Dibawah ini adalah beberapa kejadian terkait pencurian bitcoin terbesar sepanjang masa :

  1. Gox

Tanggal Hack   : 2014

Total kerugian : 750.000 BTC

Bursa Jepang berbasis pertukaran Bitcoin Gox telah beroperasi sejak 2010 dan merupakan pertukaran Bitcoin terbesar saat itu.Tapi sangat sedikit yang tahu bahwa pertukaran besar ini tidak hanya di-hack satu kali, tapi dua kali. Yang pertama terjadi pada bulan Juni 2011 ketika peretas berhasil mendapatkan kredensial dari kreditor Mt.Gox dan mentransfer 2609 bitcoin . Hal ini menyebabkan penghentian Mt. Operasi Gox selama beberapa hari, tapi akhirnya mereka dapat bertahan di pasar, dan mereka bisa mendapatkan kembali kepercayaan pengguna.

Serangan kedua terjadi pada tahun 2014, pada saat Mt. Gox menangani hampir 70% transaksi Bitcoin di dunia. Kali ini, jumlah BTC yang tercuri sangat besar dan  benar-benar menenggelamkan bisnis Mt. Gox.Segera setelah itu, Mt. Gox menghentikan operasi dan mengajukan kebangkrutan, yang menyatakan bahwa lebih dari 750.000 BTC lenyap. Sayangnya, investor kehilangan dana dan tidak ada pengembalian uang yang dilakukan.

  1. BitFloor

Tanggal Hack   : September 2012

Total kerugian :   24.000 BTC

Pertukaran Bitcoin  lainnya telah diretas pada tahun 2012 saat peretas berhasil mendapatkan private key yang tidak dienkripsi yang disimpan online untuk backup. Bitfloor mengalami total kerugian sebesar 24.000 BTC.

Pendiri Roman Shtylman pada tahun 2013 menulis:

“Saya mohon maaf untuk mengumumkan bahwa keadaan di luar kendali kami, BitFloor harus menghentikan semua operasi perdagangan tanpa batas waktu yang ditentukan. Sayangnya, rekening bank AS kami dijadwalkan akan ditutup dan kami tidak dapat lagi memberikan deposit dan penarikan USD yang sama seperti sebelumnya. Dengan demikian, saya telah membuat keputusan untuk menghentikan operasi dan mengembalikan semua dana. Keesokan harinya kami akan bekerja sama dengan semua klien untuk memastikan semua orang menerima dana mereka. Mohon bersabar saat kami memproses permintaan anda”

  1. Poloniex

Tanggal Hack   : 4 Maret 2014

Total kerugian : 12,3 % dari total aset

Poloniex, yang merupakan salah satu bursa tersibuk Bitcoin dan altcoin, diretas pada tahun 2014. Jumlah pasti Bitcoin yang hilang tidak dibagi oleh perusahaan tersebut, namun penjelasan rinci tentang hack diberikan pada forum Bitcointalk.

Pada dasarnya, para hacker mampu mengeksploitasi kode penarikan yang salah dari Poloniex.Segera setelah kejadian hack tersebut , Poloniex menghentikan operasinya untuk beberapa lama dan menyatakan di forum bahwa dana dari semua pemegang poloniex akan berkurang sebesar 12,3%. Hal ini dilakukan karena banyak pengguna hanya akan menarik dana mereka dan tidak akan ada yang tersisa untuk sisa 12,3% pemiliknya. Poloniex masih berjalan lancar sampai saat ini, dan semua pengguna yang kehilangan uang mereka dilunasi oleh Poloniex, seperti yang diklaim oleh perusahaan dan sekaligus diverifikasi oleh pelanggannya.

  1. Bitstamp

Tanggal Hack    : 4 Januari 2015

Total kerugian  : 19.000 BTC

Perdagangan Bitcoin Slovenia ini didirikan pada tahun 2011 sebagai alternatif untuk Mt Gox. Tapi sayangnya, itu bukan alternatif yang aman untuk Mt Gox karena,karena pada tahun 2015, Bitstamp juga diretas. Pada tanggal 4 Januari 2015, Bitstamp mengumumkan bahwa mereka di-hack oleh hacker anonim dengan total kerugian 19.000 bitcoin .

  1. Bitfinex

Tanggal Hack: Agustus 2016

Total Kerugian : 120.000 BTC

Ini adalah hack Bitcoin terbesar kedua yang pernah dibuat setelah Mt Gox. Bitfinex mengklaim mengalami kerugian dengan total sebanyak 120.000 BTC .Hal itu terjadi karena penyerang mampu mengeksploitasi kerentanan dalam arsitektur wallet multisig Bitfinex dan BitGo.

Setelah kejadian tersebut, Bitfinex mengeluarkan token BFX untuk korban yang diman token dapat ditukarkan dalam USD, dan karenanya, sebagian besar investor mereka mulai percaya kembali kepada Bitfinex dan perlahan lahan mendepositkan bitcoin mereka

  1. Sheep Marketplace 

Tanggal Hack: Desember 2013

Total Kerugian : 96.000 BTC

Sheep Marketplace dibuka pada bulan Oktober 2013 .Pada bulan Desember, beberapa hacker masuk ke Sheep Marketplace dan berhasil mencuri 96.000 Bitcoins sekaligus memanipulasi saldo akun pengguna sehingga terlihat seperti tidak terjadi apa-apa. Orang-orang akhirnya menyadari bahwa uang mereka telah hilang setelah mereka mencoba mentransfer dana mereka dan selalu gagal.

  1. Bitcoinica

Tanggal Hack   : 2012

Total Kerugian : 65250 BTC

Bitcoinica adalah platform perdagangan Bitcoin yang populer lainnya yang mengalami pencurian bitcoin. Platform yang dimiliki dan dijalankan oleh Zhou Tong, mengalami dua serangan pada tahun 2012. Pada awalnya, hacker mendapatkan akses ke portal layanan pelanggan Bitcoinica dan mulai menguras dompet Bitcoin dari delapan member. Pencurian bitcoin ini mengakibatkan hilangnya 46.703 Bitcoin.

Beberapa bulan setelah serangan pertama terjadi pelanggaran kedua, kali ini hacker berhasil meretas server produksi perusahaan dan berhasil mencuri 18.547 Bitcoin. Empat pelanggan Bitcoinica pada akhirnya akan mengajukan tuntutan hukum dan menuntut kompensasi sekitar $ 460.457.

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini

*