Angka inflasi Kanada naik sesuai dengan ekspetasi pasar di bulan Februari 2017 berdasarkan data yang baru saja dirilis.

Berdasarkan laporan dari Biro statistik Kanada, CPI di bulan ini naik sebesar 0.2% dari hasil bulan sebelumnya, sejalan dengan ekspetasi pasar setelah sebelumnya sempat mengalami kenaikan yang cukup signifikan di bulan Januari 2017 sebesar 0.9%.

 

Pada data tahunan CPI, CPI Kanada melaju ke angka 2% bulan lalu, sedikit lebih rendah dari ekspetasi pasar diangka 2.1%.

  • Harga bahan pangan turun kembali melanjutkan rally 5 bulan berturut-turut, turun ke angka 2.3% (tahunan)
  • Sementara untuk bidang transportasi, mengalami penurunan angka inflasi sebesar 0.8% bulan ini, namun masih dalam angka 6.6% dalam data tahunan.

Core Inflation (dimana tidak memperhitungkan harga pangan dan harga bahan bakar), naik sebesar 0.4% di bulan Februari setelah sebelumnya mencatatkan kenaikan 0.5% dibulan sebelumnya.

Inflasi di Kanada dapat lebih mudah dikontrol apabila harga minyak mentah tetap berada dalam level yang rendah setelah penurunan yang dialaminya beberapa saat yang lalu. Mengingat minyak adalah komoditas utama ekspor negara Kanada, Posisi mata uang Kanada (CAD) akan berada dibawah tekanan; terlepas dari tidak stabilnya perubahan pada angka CPI bulanan jika harga minyak mentah masih berada dalam posisi yang tidak menguntungkan bagi Kanada.

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini