‘The trend is your friend’. Kita semua pernah mendengarnya, dan itu masuk akal secara logis; Tapi dalam praktiknya, nasehat ini sangat buram dan nyaris susah untuk dipraktekkan.sehingga praktis tidak berharga. Pada artikel ini, kita akan berbagi proses lima langkah bagi para trader yang ingin melakukan perdagangan ke tren baru atau ‘segar’ dengan menggunakan price action.

Kenali Time Frame Anda

Trader baru sering bertanya-tanya Time Frame mana yang’ terbaik ”? Ini sangat mirip dengan bertanya ‘suhu apa yang terbaik’. Nah, jawaban untuk pertanyaan itu adalah relatif.

Beberapa orang menyukai yang dingin, namun yang lain menyukainya lebih hangat. Tapi pada umumnya kebanyakan orang berada dalam rentang kenyamanan yang sama.

Chart time frame bekerja seperti ini juga. Tidak ada Time Frame ‘terbaik’. Time frame hanya terlihat berbeda terlihat pada gambar grafik yang sama; Dengan time frame yang lebih pendek atau lebih ketat yang menawarkan tampilan rinci yang lebih terperinci pada tindakan harga jangka pendek.

Jangan Mengejar Breakout

Periode yang sering kali paling berbahaya untuk diperdagangkan pada pergerakan baru juga saat itu terjadi menjadi yang paling menarik, dan saat itulah harga mulai turun dari support atau resistance sebelumnya.

Mengejar breakout, atau membeli setelah harga sudah melewati resistance atau penjualan setelah harga turun melalui support, seringkali dapat menyebabkan trading yang menantang. Bahkan jika Anda benar ke arahnya, Anda sering harus membiarkan posisi itu kembali melawan Anda sebelum pergerakan ‘trend-side’ berlanjut. Jadi, daripada mengejar breakout

Tunggu Support untuk Menunjukkan Resistance (untuk tren naik)

Menanti breakout bisa untuk mencoba kesabaran seorang trader, dan bagi trader baru bisa menjadi olahraga yang menantang sebagai satu-satunya pilihan nyata mereka saat menyaksikan breakout terjadi adalah dengan mengejarnya. Trader bisa membiarkan breakout berkembang, dan membiarkan pasar menetapkan jangka pendek baru ‘higher high’. Setelah setinggi baru ditetapkan, pedagang kemudian dapat menunggu ‘high-low’ berikutnya, dan ini akan sering muncul di atau di sekitar level resistance sebelumnya.

Gunakan Time Frame yang Lebih Pendek untuk Mengkonfirmasi Support

Begitu breakout ditemukan, dan begitu pullback terjadi di bawah garis, para trader dapat mulai merencanakan entri sisi tren mereka. Di sinilah detail dan perincian yang lebih besar dari bagan jangka pendek dapat membantu dari perspektif tambahan yang diberikan.

Untuk mencoba timing entry, trader bisa menunggu pullback untuk mulai melambat. Jadi jika kita melihat pergerakan bullish, kita pasti ingin melihat breakout menghasilkan high-high, diikuti oleh pullback yang membawa harga mendekati resistance sebelumnya; Pada saat mana kita bisa mencari support untuk mulai menunjukkan jangka waktu yang lebih singkat.

Hindari Open Posisi Pada DBD / RBR

Drop-Base-Drop (DBD), yang menandakan bahwa adanya perubahan level/trend di chart dan Rally-Base-Rally (RBR), yang menandakan bahwa adanya perubahan level/trend di chart. Hati hati jangan sampai terjebak di level ini.

  • Perhatikan Trend dari chart anda; selalu open posisi selaras dengan trend. Apabila trend harga naik, maka pasang hanya posisi buy dan tunggu harga di demand level yang telah anda tentukan.
  • Semakin sering level tersebut berganti jenis (dari supply menjadi demand level, dan sebaliknya), maka semakin lemah level tersebut. Hindari membuka posisi di level tersebut.
  • News dalam forex dapat menjadi pendamping analisa anda, sehingga anda dapat melihat peluang jauh lebih cepat daripada trader teknikal lainnya.
  • Disiplin dan Risk Management yang tangguh adalah kuncinya. Ingat, tidak ada trader yang selalu 100% profit dari setiap posisi yang dibuka.

Metode yang sangat simpel ini dapat digunakan dalam pair manapun dan juga dalam time frame manapun, serta bebas dari biaya apapun, karena anda tidak diharuskan untuk membeli software/robot/indikator lainnya.

Ini dikarenakan karena sistem trading yang simpel, metode ini sering juga dikombinasikan dengan analisa lain untuk memperbesar profit dari para trader.

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini

*