Dalam tiga artikel sebelumnya mengenai Art Of Ichimoku, Anda sudah mempelajari melihat crossover Tenkan dan Kijun (dimana masing-masing disebut sebagai Trigger Line dan Base Line); dan juga ‘Kumo’ atau ‘The Cloud’. Dalam bagian akhir dari Art Of Ichimoku ini, kita akan menggabungkan elemen terakhir dari indikator menarik ini – yang dikenal sebagai Chinkou-Span, atau “The Filter.”

‘Filter’, seperti yang saya sebut – bisa bekerja sama dengan Kumo, karena ini bisa membantu kita menentukan seberapa kuat ‘sinyal yang terjadi dari crossover Trigger / Base ini.

Chinkou-Span (atau yang dalam artikel ini disebut juga dengan filter) adalah harga sekarang yang diplot 26 periode yang lalu.  Tidak ada perhitungan ilmiah, atau matematika rumit yang dibutuhkan untuk membentuk Cinkou Span/Filter ini, hanya iterasi harga saat ini yang diplot 26 periode terlambat.

Nilai ‘Filter’, dalam menunjukkan di mana tindakan harga saat ini terkait dengan di mana price action terjadi pada 26 periode yang lalu. Jika harga candle saat ini lebih tinggi dari harga 26 periode yang lalu, yang pada umumnya dipandang sebagai BULLISH (harga lebih tinggi dari 26 periode yang lalu).

Jika harga candle saat ini lebih rendah dari harga 26 periode yang lalu, yang umumnya terlihat sebagai BEARISH (harga lebih rendah dari 26 periode yang lalu).

Mari kita jalani beberapa contoh untuk melihat bagaimana para trader menggunakan ‘Filter’, dalam pengambilan keputusan mereka.

Pada contoh di bawah ini, perhatikan bahwa BULLISH Crossover baru saja terjadi di atas Kumo.

Jika Anda ingat dari pelajaran terakhir, maka anda akan mengetahui bahwa ini adalah sinyal BUY yang biasanya ditafsirkan trader sebagai sinyal yang ‘sangat kuat’, karena adanya keadaan antara crossover dan lokasi harga berkenaan dengan Kumo.

Sekarang kita dapat menggabungkan ‘Filter’, ke dalam strategi, kita dapat mengamati bahwa sinyal buy ini berpotensi lebih kuat dari yang awalnya kita duga lalu juga dikonfirmasi oleh fakta bahwa ‘Filter’, berada di atas harga tindakan 26 periode lalu.

Hal ini mengindikasikan bahwa tren tersebut mungkin sangat kuat terhadap sisi positif dan sangat kondusif untuk posisi buy. Trader akan bisa menafsirkan sinyal ini sebagai ‘sangat kuat’, karena sekarang ada Kumo, dan konfirmasi Filter dari sinyal BULLISH.

Keadaan sebaliknya adalah posisi sell. bearish Persilangan Trigger / Base yang berada dibawah Kumo dibuat lebih kuat lagi dengan konfirmasi ‘Filter’, berada di bawah price action 26 periode sebelumnya.

Mari kita lihat contoh di mana ‘Filter’, berpotensi membuat kita tidak memasuki posisi yang mungkin tidak kita inginkan.

Grafik yang ada di bawah ini bisa anda perhatikan bahwa ada 2 Trigger / Base Crossover yang berlangsung di atas Kumo.

Amati sinyal pertama yang akan menjadi sinyal bearish saat trigger telah bergerak melewati

Ini terjadi di atas Kumo, dan ‘Filternya’, juga DIATUR Kumo keduanya menunjukkan BULLISHNESS.

Sinyal BEARISH kita baru saja menerima DISAGREES dengan BULLISHNESS yang kita lihat di Kumo, dan ‘Filter.’

Dan, seperti yang bisa Anda lihat dari grafik yang ada,  sinyal ini tidak akan berhasil dengan baik .

Namun, jika Anda melihat Sinyal 2 yang terjadi tidak lama kemudian, Anda akan melihat bahwa kita memiliki cross BULLISH saat trigger melintasi UP dan OVER Base Line.

Pada Sinyal 2 kita memiliki keadaan  BULLISH Crossover yang sesuai dengan keadaan BULLISH dari Kumo (harga di atas Kumo), dan ‘Filter’, yang berada di atas Price Action pada saat sinyal terjadi.

Trader akan menganggap sinyal LONG BUY ini ‘sangat kuat’, karena ada keadaan yang cukup ideal antara sinyal, Kumo, dan ‘Filter’.

Karena ‘Filter’ ini dibangun 26 periode sebelum harga saat ini, back test manual pada bagian indikator ini bisa menjadi tantangan. Namun ada satu perilaku yang sering digunakan trader untuk lebih mengenal ‘Filter’, adalah uji coba di akun demo; Pengaturan ukuran lot yang diperdagangkan berdasarkan seberapa kuat sinyal itu.

Misalnya saja pada bullish Crossover:

Di bawah Kumo & ‘Filter,dibawah harga 26 periode yang lalu sinyal lemah,anda bisa membuka 1 lot

Crossover berlangsung antara Kumo, Filter di Kumo – Sinyal Moderat, anda bisa mempertimbangkan untuk membuka 2 lot

Di atas Kumo & ‘Filter’, diatas harga 26 periode yang lalu – Sangat Kuat anda bisa mempertimbangkan untuk membuka 3 lot

Pada BEARISH Crossover:

Di atas Kumo & ‘Filternya,’ diatas harga 26 periode yang lalu – Sinyal lemah anda bisa membuka 1 lot

Crossover berlangsung di Kumo / Filter di Kumo – Sinyal Moderat anda bisa mempertimbangkan untuk membuka 2 lot.

Di bawah Kumo & ‘Filter’, di bawah Kumo – Sangat Kuat anda bisa mempertimbangkan untuk membuka 3 lot.

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini

*