Cara Investasi yang benar dan aman

INVESTASI vs TRADING

Anda harus membedakan terlebih dahulu kedua arti tersebut, karena saling bertolak belakang.

Investasi yaitu anda duduk diam dapat uang (pasif saja) , tetapi hasil yang diperoleh biasanya kurang signifikan (kalah dengan trading) dan tergantung kepada pengelola uang anda tersebut. Tetapi Investasi juga bisa aman dan untuk masa pensiun kelak jika memilih dengan benar dan tepat. Selain itu investasi juga dapat meningkatkan Capital Gain atau Pertumbuhan Modal.

Trading yaitu anda harus ikut aktif , tetapi hasil yang diperoleh bisa sangat besar ataupun justru merugi. Dan untuk Trading adalah tergantung kepada kemampuan anda sendiri.

Mengenai Trading, anda disarankan untuk menempatkan dana anda di perusahaan broker yang terpercaya dan memiliki regulasi yang jelas dan aman. (Anda bisa membaca penjelasannya di halaman yang lain pada web kami yang membahas tentang broker)

Untuk Investasi, kami akan membahas di halaman ini, karena seringkali masyarakat sangat buta perihal investasi ini, dan akhirnya salah mengambil jalan dan ikut semacam Money Game, Arisan Berantai, Saham Pre-IPO yang tidak jelas, dan HYIP yang ujung-ujungnya pasti akan hilang ataupun dibawa lari uangnya oleh pengelolanya.

HYIP, Money Game dan semacamnya pasti menawarkan Mimpi-Mimpi cara cepat menjadi kaya, padahal itu semua tidak logis dan berbohong. Karena kalau dia sendiri (si pengelola tersebut) bisa begitu, maka dia sudah kaya raya kan dan buat apa repot-repot berjualan atau mencari dana orang lain lagi, dan kenapa dia juga tidak pinjam uang saja di bank… yang dimana dia hanya perlu memberi imbal hasil yang kecil kepada bank kan.. (bunga bank paling max paling hanya 1% / perbulan, bahkan di luar negeri bunga bank dibawah 1% per bulan lo)

Contoh: HYIP memberi anda return 10% per bulan (bahkan ada yang lebih), padahal kalau dia si pengelola HYIP tsb meminjam uang di bank, dia cukup memberi ke banknya 1% per bulan bukan.. (hemat 9%) , nah kenapa dia tidak pinjam ke bank saja ?? KARENA, Bank tidak bisa dibohongi, jadi dia memperdaya orang-orang awam !

Nah oleh karena itu kita harus jeli dan berpikir tajam, jangan mau dibohongi oleh orang-orang yang tidak benar seperti itu lagi.

Mengenai cara investasi yang BENAR, ada berbagai macam, yaitu:

  • Properti, seperti membeli properti dan disewakan, ataupun membeli tanah untuk disimpan (untuk membeli property, perhatikan lokasinya !)
  • Beli emas, dan disimpan untuk jangka panjang. Atau melalui media online seperti info dari artikel blog kawan kita di www.brokeremas.com
  • Kolektor produk-produk antik bernilai tinggi (lukisan, barang seni, dkk)
  • Franchise yang bisa pasif income, seperti Indomaret, Alfamart, Apotek K24, dll.
  • Bisnis (sebagai komisaris ataupun penyerta modal pasif saja), tetapi hati-hati ya karena bisnis juga banyak yang tidak benar pula. (Pelajari Sistem dan Laporan Keuangannya)
  • Berinvestasi langsung di saham-saham yang benar dan kredibel / bluechip
  • Reksadana Saham yang kompeten
  • Obligasi (bond) , diutamakan yang Obligasi Pemerintah agar lebih aman seperti ORI (Obligasi Republik Indonesia), ataupun Obligasi dari perusahaan swasta yang sudah solid seperti Astra.
  • SUN (Surat Utang Negara), Sukuk
  • Deposito di bank (jangan di rentenir ya), tapi deposito sangat kecil returnnya dan bisa habis termakan inflasi. (Tidak disarankan untuk Deposito !)
  • Pemilihan Unit Link secara tepat pada produk Asuransi

Mengenai beberapa produk investasi diatas, kami tidak membahas semuanya, karena kompleksitasnya yang bila dibahas di sini tidak akan selesai dan sangat panjang. Kami hanya membahas secara Singkat mengenai Investasi Jangka Pendek (bisa untuk cash flow) di Strategi Investasi Emas Online , serta untuk Jangka Panjang dan Menengah di Reksadana, Obligasi, ORI, Sukuk dan Unit Link Asuransi.

Untuk pemilihan lembaga investasinya (khususnya untuk produk Reksadana, ORI, Sukuk, Obligasi), kami menyarankan anda untuk ikut pada produk-produk yang ditawarkan oleh lembaga keuangan yang resmi dan legal di Indonesia (yang terdaftar di BAPEPAM), seperti pada produk-produk yang ditawarkan di Bank-Bank yang BESAR (sebaiknya jangan di bank-bank kecil ya), selain itu di produk-produk pada perusahaan sekuritas yang resmi terdaftar di Bapepam itu juga boleh (seperti E-Trading, OSK, Danareksa, Trimegah, Mandiri Sekuritas, Panin Sekuritas, dll). ATAU anda bisa berkonsultasi kepada kami terlebih dahulu secara Gratis daripada tersesat.

Pemilihan produknya boleh pada produk-produk investasi yang umum, yaitu seperti Emas, Reksadana, Unit Link Asuransi, Obligasi (bond), ORI, Sukuk Ritel, dan bahkan Deposito.

Ok , sekarang masuk pada pokok bahasan tentang cara menginvestasikan uang tabungan anda secara Benar dan Aman untuk masa depan atau pensiun anda kelak :

STRATEGI INVESTASI EMAS SECARA ONLINE

Strategi investasi emas secara online ini adalah salah satu strategi investasi yang kami rekomendasikan pula, karena cukup Mudah dan dapat dikerjakan dengan Santai, tetapi memiliki potensi return yang cukup Bagus dan Aman.

Emas adalah suatu instrumen yang pasti akan terus naik untuk jangka panjangnya, karena emas merupakan logam mulia yang dipakai untuk berbagai hal, termasuk untuk devisa suatu negara, backup mata uang, sarana hedging (lindung nilai), alat pembayaran, untuk keperluan produk-produk elektronik, perhiasan dan sebagainya. (tanpa emas, dunia tidak bisa hidup)

Emas sangat Bernilai Tinggi , karena Emas tidak dapat dibuat oleh manusia, selain itu persediaan emas juga semakin hari semakin sedikit, hal inilah yang membuat emas sangat bernilai dan trend nya adalah cenderung untuk naik, meskipun kadang dapat terjadi gejolak atau turun tetapi itu hanyalah sesaat, dan ujung-ujungnya nanti akan naik kembali yang dimana hampir setiap tahun semakin mahal nilainya.

Lihat perkembangan harga emas di beberapa tahun ini dengan Klik Disini

Dari berbagai macam investasi emas, yang paling efektif adalah menggunakan media Online di Internet, karena dengan media ini anda Tidak Perlu Repot menyimpan Fisik Emas anda di brankas, dan tidak perlu takut dicuri / kehilangan fisik emas anda, selain itu dengan Internet dapat dilakukan dimana saja secara Instan dan lebih Hebat, serta lebih Praktis, Efisien, dan Menguntungkan. TAPI anda tidak boleh sembarangan invest di media online atau internet ini , karena banyak penipuannya juga !
(Kami akan memberikan tips nya di bawah ini)

Untuk strategi investasi di emas secara online, bisa digunakan untuk keuntungan jangka pendek, menengah, ataupun untuk mendapatkan Cash Flow, karena sifatnya yang menggabungkan Trading dengan pola Investasi, sehingga teknik ini sangat cocok bagi anda yang ingin berinvestasi sekaligus mendapatkan perputaran uangnya (cash flow).

Cara kerja investasi Emas secara Online ini Prinsipnya juga sederhana yaitu ketika harga emas turun maka anda membelinya (beli emas ketika harganya turun atau sedang murah), tetapi ada suatu perhitungan tertentu yang kita tidak boleh sembarangan asal membelinya, karena hal itu bisa membahayakan. Cara ini berdasarkan pengalaman kami adalah sangat efektif dan tidak menyita waktu, serta dapat dilakukan oleh siapa saja.

Investasi dengan teknik emas secara online ini HARUS dilakukan melalui media suatu perusahaan berjangka yang Kredibel , karena di perusahaan berjangka (perusahaan broker yang bisa untuk trading emas ini) terdapat daya ungkit atau leverage yang memungkinkan anda untuk membeli emas senilai beberapa ratus kali lipat dari harga emas konvensional pada umumnya (menggunakan sistem seperti uang muka saja), selain itu bebas biaya pajak, dan anda bisa mendapatkan selisih harga jual beli yang lebih rendah dan menguntungkan daripada membeli emas fisik konvensional.

Kami menyarankan anda untuk memilih perusahaan berjangka (perusahaan broker) dengan Tepat dan HARUS MEMILIH YANG AMAN, karena menyangkut dengan keamanan dana anda jangka panjang. Yang Terbaik adalah melakukan strategi investasi emas online ini di perusahaan broker luar negeri yang terdaftar pula di CFTC milik pemerintah Amerika Serikat, karena CFTC adalah lembaga regulator yang PALING KREDIBEL di dunia, selain itu penyertaannya sebagai nasabah juga terjangkau (modal kecil juga bisa invest dan trading, mulai dari sekitar Rp.2 jutaan sudah bisa), di perusahaan anggota CFTC adalah sangat aman, dan keuntungan lainnya adalah anda bisa memperoleh fasilitas yang lebih lengkap seperti Bebas Biaya Inap, Lebih Murah Marginnya, Tanpa Intervensi Dealer (non bandar), dan bisa Mengatur Volume Lotnya dengan Lebih Rapat dan Fleksibel dibanding lainnya atau broker lokal (di broker luar negeri yang terdaftar di CFTC bisa menggunakan instrumen Emas dengan volume Micro, Mini, sampai tingkat Reguler keatas, dan sangat fleksibel serta lebih menguntungkan).

