Malam hari ini adalah malam yang sibuk dan padat untuk pair GBP; karena terdapat banyak berita yang dirilis untuk pair ini. Setidaknya terdapat 3 berita dengan skala prioritas penting yang dirilis, dan 2 berita lainnya dengan prioritas sedang.

Yang pertama kita bahas adalah perihal nilai suku bunga oleh Bank sentral Inggris dan voting yang dilakukan oleh komite kebijakan moneter di Inggris.

Bank sentral Inggris memberikan pendapat untuk menjaga nilai suku bunga di angka 0.25 (tidak berubah). Namun untuk voting kali ini, terdapat kejadian yang pertama kali terjadi sejak 8 bulan yang lalu; dimana salah satu member memberikan voting untuk menaikkan suku bunga menjadi lebih dari 0.25.

Adalah Kristin Forbes, member eksternal dari komite kebijakan moneter yang memberikan voting tersebut. Mayoritas voter mempertimbangkan bahwa pertumbuhan angka pengeluaran konsumen dan pertumbuhan pendapatan pekerja masih berada dalam estimasi sebelumnya; sehingga tidak diperlukan perubahan nilai suku bunga. Sementara Kristin Forbes memberikan sentimen akan adanya inflasi dan kondisi tidak menentu akan perekonomian Inggris.

Namun, tetap saja, dalam hasil voting yang dirilis oleh MPC, 8 member mengajukan untuk tidak menaikkan nilai suku bunga; sementara hanya 1 orang member yang mengajukan kenaikan nilai suku bunga.

Kemudian yang kedua adalah pembelian aset oleh Bank sentral Inggris.

Untuk berita ini, tidak terdapat perubahan terhadap angka pembelian aset oleh Bank Sentral Inggris. Tercatat dalam laporan yang dirilis BoE (Bank of England / Bank sentral Inggris, red), nilai uang yang dikucurkan sebesar £435 miliar; sesuai dengan ekspetasi pasar sebelumnya. Dan pada voting yang dilakukan, 9 member menyetujui secara penuh keputusan ini.

 

Highlight :

  • Nilai suku bunga BoE tetap diangka 0.25; tidak mengalami perubahan.
    • 8 member dari komite kebijakan moneter menyetujui, sementara 1 member mengajukan pendapat berbeda.
  • Nilai pembelian aset oleh BoE tetap diangka £435 miliar.
    • 9 member komite menyetujui penuh kebijakan ini.
  • Hal tersebut diatas adalah berita yang netral untuk pair GBP; sehingga diperkirakan tidak ada perubahan arah atau pergerakan signifikan dalam pair GBP.

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini

*