Kemajuan teknologi membuat perubahan pada sendi – sendi kehidupan manusia. Salah satu hal yang sekarang ini naik daun adalah munculnya bitcoin. Bagi anda yang baru pertama kali mendengar kata bitcoin, jangan khawatir artikel ini akan menjelaskan semua tentang bitcoin. Bitcoin merupakan salah satu jenis mata uang digital ( cryptocurency). Dewasa ini sudah banyak broker atau situs yang memperdagankan bitcoin baik itu menjual bitcoin, membeli bitoin atau keduanya menjual dan membeli bitcoin. Memang bitcoin ini masih menakutkan dan membinggungkan untuk sebagian besar orang. Terbukti masih banyak negara yang melarang peredaran dan penggunaan bitcoin termasuk negara Indonesia. Dibalik kondisi yang menakutkan dan membinggungkan tersebut terdapat fakta unik bitcoin yang belum anda ketahui. Pada artikel ini akan dibahas secara lengkap tentang 6 fakta unik bitcoin yang belum anda ketahui.

Secara harfiah bitcoin digunakan sebagai salah satu instrumen investasi diharapkan nilai atau harga jual bitcoin semakin mahal. Namun kenyataannya bentuk investai bitcoin ini berbeda jika anda investasi emas. Hal ini dikarenakan investasi bitcoin dimana harga jual bitcoin itu fluktuatif atau berubah – ubah sesuai dengan ketersediaan pasar. Hal inilah yang menjadi fakta lain jika bitcoin dijadikan sebagai alat investasi. Selain itu ada beberapa fakt unik lainnya pada bitcoin. Inilah 6 fakta unik bitcoin yang belum anda ketahui, antara lain:

  1. Harga bitcoin tergantung pada ketersediaan bitcoin

Seperti yang dijelaskan di awal bahwa nilai atau harga jual bitcoin ini terletak pada neraca permintaan dan penawaran bitcoin. Kondisi ini berbanding terbalik jika anda bandingkan dengan uang resmi negara. Jika uang yang diproduksi dan beredar akan dikendalikan oleh bank sentral dan pemerintah. Sedangkan bitcoin tidak ada lembaga resmi dan khusus yang memproduksi, memasarkan serta mengendalikan bitcoin tersebut. Harga bitcoin ini tergantung ketersediaan bitcoin itu sendiri. Dimana ketika persediaan melimpah maka harga bitcoin turun namun jika persediaan bitcoin menipis maka harga bitcoin akan melambung tinggi.

  1. Jumlah bitcoin terbatas

Fakta unik bitcoin lainnya adalah jumlah bitcoin terbatas. Hal ini terkait dengan jumlah ketersediaan bitcoin dipasaran. Kondisi ini diharapakan agar bitcoin nilainya stabil. Dimana jumlah bitcoin yang beredar di dunia berjumlah 21 juta yang telah dikonversi kedalam kode – kode programing. Melihat jumlah bitcoin yang tersebar di dunia tersebut diperkirakan bitcoin terakhir yang dapat ditambang sekitar tahun 2140.

  1. Transaksi bitcoin 100 % transparan

Setip transaksi jual beli bitcoin telah tercartat di sebuah buku digital yang dikenal sebagai blockchain. Semua transaksi dari awal pembelian bitcoin sudah tercatat di blockchain tersebut. Namun yang dapat mengetahui transaksi tersebut adalah orang yang memiliki weweang untuk melihatnya karena blockchain dapat dilihat jika anda memiliki akses paswordnya.

  1. Transaksi bitcoin 100% aman

Berbeda ketika anda menginvestasikan dalam bentuk emas, karena emas lebih rentan terhadap tindakan kejahatan seperti pencurian, perampokan, penjambretan atau sejenisnya. Namun jika anda menginvestasikan bitcoin maka anda akan merasa aman karean yang dapat mengakses dompet anda hanya anda sendiri asal password anda tidak anda informasikan ke orang lain. Selain itu sudah terdapat beberapa tempat yang menyediakan penyimpanan bitcoi anda. Biasanya tempat tersebut melayani jasa bitcoin wallet ada yang berbayar namun tidak sedikit yang free alias gratis. Penyedia bitcoin ini telah banyak bermunculan di beberapa negara khususnya negara – negara yang telah melegalkan bitcoin ini. Tempat penyedia layanan tersebut biasanya menyimpan bitcoin anda denga hot and cold storage, otentifikasi multifaktor serta beragam kecanggihan instrumen keamanan lainnya.

  1. Tidak ada batasan jumlah pembelian

Bitcoin ini memang sangat unik berbeda dengan sistem keuangan lainnya. Hal ini terlihat dalam proses pembelian, anda tidak perlu membeli bitcoin dengan batas minimal tertentu.  Hal ini dikarenakan tidak ada batasan jumlah pembelian bitcoin. Anda dapat membeli 1 bitcoin atau bahkan hanya membeli 0,0000001 bitcoin. Di dalam bitcoin terdapat nilai terkecil yang dikenal dengan nama satoshi. Dimana 1 satoshi 0,0000001 bitcoin. Kemudahan inilah yang membuat para investor tertarik untuk menjadikan bitcoin sebagai instrumen investasi. Namun jumlahnya yang terbatas serta tidak ada pengendalian terhadap jumlah bitcoin oleh lembaga resmi maka membuta banyak investor merasa ragu untuk menjadikan bitcoin sebagai media investasi.

  1. Jadikan bitcoin sebagai sebagian investasi

Tujuan terciptanya bitcoin sebagai dampak dari perkembangan teknologi ini adalah memudahkan manusia dalam berinvestasi. Bahkan bitcoin bisa juga digunakan sebagai alat pembayaran. Oleh sebab itu jangan jadikan semua bitcoin anda sebagai ladang investasi namun juga jadikan bitcoin anda sebagai alat pembayaran. Selain itu bitcoin tidak ada korelasi dengan bentuk investasi lain seperti emas atau saham. Sehingga berapapun jumlah investasi bticoin yang anda milii tidak akan berpengaruh besar terhadapa tingkat kekayaan anda. Kondisi ini berbeda ketika anda berinvestasi emas.

Demikian penjelasan terkait 6 fakta unik bitcoin yang belum anda ketahui. Bagi anda yang masih ingin menjadikan bitcoin sebagai investasi maka sebaiknya terlebih dahulu anda pahami 6 fakta unik bitcoin tersebut agar anda dapat tepat mengambil keputusan.

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini

*