Realitas perdagangan yang terjadi saat ini adalah bahwa lebih dari 90% trader retail yang memulai trading akun live pada akhirnya akan gagal; kebanyakan dari mereka akan kehilangan uang dan penderitaan secara emosional dalam waktu singkat.Trader seperti ini biasanya akan memulai live trading sebelum mereka siap, mereka mempertaruhkan uang yang seharusnya tidak mereka dapatkan, tidak memiliki strategi pengelolaan modal yang jelas, mereka tidak siap secara mental dan kurang disiplin di semua bidang.

Untuk membuat analogi sederhana, apakah Anda akan menempatkan seorang olahragawan yang baru saja bertanding dalam beberapa bulan dan ditempatkan dalam unggulan teratas sebuah turnamen professional? Kedengarannya cukup tidak masuk akal bukan? Nah, sebagai seorang trader, saat Anda masuk kedalam market, maka seharusnya anda masuk dengan semua optimisme dan antusiasme Anda untuk mengalahkan pasar dan menghasilkan uang,

Anda mungkin akan sama seperti olahragawan diatas untuk melakukan sesuatu yang gila. Inilah sebabnya mengapa klise yang saya sebutkan diatas tadi sangat benar; karena begitu banyak orang mulai trading sebelum mereka siap.

Melompat masuk ke dalam pasar dan melakukan live trading sebelum Anda siap, hampir pasti berakhir dengan kehilangan uang Anda. Namun jika anda benar benar sipa dengan semua persenjataan anda dan melakukan trading dengan benar, seperti pengetahuan dan juga pengalaman, maka anda tidak lagi mempertaruhkan uang anda dengan cara yang salah, tapi anda akan dapat bertahan dan tidak akan jatuh seperti kebanyakan trader yang gagal.

Bagaimana jika masa depan Anda (10 tahun dari sekarang), bisa duduk dan mengobrol dan memberikan saran diri Anda saat ini terhadap semua kesalahan yang pada akhirnya menyebabkan kegagalan Anda? Menurut Anda apa yang akan Anda katakan?

Sebuah pesan dari dirimu 10 tahun dari sekarang …

 

– “Bung, jangan trading terlalu banyak, lepaskan saja!”

Hal pertama yang saya katakan pada diri saya yang terdahulu adalah dengan memperlambatnya . Tidak perlu trading dengan sangat keras, tapi sejujurnya, saya telah melihat lebih banyak orang mengepush akun tradingnya lebih dari sekadar trading.Saya juga bersalah melakukan over trading pada hari-hari awal saya, dan saya tahu seberapa cepat hal itu bisa menghancurkan akun trading Anda, pola pikir Anda dan bahkan berpotensi hidup Anda.

– “Bung, tradingkan dengan ukuran posisi yang lebih kecil !!!”

Hal berikutnya yang saya katakan pada diri saya saat ini adalah dengan menghormati dan melindungi uang yang menjadi modal utama dalam trading, Hal yang paling awal diremehkan atau tidak dimengerti oleh para trader adalah bagaimana melindungi modal.

Dengan trading safe dan menjaga konsistensi modal anda maka anda bisa mengambil keuntungan dari pergerakan besar di pasar kapanpun mereka datang, ini adalah salah satu kunci kesuksesan trading jangka panjang .

Modal trading Anda adalah garis hidup Anda di pasar, perlakukan seperti oksigen, tanpanya, Anda tidak bisa ‘bernapas’ di dunia trading, jadi Anda akan mati jika Anda tidak menjaganya.

– “Bung, biarkan trading keluar dari jalur dan manajemen kesabaran.”

Jangan campuradukkan masalah pribadi anda dengan trading anda, lebih sabar dalam trading dan lebih professional dalam memanajemen emosi. Sebagai trader pemula memang sangat sulit untuk menyadari dan menerima kenyataan penting bahwa trading membutuhkan waktu untuk bertransaksi. Bahkan seringkali lebih lama daripada yang diinginan atau diharapkan.

Anda harus menghindari ini semua, jangan sampai emosi anda membuat anda keluar dari jalur atau bahkan keluar dari pasar sebelum waktunya. Gunakan sebagian besar waktu anda untuk memanajemen diri anda dan membuat trading anda menjadi jauh lebih baik.

“Bung, tetap berpegang pada satu strategi”

Menguasai satu strategi terlebih dahulu, lalu menambahkan lagi jika benar benar diperlukan. Anda bisa membangun berbagai strategi untuk trading anda dalam satu waktu sekaligus, namun jangan sampai menyimpang dari strategi utama anda dalam trading.

Seringkali, satu strategi atau pola perdagangan sudah cukup untuk membuat Anda mendapatkan keuntungan.

Ambil napas dalam-dalam, kehidupan dan trading adalah maraton, bukan sprint …

Akhirnya, hal terpenting yang akan saya katakan pada diri sendiri 10 tahun yang lalu adalah sesuatu yang berlaku untuk trading dan kehidupan pada umumnya. Seiring bertambahnya usia, kita belajar, kita mendapatkan kebijaksanaan dan wawasan, dan menjadi modal yang jauh lebih baik lagi untuk kemudian hari.

Satu hal yang bisa Anda terima adalah bahwa kehidupan dan trading keduanya dimenangkan dengan memikirkannya dan memperlakukan mereka sebagai maraton, bukan sprint.

Jadi persiapkan strategi terbaik anda untuk mendapatkan hal terbaik.

 

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini

*