Bitcoin Exchange adalah pasar digital dimana pedagang dapat membeli dan menjual bitcoin dengan menggunakan mata uang atau altcoin yang berbeda. Bitcoin Exchange adalah platform online yang bertindak sebagai perantara antara pembeli dan penjual kriptocurrency.

Seperti bursa saham tradisional, para pedagang dapat memilih untuk membeli dan menjual bitcoin dengan memasukkan market order atau limit order. Ketika market order dipilih, pedagang tersebut memberi otorisasi pertukaran untuk menukar uangnya dengan harga terbaik yang tersedia di pasar online. Dengan limit order set, trader mengarahkan pertukaran ke koin perdagangan dengan harga di bawah permintaan saat ini atau di atas tawaran saat ini, tergantung pada apakah dia membeli atau menjual.

Online bitcoin marketplace biasanya menyebut pelaku bitcoin sebagai makers atau takers. Ketika pembeli atau penjual memesan limit order, tempat pertukaran menambahkannya ke buku pesanannya sampai harga dicocokkan oleh trader lain di ujung transaksi. Bila harganya sesuai, pembeli atau penjual yang menetapkan harga batas disebut sebagai makers. Seorang takers adalah pedagang yang menempatkan pesanan pasar yang tersedia.

Semua pertukaran bitcoin memiliki biaya transaksi yang diterapkan pada setiap pesanan pembelian dan penjualan yang dilakukan dalam bursa. Tingkat biaya tergantung pada volume transaksi bitcoin yang dilakukan. Misalnya, pertukaran bitcoin Poloniex memiliki tingkat suku bunga berkisar antara 0 sampai 0,25%, biaya GDAX berkisar antara 0 hingga 0,30%, biaya Kraken berkisar antara 0 hingga 0,36%, tergantung ketentuan dari setiap market itu sendiri

Untuk bertransaksi di Bitcoin exchange, pengguna harus mendaftar ke market dan melakukan serangkaian proses verifikasi untuk mengotentikasi identitasnya. Setelah autentikasi berhasil, akun dibuka untuk pengguna yang kemudian harus mentransfer dana ke akun ini sebelum dapat membeli koin. Pertukaran yang berbeda memiliki metode pembayaran yang berbeda yang dapat digunakan untuk penyetoran dana termasuk wire transfer, transfer bank langsung, kartu kredit atau debit, draft bank, wesel, dan bahkan gift card. Seorang trader yang ingin menarik uang dari akunnya bisa melakukannya dengan menggunakan opsi yang diberikan oleh market yang bisa mencakup transfer bank, transfer PayPal, pengiriman tunai,atau transfer kartu kredit.

Selain biaya transaksi dan biaya transfer dana, pedagang juga dapat dikenai biaya konversi mata uang, tergantung pada mata uang yang diterima oleh bitcoin exchange. Jika pengguna mentransfer Rupiah ke market yang hanya berurusan dengan dolar AS, bank atau market akan mengkonversikan Rupiah ke USD dengan biaya tertentu. Menukar dengan pertukaran yang menerima mata uang lokal Anda adalah cara terbaik untuk menghindari biay-biaya lainnya.

Perhatikan bahwa pertukaran bitcoin berbeda dari dompet bitcoin. Sementara yang pertama menawarkan platform di mana pembeli dan penjual bitcoin dapat bertransaksi satu sama lain, yang terakhir hanyalah layanan penyimpanan digital untuk pemegang bitcoin untuk menyimpan koin mereka dengan aman. Agar lebih teknis, dompet bitcoin menyimpan private key yang digunakan untuk memberi otorisasi transaksi dan mengakses alamat bitcoin pengguna. Sebagian besar pertukaran bitcoin menyediakan dompet bitcoin untuk pengguna mereka, namun mungkin dikenakan biaya untuk layanan ini.

BAGAIMANA UNTUK MENEMUKAN BITCOIN EXCHANGE YANG BAIK ?

Ada beberapa bitcoin exchange yang tersebar di dunia maya.Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda, dan banyak pertukaran menawarkan layanan yang berbeda. Negara dan lokasi Anda juga berperan saat menentukan pertukaran mana yang akan dipilih,misalnya Coinbase adalah market pilihan di AS dan Eropa, namun jika Anda berada di Indonesia, Vip Bitcoin adalah pilihan terbaik untuk anda. Saat anda memilih bitcoin exchange, Anda harus memperhatikan banyak hal seperti:

  1. KEAMANAN YANG BAIK

Bitcoin Exchange akan menghadapi usaha hacking setiap hari. Bahkan market terkemuka pun pernah mengalami pembobolan di masa lalu. Wajar saja,karena market bitcoin exchange akan berurusan dengan beberapa hacker paling berbakat di dunia. Meski begitu, Anda pasti menginginkan market bitcoin exchange dengan keamanan yang kuat dan sejarah pembobolan yang terbatas.

  1. NILAI TUKR YANG WAJAR

Salah satu bagian yang membingungkan tentang Bitcoin untuk para pemula adalah nilai tukar. Tidak ada nilai tukar “resmi” untuk Bitcoin ke mata uang lain. Sebaliknya, harga Bitcoin didasarkan pada harga rata-rata Bitcoin di semua market. Salah satu situs yang dapat diandalkan untuk mengetahui rata-rata Bitcoin adalah Coindesk.com. Pastikan exchange yang Anda pilih memiliki nilai tukar yang wajar berdasarkan harga saat ini.

  1. BIAYA

Semua bitcoin exchange memiliki biaya. Anda biasanya akan melihat biaya deposit dan withdrawal, dan juga biaya per-exchange. Pilihlah biaya yang tidak terlalu besar agar tidak menguras terlalu banyak bitcoin anda.

  1. REPUTASI

Cobalah untuk memilih bitcoin exchange yang terpercaya dan sudah lama ada. Tentu, beberapa pertukaran Bitcoin baru mungkin menawarkan tarif dan layanan yang lebih rendah, tapi sampai mereka membangun reputasi yang baik dari waktu ke waktu, Anda harus tetap memilih exchange yang telah memiliki reputasi.

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini

*