Gerakan bullish yang terjadi di pair EURUSD mulai menampakkan kondisi stagnan di kisaran 1.0600-1.0605 menjelang dirilisnya berita Non-Farm Payroll malam ini. Sebuah fenomena yang lazim terjadi pada semua pair dengan mata uang USD di detik-detik rilisnya berita.

Dalam catatan, rally positif di hasil NFP masih menjadi trend. Gaji para pegawai diperkirakan tumbuh sebesar 2.8% dari angka 2.5% di bulan sebelumnya. Jumlah pengangguran juga tercatat berada di angka 4.7%, sesuai dengan hasil laporan yang telah dirilis sebelumnya.

Dalam laporan yang dirilis, tercatat angka 235K untuk pertumbuhan NFP yang secara garis besar ditopang oleh munculnya lapangan kerja baru di bidang konstruksi, manufaktur, pendidikan, pelayanan kesehatan dan pertambangan.

Total nonfarm payroll employment increased by 235,000 in February. Job gains
occurred in construction, private educational services, manufacturing, health care,
and mining.

selain itu, pendapatan rata-rata per jam untuk pekerja meningkat sebesar 6sen ke angka $26.09, masih melanjutkan peningkatan sebesar 5sen di bulan Januari.

In February, average hourly earnings for all employees on private nonfarm payrolls
increased by 6 cents to $26.09, following a 5-cent increase in January. Over the year,
average hourly earnings have risen by 71 cents, or 2.8 percent.

Apabila biasanya NFP menimbulkan dampak yang sangat besar dalam pergerakan pair EURUSD dan pair lainnya. Khusus untuk malam ini, kita tidak akan melihat dampak yang terlalu besar.

Angka dari NFP selalu digunakan sebagai acuan oleh The Fed untuk mengubah interest rate. Namun, The Fed telah mengeluarkan sinyal bahwa akan menaikkan nilai suku bunga /interest rate, dengan batasan tidak lebih dari 2% karena akan memicu krisis finansial. Namun, dengan rilisnya laporan ADP yang lalu mendekati angka 300K, hasil dari NFP malam ini yang berada diatas angka 200K menjadi afirmasi bagi para trader untuk memproyeksi kekuatan dari pair USD.

dan dari hasil ini, para analis sudah dapat memprediksi peta kekuatan masing-masing pair; setidaknya hingga minggu depan ketika The Fed merilis angka suku bunga.

Highlight :

  • Angka NFP mengalami kenaikan sebesar 235K di bulan Februari 2017, lebih dari ekspetasi pasar;
  • Sentimen positif ini didukung dengan tingginya kemungkinan The Fed untuk menaikkan nilai suku bunga pada tanggal 16 Maret;
  • Selalu berhati-hati dalam trading ketika berita NFP keluar, mengingat arah pasar yang menjadi sulit diprediksi; sebaiknya menunggu beberapa saat sampai arah pasar menjadi jelas (sesuai dengan jenis analisa yang anda pakai) untuk mengambil posisi.

 

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini