Bagaimana jika ada cara untuk menghasilkan uang dengan cepat sekalipun Anda tidak tahu apakah pasar akan bergerak naik atau turun?

Mungkin saja selama ada volatilitas harga yang cukup.

Dan kapan Anda bisa mendapatkan volatilitas ini? Saat berita seperti data ekonomi atau pengumuman bank sentral dilepaskan! Bagi seorang professional trader, analisa dalam trading forex tidak hanya mengandalkan satu analisa, entah itu analisa fundamental ataupun analisa tehnikal saja. Kombinasi keduanya akan menciptakan sebuah pembacaan yang jauh lebih akurat daripada hanya mengandalkan satu saja. Dua orang trader terkenal dunia yang di wawancarai Jack Schwager dalam bukunya yang berjudul Wizards Market yaitu Ed Seykota dan Jim Rogers mengatakan kalau sangat mustahil seorang trader bisa menjadi sukses kalau hanya menjadi seorang trader teknis. Bahkan menurutnya ia belum pernah menemui seorang pun yang trader teknis yang sukses dan kaya.

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah laporan berita mana yang akan diperdagangkan.

Sebelumnya, kami membahas mengenai rilis berita terbesar.

Idealnya, Anda ingin hanya memperdagangkan laporan tersebut karena ada kemungkinan besar pasar akan melakukan langkah besar setelah rilis mereka.

Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah melihat kisaran minimal 20 menit sebelum rilis berita sebenarnya.

Tingginya kisaran itu akan menjadi titik trading teratas Anda, dan kisaran rendahnya akan menjadi titik trading Anda yang lebih rendah.

Perhatikan bahwa semakin kecil kisarannya maka semakin besar kemungkinan Anda akan melihat langkah besar dari laporan berita.

Poin trading akan menjadi entry level anda.

Di sinilah Anda ingin mengatur order Anda. Level stop Anda harus ditempatkan kira-kira 20 pips di bawah dan di atas titik trading, dan target awal Anda hampir sama dengan kisaran tingkat trading.

Straddle Trade

Ini dikenal sebagai perdagangan straddle. Dimana anda ingin bermain KEDUA sisi perdagangan.

Tidak masalah ke arah mana harga bergerak, strategi pertarungan akan membuat Anda memposisikan diri untuk memanfaatkannya.

Sekarang setelah Anda siap memasuki pasar di kedua arah, yang harus Anda lakukan hanyalah menunggu rilisnya berita.

Terkadang Anda mungkin dipicu dalam satu arah hanya untuk menemukan bahwa Anda berhenti karena harganya cepat membalik ke arah lain.

Namun, entri Anda yang lain akan dipicu dan jika perdagangan itu menang, Anda harus menutup kerugian awal Anda dan menghasilkan keuntungan kecil.

Skenario kasus terbaik adalah hanya satu dari perdagangan Anda dipicu dan harga terus bergerak sesuai keinginan Anda sehingga Anda tidak mengalami kerugian.

Masih banyak lagi strategi untuk memperdagangkan berita, namun konsep yang disebutkan dalam pelajaran ini harus selalu menjadi bagian dari rutinitas Anda setiap kali Anda sedang mengerjakan sebuah pendekatan untuk memanfaatkan pergerakan laporan berita.

Biasanya yang terjadi disini, kemana harga akan bergerak biasanya terlihat dari reaksi pasar beberapa saat sebelum data itu rilis, walaupun terkadang juga tidak bisa dijadikan patokan. Ada kalanya harga akan bergerak naik dan turun sangat cepat sebelum akhirnya bergerak ke satu arah setelah data rilis. Ini disebabkan faktor spekulasi yang muncul dari sedikit bocoran yang terjadi beberapa saat sebelum data itu benar benar rilis.

Cara terbaik dalam memanfaatkan berita berita fundamental seperti ini adalah dengan menunggu reaksi pasar, lalu mengikuti kemana tren itu bergerak setelah data rilis. Memang benar masuk ke pasar sebelum data ada kemungkinan mendapatkan keuntungan yang lebih besar, tapi juga otomatis membuat faktor resiko menjadi semakin besar.

Dengan memahami faktor faktor fundamental seorang trader akan bisa memahami dengan jelas bagaimana sebuah harga bisa bergerak ke level yang sekarang ini, dan kemana harga akan bergerak selanjutnya. Analisa fundamental ini adalah sebuah analisa yang sangat efektif dalam memahami pergerakan sebuah pasar berdasarkan kondisi ekonomi secara umum yang dapat dikombinasikan dengan analisa tehnikal untuk mengetahui laju sebuah mata uang.

Ingat satu hal..

The Trend is your friend

 

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini

*