dengan akun live, meski dengan beberapa kekurangan tentunya. Paling tidak akun demo bisa menjadi ciri dari platform trading terbaik dunia.

#3. Dukungan Robot

Tak semua platform trading mampu memberi dukungan untuk trading algoritma, dalam hal ini robot trading. Dari sini bisa dipastikan bahwa hanya platform trading terbaik dunia saja yang mampu memberi fitur trading otomatis ini.

Fitur ini memungkinkan trader menempatkan trading secara otomatis, termasuk eksekusinya. Trader hanya harus mengatur parameter tentang setup, stop-loss, take profit, dan semua yang diperlukan di awal. Selanjutnya trading akan berjalan otomatis tanpa campur tangan trader.

Tapi untuk menggunakan robot, trader juga harus paham bahasa pemrograman. Tiap platform trading terbaik dunia biasanya memiliki bahasa pemrograman sendiri, yang seringnya berbeda dengan platform lain. Fokus pada satu platform saja jika memang ingin menguasai trading otomatis.

Satu nilai plus dari robot trading yaitu menjauhkan emosi saat trading. Ini penting karena pada kebanyakan kasus, emosi memicu berbagai hal buruk yang menuju kekalahan.

#4. Bonus Platform Trading Terbaik Dunia

Tiap broker punya berbagai cara untuk menarik trader supaya mau bergabung dan memakai layanan yang diberikan. Bonus dan promosi merupakan cara paling umum yang ditawarkan broker, dan bentuknya bisa berbagai macam sesuai strategi marketing yang dijalankan.

No deposit bonus dan bonus deposit termasuk jenis promo yang paling sering ditawarkan. No deposit bonus berarti trader tak harus membuat deposit terlebih dulu untuk mendapat bonus, sementara deposit bonus baru bisa didapat setelah trader melakukan deposit awal.

Terlepas dari bonus yang ditawarkan, yang patut dicermati yaitu keabsahan bonus tersebut. Banyak broker scam yang menawarkan bonus tersebut tanpa ada kelanjutan apapun. Itu sebabnya, bonus juga bisa dimasukkan dalam kriteria penilaian platform trading terbaik dunia.

Bonus bisa menjadi tambahan yang bagus untuk modal, terlebih untuk trader yang ingin memakai modal ideal trading supaya profit yang didapat menjadi lebih maksimal.

#5. Website Platform Trading Terbaik Dunia

Tiap platform trading yang beredar pasti punya website resmi, dan patut dipertanyakan jika platform tersebut tak punya media apapun untuk melegitimasi layanannya. Website sudah menjadi standar pengenalan platform trading, bahkan sudah seperti kewajiban.

Tak hanya website itu sendiri, tampilan yang diusung juga bisa menjadi pertimbangan lain. Dengan tampilan professional dan sistem navigasi yang memudahkan, bisa dipastikan website tersebut valid dirawat. Itu berarti, broker juga menerapkan hal yang sama pada trader.

Semisal tampilan website kurang meyakinkan ditambah navigasi kurang membantu, bisa diartikan broker tersebut juga malas merawat trader yang bergabung dengan layanannya. Jadi, pastikan untuk mengecek website jika ingin mengetahui kualitas platform tradingĀ  dunia.

#6. Ulasan Platform Trading Terbaik Dunia

Menjadi poin yang paling sering digunakan untuk menilai kualitas platform trading. Ulasan banyak dijadikan acuan penilaian karena merupakan hasil pengalaman trader saat memakai layanan tersebut. Dalam hal ini, ada poin kejujuran yang bisa dilihat dari ulasan tersebut.

Ini berbeda dengan ulasan yang disampaikan beberapa website karena tak mewakili apa yang menjadi keluhan trader saat memakai platform trading. Dari ulasan, baik dan buruknya layanan platform trading terbaik dunia bisa dicermati dengan seksama.

Platform trading dunia harus secara positif mendapat ulasan bernada yang mampu meyakinkan trader lain bahwa layanan yang diberikan memang sesuai dengan apa yang ditawarkan.

#7. Sinyal Trading

Langkah awal untuk memulai trading yaitu mencari setup yang ideal, dan setup ini biasa dihasilkan oleh sinyal trading. Semua platform trading mampu menyediakan sinyal trading, hanya saja kualitas yang ditawarkan tidak sama, dalam kata lain tingkat akurasinya.

Platform terbaik dunia yang populer digunakan trader handal pasti sudah teruji kualitasnya. Sinyal dengan akurasi tingkat tinggi membuat trader bisa masuk posisi sesuai dengan poin harga yang dimaksud, dan ini tak akan terjadi pada platform trading tak jelas.

Tingkat akurasi juga menentukan seberapa banyak profit yang bisa didapat dari suatu trading. Lewat beberapa pip saja, profit yang didapat tak akan maksimal.

#8. Aplikasi Platform Trading Terbaik Dunia

Ketersediaan aplikasi juga poin penting yang harus dipertimbangkan trader. Terlebih dengan maraknya aktivitas trading lewat hape, menjadi keharusan bagi tiap platform untuk menyediakan dalam bentuk versi aplikasi yang mendukung beberapa sistem operasi berbeda.

Tapi layaknya website, aplikasi yang ditawarkan sebisa mungkin harus punya tampilan sederhana tapi dengan fungsionalitas tinggi. Bukan hal yang membanggakan jika tampilan aplikasi cukup menarik tapi susah dimengerti dan dioperasikan trader.

Untuk kondisi saat ini, ketersediaan aplikasi platform trading terbaik dunia menjadi penting, dan tiap broker harus menawarkan dalam versi berbeda guna mempermudah akses.

#9. Dukungan Strategi

Yang menjadi persoalan terkait beberapa platform trading yaitu ketidak-mampuannya dalam mendukung beberapa jenis strategi. Ini yang harus jadi catatan penting untuk trader sehingga jangan sampai salah pilih karena tak mendukung semua strategi.

Satu contoh, scalping memerlukan source cukup tinggi sehingga tak semua platform mampu mendukung metode ini. Jadi, pastikan untuk lebih kritis pada satu platform meski mengaku sebagai platform trading terbaik dunia.

Khususnya untuk pemula yang masih memilih dan mencoba berbagai strategi, poin ini menjadi sangat krusial untuk diperhatikan. Jangan tertipu hanya karena melihat iklan yang mengklaim sebagai platform trading terbaik dunia lalu memilihnya.

Posting untuk Konsultasi dan Tanya Jawab :