Jangan investasi emas di perusahaan-perusahaan investasi yang tergolong High Risk, ataupun HYIP (yang menjanjikan imbal hasil tinggi/ponzi) ataupun yang dikelola oleh seseorang dan perusahaan yang tidak jelas / tidak teregulasi secara benar (tidak terdaftar pula di CFTC.gov), karena hal tersebut bisa sangat berbahaya dan berpotensi untuk dibawa lari, mengingat instrumen Emas ini seringkali dimanfaatkan oleh para penjahat kerah putih dan perusahaan-perusahaan ilegal semacamnya (seperti Tambang Abal-Abal, Saham Pre-IPO Sampah, MLM Money Game, dan semacamnya), selain itu banyak juga disesatkan ke semacam ilegal gambling atau perjudian yang menguntungkan oknum tertentu.

Untuk teknik selengkapnya mengenai strategi emas secara online ini sebagai investasi dan cash flow, simak detail selengkapnya di penjelasan blog salah satu kawan kita di www.brokeremas.com

Setelah anda mempelajari strategi berinvestasi di emas secara online ini, maka anda semestinya Tidak Perlu Lagi mengikuti seminar ataupun workshop pelatihan emas yang harganya mahal hingga jutaan rupiah :) selain itu belum tentu teknik yang diajarkan juga benar dan aman, karena seringkali yang diajarkan disana adalah suatu hal yang beresiko tinggi atau menjurus ke gambling. Di situs kami anda bisa mendapatkan segala informasi strategi trading dan investasi emas tersebut dengan Gratis  melalui cara yang mudah, praktis dan ringan.

Teknik trading dan investasi Emas secara Online ini bisa memberikan keuntungan yang cukup baik dengan resiko yang kecil, tetapi harus dijalankan secara SABAR dan TEPAT sesuai dengan petunjuknya.

REKSADANA

Investasi yang sangat kami sarankan untuk jangka panjang selain strategi emas online diatas adalah pada produk-produk Reksadana, dan mengenai reksadana ini kami menyarankan untuk memilih produk REKSADANA SAHAM, karena produk ini bagus untuk investasi jangka panjang diatas 5 tahun, dan anda dapat meningkatkan capital gain (pertumbuhan modal) di waktu tersebut ataupun untuk masa pensiun anda kelak. (reksadana saham ini sangat bergejolak tetapi ujung-ujungnya pasti akan naik di masa panjang tersebut, cocok sekali untuk uang pensiun kelak). Tetapi jika tujuan anda adalah short term dibawah 5 tahun dan uang investasi tersebut adalah untuk uang dapur/uang usaha bisnis anda, maka sebaiknya jangan ikut di reksadana saham !

Untuk reksadana saham, kami anjurkan anda untuk mengambil produk-produk yang dikeluarkan oleh perusahaan besar, aman, legal, dan yang SUPER KREDIBEL menurut kami, yaitu seperti keluaran dari perusahaan Schroder, Manulife, BNP Paribas dan Panin Sekuritas (Panin Dana Maksima). Karena performance mereka sangat bagus dan layak untuk kita ambil.

Beberapa Contoh nyata penerapan reksadana :

Di tahun 1997 bila anda menabung Rp.100 juta pada produk reksadana Panin Dana Maksima, maka tahun 2012 sekarang dana anda akan menjadi lebih dari Rp.5 Milyar .

Kemudian jika di tahun 2000 anda menabung di reksadana saham Schroder Dana Prestasi Plus sebesar Rp.100 juta, maka di tahun 2012 sekarang dana anda sudah berkembang menjadi Rp. 2,1 Milyar

jika di tahun 2005 anda menabung Rp.1 Milyar di Schroder Dana Istimewa, maka di tahun 2012 sekarang dana anda sudah berkembang menjadi Rp.5 Milyar.

Dari beberapa contoh diatas, anda bisa melihat perkembangan mereka jika diendapkan secara jangka panjang.

Untuk detail prospektus mereka, anda boleh meminta dan bertanya kepada petugas bank , mereka dapat memberikan data-data pertumbuhannya, dan itu nyata tanpa rekayasa.

(contoh diatas tersebut adalah berdasarkan hasil nyata kinerja Reksadana yang sudah terjadi. Tetapi untuk masa depan belum tentu bisa berkinerja sama seperti masa lalu. Konsultasikan ke petugas bank anda untuk info lebih detailnya)

Beberapa produk unggulan untuk reksadana saham di Indonesia yaitu (yang kami rekomendasikan boleh anda ikuti) : Schroder Dana Prestasi Plus, Schroder Dana Istimewa, Schroder 90+, BNP Paribas Solaris, BNP Paribas Star, BNP Paribas Pesona, BNP Paribas Pesona Amanah, BNP Paribas Equitas, Manulife Saham Andalan, Manulife Dana Saham

Reksadana nyaris tidak bisa bangkrut, karena reksadana adalah terdiri dari kumpulan saham-saham unggulan penopang perekonomian negara Indonesia, seperti saham Unilever, Indofood, BRI, BCA, Mandiri, Astra, Telkom dan kawan-kawannya, yang dimana jika mereka bangkrut maka negara Indonesia juga pasti akan hancur. Jadi investasi di reksadana saham bisa dikatakan sangat aman untuk jangka panjang (asalkan memilih di produk reksadana yang benar seperti petunjuk kami tersebut)

Jangka waktu investasi di reksadana saham jika semakin lama dan semakin panjang maka akan semakin baik dan berkembang, ATAU anda bisa melakukan rutin menabung setiap bulannya di reksadana saham tersebut untuk hasil yang optimal pula dan tidak peduli gejolak market.

UNIT LINK (Produk Asuransi)

Sedangkan bila anda ingin memilih produk-produk jenis unit link yang bisa dibundle dengan Asuransi, maka mereka bisa anda dapatkan di perusahaan Asuransi Terkemuka, seperti Prudential, Acelife, Manulife, Generali, Sequis life, Axa, dan sebagainya. Prinsip kerja unit link adalah seperti Reksadana, hanya saja return lebih kecil (karena terpotong biaya-biaya untuk asuransi), dan kelebihannya anda bisa mendapatkan manfaat asuransi pula.

Tapi ingat, bahwa untuk investasi dengan unit link di asuransi ini pertumbuhan dananya pasti akan kurang maksimal, sebab terpotong dengan biaya asuransi (seiring usia) dan seringkali juga tidak dimasukkan semuanya ke produk investasi (bertahap), akibatnya anda bisa ketinggalan momentum dan dana anda tidak bertumbuh secara bagus.

Bila anda memang ingin ikut produk UNIT LINK pada asuransi ini, mintalah pengaturan komposisinya 50:50 ataupun 60:40 atau bahkan 70:30 (investasi harus yang lebih besar), karena seringkali ada agen yang buruk yang memberikan anda komposisi investasi hingga 20:80 atau kurang, dan itu jelas merugikan anda, karena nilai investasi anda bisa sangat buruk. (agen asuransi mendapatkan komisi dari uang yang ditempatkan pada nilai asuransinya dan bukan pada nilai investasi, jadi agen pada dasarnya lebih suka bila penempatan asuransi anda lebih besar dari top up investasinya, karena komisi dia bisa lebih besar. Jadi anda harus jeli dan pintar ya, jangan salah penempatannya !)

Untuk top up di Unit Link pada Asuransi ini mintalah penempatan pada portfolio saham.

Sebaiknya asuransi adalah digunakan sebagai proteksi kesehatan, dan bukan digunakan untuk sarana investasi, sebab perkembangan nilai investasinya buruk.

OBLIGASI , FR , ORI , SUN, SUKUK

Untuk pilihan produk jenis seperti obligasi, ORI, dan sukuk, produk ini seperti Deposito, dan bisa anda dapatkan pada bank-bank yang umum, seperti di BCA, BRI, Mandiri, CIMB Niaga, HSBC, Bank Mega, Standard Chartered, Citibank, Commonwealth, BII, dan sebagainya. Dan prinsip kerja produk obligasi dan sukuk adalah sama seperti deposito, hanya saja disini bunga lebih tinggi, terjamin 100%, dan bisa menikmati extra capital gainnya pula, walaupun Capital Gainnya tidak akan bisa setinggi seperti Reksadana Saham. Serta di Obligasi dan Sukuk ini terdapat jangka waktunya.

Untuk produk-produk diatas, anda juga bisa memantau perkembangan mereka pada koran Bisnis Indonesia di setiap harinya, ataupun melihat pada website Bapepam.

anda bisa menanyakan secara lebih detail perihal produk-produk tersebut kepada petugas bank anda, mereka siap membantu memberi penjelasan lebih lengkap.

Bagaimana cara mendapatkannya Reksadana, ORI, dll ?

Kami sarankan Anda bisa menghubungi pihak Bank untuk mudahnya, dan nanti anda akan didampingi oleh Personal Account Officer / Relationship Manager (RM) yang bisa membantu anda mengurus keperluan administrasi dan penjelasannya.

Bank-bank yang umumnya menyediakan produk-produk diatas adalah : Bank HSBC, ANZ, Bank Citibank, Bank Commonwealth, Bank Standard Chartered, Bank BII, Bank BNI, CIMB Niaga, Bank Mandiri dan lain-lain. Anda bisa menghubungi pihak bank terlebih dahulu untuk menanyakan hal tersebut, apakah menyediakan produk tersebut atau tidak. (umumnya Bank pasti menyediakan, tapi ada juga bank yang tidak menyediakan, contohnya: BCA).

Ikutlah di produk-produk yang kami rekomendasikan di atas agar tidak salah memilih !

Mulai sekarang, tinggalkan HYIP, Money Game, Arisan Berantai, MLM Binary, ataupun tawaran-tawaran investasi diluar sana yang menjanjikan keuntungan tinggi atau Mimpi-Mimpi cara cepat kaya dalam sekejap. Karena hal-hal seperti itu berbahaya semua, tidak legal, tidak bisa untuk jangka panjang, dan sangat tidak bertanggung jawab.

Semoga bermanfaat !

(Brokerforex.com)

Baca link ini juga: http://brokerforex.com/investasi-profit-besar/

616 Responses to Cara Investasi yang benar dan aman

  1. firman says:

    Saya sekarang ini di tawarkan oleh sebuah perusahaan, dimana dia menawarkan investasi LM apakah aman?? dengan jaminan Logam Mulia, saya ingin ikut dalam investasi ini sebab saya melihat kakak saya menginvestasikan ini dan hasilnya rebate sesuai dengan yang dijanjikan sampai bulan ke 6. mohon penjelasan dari anda….

  2. Angga Yunanda says:

    Salam sukses master..
    Mau nanya… Mana bagusnya menimpan emas perhiasan dari pada emas batangan d safe deposit box?? Dan apa alasanya?
    Trimaksih master.. Semangat pagiiii

  3. george budhi says:

    salam sukses master,
    salam kenal master,setelah mengamati dan baca banyak hal yg saya dptkan dari topik diatas. pertanyaan saya , mohon di info ttg situs ini : http://www.ecmcgold.com, sudah banyak masyarakat awam yg kena tipu termasuk saya. terus bagaimana cara melaporkannya, karena leader2 nya enak2an makan uang orang .paling dihukumlah,kalau mau damai ya balikin modal nya saja. koq situs seperti itu dibiarkan pemerintah .

    mohon pencerahan dan penjelasan dari master.

    trimakasih banyak sekarang terbuka sedikit ttg bisnis online, tp masih trauma.

  4. lordstark says:

    Maaf Pak, saya masih pemula.
    Mau nanya, untuk reksadana itu apa kita seperti beli saham, brp unit gitu ya?
    oya, trus bedanya sama deposito apa yah?

    • Broker Forex says:

      betul Pak, seperti beli KUMPULAN saham2 yang berkualitas. dan nilainya dapat naik (seperti menyimpan emas atau tanah begitu).

      deposit itu nabung biasa dan setiap bulan dikasih return bunga yang kecil banget dan akan habis tergerus inflasi.

  5. agus05 says:

    tanya lagi master.
    untuk masalah return reksadana saham itu bagaimana sih ?
    misal : pembelian pertama saya sebesar 500 ribu pada waktu nab Rp1000. jadi ketika pertama kali beli saya sudah mempunyai 500 unit. katakanlah return dalam setahun 10%. kalo dilihat dari modal awal saya berarti uang saya menjadi 550 ribu dalam setahun.
    1. lalu returnnya berpengaruh buat apa kalo di awal unit yg saya miliki sudah jelas ?
    2. dan apa pengaruh return untuk reksadana saham ?
    mohon pencerahannya master..

    • Broker Forex says:

      mudahnya begini, investasi di reksadana saham itu sama seperti anda membeli emas batangan.
      dan emas itu ada nilainya yang bisa naik turun, tetapi trendnya adalah naik kan.
      demikian juga dengan reksadana. Bedanya di reksadana itu instrumennya adalah saham2 dari perusahaan yang berkualitas.

      nilai reksadana itu namakan dengan NAB (atau NAV), itu bisa dilihat harian melalui bloomberg ataupun di koran Bisnis Indonesia untuk perkembangan hariannya.

      lebih jelasnya bisa anda tanyakan ke petugas bank anda, mereka nanti akan menunjukkan fund fact sheet, nah dari sana anda mungkin bisa lebih jelas ya

      • bayu13 says:

        tanya master tentang danareksa?

        berarti masih bisa rugi juga y master di danareksa? atau kemungkinan ruginya sangata kecil?

        • Broker Forex says:

          danareksa itu nama suatu perusahaan sekuritas

          kalau reksadana itu adalah suatu jenis produk .

          dan reksadana bisa merugi tapi kalau didiamkan terus pasti akan naik, sama seperti menyimpan emas, hanya saja ini instrumennya adalah di perusahaan2 yang berkualitas.

          menurut kami kemungkinan ruginya kecil KALAU tujuannya adalah untuk investasi diatas 5 tahun ya, apalagi 10 tahun

  6. agus05 says:

    malam master, tanya lagi nih..
    tadi siang saya dari bang mandiri menanyakan reksadana saham. di bank mandiri ada produk yg seperti master post di atas.
    saya berencana mengambil reksadana bnp paribas star dan manulife dana saham masing-masing 500ribu.
    menurut master bnp paribas star dengan return 12, % dan manulife dana saham 9, % dalam 1 tahun itu sesuai ?

    • Broker Forex says:

      iya returnnya itu berubah-rubah sesuai dengan market, coba mintakan ke petugas banknya akan data history / fund fact sheetnya ya dari reksadana tsb, nah disana bisa anda pelajari akan potensinya

  7. edykus says:

    master saya sdh daftar/registrasi fdd,tapi saya blom mengerti maksud ini…
    Dear Ni Ketut Sujani,
    Your application for a new live trading account with FXDD Europe has been approved and your MINI (200:1) account has been opened. You have been classified as ‘retail client’.

    bisa jelaskan master
    terima kasih

  8. firmansyach87 says:

    Pak, mau tanya.. Saya sangat tertarik sekali dengan dunia trading forex/emas online tp saya tdk punya banyak waktu utk mempelajarinya dikarnakan pekerjaan saya yg memakan banyak waktu dari pagi sampai malam. Adakah perusahaan yg membuka investasi forex/emas online yg terpercaya shg saya bisa memperoleh tambahan penghasilan..??
    Makasih…

    • Broker Forex says:

      saran kami adalah ikut reksadana Pak, atau kalau ingin invest emas bisa juga ke bank mandiri syariah, mereka ada produknya juga untuk emas ini.

      tapi kalau yang online2 tersebut kami lihat kok banyak tidak benarnya semua yang investasi2 tsb.

  9. mulitrader says:

    pak tolong d cek http://www.goinvestasimandiri.blogspot.com?
    apa itu cabang dr bank mandiri ya?

  10. alfan khaeri says:

    master, mau tanya lagi.
    sampai saat ini kami belum punya asuransi jiwa, kami sedang berpikir untuk ikut asuransi jiwa yang unit link seperti pertanyaan saya sebelumnya. gimana menurut master asuransi apa yang bagus dan terjangkau maklum master penghasilan pas-pasan. tapi pengen sejahtera he.he… makasih master

    • Broker Forex says:

      kami sarankan di acelife tersebut, bagus mereka
      karena bisa cover seluruh tagihan

      selain itu prudential juga bagus, tapi kok kami lihat acelife systemnya lebih ok. (kalau prudential perusahaannya lebih besar)

  11. chifa says:

    pak mau tanya

    nie saya lihat ada brosur soal investasi reksadana di bank BRI..

    kebetulan saya dah punya rekening BRI..baiknya untuk mencoba invest disitu menjajikan tidak pak..

    disini juga ada macam2 invest yaitu

    -BRI PSU
    -BRI PENDAPATAN TETAP
    -BRI KOMBINASI
    -BRI SAHAM

    kalau memang recommended bagusnya saya invest dimana pak??

    terima kasih

    • Broker Forex says:

      Jangan di produknya keluarannya BRI karena kurang bagus. Yang bagus itu cari yang keluarannya Schroder, BNP Paribas dan Manulife ya (seperti di contoh di artikel kami tsb). Coba ditanyakan ke BRI nya apakah dia ada produk2 tsb.

      dan setahu kami coba di bank mandiri, bank BNI itu ada

    • anyartrader says:

      Master mohon pencerahan dan penjelasan,
      saya mempunyai strategi investasi di 2 jenis reksadana, saya membagi di dua portofolio=reksadana pendapatan tetap+reksadana saham (saya ingin berinvestasi jangka waktu 5th-diatas 15th).
      saya akan mendiversifikasi dana masing2 yaitu=
      REKSADANA PENDAPATAN TETAP=(10%)
      BNP Paribas Prima II=5%
      Schroder Dana Mantap Plus II=5%

      REKSADANA SAHAM=(90%)
      Panin Dana Maksima=25%
      Schroder Dana Istimewa=25%
      Schroder Dana Prestasi Plus=15%
      BNP Paribas Pesona Amanah=15%
      BNP Paribas Solaris=10%
      saya telah mempelajari segala jenis reksadana dr berbagai sumber (infovesta utama,kontan,investor,bappepam-lk,oap.morningstar dll)
      dan apakah strategi saya ini sdh hampir benar/salah/perlu persentase yg lbh moderat/investasi di reksadana sahamnya secara berkala?
      bagaimana Master terbaiknya? mohon koreksi.
      Thanks…

  12. pitrazz says:

    bang broker forx !
    ada saran kah untuk investasi yang pake dana keci misal sejuta 2 juta……..
    mohon pencerahannya…

  13. mulitrader says:

    pak, kalo investasi d allianz bagus ga?

    terus investasi emas yg rekomendasi dr bpk bagus nya apa ya?

    • Broker Forex says:

      Allianz bagus kok, mereka dibundling dengan asuransi.
      tapi kalau anda tidak butuh asuransi atau sudah ada, maka kami sarankan langsung di reksadana seperti di artikel kami ini, karena pertumbuhannya jauh lebih cepat.

  14. chifa says:

    pak mau tanya..

    khan di reksadana saham ada tulisan

    Jangka waktu investasi di reksadana saham jika semakin lama dan semakin panjang maka akan semakin baik dan berkembang, ATAU anda bisa melakukan rutin menabung setiap bulannya di reksadana saham tersebut untuk hasil yang optimal pula dan tidak peduli gejolak market.

    maksud rutin menabung apa ya pak??

    oiya untuk reksadana ini..saya mau coba ngambil di manulife dana saham dengan dana awal 5 juta..

    bisa gak saya mencicil untuk membeli rutin 1 juta nantinya perbulan??

    lalu untuk menjual, ada minimum tidak?misal yang saya baca di schnoder misal saat menjual saham yang kita punya minimum 100..kalau manulife dana saham bagaimana pak??

    mohon pencerahaannya

    • Broker Forex says:

      rutin menabung itu artinya anda bisa menyisihkan sebagian pendapatan anda untuk ditabung di reksadana setiap bulannya (atau di setiap waktu yang anda tentukan sendiri. Normalnya adalah setiap bulan)

      Manulife dana saham bagus juga kok. Dan mau beli 1 juta per bulan sampai 5 juta juga boleh. enak kok
      tapi kalau untuk manulife itu harus dihold 1 tahun supaya tidak kena fee ya.

      dan menjualnya setahu kami tidak ada minimum. Tapi ya jangan menjual cuman Rp.10000 rasanya kok tidak bisa :)

      • chifa says:

        :) maksudnya 100 itu

        misal kayak di schnoder gitu pak..minimum reksadana yang mau dijual, si pemilik harus hold dulu minimum 100 saham baru sesudahnya baru bisa menjual

        nah kalau manulife dana saham bagaimana pak??berapa yang harus di hold oleh nasabah sebelum bisa menjual saham??apa 100 juga sama dengan shcnoder, dll??

        makasih

  15. alfan khaeri says:

    master, nanya tentang unit link, menurut master unit link yang pembagian antara investasi dan asuransinya paling menguntungkan yang mana master dan performance juga bagus. terus manajer investasi dari unit link itu apa mereka sendiri kok nggak ada penjelasannya, ditempatkan di saham ekuitas apa saja juga tidak ada. kalau unit link bumiputera bgmn menurut master. terima kasih

    • Broker Forex says:

      biasanya yang ok itu di acelife, lalu di generali itu juga, lalu prudent juga boleh , tapi minta komposisinya harus hati2 ya, karena ada agen yang nakal itu mereka investasinya dikecilkan banget agar si agen dapat komisi lebih besar, nah hindari agen yang seperti itu.

      tiap2 asuransi itu beda2 manajer investasinya, ada juga yang di sub kan ke perusahaan lain untuk investasinya (biasanya ke schroder).

      untuk bumiputera kami kurang tahu.

      • alfan khaeri says:

        makasih master, nyambung lagi pertanyaannya master. apa tidak ada ketentuan baku dari pihak asuransi mengenai porsi asuransi dan investasinya kok bisa dimainkan oleh agen yang nakal. terus besarnya pembagian untuk asuransi dan investasi apakah juga mempengaruhi uang pertanggungan di polisnya master. apa nanti kita juga dapat lembar konfirmasi unit penyertaan seperti di reksadana master, terus kebetulan dari yang master rekomendasikan baru ada prudensial aja yang ada di tempat kami master. mohon pencerahannya master

        • Broker Forex says:

          Tidak ada ketentuan bakunya Pak, dan idealnya itu biasanya 50:50 atau 60:40. Karena kalau komposisi investasinya lebih kecil maka si Agen Asuransi itu akan mendapatkan komisi lebih besar , jadinya kalau nasabahnya awam biasanya akan ditekuk disana.

          besarnya pembagian untuk asuransi dan investasi jelas sangat mempengaruhi perkembangannya Pak.

          kalau Bapak ingin yang investasi saja, disarankan jangan ikut di asuransi ya, melainkan di reksadana secara penuh (bukan yang dibundling asuransi)
          karena di asuransi itu juga ada biaya bulanannya dan juga tidak 100% ditempatkan di investasi.

  16. chifa says:

    halo pak

    saya mau tanya..saya umur masih 23..

    mau coba invest di reksadana..kira2 reksadana yang sesuai umur saya bagusnya dimana ya??saya juga baru bekerja dan belum mempunyai NPWP..

    baiknya bagaimana pak?dan cara kerja reksadana itu seperti apa ya??

    apa misal dengan membeli tiap 1 saham sebesar 200ribu..lalu nanti saham tersebut disimpen gitu aja atau nanti tabungan saya di ATM bertambah setiap saya membeli saham reksadana tersebut..

    mohon bimbingannya pak

    • Broker Forex says:

      Kalau long term, kami sarankan di BNP Paribas Solaris, dan BNP Paribas Star ya, selain itu di Manulife Dana Saham, Dana Andalan itu juga boleh.

      untuk penjelasan reksadana, dapat dibaca di: http://brokerforex.com/apa-itu-reksadana/

      iya nanti uang anda akan bertambah kalau nilai NAB nya naik ya, tapi tidak nampak di ATM biasanya tapi di statement khususnya.
      Bapak kalau ke bank minta penjelasan ke petugas bank maka mereka bersedia juga menjelaskan dengan sukarela :)

  17. PakNgo says:

    Selamat malam Master………
    Mohon informasi dan penjelasan tentang siapa, apa dan bagaimana sebenarnya FXCM INDONESIA ( http://www.fxcm.co.id/ ) sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih.

    • Broker Forex says:

      hati2 Pak, itu kelihatannya web kloningannya FXCM. (web abal2nya).
      apalagi ada iklannya etoro, instaforex, dll, itu bukan web FXCM yang asli. Dan bisa jadi itu web untuk hacking.

      web FXCM yang asli itu di http://www.fxcm.com , Hati2 ya Pak, jangan masuk ke web abal2nya seperti di fxcm.co.id itu tidak benar.

  18. abidin abdanni says:

    Selamat sore Master,
    Saya tertarik dengan saran Master mengenai investasi Reksadana Saham, tp saya masih awam sekali dan ada pertanyaan nih…:
    1) Kalau invest Reksadana Saham (RDS) di BNI Securities ada gak Master?
    2) Kalau ada apa nama produksnya dan gmn prospeknya?
    3) Mohon saran Marter kalau invest RDS di perbankan, yang paling kridibel di bank apa?
    4) Sebagai awal jika invest RDS hanya senilai Rp20jt, tp kemudian setelah beberapa bulan berjalan mau tambah invest lagi, apa bisa Master dan bgmn caranya?
    Mohon pencerahannya Master. Terima kasih.

    • Broker Forex says:

      1,2 Bisa coba ditanyaka ke mereka ya, setahu kami yang ada itu di Bank BNI nya

      3. semua bank kredibel, yang penting jenis produknya

      4. bisa Pak, tinggal Bapak setor lagi, seperti menabung pada umumnya begitu

  19. Mr. Rigth says:

    Saya disini hanya mau menghimbau…bahwa edukasi yang benar adalah edukasi yang tanpa ” sesuatu ” kalo syahrini bilang…tidak ada unsur apapun baik promosi, apalagi rekomendasi yg sifatnya subjektif, atau penyesatan informasi yang seolah2 mengedukasi dan menyelamatkan para pemodal namun pada kenyataannya tidak, hati-hati dengan kata2 manis yang indah namun kandungan kebenarannya tidak ada…penjahat bodoh paling hanya merugikan orang ratusan ribu sampai jutaan dan mudah sekali dideteksi orang yg sedikit berpengatahuan…tetapi penjahat pintar bisa mengelabui tanpa korbannya tau dan mengerti apa yang sedang terjadi…biasanya nilainya lebih besar…ingat rejeki yang anda kumpulkan dengan susah payah itu adalah untuk masa depan anda dan keluarga….jadi berinvestasilah pada apa2 yang kalian fahami, mengerti, dan BERHATI-HATILAH terhadap oknum2 yang seolah2 mengedukasi dan ingin membantu anda tetapi mempunyai maksud memperkaya diri…Tulisan saya memang PAHIT, PEDAS bagi PEMBACA apalagi PENULIS krn pengalaman saya yg cukup panjang didunia pasar modal telah melihat dan merasakan para pelaku-pelaku yg berhati jahat tertawa diatas kehancuran masa depan finansial korban dan keluarganya….JGN MARAH JGN TERSINGGUNG, ini negara demokrasi yang setiap orang berhak menyatakan pendapat…wassalam.

  20. odjie says:

    master, mw tanya mengenai teknik averaging buy untuk emas. untuk sekarang saya buat posisi dari buy mulai 1750 dengan jarak 25 dolar ke bawah, apakah cocok menurut master dengan modal $1000, o,01 lot per 1 harga.

    trus klo mau dapat profitnya, menurut master apa kita buang satu persatu atw sekaligus begitu harga udh nyampe yang paling atas atw gimana menurut master yang terbaik.

    bagaimana dengan pengalaman master trading gold selama ini, biasanya master memakai strategi apa?

    trims atas pencerahannya>>>

    • Broker Forex says:

      $25 agak riskan, biasanya per $100 – $150 itu lebih safe.

      untuk buang satu persatu atau sekaligus, itu tergantung dari kebijakan Bapak sendiri.
      kalau menunggu semuanya memang lama tapi profitnya bisa lebih besar. Nah itu tergantung toleransi Bapak sendiri ya bagaimana..

      untuk emas kami juga pakai averaging Buy, dan untuk take profitnya kami kadang juga satu persatu, kadang juga sekaligus semuanya.

  21. syehni28 says:

    Master…saya punya beberapa pertanyaan ney :

    1.Mo tanya ttg broker eToro,HotForex,XEmarkets,FXVV,Microstodex/EuromaxFX apa aman?

    2.Kalo mo trade yg 0.01 lot rekomendasinya broker mn aja ney master?

    3.Trus skrg ada yg namanya COPY TRADE dr Zulutrade.com n eToro,itu apa bagus n aman klo pke copytrade?itu 24 jam nyala yaa?

    4.Truss saya pengen coba trade pke robot,robot apa yaa yg bagus bwt Forex n Gold dan gratisan?bisa didownload dmn master?n VPS yg bagus n harga ringan rekomin donk?

    5.Saya juga pengen bet di Option,saya liat Empire Option,Any Option,24 Option,Dragon Option,& broker2 yg ada di spotoption.com…broker2 tsb apa aman master?

    6.Kasih tau donk master dmn bisa bet/trade option yg bagus n depositnya min $ 50- $ 100?n aman tentunya

    Makasih master,sory saya terlalu banyak tanya…soalnya lagy butuh banyak info2 ney,,,sukses trus bwt brokerforex.com

    • Broker Forex says:

      1. itu broker2 yang nggak teregulasi, dan juga broker kecil. Nggak aman

      2. bisa di interbankpro.com, oanda, atau di gainscope.com seperti yang kami gunakan juga

      3. bagusan zulutrade, kalau etoro itu banyak nakalnya Pak.
      Tapi baca ini juga ya : http://brokerforex.com/forex/review-forex-copy-dan-zulu-trade/

      4. robot itu bukan mesin uang yang pasti profit ya, robot itu seperti alat bantu saja. Dan kalau anda tidak pengalaman dan asal pakai saja maka bisa loss lo .
      VPS yang terbaik pasti harganya mahal, itu di CNS itu bagus (commercial network services)

      5 – 6. itu broker judi Pak. Kami tidak main judi ya. Karena kalau judi PASTI ujung2 habis terus

  22. goldenthusiast says:

    selamat sore mastah…perkenaalkan saya newbie yg ingin tahu tentang trading emas….berhubung newbie ada rejeki sedikit dan kebetulan teman ada yang main di gold dia menawarkan investasi di trading gold kalo mau kerja santai tp bisa dpt untung gede…intinya dia kasih ilustrasi kasar dan gampang seperti ini : buka rekening 100juta..main gold nya santai…. sebulan bisa dapet +/- 9 jutaan… (level bawahnya 5 point atas nya 2 point….maaf kalo salah istilahnya…soalnya saya benar2 awam di dunia ini…) apakah memang sebesar itu keuntungan dari trading gold…?? mohon penjelasannya bos mastah…kalau mengetahui….thx in advance bro..cheers

    • Broker Forex says:

      Hati2 ya Pak, karena kalau kami lihat dari cerita Bapak, itu menjurus ke HYIP dan Money Games

      hati2 ya dengan tawaran teman Bapak tsb.

      trading gold tidak bisa dipastikan sebulan bisa dapat berapa, tapi kalau dia bisa memberi fixed income, itu sudah jelas penipuan ya. berbahaya

  23. ucogpakeg says:

    pak, saya dari awal curiga dgn bisnis online profit clicking itu, pertama krn yg katanya raja2 profit clicking di indonesia kok tampaknya profilenya sangat tertutup, contohnya seperti ini raja profit clicking di indonesia, ardi prabowo https://www.facebook.com/klubasteria, penuh dengan misteri, siapa orangnya dan bagaimana profilenya? terus yg saya kwatirkan orang2 yg aktif di bisnis profit clicking tsb juga tidak sadar bahwa apa yg diajarkan kpd para downlinenya merupakan sesat dan uplinenya/referralnya juga tidak sadar, ini bagaimana nih pak, bahaya sekali kalo memang profit clicking itu scam, rapih sekali mainnya, saya domisili di amerika dan baru kali ini sy dengar bisnis tsb dari teman saya, sepertinya mrk membidik negara2 ketiga seperti indo yg memang mayoritas rakyatnya miskin dan bodoh jd bisa dgn mudah dikibuli

    • Broker Forex says:

      iya Pak, money games memang begitu.

      ironisnya itu para klien juga tidak sadar.

      ini karena kurangnya edukasi di masyarakat kita dengan hal2 seperti itu.
      makanya dibodohin terus sama orang2 asing seperti itu Pak negara ini.

