Lakukan Riset Broker untuk Melindungi Diri Anda

  • Melindungi diri dari broker yang tidak bermoral di tempat pertama adalah hal yang sudah seharusya. Perhatikan langkah langkah berikut ini untuk membantu anda :
  • Lakukan pencarian online untuk review broker. Pencarian melalui media internet secara generik dapat memberikan anda pengetahuan apakah komentar komentar negative yang ada memang hanya karena ketidak puasan dari trader ataukah memang terjadi sesuatu yang sangat serius disana? Tempat terbaik untuk memulai langkah ini adalah melalui BrokerCheck dari Financial Industry Regulatory Authority (FINRA), yang akan menunjukkan apakah ada tindakan hukum yang luar biasa terhadap broker.

Pastikan tidak ada keluhan tentang tidak bisa menarik dana. Jika ada, hubungi pengguna yang mengeluhkan hal itu dan jika memungkinkan anda bisa bertanya kepada mereka tentang pengalaman mereka.

Baca semua dokumen baik-baik ketika membuka akun. Perhatikan poin poin yang bisa memungkinkan anda mengalami kegagalan menarik dana. Misalnya, jika seorang trader menyetor $ 10.000 ke dalam deposit dan mendapat bonus $ 2.000, dan kemudian trader kehilangan uang dan mencoba menarik beberapa dana yang tersisa, broker tersebut mungkin mengatakan bahwa mereka tidak dapat menarik dana bonusnya. Membaca baik baik poin apa saja yang ada dalam dokumen saat anda membuka akun akan bisa menyelamatkan anda disaat kondisi tidak memungkinkan.

Jika Anda puas dengan penelitian Anda pada broker tertentu, buka terlebih dahulu rekening mini atau akun dengan sejumlah kecil modal. Lakukan trading secara sebulan lalu coba tarik dana anda. KAlau semua berjalan lancer maka anda bisa melakukannya untuk dana yang lebih besar lagi. Namun tetap berhati hati dengan berbagai kemungkinan.

Apakah Broker Mempersulit Saat Mengambil Dana?

Ada suatu broker yang mengenakan charge komisi dan itu wajar, biasanya hanya dikenakan saat trader melakukan trading. Namun adalah hal yang tidak dibenarkan kalau sebuah perusahaan broker mempersulit saat anda akan mengambil dana. Berhati hatilah karena bisa jadi di kemudian hari bukan hanya mempersulit saja namun akan mengambil semua dana anda yang ada di dalam akun anda.

Mempersulit ini dalam konteks artiannya yaitu karena Anda menggunakan suatu teknik trading tertentu seperti Scalping dan kemudian menghasilkan profit yang banyak, tetapi kemudian hasil trading atau profit tersebut tidak bisa ditarik dananya dari perusahaan broker tersebut Karena alasan yang tidak masuk akal.

Selalu Evaluasi Perdagangan Anda

Salah satu tanda paling jelas dari kesalahan trading anda adalah saat anda melakukan jual beli trrrading namun sudah tidak sesuai dengan tujuan investasi anda saat di awal. Misalnya, jika tujuan Anda adalah untuk menghasilkan pendapatan yang stabil untuk saat ini, maka seharusnya anda benar benar disiplin terhadap trading anda dan tidak melihat ke kiri atau ke kanan yang membuat anda menjadi tergoda untuk melakukan trading di tempat yang tidak seharusnya. Karena kalau ini sampai terjadi maka anda sudah melakukan kesalahan terhadap akun trading anda dan menjadi leih serakah dan membuat toleransi resiko anda terhadap kegagalan menjadi lebih tinggi.

Kalau sudah begini maka anda tidak akan bisa menyalahkan broker anda yang menjadikan kegagalan pada akun anda.

BACA HAL INI JUGA MENGENAI CARA-CARA MEMILIH SUATU PERUSAHAAN BROKER

Bagaimana Regulator Mengevaluasi?

Sebuah panel arbitrase akan mempertimbangkan beberapa faktor ketika mereka melakukan dengar pendapat untuk menentukan apakah seorang broker telah mengaduk aduk sebuah akun. Mereka akan memeriksa trading yang sudah dilakukan mengingat tingkat pendidikan, pengalaman dan kecanggihan klien serta sifat hubungan klien dengan broker.

Mereka juga akan mempertimbangkan jumlah trading apakah seimbang antara berapa order yang dilakukan dengan jumlah charge komisi yang dihasilkan. Berapa persentase kerugian yang terjadi akibat kejadian ini, apakah itu kesalahan broker ataupun kesalahan pribadi trader.

Ini dikarenakan memang ada beberapa kejadian dimana broker memang mengaduk aduk atau mempermainkan akun anda untuk kepentingan mereka pribadi. Kalau anda mengalami hal yang tidak mengenakkan ini jangan segan untuk membawa permasalahan ini ke jalur hukum.

Bagaimana Jika Anda Sudah Terjebak Dengan Broker Dengan Reputasi Buruk?

Sayangnya, pilihannya sangat terbatas pada tahap ini. Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

  • Baca semua dokumen untuk memastikan bahwa broker Anda benar-benar salah. Jika Anda melewatkan sesuatu atau gagal membaca dokumen yang Anda masuki, Anda mungkin harus menganggapnya salah.
  • Diskusikan tindakan yang akan Anda ambil jika broker tidak cukup menjawab pertanyaan Anda atau memberikan penarikan. Langkah-langkahnya bisa termasuk mengirim komentar secara online, melaporkan broker kepada FINRA atau badan regulasi yang sesuai di negara Anda.

6 KOMENTAR

  1. Pak bagimana dengan FBS apakah aman?
    jika tidak maka Broker aman apa yang bisa direkomendasikan?
    yang bisa deposit/WD dengan bank lokal, misalnya BCA/Mandiri/BNI

    mohon info dan terimakasih

  2. Fxcm bagus ngga min?
    Trus kenapa waktu saya coba buka fxcm situs tidak bisa dibuka? Apakah harus menggunakan web lainnya?

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini

*