Ini adalah analisa teknikal yang cukup terkenal pada tahun 1930an dimana ada seorang traderyang menciptakan metode untuk perdagangan yang masih berlaku sampai sekarang. Disini kita akan mempelajari bagaimana memperdagangkan titik balik pasar berdasarkan retracemen Fibonacci dan psikologi pasar dengan Pola Gartley.

Banyak trader bertanya bagaimana cara trading yang sudah berumur lebih dari 80 tahun ini bahkan hamper 90 tahun masih berlaku hingga hari ini. Bila Anda menggabungkan tools trading yang sifatnya abadi seperti Fibonacci Retracements dengan ciri khas trader sukses, mudah untuk melihat mengapa metode ini sangat populer. Jika aspek metode trading menarik bagi Anda, senang rasanya memperkenalkan Anda pada pola bagan Gartley.

Apa itu Pola Gartley?

Pola Gartley adalah pengaturan trading yang berbasis aturan yang kuat dan multi aturan yang memanfaatkan kelelahan di pasar dan memberikan risiko besar : rasio penghargaan. Pola ini juga dikenal sebagai “Gartley 222” yang dikarenakan pola ini berasal dari halaman 222 Buku Gartley, Keuntungan di Pasar Saham yang terbit tahun 1935 dan dilaporkan terjual seharga $ 1.500 pada saat itu.

Pola Gartley didasarkan pada titik balik utama atau fraktal di pasaran. Pola ini bermain pada trend reversal exhaustion dan bisa diaplikasikan pada time frame yang Anda pilih. Kunci lain yang membuat pola ini unik adalah Fibonacci Retracements yang sangat penting dan datang bersamaan untuk melengkapi trading plan ini.

Ada pola bullish / long / buying dan pola bearish / short / selling yang sama kuatnya. Sama seperti Anda akan menemukan dengan pola head dan shoulder yang Anda beli atau jual berdasarkan pemenuhan trading plan.

Berikut adalah versi pola yang dipreteli sehingga Anda dapat melihat seperti apa tampilan tanpa harga dan waktu pada tabel.

Pola beli akan selalu terlihat seperti “M” dengan depan yang memanjang. Pola jual akan selalu terlihat seperti “W” dengan kaki depan yang memanjang.

Alat Strategi Gartley

Tiga tools penting untuk digunakan pada bagan Anda saat menemukan Gartley adalah:

Fraktal – Bagian penting tentang perdagangan pola Gartley adalah Anda akan melacak pola dari titik balik atau swing di pasar. Salah satu indikator yang lebih baik untuk mengidentifikasi swing dengan baik adalah Fraktal. Fraktal muncul sebagai panah di atas swing harga.

Retracements Fibonacci akan membuat atau menghancurkan validitas pola. Berikut adalah retracements spesifik yang membentuk pola. Garis retracement Fibonacci adalah garis horizontal yang menampilkan support atau resistance dalam sebuah pergerakan.

Tambahkan Garis (Opsional) – Garis ini akan memungkinkan Anda untuk dengan jelas menarik titik penghubung seperti X ke A, A ke B, B ke C, dan C to D untuk memudahkan pengukuran.

Aturan Strategi Gartley

Titik B harus menelusuri kembali 0,618 dari gerakan XA.

Titik D harus menelusuri kembali 0,786 dari gerakan XA dan membuat zona masuk.

Titik D harus merupakan perpindahan BC yang 1,27 atau 1,618

Titik C harus menelusuri kembali dari 0,382 – 0,886 gerakan AB.

Beli atau Jual di titik D tergantung pada apakah pola bullish atau bearish

Tempatkan stop di bawah entri untuk rasio reward terkuat atau Risk, atau di bawah Point X.

Jika perdagangan pasar melalui Point X, pola Gartley tidak valid dan Anda harus keluar atau tidak melakukan perdagangan.

Bila peraturan ini terpenuhi, Anda dapat menemukan diri Anda berada di puncak perdagangan di Zona Entry. Mengakui poin-poin ini di pasaran benar-benar seperti mengendarai sepeda. Setelah Anda memahaminya, tingkat akan muncul di Chart Anda.

Pola Gartley EURNZD Bearish yang ideal menuju Pengumuman Tingkat Bunga Reserve Bank of New Zealand.

Set up lainnya terbentuk di EURJPY dan sudah mulai dimainkan, Anda bisa menjual di Point D dan menempatkan titik di atas titik X. Point X adalah awal dari pola dan merupakan titik ekstrim pada grafik.

Tips Menutup Menggunakan Pola Ini

Saat memperdagangkan pola Gartley, pola itu dimaksudkan untuk diperdagangkan hanya di D. Jika Anda yakin sebuah pola sedang berlangsung tapi kita hanya berada di titik B, bersabarlah dan tahan sampai kita mencapai D. Kekuatan pola berasal dari gabungan tingkat Fibonacci dari semua titik dari X ke D dan menggunakan pola yang telah selesai untuk risiko yang terdefinisi dengan baik.

Terakhir, ini bisa diperdagangkan pada rentang waktu yang Anda inginkan. Alasan metode ini memiliki track record yang stabil adalah karena hal itu didasarkan pada posisi pasar yang tidak biasa dimana kebanyakan trader takut untuk masuk. Manfaatkan resikonya: pahala tersedia dan berdagang dengan ukuran perdagangan yang tepat.

Pola ini sering terjadi. Bila merasa nyaman dengan menggunakan retracemen Fibonacci untuk mendapatkan support dan resistance, Anda akan menemukan diri Anda mencari poin untuk melengkapi pola Gartley.

 

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini

*