Ada yang mengatakan bahwa emas adalah salah satu pasar yang paling sulit untuk diperdagangkan dan pada kenyataannya ada beberapa hal yang benar, emas tidak bergerak seperti pasar lain dan jika investor ingin sukses memperdagangkannya maka mereka harus mengingat beberapa hal. Selama bertahun-tahun memantau dan menganalisis pasar emas, kami melihat banyak peraturan dan pola yang menguntungkan.

Tip yang Anda temukan di bawah ini seharusnya membuat emas trading lebih mudah dan jauh lebih menguntungkan.

  1. Jaga ukuran posisi perdagangan emas Anda tetap berada dalam porsi yang kecil.
  2. Perhatikan siklus dan turning point – banyak pasar memiliki sifat siklis (misalnya Indeks USD dan perak) dan siklus dapat menjadi support yang cukup besar dalam trading jangka pendek dan jangka panjang.
  3. Periksalah efisiensi setiap indikator yang ingin Anda gunakan di pasar emas (atau pasar lainnya) sebelum menerapkannya dan trading modal riil.
  4. Pertimbangkan untuk menggunakan indikator RSI dan Stokastik untuk market emas, perak dan pertambangan karena telah terbukti benar benar membantu banyak trader selama bertahun-tahun. Indikator lain bisa berguna juga, tapi pastikan Anda memeriksanya sebelum Anda memutuskan untuk membuat keputusan penting dalam trading anda berdasarkannya.
  5. Jika indikator yang anda gunakan mempuyai fungsi yang baik namun tidak seperti yang anda inginkan, jangan ragu untuk sedikit memodifikasinya setingan angkanya supaya bisa mendapatkan sinyal yang akurat. Sebagai contoh anda biasa meggunakan bolinger bands dengan setingan parameter 24, tapi di angka 20 bolinger bands menunjukkan kondisi overbought dan oversold yang jauh lebih baik, jadi kenapa tidak sedikit memodifikasinya?
  6. Gunakan moving average hanya jika sudah memperlihatkan sinyal yang baik di masa lalu, kalau di beberapa pasar mengabaikan moving average maka kemungkinan besar anda juga bisa diabaikan.
  7. Gunakan selalu trendline, mereka sering terbukti berguna sebagai level support / resistance yang sangat baik dalam perdagagan emas. Titik terendah atau tertinggi yang lebih signifikan dapat digunakan untuk membuat trendline
  8. Level tertinggi dan terendah sebelumnya dapat dan sering berfungsi sebagai level support / resistance dimana dalam perdagangan logam mulia, level support / resistance adalah kekuatan dari support / resistance yang tercipta sebagai rising atau declining trend lines.
  9. Perhatikan bahwa pasar tidak hanya bersifat siklis, tapi juga fraktal. Rally dan penurunannya serupa dengan diri sendiri, yang berarti bahwa pola harga yang kita lihat pada skala yang lebih besar sangat mungkin terlihat pada skala yang lebih kecil (proporsional). Pengamatan ini bisa sangat membantu saat menentukan seberapa rendah atau seberapa tinggi harga emas akan bergerak.
  10. Perhatikan volume., dimaa volume adalah bagian informasi yang sangat penting namun sering diabaikan. Jika sebuah demonstrasi disertai dengan kenaikan volume, maka kemungkinan itu merupakan awal dari sebuah reli yang lebih besar lagi. Jika sebuah reli disertai volume rendah atau tampak menurun, maka kemungkinan akan berakhir. Jika penurunan disertai dengan volume tinggi atau naik (kecuali jika ada hari ketika harga tampak berbalik), maka penurunan kemungkinan akan berlanjut. Jika penurunan disertai volume rendah, maka tidak ada implikasi yang berarti
  11. Carilah formasi harga (seperti formasi head and shoulder), tapi sebelum Anda menerapkannya maka anda harus percaya bahwa formasi tertentu adalah “sebuah permainan”

Trading di pair gold sebenarnya tidaklah susah, hampir sama dengan pair lainnya hanya saja dibutuhkan beberapa pendalamam terlebih dahulu sebelum benar benar terjun ke dalam dunia gold ini. Pada dasarnya hampir sama dengan trading forex, namun berita fundamental harus sangat diperhatikan, karena sebagai sebuah safe heaven, berita fundamental akan benar benar sangat berpengaruh disini.

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini