Salah satu kesalahan yang paling umum dilakukan oleh para pedagang; Bukan hanya trader baru tapi semua trader, adalah kenyataan bahwa mereka sering mendapatkan keuntungan dalam jumlah yang lebih kecil ketika mereka benar daripada kerugian yang mereka ambil saat mereka melakukan kesalahan.

Kesalahan diatas bisa dikatakan adalah salah satu kesalahan utama yang banyak dilakukan oleh trader. Bukan hanya trader pemula saja tapi ada juga trader yang sudah mahir masih melakukan kesalahan diatas.

Artikel ini akan mengajarkan trader untuk menggunakan salah satu indikator terbaik yang tersedia, yaitu Price Action, untuk mengidentifikasi rasio risiko yang berpotensi menguntungkan, di mana para trader mungkin bisa menghasilkan keuntungan yang jauh lebih baik jika mereka membuat keuntungan lebih baik saat mereka benar dibantingkan dengan kerugian yang diciptakan saat mereka salah.

Ini akan sangat memungkinkan para trader untuk berfokus pada satu kesempatan di mana mereka merasa bisa mendapatkan keuntungan lebih jika mereka benar daripada saat mereka salah.

Mengidentifikasi Support dan Resistance dengan Harga Swing

Dalam artikel Price Action Swing, kami melihat cara-cara agar pedagang dapat melihat pada sejarah harga terkini untuk mendapatkan gambaran kasar tentang di mana Support and Resistance mungkin paling banyak beroperasi. Bagan di bawah ini akan menunjukkan serangkaian ‘swing-high’ dan ‘swing-lows’ yang teridentifikasi:

Untuk mengidentifikasi swing harga, kita hanya ingin melihat infleksi lilin pada periode tertentu. Seperti yang Anda lihat pada grafik di atas, pasar telah swing turun, membuat titik rendah sebelum bergerak lebih tinggi.

‘Loncatan tinggi’ adalah kebalikannya. Pasar berosilasi untuk membuat titik infleksi lebih tinggi pada grafik sebelum membalikkan dan bergerak ke bawah.

Kami tidak akan pernah bisa memprediksi kapan swing di masa depan bisa terjadi – tapi kita bisa menggunakan ayunan yang telah dilakukan untuk mengidentifikasi rasio potensi risiko.

Identifikasi Kondisi Pasar

Peran aksi harga bisa berbeda tergantung kondisi pasar yang berlaku. Jika pasar bergerak lebih tinggi, harga akan sering membuat serangkaian ‘high-high’ dan ‘higher-lows.’ Selama tren turun, harga akan sering membuat serangkaian ‘lower-lows’ dan ‘lower-highs’. Bagan di bawah ini akan menggambarkan kecenderungan naik dan turun:

Namun, saat pasar tidak menunjukkan tren price action mungkin akan bertahan dalam harga tertentu dan ini juga bisa digunakan, meski dengan cara yang sedikit berbeda. Bagan di bawah ini akan menunjukkan ayunan tindakan harga di pasar mulai:

Seperti yang dapat Anda lihat pada bagan di atas, hampir semua harga yang tercetak pada tabel tetap berada dalam kotak berwarna ungu.

Mencocokkan Strategi dengan Kondisi Pasar

Setelah seorang trader selesai melakukan analisa mengenai kondisi pasar pada pair mata uang, mereka kemudian dapat mulai menata perdagangan mereka. Catatan penting di sini jika chart yang Anda lihat sekarag sedang menunjukkan sesuatu yang tidak jelas maka Anda pasti tidak perlu melakukan transaksi saat itu. Salah satu bagian yang paling menarik dari pasar mata uang adalah bahwa ada begitu banyak pilihan yang dapat Anda pilih untuk diperdagangkan.

Jika NZDUSD menunjukkan bagan yang tidak jelas dengan kondisi pasar yang sulit diketahui, jangan ragu untuk beralih ke AUDUSD, atau GBPUSD, atau bahkan EURUSD.

Tapi begitu kondisi pasar teridentifikasi, trader bisa mulai menggariskan potensi perdagangan dengan cara menyesuaikan pendekatan mereka terhadap kondisi pasar.

Jika tren naik dan trader mengharapkan pair mata uang bergerak menjadi lebih tinggi, sasarannya adalah untuk ‘membeli rendah, dan menjual tinggi’. Untuk melakukannya, trader ingin membeli saat harga mendekati support, atau setelah swing supaya mendapatkan harga yang benar benar bagus.

Gambar berikut ini akan menggambarkan bagaimana seorang trader dapat melihat untuk menyiapkan rasio potensi risiko terhadap kenaikan pada perdagangan tren.

Setelah melakukan perdagangan dengan cara ini, kita kemudian dapat melangkah lebih jauh lagi untuk dapat menghitung rasio potensi risiko.

Seperti yang bisa Anda lihat, potensial perdagangan ini jauh melampaui potensi risiko. Sebagai soal fakta, potensi dari perdagangan ini  kira-kira 5 kali lipat dari potensi risiko.

 

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini

*