Adalah Ralph Nelson Elliot yang menemukan keteraturan dalam pergerakan harga yang “terlihat” tidak beraturan. Kemudian, pola yang dia temukan dipublikasikan dan mendapat sebutan sebagai Elliot Wave, untuk menghargai beliau. Dalam Elliot wave, dikatakan bahwa pergerakan harga dipengaruhi oleh perubahan kondisi psikologis dari para pelaku pasar. Dan perubahan emosi tersebut, menyebabkan adanya fase positif dan fase negatif.

Fase Positif, adalah fase dimana pergerakan harga searah dengan trend yang ada. Sementara fase negatif, adalah fase dimana harga mengalami koreksi sebelum melanjutkan trend yang ada. Lebih lanjut, beliau menjabarkan bahwa pergerakan harga dapat digambarkan dalam pola dasar di bawah ini :

Pada pola dengan lingkaran merah, harga bergerak dari angka 1 ke angka 3 dan kemudian ke angka 5. Dengan asumsi bahwa trend sedang bullish, Angka 1 sampai 5 ini dapat kita sebut sebagai fase positif. Lantas, titik A, B, dan C diibaratkan sebagai fase negatif, yang menjadi koreksi dari pergerakan trend.

Tidak hanya itu, ketika harga bergerak dari angka 1 ke angka 2 (atau dari 3 ke 4, B ke C, dst) harga membentuk pola Elliot Wave yang lebih kecil didalamnya. Yang kemudian dapat kita gambarkan dengan pola kedua pada gambar diatas. Dan apabila kita teliti lebih jauh menggunakan timeframe yang lebih kecil, maka akan terlihat elliot wave yang jauh lebih kecil daripada pola kedua; yang mana tergambar dalam pola ketiga.

Pola Elliot Wave ini termasuk dalam Fractal; yang berarti bahwa pola ini akan terus berulang pada timeframe yang rendah, dan kemudian menyusun pola yang sama pada timeframe yang lebih besar.

Cukup rumit bukan ?

Hal terpenting ketika menerapkan elliot wave dalam trading adalah mengidentifikasi trend yang sedang berlangsung. Apakah trend sedang bearish atau bullish, dan apakah harga sekarang sedang dalam fase positif atau negatif.

Salah satu kisah sukses dalam penggunaan Elliot wave dalam trading adalah ketika Robert Precther memberikan saran pada subscriber nya untuk close posisi buy mereka di tanggal 2 Oktober 1987. Waktu itu, Dow Jones Industrial Average sempat ditutup di level 2640.99; Namun hanya dalam waktu 2 minggu, index harga turun lebih dari 30% dan telah berada di level 1738.74.

Penerapan dalam trading forex

Seperti yang dibahas diatas, bahwa pola elliot wave adalah pola yang berulang dan saling bertumpuk sampai tersusun pola elliot wave yang lebih besar; maka interpretasi anda akan menjadi sangat penting. Pernah ada anekdot yang mengatakan bahwa apabila anda mengumpulkan selusin trader yang menggunakan teknik elliot wave, tidak akan ada yang setuju satu sama lain ketika diberi pertanyaan “Dimanakah harga sekarang ? fase positif atau negatif ? di wave keberapa ?”

Dan hal tersebut adalah gambaran sederhana mengapa para trader cenderung menghindari teknik ini dengan beribu alasan; entah karena belum cukup pengalaman, atau selalu loss ketika menggunakan teknik ini, atau mungkin karena masih mencari holy grail.

Yang akan anda lakukan adalah :

  • Mengidentifikasi trend yang berlaku sekarang

Sedikit tips, ketika anda melakukan langkah diatas dan mengalami kesulitan; anda dapat melihat chart dengan timeframe 1 tingkat lebih tinggi daripada chart yang anda gunakan saat ini. Apabila anda melakukan analisa pada chart H1, maka anda dapat menengok chart H4 dimulai dari 3 hari sebelumnya (kira-kira 18-20 candle sebelumnya).

  • Mengidentifikasi posisi wave saat ini

Kemudian, anda dapat menggunakan alat bantu fibonacci untuk membantu anda di langkah ini. Seringkali, fase negatif / corrective wave berhenti tepat pada garis fibonaci. Sementara fase positif / motive wave seringkali menerobos level-level dari garis fibonaci.

  • Mengidentifikasi level untuk entry posisi

Ketika anda sudah menentukan posisi wave saat ini, maka selanjutnya anda menggunakan kemampuan interpretasi anda untuk “menerawang” kemana harga akan bergerak selanjutnya.

Apakah anda akan mengikuti wave temuan anda di langkah sebelumnya ?

Apakah anda akan menunggu wave berakhir dan entry di permulaan wave selanjutnya ?

Apakah wave temuan anda ini benar-benar sejalan dengan trend ? ataukah hanya corrective wave dari pola elliot wave yang lebih besar ?

  • Eksekusi

Dan yang terakhir adalah open posisi dan menentukan risk:reward ratio anda.

 

Selamat bertrading, dan semoga anda dapat mengembangkan lebih jauh isi artikel ini sesuai dengan kebutuhan trading anda dan pengalaman trading anda.

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini