Jumlah penduduk amerika yang mengajukan diri untuk mendapatkan tunjangan sementara bagi pengangguran minggu lalu bertambah, namun jumlah total pengajuan relatif rendah sehingga dapat dikatakan sebagian besar pekerja telah mendapatkan pekerjaan.

Departemen Tenaga Kerja mengatakan bahwa pengajuan tunjangan naik sebesar 20.000 menjadi 243.000 pengajuan, naik dari poin terendah selama 44 tahun di minggu lalu 223.000 pengajuan. rata-rata jumlah pengajuan per bulan naik tipis sebesar 2.250 ke poin 236.500.

bila dilihat dari angka pertahun, 2.06 juta warga amerika telah menikmati tunjangan tersebut. Angka ini telah menunjukkan penurunan sebesar 6% dari tahun lalu.

Jumlah pengajuan tersebut telah bertahan dibawah angka 300.000 selama lebih dari 2 tahun, catatan straight terpanjang sejak tahun 1970.

Faktor utama : bursa kerja AS dalam kondisi yang sangat kuat. di bulan januari, tercatat sebesar 227.000 pekerja direkrut dalam lapangan pekerjaan.

Rasio pengangguran dalam AS berada di angka 4,8%; sehingga AS berada dalam kondisi full-employment menurut ilmu ekonomi (kondisi dimana semua warga negara memiliki pekerjaan; dengan toleransi sebesar 4%)

The FED memberikan isyarat bahwa kondisi ekonomi cukup kuat untuk dilakukan peningkatan interest-rate dalam pertemuan di minggu depan.

HIGHLIGHT

  • Terdapat peningkatan tipis terhadap jumlah pengajuan tunjangan; namun angka tersebut masih terhitung rendah.
  • Terdapat isyarat peningkatan interest rate di pertemuan minggu depan.
  • Pengaruh bagi pair EURUSD tidak akan signifikan, mengingat pasar menunggu hasil dari ECB Press Conference

 

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini