Aplikasi Hedge Pasar Uang

Hedging nilai pasar uang dapat digunakan secara efektif untuk mata uang dimana kontrak berjangka tidak tersedia, seperti mata uang eksotis atau yang tidak diperdagangkan secara luas.

Teknik hedging ini juga cocok untuk usaha kecil yang tidak memiliki akses ke pasar forward valuta asing, seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Hedging pasar uang sangat sesuai untuk jumlah modal yang lebih sedikit di mana seseorang memerlukan hedging nilai mata uang namun tidak mau menggunakan opsi perdagangan futures atau mata uang.

Pro dan Kontra Lindung Nilai Pasar Uang

Hedging nilai pasar uang, seperti kontrak forward, memperbaiki nilai tukar untuk transaksi futures. Ini bisa berdampak bagus atau buruk, tergantung pada fluktuasi mata uang hingga tanggal transaksi. Misalnya, dalam contoh sebelumnya untuk memperbaiki kurs euro, Anda akan merasa jauh lebih baik jika euro diperdagangkan pada 1,40 pada waktu liburan (karena Anda telah terkunci pada tingkat 1,3550), tetapi kurang begitu jika itu jatuh ke 1,30.

Hedging nilai pasar uang dapat disesuaikan dengan jumlah dan tanggal yang tepat. Meskipun tingkat penyesuaian ini juga tersedia dalam mata uang ke depan, pasar forward tidak mudah diakses oleh semua orang.

Hedging pasar uang lebih rumit daripada mata uang biasa, karena ini merupakan dekonstruksi langkah demi langkah dari yang terakhir. Oleh karena itu, mungkin cocok untuk melakukan hedging sesekali atau transaksi satu kali, namun karena melibatkan sejumlah langkah yang berbeda, mungkin terlalu rumit untuk transaksi yang sering terjadi.

Mungkin juga ada kendala logistik dalam menerapkan lindung nilai pasar uang. Misalnya, mengatur jumlah pinjaman besar dan menempatkan mata uang asing pada deposito rumit dan tingkat aktual yang digunakan dalam hedging nilai pasar uang dapat bervariasi secara signifikan dari tingkat grosir yang digunakan untuk harga mata uang ke depannya.

Hedging nilai pasar uang merupakan alternatif yang efektif sebagai alat lindung nilai lainnya seperti futures sebagai sarana untuk mengurangi risiko mata uang. Ini juga relatif mudah untuk diatur, karena salah satu persyaratannya hanyalah memiliki rekening bank dalam beberapa mata uang yang berbeda. Namun, teknik hedging nilai ini lebih sulit karena jumlah langkah dan efektivitasnya juga dapat terhambat oleh kendala logistik, serta tingkat suku bunga aktual yang berbeda dengan tingkat kelembagaan. Untuk alasan ini, lindung nilai pasar uang mungkin paling cocok untuk transaksi sesekali atau satu kali saja.

Penutup :

Sebagai seorang investor sekaligus trader yang terbiasa melakukan hedging pada pasar forex dan komoditi, tidak ada salahnya kita mengetahui bagaimana melakukan hedging mata uang pada pasar uang yang sebenarnya. Sehingga kita bisa mengetahui plus minus dari masing masing hedging.

 

 

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini

*