  24. mamatkhairudin says:

    saya mau tanya bagaimana dengan yg ini
    http://bisniskendaraan.com/
    mohondi cek. terimakasih sebelumnya.

  25. bayu13 says:

    master tanya…
    1.broker ini bagus g master Global Futures & Forex Ltd (GFT), regulasinya bener g master?
    2.Ada perwakilan di indonya g master?

    thx master

    • bayu13 says:

      ada lagi master.. apa jaminan sebuah broker yang punya regulasi banyak(CFTC, FSA, ASIC) itu pasti broker yg bagus?

      • Broker Forex says:

        Ibaratnya begini :

        sebuah negara kalau tidak ada polisinya itu gimana nasibnya ? pasti penduduk di negara tsb bisa menjadi seenaknya sendiri dan tanpa hukum kan dan pasti kacau.

        nah regulator yang benar itu = polisi tersebut, jadi bisa ada yang mengawasi dan sebagai pihak tengah siapa yang benar dan yang salah, serta memiliki hukum sebagai landasannya.

        apalagi yang terdaftar di CFTC tersebut itu pasti bagus, karena sebuah broker untuk bisa menjadi anggota di CFTC itu minimal harus memberikan jaminan sebesar $20 juta (sekitar Rp.200 M) untuk memastikan dia tidak scam, nah kalau bukan perusahaan yang kuat tidak akan bisa memberikan $20 juta tsb kan.
        selain itu harus transparan dalam laporan keuangannya, belum lagi bila ada komplain dan pelanggaran2 itu pasti akan dipublikasikan oleh CFTC agar benar2 transparan. Nah di jenis regulator lain tidak ada yang seperti itu.
        Oleh karena itu kenapa broker yang terdaftar juga di CFTC itu lebih aman dan kredibel , ya karena faktor2 tsb ya.

    • Broker Forex says:

      1. GFT itu broker bagus, tapi sekarang mereka sudah dibeli oleh Gain Capital group
      2. ada, di http://www.ecnpro.com untuk perwakilan Gain Capitalnya tsb.

  26. abytea says:

    pagi master….
    mo nanya:

    benarkah http://www.uinvest.com.ua. itu prushaan yg real utk saham,,?

    dan apakah kita inves disana itu aman master,,?
    Terimakasih.

  27. tumex says:

    Pagi masta….Apa benar London open n USA open bln april s/d oktber=4am WIB,bln novembr s/d maret=5 am WIB????.gimana pendapat masta ttng tehnik TBST????klo di gabungin sm tehnik masta gimana????

    • Broker Forex says:

      itu karena faktor winter time Pak, jadi ada pergeseran 1 jam, memang begitu.

      TBST kami tidak pernah pakai itu, boleh2 saja dikombinasikan, yang penting adalah risk managementnya ya.
      tapi kalau nggak salah TBST itu pakai cara Candle, nah candle itu teknik paling buruk lo menurut kami, karena candle di tiap2 broker itu pasti beda Pak, selain itu tidak bisa dibuat acuan bahwa bentuk candle A, candle B itu adalah menandakan bank sedang beli atau jual atau apalah, itu nggak benar lo.

      Karena forex itu beda dengan saham, nah kalau saham itu mungkin masih bisa, karena di saham itu tersentralisasi pasarnya.

  28. Ted says:

    Halo Master,
    Saya seorang mahasiswa 22 tahun, saya ingin trading gold dengan modal sekitar 500 US$, dan menerapkan taktik seperti yang tertulis pada blog kawan master (www.brokeremas.com), saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan.

    1. Broker mana yang cocok untuk saya?
    2. Saya tidak punya kartu kredit atau paypal dll, apakah hanya dengan rekening bank lokal saya bisa melakukan depo dan wd dengan lancar di broker tersebut?
    3. Apakah benar gold dalam jangka panjang TIDAK MUNGKIN turun?
    4. Mengapa gold dari tahun 1980 hingga 2000 downtrend terus, apakah hal itu bisa terulang kembali?

    Terima Kasih.

    • Broker Forex says:

      1. di web Brokeremas.com tersebut kalau kami baca itu menggunakan di Gainscope.com

      2. bisa saja kok Pak. dengan bank transfer biasa.

      3. pasti Pak, coba lihat saja harga emas di jaman kakek nenek kita dibanding dengan sekarang kan sudah naik jauh.
      kalau emas turun misalkan jadi Rp.100ribu / gramnya seperti dulu itu maka bisa jadi rebutan beli emas semua lo orang2 , dan akhirnya naik lagi.
      apalagi emas itu adalah logam mulia yang dibutuhkan di semua aspek kehidupan, serta tidak bisa dibuat oleh manusia. Selain itu persediaan emas juga tambah lama tambah sedikit yang akhirnya membuat emas menjadi mahal. Apalagi kalau perekonomian dunia sedang gonjang ganjing maka bisa tambah naik harga emasnya, karena orang menyimpan emas itu dianggap lebih aman.

      4. pasti ada naik turun, tapi ujung2nya naik lagi bahkan bisa lebih tinggi.
      yang penting bila main emas itu harus untuk jangka panjang ya

      • Ted says:

        Baik master, terima kasih..
        Kalau perusahaan berjangka indonesia yang berinisial IPF itu gimana pak?
        Ada teman saya bekerja disana menawarkan untuk membuka akun mini, katanya order kita langsung dikirim ke Inggris, apakah itu benar? sebab menurut master semua broker di indonesia adalah bandar.

  29. alraffasya says:

    selamat sore bapak …mohon bantuannya saya ada beberapa prtanayaan
    1. rizkyprofit.com dgn imbalan 1 % perhari apakah ini bkn hyip pak??
    2.danareksaonline.com apakah ini cara bertransaksi reksadana online? minimal invest dana cara gabung gmn ya pak??
    terimakasih

    • Broker Forex says:

      1. rizkyprofit itu jelas HYIP dan penipuan tuh . Kalau dia bisa 1% per hari maka dalam 4-5 tahun bisa jadi orang terkaya sedunia tuh tanpa kerja , nggak logis Pak.

      2. ini legal, tapi produknya sedikit kalau yang di danareksa itu, saran kami lebih baik di bank2 seperti bank mandiri itu lebih banyak produknya dan mereka menyediakan produk2 yang kami recommendkan diatas ini.

      kalau di danareksa itu memang juga aman dan legal, tapi mereka itu lebih spesialis di perusahaan sekuritasnya yang dimana cocok untuk orang yang ingin main saham satu2. Modal minimalnya kalau nggak salah Rp.1 juta saja bisa kok. Coba hubungi Danareksa itu ya

      • alraffasya says:

        terima kasih master telah membuka fikiran yg saya yg masih kolot ini di dunia bisnis online..saya punya rek bank mandiri dgn dana sekitar 15 jt an(sayang skali shrusnya udh 50 jt an krn trading krng mumpuni dana jd tergerus)…menrut master kl sya mau investasikan uang sebaiknya saya mengambil yg apa ya mengingat reksadan itu bnyak skali produknya.jadi bingung nentuin produknya…saya pinginnya berjangka 1-3 th an…

        • Broker Forex says:

          kalau yang berjangka 1-3 thn disarankan jangan ikut reksadana, tapi mungkin bisa di instrument lainnya, seperti misalkan emas ataupun berbisnis property ya (property butuh modal agak besar).

  30. wielung says:

    tolong tanya, menurut Anda amankah untuk membeli produk di perusahaan Golden Traders Indonesia Syariah (GTIS)? Saya tertarik dengan penawaran mereka untuk membeli emas secara nonfisik (jadi tidak menyimpan emas secara fisik) dengan bunga 4.5% per bulan.

    Terima kasih.

  31. tumex says:

    Pagi masta….thxx a lot..ats ilmunya…saluuuutttttt..!!!!! Mau tanya,klo pake VPS trus akses lwt GSM apa sekuat/stabil spti pake kabel/SPEEDY…

  32. ShinaFebriani says:

    Master mau tanya ,kalo trading online LLG itu aman ga?
    katanya sih perusahaannya terdaftar di BAPEPTI jadi legalitasnya jelas, trus termasuk pialang 10 besar di KBI, saya juga udah coba demo nya lumayan gampang
    linknya : http://www.mahadana.co.id
    mohon sarannya ya. Trims

    • Broker Forex says:

      mahadana itu broker lokal, memang mereka legal kok

      tapi kami tidak menyarankan di broker lokal, karena sistemnya itu buruk, ada komisi besar, modal awal juga besar (tidak cocok untuk pemula), kemudian volume lotnya juga besar2 sehingga pengaturan risk managementnya menjadi lebih susah, margin lebih boros, dan juga lambat.

      apalagi kalau dana anda dihandle oleh marketing brokernya, itu lebih berbahaya lagi Pak.

      Kami pribadi lebih suka trade di broker luar negeri, karena lebih fleksibel, murah, dan lebih bagus (asal memilih yang tepat dan yang aman ya seperti yang terdaftar juga di regulator CFTC)

  33. orang baru says:

    mau tanya lgi saya pernah ditawari bestprofit futures apa bisa dipercaya master????

    • Broker Forex says:

      itu broker lokal, sebaiknya jangan di broker lokal ya, karena sistemnya buruk dan modal besar.
      nggak cocok banget untuk pemula.

