Sebagian besar dari kalian pasti mengenal dengan emas khususnya kaum wanita, karena sering digunakan sebagai pelengkap sebuah perhiasan. Emas pada perhiasan ini bukan hanya dijadikan sebagai asesoris atau pelengkapan penampilan semata namun juga digunakan sebagai investasi. Hal ini dikarenakan emas dapat dijual dengan mudah dan cepat. Oleh sebab itu, kita kenal sebagai investasi emas. Selain investasi emas, juga terdapat model investasi lainnya yaitu investasi saham. Mungkin sebagian dari kalian belum mengenal istilah saham. Saham didefinisikan sebagai surat berharga yang menunjukan bukti bagian kepemilikan dari suatu perusahaan. Nilai harga saham ini tercatat di bursa efek Indoneisa. Berbeda halnya emas, nilai harga saham ini juga dinamis dan berubah – ubah seiring perkembangan perekonomian dunia. Meskipun begitu tidak sedikit orang membeli emas atau saham untuk dijadikan investasi. Mana yang lebih menjanjikan profit antara investasi emas atau investasi saham. Pada artikel ini akan membahas tentang investasi emas vs investasi saham.

Investasi Emas Vs Investasi Saham

Secara fisik memang bentuk emas dan saham sangat berbeda. Dimana emas dalam bentuk perhiasan atau batangan yang tahan korosi sehingga keutuhan dari emas terjamin namun saham dalam bentuk surat kertas yang mudah sekali hilang atau terkena air sehingga akan sulit untuk dibuktikan keasliannya. Keduanya juga memiliki kesamaa yaitu dengan berinvestasi emas atau saham maka akan mendapatkan keuntungan 10 – 20 % dalam periode 10 tahun. Kondisi ini jauh lebih untung dari pada anda menabung di bank yang hanya mendapatkan 2 – 4 % per 10 tahun. Dalam membandingkan keduanya antara investasi emas dan investasi saham maka anda perlu mengetahui kelebihan dan kekeurang masing – masing.

Kelebihan dan Kekurangan Emas

Memang banyak yang meminati investasi emas sebagai investasi yang menjanjikan. Berikut ini beberapa kelebihan berinvestasi semas antara lain:

Mudah dijual

Kelebihan ini sudah banyak dikettahui oleh orang. Kelebihan emas yang mudah dijual ini sehingga sangat diminati oleh ibu rumah tangga dalam mengantisipasi kejadian tak terdunga di kemudian hari. Apalagi sekarang sudah banyak toko emas hampir disetiap kota ada sehingga memudahkan akses dalam menjual emas – emas mereka.

Bebas pajak

Salah satu keuntungan yang lain dari investasi emas adalah terhindar dari pajak. Kadaan inilah yang mendorong masyarakat untuk berinvestasi emas sehingga ketika emas dijual kembali harganya tidak jauh berbeda ketika mereka membeli emas tersebut.

Melindungi nilai kekayaan

Kelebihan lain dari emas adalah mampu melindungi nilai kekayaan seseorang. Perlindungan terhdap nilai kekayaan seseorang ini terlihat dari harga emas yang cukup stabil bahkan cenderung mengalami kenaikan. Oleh sebab itu, ketika anda ingin menjual emas anda kembali maka harga emas anda tidak jauh berbeda dengan harga emas ketika anda beli.

Selain memiliki kelebihan tersebut, berinvestasi dengan emas juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan investasi emas antara lain:

Resiko Kehilangannya Cukup Tinggi

Sepeti yang anda ketahui, dengan kelebihan emas tersebut banyak orang berusaha memilikinya termasuk dengan cara mencuri. Banyak sekali kasus pencurian emas baik di toko emas atau perampokan bahkan penodongan yang dilakukan di jalan – jalan. Resiko kehilangan emas ini yang menjadi kekeurangan ketika anda berinvestasi emas.

Investasi jangka panjang

Kekurangan emas ini sangat dirasakan bagi anda seorang investor yang menginginkan hasil keuntungan yang cepat. Hal ini dikarenakan harga emas stabil meskipun ada perspektif yang mengatakan ada kecendurungan untuk naik tapi dalam durasi yang lama. Pergerakan harga emas naik dengan prosentasi yag kecil sehingga sangat tidak cocok untuk investor yang menginginkan investasi yang untung besar dalam wsktu singkat.

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Saham

Setali tiga uang dengan investasi emas. Pada investasi saham juga memiliki kelebihan dan kekeurangan. Berikut ini beberapa kelebihan dari investasi saham, antara lain:

Pembagian keuntungan perusahaan ( deviden )

Kelebihan investasi saham yang dicari oleh para investor yaitu adanya pembagian hasil keutungan perusahaan setiap tahunnya. Pembagian ini biasanya dibicarkan pada saat RUPS (rapat umum pemegang saham) terkait prosentasi pembagian berdasarkan kepemilihan perusahaan tersebut. Namun kondisi pembagian keuntungan ini tidak serta merta dikasihkan ke semua pemegang saham akan tetapi ada sebagian yang akan dijadikan sebagai biaya operasional perusahaan agar perusahaan tersebut tetap berjalan.

Lebih mudah memantau harga saham

Salah satu kelebihan saat anda berinvestasi saham ini adalah mudah untuk dipantau pergerakan harga saham apalagi saham perushaaan anda sudah tercatat di bursa efek Indonesia. Keadaaan ini memudahkan anda mengambil keputusan mau keep atau jual saham anda.

Selain kelebihan investasi saham tersebut, berinvestasi saham juga memiliki kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan ketika anda berinvestasi saham, antara lain:

Capital loss

Salah satu kekeurangan yang sering dialami oleh investor saham adalah ketika terjadi capital loss. Kondisi ini dimana harga saham perusahaan anda mengalami penurunan. Jika anda menjual saham anda tersebut maka anda akan mengalami kerugian selisih harga dikalikan jumlah saham yang anda miliki.

Perusahaan bangkrut

Kekurangan ini yang menjadi momok bagi para investor saham yaitu ketika perusahaan tersebut mengalmi gulung tikar. Kondisi ini akan merugikan bagi anda pemegang saham perusahaan tersebut karena tidak lagi ada pengembalian dana dari dana yang telah anda investasikan ke perusahaan tersebut.

Demikian penjelasan terkait investasi emas vs investasi saham. Bagi anda yang hendak menyisihkan dana untuk berinvestasi dan binggung mau investasi emas atau investasi saham maka sebaiknya anda pertimbangkan secara hati – hati dengan memahami kelebihan dan kekurangan masing – masing sehingga anda mendapatkan keputusan yang tepat dalam berinvestasi.

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini

*