Dalam pair mata uang, selalu terdapat dua simbol mata uang yang saling berpasangan, seperti USD /J PY, EUR / USD, GBP / USD, AUD / USD dan masih banyak lagi. Dengan begitu anda bisa membeli mata uang dan menjual mata uang lain yang berlawanan pada saat yang sama. Dibawah ini adalah pasangan GBP/USD atau mata uang inggris GBP dan mata uang AS Dollar.

Penjelasannya, mata uang sebelah kiri adalah mata uang dasar. Kalau sesuai dengan contoh adalah GBP, dan yang kedua di sebelah kanan adalah counter, dimana dalam contoh adalah USD. Keduanya ini dipisahkan dengan tanda garis miring “ / ”

Saat anda melakukan aksi beli atau BUY, maka nilai yang harus anda bayarkan tertera dalam nilai tukar yang ditunjukkan oleh mata uang counter terhadap mata uang dasar. Sebagai contoh kita gunakan gambar diatas dimana untuk membeli 1 Pounds anda harus membayar sebesar $ 1,2 dollar AS

Saat anda melakukan aksi jual atau SELL, maka nilai yang anda peroleh saat menjual mata uang dasar adalah nilai yang ditunjukkan oleh mata uang dasar terhadap mata uang counter. Dalam contoh diatas anda mendapatkan $ 1,2 dollar saat menjual 1 Pounds.

Dasar mata uang untuk BUY ataupun SELL adalah mata uang dasar, dengan kata lain saat anda melakukan BUY EUR / USD maka yang anda lakukan adalah membeli mata uang EURO dan disaat yang sama anda menjual USD. BUY EUR, SELL USD

BUY / SELL

Saat anda mau melakukan BUY ataupun SELL yang anda harus lakukan pertama kali adalah, tentukan terlebih dahulu pasangan mata uang apa yang akan anda beli ataupun jual.

BUY adalah saat anda melakukan aksi beli, dimana dalam pengertiannya adalah anda membeli mata uang dasar dan anda menjual mata uang counter. Dalam melakukan aksi beli ini harapan anda adalah naiknya nilai mata uang dasar dibandingkan anda membeli posisi anda pertama kali, dan disaat yang sama nilai mata uang counter turun terhadap mata uang dasar (BUY = LONG)

SELL, adalah saat anda melakukan aksi jual, dimana dalam pengertiannya adalah anda membeli mata uang counter dan anda menjual mata uang dasar. Dalam melakukan aksi jual ini harapan anda adalah turunnya nlai mata uang counter dibandingkan saat anda menjual posisi anda pertama kali, dan disaat yang sama nilai mata uang dasar turun terhadap mata uang counter (SELL = SHORT)

BID / ASK

BID / ASK dalam bahasa ekonomi yang lebih simpel adalah Supply dan Demand, dimana :

BID adalah harga yang disetujui broker untuk dapat membeli mata uang dasar dalam setiap transaksi. Dengan kata lain ini adalah harga terbaik di pasar dimana anda berlaku sebagai trader.

ASK adalah harga yang disetujui broker untuk dapat menjual mata uang dasar dalam setiap transaksi. Dengan kata lain ini adalah harga terbaik di pasar dimana anda berlaku sebagai trader.

SPREAD adalah selisih harga BID dan ASK

Contoh dalam transaksi

Misalkan dalam pair EUR/USD dimana harga berada pada posisi BID / ASK 1.3752/ 1.3755

Jadi,

saat anda melakukan BUY maka anda beli EUR di harga 1.3752

saat anda melakukan SELL maka anda jual EUR di harga 1.3755

Setelah anda dapat membaca requote harga, maka ada satu hal lagi yang harus anda perhatikan, yaitu mengenai karakteristik mata uang. Ada banyak trader yang mempertanyakan apakah hal ini penting untuk dipelajari ataukah tidak, sehingga banyak trader yang melewatkannya dan menganggap semua pair sama saja. Anggapan ini sebenarnya sedikit keliru, karena dengan memahami karakteristik dari masing masing pair mata uang anda akan menyadari seberapa besar tingkat resiko yang ada dan seberapa besar kemungkinannya anda bisa merubah resiko yang ada menjadi sebuah keuntungan. Anda juga bisa mengukur seberapa besar toleransi resiko yang ada dengan trading anda.

 

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini