Dalam dunia trading ada satu teknik untuk melakukan trading forex tanpa menggunakan satu indikator apapun. Mereka yang terbiasa melakukan trading dengan menggunakan analisa teknikal biasanya memandang remeh teknik ini karena hanya melihat candlestick dan melakukan trading dengan menggunakan price action.

Namun dengan melakukannya secara konsisten setiap hari, anda bisa juga melakukan naked trading ini dan bisa mendapatkan keuntungan dari strategy ini. Pada artikel kali ini kami akan memberikan dasar bagaimana melakukan naked trading yang optimal dan cukup simple untuk anda pelajari.

Banyak yang mengatakan kalau naked trading ini serupa dengan spekulasi karena hanya mengandalkan grafik kosong tanpa indikator satupun, namun anda dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda di dunia trading dengan mempelajari naked trading ini. Dan juga akan membuat anda makin disiplin dengan system trading yang anda miliki saat ini. Dengan naked trading ini anda psikologis trading anda akan makin matang dan sempurna, berbeda dengan spekulasi yang hanya mengandalkan keberuntungan semata, yang tidak akan mengajarkan anda apapun selain berharap sebuah keberuntungan dan keajaiban.

Sebelum anda masuk ke dalam pasar, pertama kali anda harus benar benar mengenal definisi pasar yang pada umumya terdiri dari tiga jenis, antara lain :

Uptrend/Bullish

Downtrend/Bearish

Ranging/Sideways/Konsolidasi

Inilah langkah dasar yang harus anda lakukan pertama kali kalau anda ingin melakukan naked trading :

Pertama, pahami benar benar dan pelajari dasar trading, PASR (Price, Action at Support Resistance). Dimana anda harus memahami benar benar level support dan resistance.

Kedua, pahami benar benar dan pelajari basic reversal candlestick mulai dari SS, Hammer, BU/BE Engulfing, dark cloud, piercing, dan doji yang akan berguna di kemudian hari dalam mengidentifikasi market.

Ketiga, pahami dan pelajari baik baik Fibonacci Retracement untuk mengukur kekuatan sebuah harga dari sebuah tren yang sedang terjadi saat ini.

Ketiga dasar naked trading ini akan membuat sebuah kombinasi sederhana yang sangat profitable, dan dengan memanfaatkan waktu maka anda akan dapat menentukan langkah. Karena terkadang indikator seringkali terlambat dalam memberikan sinyal trading.

Supaya anda dapat makin memahami konsep naked trading ini, yuk kita bahas satu persatu mengenai konsep nakep trading ini dimulai dari dasar dasar support resistance.

Perhatikan gambar dibawah ini, anda akan dapat sangat jelas melihat support dari grafik ini

Kalau sudah, perhatikan gambar dibawah ini. Perhatikan grafik yang sudah kami tandai dengan linkaran merah. Kalau sudah, anda bisa perhatikan level level resistance untuk kemudian anda buat garis garis resistance.

Untuk lebih jelasnya anda bisa perhatikan gambar dibawah ini untuk memperhatikan level level support resistance. Kalau berbentuk seperti ini memang agak ribet, mungkin akan lebih mudah kalau anda buat dalam bentuk garis bantu dengan berbeda warna untuk membedakan mana support dan mana resistance.

Nah setelah anda bisa membaca support resistance, maka langkah selanjut nya adalah bagaimana open posisi dengan mengandalkan support resistance ini. Bahasa kerennya, jadikan level support resistance ini sebagai titik breakout. Cara mudahnya adalah kalau harga bisa melalui support atau resistance, maka akan terjadi pembalikan dimana support akan menjadi resistance dan resistance akan menjadi support. Perhatikan gambar berikut ini.

Bagaimana kalau harga bergerak menyamping dan tidak membentuk suatu garis trend? Apakah tidak bisa melakukan trading?

Jawabannya adalah tetap saja bisa, anda bisa mengidentifikasi swing high dan swing low berdasarkan konsep support resistance dan breakout diatas. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat gambar dibawah ini.

Nah setelah memahami dasar dasar naked trading ini berarti anda sudah siap untuk melakukan naked trading yang berarti trading tanpa menggunakan indikator satupun. Anda tidak harus selalu melakukan naked trading ini, namun dengan memahaminya anda akan membuat system trading anda yang selama ini anda gunakan akan semakin kuat dan disiplin.

Yang terpenting dalam naked trading ini adalah benar benar perhatikan dan kendalikan psikologis trading anda, karena anda harus benar benar dalam kondisi kepala dingin untuk membuat keputusan dalam naked trading ini. Pengambilan keputusan yang tenang dan tidak mengada adakan sinyal trading adalah hal mutlak dalam melakukan naked trading.

Ada banyak peluang dan kesempatan, namun tidak berarti anda harus masuk di semua peluang dan kesempatan ini. Ada kalanya menghindari pasar untuk menghindarkan anda dari spekulasi.

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini

*