Saat terjadinya peningkatan suku bunga, konsumen dan para pebisnis di dunia nyata memiliki banyak cara untuk dapat mengakses kredit yang mereka perlukan untuk perencanaan keuangan mereka. Kali ini kami akan membahas bagaimana seorang konsumen membayar lebih banyak untuk mendapatkan modal yang mereka perlukan supaya bisa mendapatkan modal yang mereka perlukan untuk melakukan kegiatan usaha mereka saat Federal Reserve memutuskan untuk menaikkan tingkat suku bunga.

Apa  yang kami rincikan berikut ini adalah hal hal yang berdampak langsung dari kenaikan suku bunga Federal Reserve yang terjadi belum lama ini. Naiknya suku bunga Fed menyebabkan efek secara langsung pada biaya pinjaman untuk para konsumen, termasuk juga juga para pebisnis yang ingin melakukan kredit dalam dollar AS.

HAL HAL YANG BERDAMPAK LANGSUNG DARI KENAIKAN SUKU BUNGA AS

Suku Bunga Utama

Naiknya suku bunga dapat berdampak langsung pada kenaikan suku bunga utama dimana berpengaruh langsung kepada kredit konsumen. Ini dikarenakan suku bunga adalah basis utama dari kredit konsumen ini.

Bunga Kartu Kredit

Naiknya suku bunga juga berpengaruh langsung pada kenaikan bunga kartu kredit, ini dikarenakan bank menentukan bunga kartu kredit berdasarkan suku bunga dan profil resiko dari peminjam. Mereka yang memiliki tingkat resiko lebih tinggi akan berbeda bunganya daripada mereka yang memiliki tingkat resiko lebih rendah.

Tabungan

Rate pasar uang dan credit deposit (cd) meningkat karena terjadi peningkatan rate suku bunga utama. Teorinya, ini seharusnya dapat meningkatkan tabungan karena mereka mendapatkan pengembalian yang lebih tinggi daripada tabungan mereka. Namun pada kenyataannya, ada kemungkinan orang orang dengan beban utang yang tinggi akan berusaha untuk melunasi semua kewajiban keuangan mereka yang terkait dengan kredit. Dimana kredit mendapatkan dampak langsung dari kenaikan suku bunga.

Hutang AS

Kenaikan suku bunga sebenarnya juga bukan berita gembira bagi pemerintah AS, ini juga berarti kenaikan biaya pinjaman pemerintah AS yang memicu peningkatan utang nasional secara keseluruhan. Laporan dari tahun 2015 oleh Pusat Penelitian Ekonomi dan Kebijakan di Washington mengatakan kalau utang pemerintah AS mencapai 2,9 triliun dollar karena kenaikan suku bunga. Berapa yang harus mereka tanggung pada tahun 2017 ini?

HAL HAL YANG TIDAK BERDAMPAK LANGSUNG DARI KENAIKAN SUKU BUNGA AS

Bunga kredit mobil

Suku bunga zero fed ternyata memberikan manfaat yang sangat besar terhadap industri mobil. Ini dikarenakan sektor ini adalah pinjaman jangka panjang bukan pinjaman jangka pendek yang tidak berdampak langsung dari kenaikan suku bunga.

Bunga Hipotek

Kenaikan suku bunga akan membuat mereka yang mengambil kredit rumah tidak ikut ambil pusing, ini dikarenakan pinjaman mereka adalah pinjaman jangka panjang yang sebagian besar dipengaruhi oleh tingkat inflasi. Jadi kesimpulannya kalau kenaikan tingat suku bunga tapi tidak dibarengi dengan tingginya inflasi maka mereka akan bernafas lega.

HAL HAL YANG MENURUN SAAT TERJADI KENAIKAN SUKU BUNGA AS

Keuntungan bisnis

Ini sudah jelas, dari apa yang dijabarkan diatas sektor bisnis secara global akan sedikit terbganggu saat biaya modal yang mereka perlukan untuk memperluas usaha mereka menjadi lebih tinggi karena kenaikan suku bunga.

Penjualan rumah

Walaupun tidak selalu terjadi bersamaan, kenaikan suku bunga biasanya diikuti dengan tingkat inflasi yang tinggi. Tapi kenaikan suku bunga sudah menjadi sebuah momok bagi mereka yang akan melakukan pembelian rumah secara kredit. Inilah yang kemudian mengakibatkan penurunan tingkat penjualan rumah saat terjadi kenaikan suku bunga.

Pembelian konsumen

Kenaikan suku bunga yang berdampak langsung pada pinjaman kredit termasuk bunga kartu kredit akan meningkatkan pengeluaran konsumen. Tingginya pengeluaran inilah yang kemudian memicu penurunan pembelian konsumen.

HAL HAL YANG MENGHASILKAN SAAT TERJADI KENAIKAN SUKU BUNGA AS

Kenaikan suku bunga akan menjadi berita bagus kepada para pengusaha lokal, ini dikarenakan produk lokal akan menjadi lebih menarik dengan terjadinya penguatan dollar, walaupun di pasar internasional tidak demikian adanya. Sektor perbankan yang mengucurkan kredit juga mendapatkan dampak yang sangat positif dari kenaikan suku bunga AS ini.

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini

*