      Apalagi kalau dana anda dihandle oleh marketing brokernya, bisa habis tuh

      • orang baru says:

        master mau tanya apakah ada komunitas forek dimalang master agar ada temene sering karena masih awam tentng forek tapi kaya,e tertatarik saya…walaupun temen2 tak ajak dak ada yang mau katnya uang pasti habis.padahal kalau syalihat demonya aslinya simple.kemungkinan profit lebih ada darinpada ikut judi bola’mending forek aja.mohon tanggapanya master

        • Broker Forex says:

          memang daripada judi boleh, lebih baik di forex, karena forex bukan faktor feeling2an.

          tapi memang forex tidak semudah membalik telapak tangan ya agar bisa sukses, melainkan harus butuh proses bertahun2 pula (tergantung pada kemampuan setiap orang juga)

          pelajari basicnya forex dahulu di ebook gratis seperti di: http://www.gainscope.com/forexdasar ya, agar paham dulu tentang dasarnya.

        • bayu13 says:

          master ijin nimbrung…
          haloo orang ngalam, saya MALANG juga mas…hhhhh
          mending baca2 semua komment d situs ini dulu mas biar agak ngerti..
          setahu saya n mnurut situs ini broker local itu semuanya tipe bandar, mending cari broker luar yang terdaftar di CFTC mas, kalo uda nemu broker yang baek nah download demonya latihan dulu sana…hahah

          betul gak master.. :)

  34. orang baru says:

    master mautanya kalau gainscope deposit m banking apa bisa bagaimana caranya

    • Broker Forex says:

      m-banking rasanya gak bisa, karena m-banking tidak bisa untuk transfer ke luar negeri langsung.
      tapi kalau melalui internet banking itu bisa, dan tergantung dari bank anda apakah support atau tidak untuk transfer valas ke luar negeri ya

      • Albinus says:

        om master..selamat malam.
        kalau internet banking bank mandiri bisa gak master untuk deposit dan WD gainscope? hehe…maaf master saya cuma pernah transfer lewat bank aja…kalau bisa lewat internet banking kan lebih enak.. :)

        • Broker Forex says:

          Bank Mandiri kurang tahu kami Pak, karena kami tidak memakai bank mandiri.

          coba ditanyakan saja ke petugas banknya ya apakah bisa internet bankingnya mandiri itu bisa transfer ke luar negeri atau tidak.

          yang kami tahu yang internet bankingnya bisa ke luar negeri itu di Bank BCA yang jenisnya Bisnis (klikbca bisnis), lalu bank Commonwealth, HSBC, Panin, CIMB Niaga itu bisa.

  35. herry_setia@yahoo.com says:

    Hallo Master,
    saya sangat tertarik untuk melakukan secara aktif ber-online trading forex ataupun emas.

    Karena saya belum pernah melakukannya dan ingin tahu lebih banyak maka tolong diberitahu link literatur yang mudah dimengerti dan dipelajari sebelum saya memulai bertrading.

    Terima kasih

  36. putri says:

    selamat siang master mau tanya ni di pt asuransi jiwa wanaartha dengan produknya yang bernama wal invest. menawarkan investasi plus asuransi jiwa dengan bunga 8.75% pertahun dan bunganya dibayar perbulan kontrak 1 tahun tanpa potongan pajak menurut master .apakah produk tsb boleh diikuti ?mengingat deposito bank baru 5.5% dipotong pajak lagi .berarti bunganya 2 kali dari bunga bank apakah rasional .mohon pencerahan master terima kasih///

    • Broker Forex says:

      mereka itu tidak dijamin oleh LPS, jadi tergantung kepercayaan anda saja dengan perusahaan tsb.

      Kalau kami tidak minat disana, karena kecil banget, dan hampir sama dengan deposito.
      lebih baik di reksadana saham Bu

  37. hdyrusli says:

    master, mo tanya dong. klo AVO.INC itu gimana? aman gak ya?

  38. Nawi Van says:

    Master yang baik, mau tanya kalo http://www.godirectorclub.com aman gak? masalahnya merea menawarkan jasa investasi dan bekerja sama dengan bank syariah dan sinarmas
    Mohon dijawab Master
    Thanks

    • Broker Forex says:

      itu sih money games Pak yang dikemas seperti MLM jualan produk. lebih baik jangan ikut ya.
      buang2 waktu tapi dapetnya tidak seberapa dan capek hehe…
      (indah di kertas, tapi prakteknya setengah mati. Yang enak cuman bossnya saja)

  39. cyberich says:

    mohon bantuannya u/ menelusuri http://www.gbond.weebly.com
    web aslinya apa ya bos? itu uda pasti scam ato bukan?
    global bond inc. apakh benar memiliki instrumen invest berjangka sperti yg di maksud? mohon penjelasannya ya bos?
    makasih

  40. nibunasah says:

    Master pengen nanya nie…

    baru tau klo instaforex begitu..suka ngfreezzz ampe loss mulu.. klo dibandingin ama http://www.uwcfx.com saya pake demo account lancar aja jalannya, klo menurut master uwcfx.com gimana, aman atau tidak, ???

    Trims..

    • Broker Forex says:

      uwcfx ini broker kecil dari cyprus, kalau kami pribadi tidak menyarankan disana, karena cyprus ini negaranya saat ini sedang krisis ekonomi berat lo, sampai2 bond pemerintahnya dikategorikan Junk. jadi lebih baik jangan pak

      tapi daripada instaforex, memang lebih baik di uwcfx tsb

      • Nardy says:

        maaf Master pengin nanya…..utk penawaran dr Futuregreen Indonesia ( FGI ) dg saham pra IPO C2e gmn itu ….Trims

        • Broker Forex says:

          Hati2 Pak, karena itu HYIP, dan C2E itu saham sampah lo
          hindari itu Pak.

          kalau saham yang bagus tidak akan ditawarkan model MLM atau money games seperti itu.

          Baca ini juga mengenai warning dari pemerintah AS perihal saham2 pre IPO seperti itu ya
          http://www.sec.gov/investor/alerts/pre_ipo_scams.htm

          • Nardy says:

            Maaf master…..klau C2E sendiri apa benar sdh terdaftar d nasdaq, krn pernah kt check di yahoo finance jg sdh terdaptar dan harga pra IPOnya jg sdh ada itu gmn master…..makasih penjelasnya…

            • Broker Forex says:

              tidak semua saham yang terdaftar di NASDAQ itu bagus, banyak juga saham sampah
              nah C2E itu salah satu saham sampahnya.

              jangan ya Pak.

              mereka sengaja di IPO kan supaya untuk cuci tangan saja, boss mafianya sudah dapat keuntungan banyak (karena harga book valuenya sudah di-upkan), sedangkan investornya gigit jari doang sahamnya tidur terus dan jadi saham sampah

  41. grandFX says:

    dan satu lagi masta
    bagaiman menurut masta tentang reksadana yg di tawarkan oleh MNC
    yg sy liat dari iklan di TV
    cm 1 juta sudah bisa melakukan investasi.

    kira2 bagaiman prospeknya kedepan tentang MNC ini masta?

    terima kasih

  42. grandFX says:

    selamat siang masta
    mohon petunjuknya
    saya mempunyai plan tentang investasi di reksadana saham
    tp aku masih nubi banget masalah reksadana
    dimana sy bisa belajar steb by steb tentang reksadana saham ini?
    seperti saran masta untuk melakukan investasi reksadana saham di perusahan seperti
    Schroder, Manulife, BNP Paribas dan Panin Sekuritas (Panin Dana Maksima)
    tp aku masih bingung untuk memulai dr awal langkah2nya?
    klo masta mau membimbing kami
    sy sangat berterima kasih kepada masta.

    terima kasih

    • Broker Forex says:

      mudah kok Pak, karena reksadana ini tidak rumit

      Bapak bisa mendatangani bank yang menjual reksadana tersebut, dan kemudian bisa bertanya kepada relationship manager (RM) untuk menjelaskannya.

      • grandFX says:

        makasih masta atas responnya

        jadi ini kita harus melakukan secara real ya menanyakan ke pihak perbankan
        apakah ada investasi reksadana saham yg dilakukan secara online masta?
        namun reksadana sahamnya seperti yg masta rekomendasikan.

        terima kasih.

        • Broker Forex says:

          iya.
          yang online ada Pak, itu bisa melalui bank HSBC
          (kalau kami di HSBC Premier)
          kalau di HSBC yang non premier nggak tahu ada atau tidak yang online, coba ditanyakan ke bank HSBC ya.

          yang bank lain rasanya juga ada, mungkin di CIMB Niaga, kami kurang tahu kalau di bank lain untuk onlinenya tsb

  43. mudpeuyeum says:

    Salam Master, mau tanya:
    1. tentang bisnis yang lg heboh sekarang yaitu https://www.stiforp.com
    Gmn menurut master bisnis tersebut?

    2. Klo unit link di Commonwealth Life itu bagus g? trus apakah aman uang kita yang diinvestasikan di sana?

    terima kasih Master sebelumnya.

    • Broker Forex says:

      1. stiforp itu HYIP, dan berbahaya banget. Jangan ikut ya

      2. Commlife itu bagus dan aman. Tapi saran kami, ikutlah yang reksadananya langsung saja Pak, karena returnnya lebih maksimal.
      Misalnya ikut produk BNP Paribas Solaris, atau BNP Paribas Star di bank commonwealth tsb

  44. alexandria says:

    Master,.. saya mau nanya tentang investasi di MFCClub, jejaring sosial Mface dengan cara membeli token yang ditawarkan pihak MFace kepada publik.. keuntungan akan kita peroleh setelah harga saham naik dan terjadi split, sehingga jumlah token kita bertambah. kalo menurut pantauan sih harganya naek terus dan tokennya laris manis…kira-kira menurut Master gimana.. thank uuu

    • Broker Forex says:

      itu sama Pak, model2 HYIP bersistem baru, kami sarankan jangan ikut ya

      tapi kalau untuk iseng2 berhadiah gpp. Tapi jangan segala waktu, tenaga dan uang anda dicurahkan disana, bisa habis dan kacau entar.
      karena begitu2 itu ada masanya, dan sewaktu2 bisa scam dan sangat berbahaya.

