Kejutan EIA atas Stok Minyak Amerika Serikat

Terlepas dari pesimisme akan kebijakan OPEC terhadap produk minyak, dan laporan dari American Petroleum Institute yang memperkirakan adanya peningkatan sebesar 897.000 barrel pada stok minyak komersil AS, EIA kemudian berhasil membalikkan keadaan dengan hasil yang dirilis pada pukul 21.30 WIB.

Para analis memperkirakan adanya stagnansi harga minyak dikarenakan penurunan jumlah pasokan sebanyak 1.6 juta barrel, namun EIA berhasil melampaui ekspetasi tersebut. Sehingga harga minyak pada Brent and WTI mencatatkan kenaikan yang cukup signifikan.

EIA melaporkan bahwa stok minyak berada pada angka 528.7 juta barrel sampai pada tanggal 21 April 2017, terlepas dari fakta dimana kilang-kilang minyak di AS telah meningkatkan kapasitas produksinya.

Ringkasan Laporan EIA

Hasil rata-rata harian dari kilang minyak di US berada di angka 17.3 juta barrel per hari sampai pada tanggal 21 April 2017; jumlah tersebut lebih besar sebanyak 347.000 barrel daripada hasil rata-rata minggu lalu. Sementara itu, produksi bahan bakar minyak turun dari hasil minggu lalu, dan berada di level 9.7 juta barrel produksi per hari.

Impor minyak mentah ke Amerika Serikat berada di angka rata-rata 8.9 juta barrel per hari (sampai pada tanggal 21 April 2017); angka ini naik sebesar 1.1 juta barrel per hari dari hasil minggu sebelumnya; dan rata-rata bulanan impor minyak Amerika serikat berada di angka 8.1 juta barrel per hari. Impor bahan bakar minyak AS minggu lalu (bahan bakar minyak dan komponen lainnya) berada pada rata-rata harian 916 ribu barrel per hari.

Jumlah pasokan minyak AS untuk keperluan komersial (terkecuali pasokan untuk keperluan militer) berkurang sebanyak 3.6 juta barrel per hari dari hasil minggu lalu. Jumlah pasokan bahan bakar minyak bertambah sebanyak 3.4 juta barrel, dan berada pada batas atas rata-rata bulanan pasokan bahan bakar.

Secara umum, jumlah total produk minyak yang berada dalam stok Amerika serikat berada dalam rata-rata harian 19.5 juta barrel per hari, turun sebesar 2.2% dari hasil pada periode yang sama di tahun 2016. Produk bahan bakar minyak sebesar 9.2 juta barrel per hari. Bahan bakar distilat sebesar 4.1 juta barrel per hari. sementara bahan bakar jet naik jumlahnya sebesar 0.9% dari jumlah pada periode yang sama tahun 2016.

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini