Emas merupakan komoditi yang sering diburu orang karena besar manfaatnya yaitu sebagai aksesoris perhiasan serta sebagai alat untuk investasi. Dewasa ini emas diperdagangkan dengna dua cara yaitu trading ( kegiatan jual beli ) emas secara manual dan  trading emas secara online. Pada jaman dulu perdagangan emas hanya dilakukan secara manual alias bertatap muka secara langsung, namun di era perkembangan teknologi ini perdagangan emas bisa dilakukan secara online dengan media akses jaringan internet. Meskipun kedua sama – sama menjual emas namun terdapat perbedaan yang mencolok antara keduanya. Perbedaan inilah yang memperlihatkan keunggulan dan kelemahan mereka masing – masing baik trading emas manual maupun trading emas online. Pada artikel ini akan membahas tentang 5 perbedaan trading emas manual vs trading emas online.

Aktifitas jual beli emas atau diistilahkan dengan trading emas ini memang bukan perkara mudah. Anda harus tepat menganalisa harga emas pada saat itu juga. Meskipun secara teori harga emas selalu merangkak naik pelan – pelan namun ada kondisi tertentu yang membuat tren pergerakan harga emas tidak sesuai dengan teori. Pemahaman akan emas berserta cara trading emas juga harus anda perhatikan sebelum ada memulai menjalankan aktifitas trading emas baik secara manual maupun online. Anda harus melihat kedua perbedaan trading tersebut agar anda mampu memilah dan memilih cara trading mana yang cocok untuk anda trading emas manual atau trading emas online. Berikut ini 5 perbedaan trading emas manual vs trading emas online, antara lain:

  1. Peluang keuntungan

Salah satu perbedaan yang paling mencolok dari trading emas manual dan trading emas online adalah perbedaan peluang profit atau keuntungan secara finansial. Dimana trading emas secara online lebih menguntungkan dari pada trading secara manual. Trading emas secara online mampu membeli emas saat harga naik dan menjual saat harga turun. Kondisi ini berbeda jika anda menggunakan trading secara manual. Hal ini dikarenkan pada trading emas secara manual dimana investor hanya bisa memanfaatkan kenaikan harga dengan membeli emas di harga rendah dan menjualnya di harga yang lebih tinggi.

  1. Biaya yang dikeluarkan

Penggunaan biaya ketika anda menggunakan trading emas secara online dan trading emas secara manual juga sangat berbeda. Pada trading secara online tidak ada biaya tambahan berupa biaya penyimpanan atau biaya asuransi. Hal ini dikarenakan pada trading emas secara online tanpa kepemilikan secaa fisik emas tersebut sehinga biaya – biaya tersebut dapat ditiadakan. Sedangkan jika anda menjalankan trading emas secara manual maka anda butuh tambahan biaya seperti yang telah disebutkan seperti biaya penyimpanan dan biaya asuransi. Pada umumnya penyimpanan kepemilikan emas disimpan di bank sehingga terdapat biaya penyimpanan dan biaya asuransi untuk melindungi emas anda.

  1. Besarnya likuiditas

Perbedaan selanjuntya antara trading emas online dan trading emas secara manual yaitu terdaat perbedaan terkait besarnya likuiditas. Secara umum likuiditas pada trading emas secara online itu relatif tinggi. Hal ini dikarenakan proses transaksi dan pencairan dana lebih cepat karena dilakukan secara online. Kondisi ini sangat berbeda jauh ketika dibandingkan dengan trading emas secara manual. Pada trading emas secara manual memiliki likuiditas yang sngat rendah. Keadaan ini disebabkan adanya waktu yang relatif lama dalam proses transaksi dan pencairan diri. Waktu ini terkait masalah pencarian pedagang yang bersedia membeli emas tersebut di harga yang terbaik.

  1. Ketersediaan leverage

Salah satu yang perlu diperhatikan dalam menjalankan trading emas adalah ketersedian leverage. Pada trading emas secara oline sudah tersedia leverage, diaman leverage 1 : 100 memungkinkan trader dapat menginvestasikan dananya sebesar $500 sampai $50.000. Dengan kemudahan tersebut anda tidak perlu khawatir dalam menginvestasikan dana anda ke dalam bentuk emas. Hal ini berbanding terbalik dengan trading emas secara manual. Anda tidak mendapati ketersedian leverage. Kondisi ini ynng membuat anda jauh lebih susah dalam mengninvestasikan dana anda ke dalam bentuk emas. Pada trading emas secara maual ini dengan tanpa leverage  maka akan semakin besar modal yang anda setorkan jika ingin profit atau keuntugan secara finansial anda lebih besar. Perbedaan satu inilah yang menjadi pertimbangan para trader ( sebutan orang yang menjalankan trading emas baik secra online maupun manual) dalam mendapatkan keuntungan yang besar.

  1. Waktu transaksi

Perbedaan antara trading emas secara online dan trading emas secara manual yang terakhir adalah waktu transaksi. Pada trading emas secara online tidak membutuhkan jam – jam tertentu alias fleksible atau sewaktu – waktu. Dimana pada trading emas secara online ini dapat langsung menjual atau membeli emas saat terjadi fluktuasi harga. Selain itu waktu transaaksinya pun lebih lama yaitu 24 jam sehari dan 5 hari sepekan. Kondisi ini tidak terdapat saat anda melakukan trading emas secara manual. Trading emas secara manual ini memerlukan jam – jam khusus atau istilahnya waktu operesionalnya. Pada umumnya waktu operasional tersebut berada di jam 7 pagi sampai jam 5 sore.

Demikianlah penjelasan terkait 5 perbedaan trading emas manual vs trading emas online. Bagi anda yang ingin menjalankan trading emas dan juga masih binggun terkati mau trading emas secara manual atau trading emas secara online maka sebaiknya anda perhatikan penjelasan diatas. Sehingga anda dapat memilih jenis trading emas mana yang sesuai dengan anda.

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini

*