Performa dari Sektor manufaktur negara Inggris (UK) tetap solid menjelang akhir kuartal pertama tahun 2017. Walaupun jumlah output dan order yang masuk berkurang, angka tersebut tetap berada dalam jangkauan yang wajar untuk jangka panjangnya. Pasar domestik adalah sumber utama dari pemasukan bisnis-bisnis baru yang ada di UK untuk kuartal ini. Dorongan dari sektor ekspor dikarenakan rendahnya nilai mata uang poundsterling juga menjadi pendorong terciptanya order baru kedepannya.
Angka manufacturing PMI untuk wilayah UK turun ke level 54.2 di bulan Maret 2017, turun tipis dari level 54.5 di bulan Februari; namun tetap berada di atas level 50.0 selama 8 bulan berturut-turut.
Terdapat tanda peningkatan produksi di sektor manufaktur setelah sempat tercatat melemah selama hampir 8 bulan berturut-turut dari periode ekspansi yang dijadwalkan. Data-data yang dikumpulkan menunjukkan adanya penurunan tingkat produksi yang berpusat pada produk-produk konsumen harian. Hal ini sangat kontras apabila dibandingkan dengan produk-produk kalangan menengah-keatas dan produk investasi yang tingkat produksinya terus meningkat.
Produsen di UK terus diuntungkan dengan semakin banyaknya bisnis baru yang dibuka. Sebagian dari peningkatan order baru menunjukkan potensi dari permintaan luar negeri terhadap produk-produk UK.
Secara umum, kondisi sektor manufaktur tetap dipandang positif, dengan optimisme untuk meraih catatan yang lebih tinggi di bulan-bulan selanjutnya. Hampit dari 52% perusahaan yang disurvey meramalkan adanya peningkatan produksi dalam jangka waktu 12 bulan kedepan, sementara hanya 6% diantaranya yang mengantisipasi penurunan produksi kedepannya.
Highlight :
  • Angka Manufacturing PMI UK berada di level 54.2; turun tipis dari hasil bulan sebelumnya di level 54.5, dan tidak mencapai harapan pasar di level 55.1.
  • Output produksi dan pertumbuhan order baru melambat, namun tetap berada di atas batasan pertumbuhan yang sehat.
  • Tekanan terhadap pergerakan harga domestik tetap tinggi semenjak banyak usaha yang dibuka di kuartal pertama tahun ini.

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini