hello pembaca sekalian.

Dalam trading, sangatlah penting dan diperlukannya sebuah rencana dan strategi trading. Dimana didalamnya terdapat bermacam hal seperti rencana Entry, rencana Exit, penentuan Risk Reward, dst.

Nah, dalam artikel kali ini, saya ingin mencoba menjelaskan tentang penentuan Risk Reward, betapa pentingnya komponen ini dalam perkembangan cara trading dan tentu saja pertumbuhan hasil trading kita.

Risk and Reward is Important

Jadi, apakah Risk Reward itu?

Risk Reward adalah salah satu komponen dalam perencanaan trading, dimana kita dapat menentukan nilai resiko yang akan kita dapatkan dan juga nilai profit (reward) yang akan kita dapatkan sebelum kita masuk ke dalam market ataupun memasang sebuah order ( Order Limit atau pun Order Stop).

Dengan menentukan komponen ini, kita bisa melihat seberapa bernilainya sebuah peluang entry yang kita temui dalam chart kita.

Biasanya, Risk Reward yang baik minimal memiliki rasio 1 : 1 (satu berbanding satu), dimana jika Resiko (risk) kita bernilai 10, maka profit (reward) kita pun bernilai 10 juga.

Contoh pembacaannya pada trading untuk rasio Risk Reward 1:1 ;

Jika kita memutuskan entry SELL (setelah melakukan analisa ya) pada pair EURUSD di harga 1.0880, kita set Stop Loss kita di 1.090 , ini berarti kita meresikokan 20 pips dalam trading kita bila tidak bergerak sesuai dengan analisa kita, dan set Take Profit di 1.0860, ini berarti kita menargetkan profit kita setelah harga turun sebanyak 20 pips dari harga entry.

Resiko 20 pips, dan Target Profit 20 pips, dengan nilai pips yang sama, maka trading kita pada EURUSD memiliki rasio Risk Reward 1 : 1.

dan jika rasio ini diterapkan dalam 6 trading, dengan hasil 4 Wins, 2 Losses, maka hasilnya akan seperti ini (dengan asumsi dalam satu Risk dan satu Reward, bernilai 10 pips):

 

Nah, dengan penerapan rasio 1:1 ini, kita masih mendapatkan profit dari 4 kemenangan dan 2 kekalahan kita. (Lah, kan menang lebih banyak dari kalah, pasti profit dong), tapi coba kalau kita masih belum memahami konsep ini, banyak trader (terutama pemula) masih menerapkan rasio Rewardnya lebih rendah dari Risk nya, seperti 1:0,8 – 1:0,5, dst. Kemenangan 4 dengan kekalahan 2 pun terkadang belum cukup untuk memberikan kita hasil positif (profit) dengan Risk Reward kurang dari 1:1 tersebut.

Dan penerapan terbaik dari Risk Reward ini adalah mencoba menemukan sebuah peluang entry dengan rasio 1:2, 1:3, 1:4 bahkan lebih. (its serious).

Jadi konsepnya adalah, kita mencoba mendapatkan reward berkelipatan dari jumlah Risknya, dalam risk 1:3, kita memiliki resiko 10, namun potensi profit 30 (kelipatan reward inilah yang wajib kita temukan dalam trade yang baik).

Berikut saya coba tunjukan hasil penerapan rasio 1:3 kedalam 5 trade, 2 Wins dan 3 Losses, maka hasilnya akan sangat luar biasa seperti ini (dengan asumsi dalam satu Risk dan satu Reward, bernilai 10 pips):

Dari 3 kekalahan dan 2 kemenangan (kemenangan lebih sedikit dari kekalahan) kita masih mendapatkan profit. Ini mematahkan sebuah asumsi bahwa tidak selamanya mengalami banyak kekalahan dari pada kemenangan itu berujung rugi, tapi tetap dengan strategi dan perencanaan tentunya ya.

Lalu bagaimana penerapan Risk Reward pada trading kita?

Oke, ini bagian yang saya tunggu – tunggu, untuk menjelaskannya mohon perhatikan gambar berikut ini:

Pada gambar, kita berada dalam sebuah Downtrend, dimana garis hitam adalah trendline, dan garis biru adalah pergerakan harga. Pada ujung kanan garis biru, harga tampak kembali memasuki area sekitar trendline.

Dimana garis Sell Order, kita melihat harga masih akan masuk kedalam arus Downtrend, sehingga kita meletakan Stop Order kita pada garis sell order.

Setelah meletakan Sell Order, kita pun set Stop Loss (SL) di garis Stop Loss Level dan set Take Profit (TP) di garis Target Profit. Dimana nilai Risk pada SL adalah 1 dan nilai Reward pada TP adalah 3 (rasio 1:3).

Dalam perencanaan ini, ternyata harga benar kembali turun dan mengeksekusi sell order kita. Sehingga selanjutnya adalah, bila harga mengalami koreksi dan naik kuat kembali, kita menerima loss sebesar 1. Namun bila harga turun dengan kuat dan mengenai TP kita, maka profit yang didapat adalah 3 kali resiko.

Baiklah pembaca,

semoga artikel ini bermanfaat dan mampu membantu anda meningkatkan kinerja dan perencanaan trading anda.

Sampai Jumpa.

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini

*