Highlight

  • Angka klaim naik sebanyak 14.000 ke jumlah 257.000 pengaju klaim sampai pada tanggal 22 April 2017; lebih tinggi daripada ekspetasi pasar di angka 245.000 pengaju klaim.
  • Total jumlah penerima program ini sebanyak hampir 2 juta warga negara AS, turun sebanyak 7% dari hasil tahun 2016.
  • Terlepas dari adanya peningkatan, jumlah tersebut masih melanjutkan rekor 112 minggu berturut-turut dimana jumlah pengaju klaim berada di bawah angka 300.000.
  • Hasil ini merupakan tanda perekonomian AS sedang dalam kondisi yang sehat; dan apabila tidak ada sentimen yang lebih positif dari lawan pair USD, nilai mata uang USD akan menguat.

Perekonomian AS masih dalam kondisi Sehat

Terlepas dari adanya peningkatan jumlah di minggu kemarin.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Departemen Tenaga Kerja AS (Labor Department) bahwa jumlah pengaju klaim sampai pada tanggal 22 April 2017 bertambah jumlahnya sebanyak 14.000 klaim. Angka ini menyebabkan jumlah pengaju klaim mencapai tingkat tertinggi di bulan ini di angka 257.000 klaim. Angka tersebut lebih tinggi dari ekspetasi pasar yang mengharapkan hanya terdapat 1.000 tambahan klaim di angka 246.000 klaim. Selain itu, data klaim pengangguran yang dirilis minggu lalu mengalami revisi dari 245.000 menjadi 244.000 klaim.

Secara umum, hampir 2 juta warga Amerika menikmati program subsidi pengangguran ini; dimana angka tersebut telah mengalami penurunan sebesar 7% dibanding dengan data yang dirilis tahun lalu.

Angka klaim ini merupakan sinyal terhadap terjadinya PHK di perusahaan, mengingat para pekerja akan langsung mengajukan klaim sesaat setelah mereka kehilangan lapangan pekerjaannya. Jumlah klaim saat ini tetap berada di bawah 300.000 klaim selama 112 minggu berturut-turut, dan masih melanjutkan rally terpanjang sejak tahun 1970. Bahkan setelah terjadinya peningkatan jumlah klaim, total jumlah pengaju klaim masih berada dalam level yang relatif rendah; dimana perusahaan masih memfokuskan diri pada penambahan pekerja serta mempertahankannya ketimbang memberhentikan mereka, mengingat situasi yang cukup ketat yang kurang mendukung perusahaan pada bursa kerja AS. Libur paskah yang dirayakan terlambat di tahun ini juga memiliki andil terhadap perubahan yang tercantum dalam data ini.

Kondisi perekonomian AS sedang dalam level yang sehat. Perusahaan-perusahaan cukup percaya diri untuk mempertahankan para pekerjaannya. Walaupun angka pengangguran berada pada level 4.5% bulan lalu, angka tersebut adalah catatan terendah selama hampir satu dekade bagi Amerika Serikat. Sampai saat ini, tercatat telah terdapat 175.000 lapangan pekerjaan baru yang telah memasuki pasar tenaga kerja AS di tahun 2017.

 

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini