Kalau biasanya anda melihat kami menganalisa dan membahas mengenai pergerakan chart, namun sebenarnya ada hal yang tidak kalah pentingnya. Yaitu adalah berita yang membuat pergerakan tersebut terjadi. Kali ini kami akan memperkenalkan Anda ke Kalender Ekonomi Daily Forex sehingga Anda tahu apa yang diharapkan dan kami akan menyesuaikan kalender sehingga Anda hanya berfokus pada berita yang penting bagi Anda.

Analisa trading fundamental itu sendiri adalah analisa yang mendalami faktor faktor yang mempengaruhi kondisi perekonomian sebuah negara yang berdampak langsung pada pergerakan mata uangnya. Dari mengetahui faktor faktor inilah yang kemudian dapat memprediksi kemana mata uang akan bergerak.

Data data yang biasanya digunakan dalam sebuah analisa fundamental antara lain adalah kebijakan kebijakan politik atau finansial, indikator perekonomian, faktor faktor social dan juga kondisi perekonomian baik itu yang terjadi di dalam negeri ataupun yang sedang terjadi secara global. Dari data data seperti inilah yang kemudian membuat sebuah fluktuasi harga dalam sebuah pair mata uang.

Hal paling mudah dan gampang yang bisa diambil sebagai acuan adalah dari kalender perekonomian yang menyajikan data data ekonomi terbaru dan update dari banyak negara penting di dunia yang bisa menggerakkan pasar secara global. Selain dari kalender perekonomian yang dapat dijadikan acuan, berita dan sentiment ekonomi lainnya juga bisa dijadikan acuan seperti misalnya kenaikan suku bunga atau konflik timur tengah yang mempengaruhi laju ketersediaan minyak dan mempengaruhi harga minyak dunia dan juga sedikit mempengaruhi mata uang US.

Inilah kalender Ekonomi:
Dalam mode default, Kalender akan menunjukkan kepada Anda berita ekonomi yang keluar untuk ekonomi utama. Terkadang terlalu banyak informasi yang berlebihan dalam kalender ekonomi ini sehingga Anda ingin menyesuaikan tampilan.
Berikut ini adalah bagaimana Anda dapat menyesuaikan Kalender Ekonomi. Pertama, saya akan merekomendasikan Anda mengubah timeframe menjadi hal yang paling Anda sukai. Bagi sebagian besar dari Anda, itu akan menjadi Waktu Standar Timur. Selanjutnya, klik tombol Filter untuk melihat kejadian yang penting bagi Anda. Ini akan ditentukan oleh negara dan kepentingan.
Misalnya, jika Anda melakukan trading EURUSD, Anda ingin fokus pada berita yang keluar dari zona euro dan Amerika Serikat yang sangat penting. Filter Anda akan terlihat seperti ini
Setelah Anda memilih ‘Apply Filter’, Anda hanya boleh melihat pengumuman berita Eurozone dan Amerika Serikat yang memiliki kecenderungan tinggi untuk memindahkan pasar jika berita mengejutkan pedagang dan institusi.
Beberapa poin bermanfaat lainnya dalam menggunakan Kalender Ekonomi adalah Anda mendapat informasi tentang pengumuman berita paling banyak dan juga pengumuman setiap pengumuman Bank Sentral.
Jika Anda tidak terbiasa dengan Peristiwa Eurozone di ZEW Survey Jerman, Anda bisa mengklik ikon catatan dan mendapatkan rincian tentang apa yang tercakup:
Kalender ekonomi ini akan memberikan setiap pengumuman berita kepada Anda sehingga Anda dapat mengetahui apa yang terjadi di seluruh dunia dan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi perdagangan Anda.

Ada beberapa faktor yang dapat menentukan pergerakan sebuah mata uang yang kemudian dikelompokkan dalam kategori berikut ini :

  • Pertumbuhan ekonomi
  • Kebijakan moneter
  • Tingkat inflasi
  • Tingkat pengangguran
  • Sektor perumahan
  • Perdagangan internasional dan neraca pembayaran
  • Tingkat kepercayaan konsumen
  • Aktivitas bisnis
  • Surplus/defisit anggaran belanja

Yang kesemuanya ini kebanyakan dikeluarkan oleh instansi pemerintah resmi, media cetak elektronik baik itu televise, Koran ataupun dari website dan juga perorangan. Dari kategori yang terdapat diatas ada lebih dari 50 berita yang dapat mempengaruhi pergerakan mata uang secara langsung.

Data data ini dirilis secara periodik oleh pemerintah US dan juga negara negara lainnya dank arena data data ini mempunyai efek yang signifikan terhadap pergerakan mata uang, banyak trader dunia yang menunggu hasil laporan tesebut untuk bisa melakukan transaksi setelah sebelumnya melakukan analisa secara tehnikal. Data data ini biasanya memberikan efek berantai yang mengakibatkan data bergerak dengan sangat cepat.

Happy Trading
*kalender ekonomi dari tempat lain bisa meyesuaikan

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini

*