Analisa dalam trading tidak terpisahkan dari analisa teknikal dan fundamental. Masing masing trader memiliki caranya sendiri dalam menggunakan analisis mereka dengan tepat, baik itu analisis teknikal maupun fundamental. Masing masing memiliki keunggulan serta kekurangan. Seseorang trader yang berhasil serta sukses umumnya bakal menggunakan waktu terbesarnya untuk lakukan analisis serta merumuskan bagaimana nanti chart bakal bergerak. Mereka akan menyatukan berita dari beragam sumber yg tidak pernah habis.

Biasanya analisis teknikal dilandasi oleh anggapan yang begitu kuat bila harga memanglah senantiasa direfleksikan dari info info yang ada. Oleh karenanya trader yang berdasar teguh pada analisis teknikal bakal senantiasa mengekplorasi info info berita serta lihat bagaimana histori pernah terwujud untuk mengkalkulasi seberapa kuat chart bakal bergerak pada kisaran support maupun resistance.

Karenanya apabila ada info info di atas trader dapat memprediksi seberapa besar probabilitas chart bergerak apakah bullish maupun bearish serta seberapa banyak chart bakal bergerak berdasar pada info info yang terkumpul.

Kekurangan analisis teknikal

Apakah analisis teknikal ini senantiasa benar? Jawabannya adalah tidak, ini dikarenakan yang dihitung oleh beberapa trader itu tidaklah satu angka yang pasti akan tetapi satu probabilitas kemana sajakah peluang peluang angka itu bergerak. Dari sini sudah mulai jelas terlihat kalau analisis teknikal memiliki sebuah kekurangan dan juga kelebihan yang sudah seharusnya diperhitungkan oleh beberapa trader agar dapat lebih berhati hati dalam menganalisa serta mengkondisikan trading mereka.

Analisis teknikal adalah suatu hal yang bias

Seperti yang telah disebutkan di atas, analisis teknikal sebenarnya bukan suatu hal yang pasti, namun analisis teknikal sifatnya mengkalkulasi probabilitas kemana chart bakal bergerak. Tak tahu itu naik maupun turun keadaan bias bullish maupun bearish bakal senantiasa membayangi dimanapun angka itu bakal bergerak.

Kenapa ini semuanya dapat terjadi?

Jawaban sebenarnya sangat sederhana serta begitu gampang, chart bakal senantiasa ikuti dimanapun harga bergerak

Analisis teknikal bakal menyebabkan banyak interprestasi

Terkecuali bias, analisis teknikal bakal menyebabkan sangat banyak interprestasi atau penafsiran. Sebenarnya ini sangat lumrah karna langkah pandang antar satu trader serta trader lain mungkin tidak sama dengan beragam penafsiran. Ada yang melihat satu angka serta harga sebagai satu dukungan akan tetapi disisi lain malah dilihat sebagai satu resistance. Ini begitu bergantung dari time frame yang dipakai serta info yang digunakan oleh beberapa trader.

Seringkali terlambat

Ini pernah jadi pro-kontra, ini dikarenakan analisis teknikal tak dapat berjalan lama. Mungkin sewaktu membuat analisis, analisis teknikal masih berlaku, namun sampai dengan beberapa jam ke depan analisis ini telah jadi begitu terlambat

Keunggulan analisis teknikal

Ada beberapa hal yang terkadang membuat trader menjadi kebingungan dengan analisis teknikal yang mereka pakai. Akan tetapi banyak trader yang pilih untuk memakai analisis teknikal dari pada analisis fundamental karna begitu menghemat waktu.

Ini adalah sebagian argumen kenapa sangat banyak trader yang sampai saat ini lebih banyak percaya analisis teknikal dari pada analisis fundamental

Konsentrasi pada harga

Umumnya trader menyampaikan bila dalam menganalisa mereka lebih fokus pada harga. Mereka lebih condong memperkirakan seberapa besar probabilitas harga yang bakal terjadi.

Permintaan & penawaran

Ini menyangkut hukum ekonomi benar benar sangat mendasar dan juga berlaku didunia on-line forex trading. Mereka memakai data data harga pembukaan serta penutupan dan juga high low nya untuk menarik garis support serta resistance dalam menganalisa gerakan pasar

Saat harga telah mulai keluar dari range mengisyaratkan harga telah mulai ada penekanan, disinilah berlaku hukum permintaan dan penawaran berlaku.

History

Inilah yang paling menarik, harga bakal senantiasa mengulang dari history yang telah pernah terbentuk. Grafik terus menerus memberikan info harga yang telah pernah terbentuk di masa lampau dari time frame yang ada.

Dengan lakukan analisis teknikal kita dapat memastikan level support serta level resistance sampai dapat memastikan titik breakoutnya dimana kita bisa menentukan kapan harus membuka posisi beli atau jual.

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini