2017 telah menjadi tahun yang bersejarah untuk bitcoin. Pada bulan Desember saja, mata uang digital ini membukukan kenaikan lebih dari 65%.Memulai awal di bulan desember dengan harga $10000 dan mengalami lonjakan drastis ke kisaran harga $18000. Sekedar mengingatkan, tahun 2017 harga bitcoin dibuka dengan nilai sekitar $ 960,00, bisa anda lihat pertumbuhan yang sangat pesat dari mata uang krypto yang satu ini.

Pemerintahan di berbagai negara terus menurus menekan penggunaan bitcoin dengan cara membuat peraturan peraturan,tetapi peraturan peraturan  yang dibuat terserbut tampaknya memiliki efek yang berbanding terbalik ,karena para warga dunia malah berbondong-bondong ingin menjadi bagian dari revolusi mata uang digital. Apalagi saat ini bitcoin telah tumbuh lebih dari 1700% dalam waktu kurang dari setahun. Menurut Bloomberg, perdagangan mata uang digital meningkat secara eksponensial di negara-negara dengan ekonomi berkembang daripada negara-negara yang lebih maju, meskipun volume perdagangan jauh lebih sedikit.

ALASAN PERTUMBUHAN PESAT BITCOIN

Penyebab umum mengapa terjadi pertumbuhan yang begitu pesat karena negara-negara ini telah bersikap keras terhadap kritik mereka terhadap peraturan mengenai bitcoin dan industri kripto pada umumnya.

Bank sentral di China telah melarang perdagangan mata uang digital. Pemerintah Venezuela telah menerapkan peraturan yang ketat terhadap pertambangan Bitcoin, sementara warga Brazil dan Kolombia telah menerima peringatan tentang bahaya kripto. Spencer Bogart, yang merupakan kepala penelitian di Blockchain Capital LLC di San Francisco, mengatakan hal ini:

Minat yang kuat dari banyaknya warga dunia yang beraih ke bitcoin mencerminkan mata uang lokal yang relatif tidak stabil atau besarnya krisis keuangan dan ekonomi yang membuat sistem alternatif seperti Bitcoin relatif menarik”.

Komentarnya sangat masuk akal karena kripto tidak ada bank, pemerintah, atau entitas tunggal yang bertanggung jawab yang dapat memaksa mata uang digital untuk menyesuaikan diri dengan proses apa pun. bitcoin juga menawarkan opsi mata uang global untuk warga dunia.

PERTUMBUHAN FENOMENAL DI PASAR DUNIA

Menurut data LocalBitcoins, perdagangan peer-to-peer tumbuh lebih 2.000% di China, hampir 200% di Rusia, dan sekitar 20% di AS.

Negara-negara bagian selatan juga tidak ingin ketinggalkan dalam perkembangan bitcoin. LocalBitcoin menunjukkan kenaikan hampir hampir 1500% pada perdagangan peer-to-peer Nigeria. Venezuela melihat pertumbuhan hampir 1000%. Ini dikarenakan tingginya tingkat inflasi yang mengakibatkan mata uang lokal melemah, serta pemerintah memperketat dompet mereka pada akses terhadap dolar AS.

Pertumbuhan ini menghasilkan volume perdagangan sekitar $ 115 juta untuk Nigeria dan $ 50 juta untuk Venezuela. Meskipun volume perdagangan dari pasar berkembang ini meningkat, China dan Rusia jika digabungkan masih menyumbang sekitar 40% dari pasar.

Dilihat dari segi perdagangannya, di Nigeria, perdagangannya di atas 15% lebih banyak daripada di AS. Kenaikan harga juga terlihat di Rusia dan Argentina, sementara Kolombia, Singapura, dan Brasil jauh lebih rendah.

Beberapa waktu lalu, Bank sentral Brasil mengatakan:

[Cryptocurrencies] tidak dikeluarkan atau dijamin oleh otoritas moneter apapun, tidak ada jaminan bahwa mereka dapat dikonversi menjadi mata uang yang sah dan tidak didukung oleh aset riil apa pun.”

Tapi apa respon masyarakat Brazil? perdagangan peer-to-peer di Brasil meningkat sebesar 450% tahun ini !

Columbia memiliki komentar serupa dan mengatakan bahwa mata uamh kripto mengganggu stabilitas keuangan. Turki dan India juga telah memperingatkan warganya tentang bahaya yang seharusnya diberikan kripto.

SEBAB DAN AKIBAT

Meskipun sepertinya peraturan pemerintah dapat menggerakkan popularitas dan harga Bitcoin. Orang bisa membeli lebih banyak kripto untuk menghindari pajak dari pemerintah mereka, yang kemudian mengakibatkan pemerintah menerapkan peraturan yang lebih ketat terhadap mata uang krypto.

Namun, sifat “mengganggu” mata uang digital terdesentralisasi jelas merupakan masalah bagi mata uang tradisional. Simon Quijano-Evans, ahli strategi pasar yang sedang berkembang di Legal & General Investment Management Ltd, mengatakan:

“Cryptocurrencies berdiri sebagai tantangan potensial bagi ribuan langkah membangun kepercayaan yang telah masuk ke dalam pembangunan mata uang fiat”

Ini kemungkinan besar alasan mengapa negara-negara berkembang ini secara agresif bekerja untuk menindak keras mata uang krypto secara total. Namun, hal ini tampaknya menghasilkan kenaikan harga mata uang digital yang sangat agresif, dan terus berlanjut.

Namun, bukan hanya pers negatif yang bisa bertanggung jawab atas kenaikan ini. Bursa saham juga telah membantu kenaikan harga, bitcoin saat ini melampaui angka $ 17K setelah CBOE memulai bisnis bitcoin mereka. CME akan mulai melakukan trading pada tanggal 18 Desember, dengan Nasdaq meluncurkan produk mereka tahun depan.

 

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini

*