  45. wayandodik says:

    slmt pgi master,,,salam kenal,pak,,mohon petunjuknya ttg http://www.banc de binary.com ,mnurut bpk gimn ttg broker luar ni?trima kasih pak

    • Broker Forex says:

      Itu broker untuk trading binary options, kami tidak menyarankan trade disana, karena itu menjurus ke gambling
      dan itu bukan trading loh. tapi Betting

      broker yang terbaik untuk betting seperti binary ini biasanya di betonmarket

  46. mamansp says:

    selamat pagi master,,,mohon maaf klw sy kembali bertanya…

    sya mau menanyakan mengenai produk asuransi kesehatan yang dikeluarkan perusahaan asuransi AXA untuk produk maestro hospital plann
    disana mereka mengklaim bahwa setelah masa polis habis, premi akan dikembalikan 70% setelah masa kontrak selesai
    klw menurut master apakah itu aman…karena klw menurut saya itu bagus selain kita menabung kitapun dapat manfaat proteksi untuk kesehatan walaupun pengembalian preminya dipotong 30%.

    ini link nya
    http://www.axa-financial.co.id/product/asuransi-dasar/maestro-hospital-plan

    terima kasih master atas jawabannya,,,semoga selalu sukses

    • Broker Forex says:

      AXA itu bagus dan aman kok Pak, jadi tidak apa2 kalau mau ikut asuransi tsb, apalagi kalau belum punya asuransi :)

      Beberapa perusahaan asuransi yang layak diikuti itu seperti di prudential, acelife, sequis life, allianz, generali, manulife, dsb…

      • mamansp says:

        ok master terima kasih atas jawabannya

        sangat membantu sekali saran dan masukan dari blog ini, semoga tetap selalu menjadi blog yang selalu memberikan edukasi terutama bagi masyarakat yang baru mengenal dunia investasi, agar tidak terjebak kedalam investas yang salah.

        sukses selalu untuk master…

  47. mamansp says:

    halo master…salam sukses

    sesuai saran master mengenai investasi untuk jangka panjang dengan memilih reksadana saham, dan saya ingin memilih citybank sebagai tempat berinvestasi RD saya klw menurut master produk reksadana saham yang layak untuk dipilih dari citybank itu apa yah, soalnya banyak sekali produk RD dari citybank dari informasi yang saya dapat dari website nya.

    terima kasih master atas tanggapannya

  48. kotarominami says:

    met malam menjelang pagi master..
    mau tanya kalau http://www.mface.me itu apa ya ?

  49. alfan khaeri says:

    master, nanya lagi soal trading emas di gainscope, apa tidak bisa memulai dengan modal kurang dari $1000, semisal hanya punya modal $250 aja. terus gimana trik2nya dalam trading emas ini, kalau misal kita lepas saja misal dalam satu minggu gimana resikonya, kan emas naik terus master, mohon penjelasannya sebelumnya terima kasih.

    • Broker Forex says:

      trading emas di Gainscope.com itu bisa dengan $250 saja kok Pak.

      untuk trade emas, ini ada artikel bagus dari teman kita Pak Simon di http://www.brokeremas.com , itu ada info dari main emas dengan aman.

      dan emas itu untuk investasi sebaiknya, jadi anda beli emas lalu difloating jangka panjang itu bagus kok, karena trend panjang emas memang naik.

      • alfan khaeri says:

        makasih master infonya, mau nanya lagi menurut master trading emas lebih mudah profit dibanding trading forex nggak terutama bagi pemula, saya sudah buka broker emasnya pak simon, beliau sarankan minimal depositnya $1000, banyak pengetahuan saya dapatkan sayangnya saya belum bisa posting comment disitu. terima kasih lagi master

  50. abbas says:

    salam masta, mau tanya https://www.permanentfund.net/index.php aman g ? thanks masta oh iya sama ini masta http://www.worldshopperslink.com gmn masta? dtunggu pnjelasannya thanks…salam sukses selalu

  51. mamansp says:

    selamat malam master,,,

    saya berniat untuk berinvestasi direksadana saham untuk tabungan masa pensiun nanti (longterm) kira-kira menurut master saya harus memulai dari mana dan rekomendasi tempat untuk berinvestsi yang kredibel dan bagus dimana?
    mohon bimbingannya

    terima kasih,,,semoga master selalu sukses

    • Broker Forex says:

      investasi di reksadana saham sangatlah tepat dan berguna untuk masa pensium

      dan kami sarankan anda bisa menghubungi di bank , seperti di HSBC, Commonwealth, Standard Chartered, BII, CIMB Niaga dan sebagainya.

      untuk reksadana yang tepat, bisa mengikut petunjuk di artikel kami tersebut ya

      kemudian mengenai cara masuknya , Bapak bisa menghubungi pihak bank tersebut

  52. Albinus says:

    om Master, saya mau tanya tentang investasi ini.
    sistem investasi (misalnya di saham atau di obligasi atau yang lainnya) gimana?kalau kita sudah beli sahamnya atau sudah berinvestasi ini lanjutannya gimana?apa tinggal pantau saja?
    apa tidak seperti trading forex yang bisa MC begitu?

    • Broker Forex says:

      saham, obligasi, reksadana itu boleh2 saja. Dan kalau sudah beli maka tinggal dipantau saja.
      atau titip ke relationship manager (RM) anda untuk membantu memantaunya, jika sudah profit sekian persen maka bisa laporkan ke anda, atau kalau ada perkembangan2.

      dan investasi seperti saham, obligasi, reksadana itu tidak bisa MC. Karena sistemnya itu investment.

      • Albinus says:

        memantaunya gimana master?
        kalau RM itu apa si?dari mana asalnya gitu master?lalu mengapa mereka mau menerima titipan investasi kita?

        ooh tidak ada MC, kalau misalnya yang kita tanami saham itu bangkrut duit kita hilang juga gak master?

        • Broker Forex says:

          RM itu istilahnya seperti personal account office untuk Bapak, dan mereka membantu pengurusannya . Tapi tidak mengelola uang anda.

          dan reksadana nyaris tidak bisa bangkrut, karena merupakan kumpulan dari saham2 unggulan penopang perekonomian negara, seperti unilever, astra, telkom, BCA, BRI, Mandiri, nah kalau itu sampai bangkrut maka Indonesia juga akan hancur menjadi jaman batu Pak :)

          • Albinus says:

            bagaimana kita bisa menemukan RM? dan berapa biayanya untuk menerima bantuan dari RM ya master?

            oh ya master, untuk reksadana itu berarti modalnya harus di atas 100 juta ya master.?

  53. inong says:

    Jumpa lagi Master…..

    Saya mendapat tawaran investasi dari reveral…. Dia bilang ini bukan HYIP murni…. Ini bahkan akan menjadi bisnis terbesar di masa yg akan datang….. Penawarannya sangat menggiurkan…. Sbb: http://www.profitclicking.com/……. Lalu disuruh liat buktinya…. http://www.jsstripler.in/

    Bagaimana menurut master?

    • Broker Forex says:

      Itu Scam Pak dan penipuan.
      JSS dan Profitclicking itu Scam semua

      hati2

      • inong says:

        OK masta, satu lagi…
        Kemarin saya diberi pandangan oleh sang refferral nya sbb:

        Katanya, Kalo PC  (profit clicking) itu bukan HYIP. Ini bisnis periklanan. PC ini udah bertahan dari tahun 1997 dulu namanya JSSTRIPLER. 
        dibuat oleh Top Marketer Papan Atas Dunia Frederick Mann yang website sebelumnya http://buildfreedom.com/ pun masih AKTIF hingga saat ini..
        Pemiliknya juga sudah punya BRAND di Dunia Internet Marketing. 
        Lebih dari 50 juta website di dunia merekomendasikan Fraderick Mann

        Bahkan akan di berikan hadiah $1.000.000 untuk yg bisa menemukan cacat dari sistem ini, yang membuat bisnis in tidak mampu membayar member nya

        Apa semuanya benar atau cuma teknik marketing saja? 
        Terus terang saya sudah tinggal selangkah lagi untuk deposit…
        Klo calon scam  ya saya akan mundur…

        Mohon sekali lagi pencerahannya…

        • Broker Forex says:

          Kalau kami ngomong itu teknik marketing saja.
          dan juga kalau anda kerja seperti JSS itu tidak ada prospek masa depan.

          lebih baik mengerjakan hal2 lain yang lebih realistis dan bukan yang berisi mimpi2 ya

  54. leonanda says:

    pak saya mo tanya, baru2 ini teman saya invest di situs ini https://avo.net/index.php
    apakah itu situs terpercaya?
    mohon masukannya pak, sebelum saya terlanjur ikut terjun invest di situs itu
    thQ

  55. belajaryuk says:

    Master, saya mau tanya mengenai bentuk pasar forex berikut:
    -jika kita melakukan transaksi dengan menggunakan leverrage 1:100, atau 1:200 (margin trading)
    maka, apakah uang kita (transaksi kita) masuk ke dalam pasar yang sebenarnya??
    dan jika IYA apakah transaksi kita dapat mempengaruhi pasar yg sebenarnya tersebut??

    ataukah Margin Trading hanya mengikuti harga pasar saja, namun pasar yg terbentuk adalah antara pelaku margin trading dan brokernya saja???

    Mohon jawabannya. TKS

    • Broker Forex says:

      - Tergantung jenis brokernya. Kalau jenis brokernya non dealing desk atau ECN maka bisa berpengaruh, tetapi super sangat kecil sekali, mengingat perputaran forex itu trilyun USDollar per harinya

      kalau brokernya dealing desk maka tidak berpengaruh.

      • belajaryuk says:

        - gainscope, gaincapital, instaforex termasuk dalam jenis broker apa pak? dealing desk atau non dealing desk, atau kedua2nya (hybrid)??

        - Misalkan saya deposit di instaforex $500 leverage 1:100, kemudian saya buy EURUSD dgn lot 0,1. Apakah pasar yg terbentuk adalah antara pelaku margin trading instaforex dan broker instaforex (transaksi tidak diteruskan ke pasar sebenarnya)?

        • Broker Forex says:

          - Gainscope non dealing desk, teregulasi.
          - Gain Capital itu hybrid (dia ada yang ecn, ada juga yang hybrid), teregulasi dan bagus.
          - Instaforex itu dealing desk dan tidak teregulasi benar.

          Kalau di Instaforex itu pasti tidak diteruskan ke pasar, tapi diteruskan ke kantong pribadi si bandar :)
          di instaforex itu hanya grafiknya saja yang sesuai pasar, tapi eksekusinya tidak diteruskan ke pasar.
          Instaforex nggak bagus Pak

          serta hindari broker2 dari Rusia ya, karena banyak nakalnya.
          dan rusia itu belum ada regulatornya sebenarnya (yang ada hanya semacam komunitas saja).

