Sampai dengan hari ini analisa teknikal dianggap sebagai salah satu bagian terpenting dalam trading dan mengesampingkan analisa fundamental yang dianggap tidak layak dipelajari yang dikarenakan terlalu banyak berita  yang ada di dalamnya.

Namun  apakah pendapat seperti ini betul?

Tak selama-lamanya benar, karna sebagus sebaiknya analisis teknikal tetaplah mesti berdampingan dengan analisis fundamental.

Banyak trader yang hingga kini terkesan sangat meremehkan analisis fundamental dan akhirnya berbuntut dengan kegagalan karna salah dalam memprediksi saat yang pas dalam menerapkan analisis teknikal mereka. Pada analisis teknikal serta fundamental sesungguhnya tak ada yang lebih utama, keduanya mempunyai posisi yang sama serta kebutuhan yang sama.

Banyak orang yang bertanya tanya mengenai seberapa pentingnya sebuah analisa fundamental dibutuhkan dalam trading, jawabannya adalah kalau analisa teknikal anda bisa menentukan kapan harus entry dan exit, maka analisa fundamental adalah faktor penggerak harga. Tanpa adanya faktor penggerak harga, maka analisa sehebat apapun akan sangat percuma

Analisa fundamental

Pertama kalinya terjun ke dunia  forex trading banyak yang mulai pelajari analisis teknikal dengan carayang sangat mendalam yang dikarenakan tertarik dengan bentuk bentuk chart serta candlestik. Serta banyak yang betul benar bikin analisis teknikal ini jadi suatu hal yang begitu mengagumkan dan merasa  cukup hanya analisis teknikal saja.

Moving average, dengan perhitungan rata rata gerakan candle ini bisa memprediksi serta memperkirakan sebuah tren. Kemudian mulai menyandingkannya dengan Bolinger Bands serta sebagian indikator yang lain. Akan tetapi karna lemahnya analisis fundamental semuanya pada akhirnya merasa jadi sia sia.

Salah satu penyebab utamanya adalah salah timing yang dikarenakan tak mempertimbangkan faktor berita yang menjadi faktor penggerak harga dan ini adalah sebuah kerugian yang sangat besar bagi seorang trader. Walau sebenarnya dalam analisis fundamental kerat hubungannya dengan economic moments.

Hal tersimpel yaitu sewaktu semua indikator memberikan sinyal bullish yang sanagt kuat, namun fundamental mengatakan sebalinya. Yang kemudian terjadi adalah harga akan seketika itu juga turun dan mengalahkan semua analisa teknikal yang ada. Inilah yang kemudian tidak diakui oleh kebanyakan trader, dimana fundamental adalah faktor penggerak harga.

Berikut ini kenapa analisis fundamental jadi benar benar penting.

Analisa fundamental

Keakuratan nilai statistik yang tampak dari analisis teknikal bakal senantiasa terpengaruhi oleh analisis fundamental. Perihal ini pula yang kemudian membuat analisis sebagian trader kadang-kadang berlainan, serta seringkali bertolak belakang. Ini karna satu berita yang kadang-kadang cuma berisi satu hasil survey atau hanya berisi pandangan ekonomi secara politik maupun kebijakan moneter bakal benar benar memastikan perekonomian satu negara itu sehat atau tidak. Inilah yang kemudian membuat pergerakan dalam chart

Berita berita besar seperti Non Farm Payroll, interest decission atau CPI hanyakah salah satu contoh dianara banyak berita besar yang tidak dapat terlewat begitu saja

Dari bahasan di atas samhat terlihat kalau banyak trader yang mengalami kerugian cukup besar karena menyepelekan analisa fundamental, ini adalah sebuah kekeliruan terbesar yang dibuat oleh seorang daytrader. Seorang trader professional mestinya harus benar benar mempertimbangkan berita ekonomi yang notabene yaitu aspek besar dalam satu analisis.

Bicara tentang berita ekonomi yaitu bicara tentang logika kenapa satu harga dapat berlangsung. Bisa dikatakan ini adalah psikologi pasar yang mempunyai peranan cukup besar. Sebagai contoh pada  pertengahan 2006 ada kejadian di mana The Fed menambah suku bunga yang semestinya memperkuat dollar, akan tetapi yang berlangsung pada waktu itu yaitu Dollar jadi melemah.

non farm payrolls

Sesungguhnya ini telah terbaca karna sebelumnya The Fed memanglah telah memberi tanda tentang kenaikan ini serta pasar telah mulai bereaksi tentang kenaikan ini.

Disinilah letak keseimbangan pada analisis teknikal serta fundamental, di mana reaksi pasar pada satu berita yang rilis bisa memengaruhi psikologi trading yang selanjutnya bakal jadi satu aspek penggerak harga yang begitu utama.

Analisis fundamental memanglah tak dapat berdiri dengan sendiri, akan tetapi berdampingan dengan analisis teknikal. Keduanya tidak bisa berdiri dengan sendiri serta sama-sama saling mengisi kekurangan keduanya.

 

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini

*