Hedging pada pasar uang adalah teknik untuk melindungi nilai tukar mata uang asing dengan menggunakan pasar uang, pasar keuangan di mana instrumen yang sangat likuid dan jangka pendek seperti surat utang negara, akseptasi bankir dan surat berharga diperdagangkan.

Karena ada sejumlah jalan seperti mata uang, futures, dan opsi untuk hedging mata uang asing, lindung nilai pasar uang mungkin bukan cara yang paling hemat biaya atau nyaman bagi perusahaan dan institusi besar untuk melakukan lindung nilai atas risiko tersebut. Namun, bagi investor ritel atau usaha kecil yang ingin melindungi risiko mata uang, lindung nilai pasar uang adalah salah satu cara untuk melindungi terhadap fluktuasi mata uang tanpa menggunakan pasar berjangka.

Hedging adalah sebuah strategi manajemen risiko yang penting di pasar mana pun, namun ini bukan satu-satunya strategi yang dapat digunakan. Manajemen keuangan menggunakan stop loss dan pesanan take profit adalah cara yang sangat bagus untuk mengendalikan risiko.

Pengertian Hedge Pasar Uang Melalui Forward Exchange Rates

Mari kita mulai dengan meninjau beberapa konsep dasar berkenaan dengan nilai tukar berjangka, karena ini penting untuk memahami seluk beluk lindung nilai pasar uang.

Misalnya, asumsikan bank AS menawarkan suku bunga satu tahun atas mata uang AS (USD) deposito 1,5%, dan bank Kanada menawarkan suku bunga 2,5% pada deposito Kanada-dolar (CAD). Meskipun investor A.S. mungkin tergoda untuk mengubah uang mereka menjadi dolar Kanada dan menempatkan dana ini di deposito CAD karena suku bunga deposito mereka yang lebih tinggi, mereka jelas menghadapi risiko mata uang. Jika mereka ingin melakukan hedging mata uang ini dengan membeli dolar A.S. dalam satu tahun ke depan, maka tingkat suku bunga yang dicakup menetapkan bahwa biaya lindung nilai tersebut sama dengan perbedaan 1% antara AS dan Kanada.

Jika nilai tukar saat ini (kurs spot) adalah US $ 1 = C $ 1,10, maka berdasarkan paritas suku bunga tertutup, US $ 1 ditempatkan pada deposito sebesar 1,5% harus setara dengan C $ 1,10 pada 2,5% setelah satu tahun. Dengan demikian, itu akan ditampilkan sebagai:

US $ 1 (1 + 0,015) = C $ 1,10 (1 + 0,025), atau US $ 1,015 = C $ 1,1275

Dan tingkat forward exchange satu tahun adalah karena itu:

US $ 1 = C $ 1,1275 รท 1,015 = C $ 1,110837

Perhatikan bahwa mata uang dengan tingkat bunga yang lebih rendah selalu diperdagangkan pada premi ke depan terhadap mata uang dengan tingkat bunga yang lebih tinggi. Dalam hal ini, dolar AS (mata uang suku bunga rendah) diperdagangkan pada premi ke depan ke dolar Kanada (mata uang suku bunga yang lebih tinggi), yang berarti bahwa setiap dolar AS mengambil lebih banyak dolar Kanada (1,110837 tepatnya) setahun dari sekarang, dibandingkan dengan kurs spot 1,10.

Hedging Pasar Uang

Lindung nilai pasar uang bekerja dengan cara yang sama seperti forward exchange, namun dengan beberapa tweak, seperti contoh di bagian selanjutnya.

 

Risiko mata uang asing dapat timbul baik karena eksposur transaksi (yaitu, karena piutang yang diharapkan atau pembayaran jatuh tempo dalam mata uang asing) atau eksposur translasi, yang terjadi karena aset atau kewajiban dalam mata uang asing. Eksposur translasi adalah masalah yang jauh lebih besar untuk perusahaan besar daripada untuk usaha kecil dan investor ritel. Hedging pasar uang bukan cara optimal untuk melindungi eksposur translasi – karena lebih rumit untuk diatur daripada menggunakan opsi atau opsi outright – tetapi dapat digunakan secara efektif untuk eksposur transaksi hedging.

Jika piutang mata uang asing diharapkan setelah jangka waktu tertentu dan risiko mata uang yang diinginkan untuk dilindungi melalui pasar uang, ini akan mengharuskan langkah-langkah berikut:

  1. Pinjamlah mata uang asing dalam jumlah yang setara dengan nilai sekarang dari piutang. Mengapa nilai sekarang? Karena pinjaman mata uang asing ditambah bunga itu harus sama persis dengan jumlah piutang.
  2. Konversi mata uang asing ke dalam mata uang domestik dengan kurs spot.
  3. Tempatkan mata uang domestik pada deposito dengan suku bunga yang berlaku.
  4. Apabila piutang dalam mata uang asing masuk, bayar pinjaman mata uang asing (dari langkah 1) ditambah bunga.

Demikian pula, jika pembayaran mata uang asing harus dilakukan setelah jangka waktu tertentu, langkah-langkah berikut harus diambil untuk melindungi risiko mata uang melalui pasar uang:

  1. Pinjam mata uang domestik dalam jumlah yang setara dengan nilai sekarang dari pembayaran.
  2. Konversi mata uang domestik ke dalam mata uang asing dengan kurs spot.
  3. Tempatkan jumlah mata uang asing ini di deposito.
  4. Ketika deposito mata uang asing matang, lakukan pembayaran.

 

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini

*