  56. alfan khaeri says:

    master, mau ikut nimbrung nih,
    1. saya baru coba reksadana mitra syariah, gimana master bagus nggak kinerjanya.
    2. saya juga coba forex gainscope yang demo, tapi kok nggak bisa nutup transaksi, terus saya coba tekan2 eh malah keterangan perkembangan harga pasarnya yang dibawah chart ilang master, gimana master
    terima kasih

    • Broker Forex says:

      1. kami lebih menyarankan di produk2 schroder, bnp paribas dan manulife, karena performancenya lebih bagus lo pak

      2. mungkin anda salah pencet, coba dipelajari di panduan MT4 nya atau tanya ke Petugas CS nya ya

      • alfan khaeri says:

        terima kasih master, sekalian nanya lagi hehe..
        kalau langsung beli saham di tri megah securities gmn menurut master, mohon advicenya makasih sekali lagi atas bagi-bagi ilmunya

        • Broker Forex says:

          bagus kok Pak itu.
          Trimegah itu perusahaan sekuritas terpercaya untuk beli2 saham lokal ya

        • alfan khaeri says:

          master, mau nanya lagi soal reksadana. tanda bukti bahwa kita memiliki unit penyertaan di produk reksadana itu bentuknya apa dan bagaimana kita tahu kita sudah punya berapa unit penyertaan, apakah bisa dilihat secara online, soalnya saya tanya pada agennya kok agak kebingungan, mohon petunjuk master

          • Broker Forex says:

            ada bukti formulirnya, selain itu anda akan dikirimi surat ataupun email setiap bulannya mengenai bukti penyertaan anda tersebut bila telah subscribe.

            ada juga bank yang bisa dilihat secara online, seperti di HSBC itu bisa

  57. gands says:

    master, apa itu pasw investor, gunanya apa saja investor ini, trus di account live ada tombol accoun investor ini diapakan, diklik apa dicentang apa ga usah, apa konsekuensinya… thanx jaster

    • Broker Forex says:

      password investor itu adalah untuk read-only saja, jadi orang lain bisa melihat transaksi trading seseorang tanpa bisa melakukan apa2, jadi hanya untuk melihat saja

      dan password investor itu bisa dibuat sendiri

  58. antoni87 says:

    master saya mau trading dengan depo awal sebesar $250. kira-kira berapa lama kita baru bisa berkembang?catatan : kita trading setiap hari. pada ulasan-ulasan yang lain, master mengatakan butuh waktu bertahun-tahun. trus mana yang lebih menguntungkan leverage 1:100, 1:200, 1:400? profit 1pip tu itu berapa $?
    mohon maaf master kalo ada pertanyan yg gak nyambung. maklum, SUPER PEMULA.
    suskses selalu buat brokerforex.

    • Broker Forex says:

      tidak bisa dipastikan Pak, karena itu semua bergantung kepada faktor kemampuan seseorang juga.
      dan berkembangnya juga berkembang menjadi berapa itu juga berbeda2 antara orang yang satu dengan yang lainnya kan :)

      leverage itu biasanya gunakan standard saja 1:200. Karena yang paling penting di trading forex itu bukan di leveragenya tetapi adalah di risk managementnya

      1 pip berapa $ itu tergantung dari volume lot yang anda perdagangkan, kalau 0.01 lot maka per pip nya = $0.1 , kalau 0.1 lot = $1 , kalau 1 lot = $10.

      • antoni87 says:

        mo nyambung pertanyaan lagi neh master..
        soal risk management..
        itu maksud nya apa ya master? apakah berupa settingan, atau apa.. mohon di jelaskan sesimple mungkin dengan bahasa awam ya master..
        saya mau belajar dl sebelum terjun ke dunia trader..
        maap ya mmaster, saya merepotkan.

        • Broker Forex says:

          risk management yaitu pembatasan resiko, dan itu bukan settingan, melainkan suatu strategi trading.

          jadi kalau trade, jangan difloating terus tanpa SL dengan harapan pasar akan rebound, padahal nanti justru akan semakin terpuruk.

          Kecuali kalau strategi anda mendukung untuk difloating atau diaverage, maka boleh tanpa SL (biasanya teknik ini adalah di emas, atau di saham yang tujuannya untuk long term investment)

  59. kotarominami says:

    sore master,
    maaf ni ada pertanyaan lagi gpp ya ?
    1. saya sudah daftar di gainscope dan sudah dapat no login dan paswotnya.cuma dikasih passwordnya kok pasword trading aja ya? pasword investor gk dikasih?apa bisa request minta pasword investor,emailnya kemana untuk bisa request pasword investor ?
    2. apakah memang cuma dikasih pasword trading saja kalo daftar atas nama sendiri ?
    terimakasih master atas jawabanya.

  60. musttica says:

    mau tanya nih Om, sekarang ini saya pengguna broker instaforex, trus saya berencana pindah ke gainscope sesuai rekomendasi Om. yg mau saya tanyakan berapa fee keseluruhan yang dikenakan, mulai dari fee deposit, fee WD, dan fee transfer hingga sampai kerekening bank lokal.

    • Broker Forex says:

      Gainscope nggak ada fee trading (gak ada komisi) , dan kalau transfer uangnya dengan bank wire biasanya kena sekitar $20-$30 per sekali transfer (biaya ini dikenakan di bank anda) dan tidak peduli jumlahnya berapa biayanya sama. Tetapi kalau dengan Paypal tidak kena biaya sama sekali

  61. amir mukminin says:

    1. kalau reksadana saham berapa minimal modal yang diperlukan?
    2. apa bisa dilakukan secara online dan dimana alamat webnya untuk mendapatkan informasi selengkapnya?
    3. pertanyaan yang ketiga ini agak melenceng ne master, apakah kita tidak bisa melihat atau mengelola rekening trading kita selain dari mt4 di gainscop/fxdd melalui webnya?

    • Broker Forex says:

      1. macam2 Pak, tergantung produknya, tetapi minimum Rp.1 juta kami rasa sudah bisa (tergantung produknya ya)

      2. anda bisa subscribe secara Online JIKA anda sudah menjadi nasabah di suatu bank tertentu. Contohnya : sebagai nasabah di bank HSBC anda bisa membeli reksadana secara online. Coba hubungi di masing2 bank anda ya

      3. harus dengan MT4 Pak, karena MT4 kan software untuk trading, jadi lewat MT4 lebih enak menurut kami. Buat apa ribet2 cari jalan lain daripada nanti kerepotan sendiri lo :)

      • amir mukminin says:

        1. kalau bank BCA ada gak investasi seperti itu master?
        2. seandai nya 1 jt dalam 5 tahun kedepan akan menjadi berapa nilai nya? bagaimana sech perhitungannya?

        • Broker Forex says:

          1. BCA adanya di Obligasi dan Reksadana Pendapatan Tetap. Tapi kalau yang Reksadana Saham belum ada

          2. tidak bisa dipastikan, karena tergantung fluktuatif pasar, tetapi untuk yang lampau2 bisa dilihat performancenya seperti contoh2 diatas.

  62. arma says:

    bagaimana dengan investasi saham apakah sama dengan di dana reksa?bagaimana dengan resikonya master?klo menurut master investasi di apa kiranya yang bunganya lebih besar untuk jangka panjang??dan di bank2 apa yg menurut master lebih ok untuk investasi ini?

    • Broker Forex says:

      Saham juga bagus, ASALKAN tahu caranya dan memilih saham yang tepat.
      Kalau untuk investasi, sebaiknya memilih saham2 yang bluechip dan untuk jangka panjang, dan di bidang yang kebal krisis, contohnya di consumer goods (yaitu Unilever, Indofood, dkknya), dan juga hindari saham tambang ya.
      Kalau perbankan juga boleh, asalkan pilih bank2 yang solid, seperti BCA, Mandiri, BRI itu boleh.

      Tapi kalau anda tidak mau repot, maka di reksadana saham itu sudah cukup. Karena itu juga sama seperti saham langsung.
      dan investasi di reksadana adalah untuk jangka panjang (untuk pensiun kelak) dan pasti lebih tinggi dari bunga bank ataupun inflasi.

      Bank2 yang ok itu biasanya di bank2 asing, seperti di HSBC, Standard Chartered, Commonwealth, Citibank, DBS. Kemudian kalau bank lokal juga bisa, seperti di bank mandiri, mega, dll tetapi kalau bank lokal itu kurang lengkap pilihan produknya.

  63. CashPro says:

    Selamat siang, Master! :)

    Saya tertarik dengan investasi di Reksadana Saham, tetapi saya masih belum terlalu mengerti dengan reksadana itu. Apabila kita melakukan reksadana itu sama seperti melakukan trading fx? Kita hanya mengeluarkan uang modal cuma 1 kali, kan? Apakah nantinya kita harus melakukan injek, apabila terjadi penurunan harga? Dilihat dari tingkat resiko kerugian bagaimana bila dibandingkan dengan trading fx?

    Terima kasih :)

    • Broker Forex says:

      Tidak perlu seperti trading Pak.
      prinsip di reksadana ini seperti menabung, jadi cukup taruh 1x saja sudah bisa

      tetapi kalau anda ingin menabung setiap bulan juga tidak apa2, dan kegunaan menabung di reksadana adalah untuk jangka panjang (diatas 5 tahun) atau untuk dana pensiun anda kelak di usia senja

      dan tidak perlu inject2 lagi kalau terjadi penurunan, karena meski turun maka nanti ujung2nya pasti akan naik lagi. Dan tidak ada istilah auto cut atau margin call di reksadana ini ya

      Reksadana ini berbeda dengan trading forex, karena reksadana ini sifatnya investasi tabungan untuk jangka panjang (kita pasif saja), tetapi kalau trading seperti forex itu seperti berdagang pada umumnya yang bisa mengakibatkan bangkrut, rugi ataupun meraup keuntungan besar dalam waktu singkat (kita harus aktif dan harus memiliki keahlian).

  64. BudiSetiaji says:

    wah, ini artikel yang sangat bagus. membuka wawasan saya tntang dunia investasi indonesia. yang mana sbagian besar masyarakat indonesia belum memahami dunia investasi. shingga banyak yg trjebak dg investasi HYIP dan akhirnya SCAM. anehnya, kejadian ini terus berulang2 dari tahun ke tahun.

    • Broker Forex says:

      iya, hal ini diakibatkan karena kurangnya edukasi, lemahnya hukum di Indonesia, dan juga faktor serakah manusianya yang ingin cepat kaya secara mudah, padahal justru nanti akan semakin terpuruk

Leave a Reply