Bagi seorang professional trader, analisa dalam trading forex tidak hanya mengandalkan satu analisa, entah itu analisa fundamental ataupun analisa tehnikal saja. Kombinasi keduanya akan menciptakan sebuah pembacaan yang jauh lebih akurat daripada hanya mengandalkan satu saja. Dua orang trader terkenal dunia yang di wawancarai Jack Schwager dalam bukunya yang berjudul Market Wizards yaitu Ed Seykota dan Jim Rogers mengatakan kalau sangat mustahil seorang trader bisa menjadi sukses kalau hanya menjadi seorang trader teknis. Bahkan menurutnya ia belum pernah menemui seorang pun yang trader teknis yang sukses dan kaya. Kombinasi antara fundamental dan tehniklah yang membuat seorang trader bisa sukses.

Seperti yang sudah dinyatakan oleh Ed Seykota dan Jim Rogers, kali ini kita akan mempelajari mengenai apa itu analisa fundamental, analisa yang banyak dilupakan oleh seorang banyak trader yang idealis hanya mengandalkan indikator dan tehnik trading tehnikal.

 

Analisa trading fundamental itu sendiri adalah analisa yang mendalami faktor faktor yang mempengaruhi kondisi perekonomian sebuah negara yang berdampak langsung pada pergerakan mata uangnya. Dari mengetahui faktor faktor inilah yang kemudian dapat memprediksi kemana mata uang akan bergerak.

Data data yang biasanya digunakan dalam sebuah analisa fundamental antara lain adalah kebijakan kebijakan politik atau finansial, indikator perekonomian, faktor faktor social dan juga kondisi perekonomian baik itu yang terjadi di dalam negeri ataupun yang sedang terjadi secara global. Dari data data seperti inilah yang kemudian membuat sebuah fluktuasi harga dalam sebuah pair mata uang.

Hal paling mudah dan gampang yang bisa diambil sebagai acuan adalah dari kalender perekonomian yang menyajikan data data ekonomi terbaru dan update dari banyak negara penting di dunia yang bisa menggerakkan pasar secara global. Selain dari kalender perekonomian yang dapat dijadikan acuan, berita dan sentiment ekonomi lainnya juga bisa dijadikan acuan seperti misalnya kenaikan suku bunga atau konflik timur tengah yang mempengaruhi laju ketersediaan minyak dan mempengaruhi harga minyak dunia dan juga sedikit mempengaruhi mata uang US.

Analisa fundamental

Sebagai contoh yang sudah disebutkan sebelumnya, kenaikan suku bunga US. Bagi seorang trader professional, adanya berita mengenai kenaikan suku bunga oleh The Fed adalah indikasi utama naik dan menguatnya Dollar US. Dari sentiment ekonomi inilah kita bisa menyesuaikannya dengan pair mata uang yang sedang kita transaksikan, karena data ini akan mempengaruhi hampir semua pair mata uang major terutama yang bersinggungan langsung denga USD.

Contoh ini hanyalah sat dari sekian banyak berita berita fundamental yang bisa dijadikan acuan trading setiap harinya.

SUMBER, JENIS, DAN FAKTOR PENENTU DALAM ANALISA FUNDAMENTAL

Analisa fundamental

Dengan memahami faktor faktor fundamental seorang trader akan bisa memahami dengan jelas bagaimana sebuah harga bisa bergerak ke level yang sekarang ini, dan kemana harga akan bergerak selanjutnya. Analisa fundamental ini adalah sebuah analisa yang sangat efektif dalam memahami pergerakan sebuah pasar berdasarkan kondisi ekonomi secara umum yang dapat dikombinasikan dengan analisa tehnikal untuk mengetahui laju sebuah mata uang.

Ada beberapa faktor yang dapat menentukan pergerakan sebuah mata uang yang kemudian dikelompokkan dalam kategori berikut ini :

  1. Pertumbuhan ekonomi
  2. Kebijakan moneter
  3. Tingkat inflasi
  4. Tingkat pengangguran
  5. Sektor perumahan
  6. Perdagangan internasional dan neraca pembayaran
  7. Tingkat kepercayaan konsumen
  8. Aktivitas bisnis
  9. Surplus/defisit anggaran belanja

Yang kesemuanya ini kebanyakan dikeluarkan oleh instansi pemerintah resmi, media cetak elektronik baik itu televise, Koran ataupun dari website dan juga perorangan. Dari kategori yang terdapat diatas ada lebih dari 50 berita yang dapat mempengaruhi pergerakan mata uang secara langsung. Beberapa diantaranya bisa dilihat dari data dibawah ini :

Analisa fundamental

Data data ini dirilis secara periodik oleh pemerintah US dan juga negara negara lainnya dank arena data data ini mempunyai efek yang signifikan terhadap pergerakan mata uang, banyak trader dunia yang menunggu hasil laporan tesebut untuk bisa melakukan transaksi setelah sebelumnya melakukan analisa secara tehnikal. Data data ini biasanya memberikan efek berantai yang mengakibatkan data bergerak dengan sangat cepat.

Biasanya yang terjadi disini, kemana harga akan bergerak biasanya terlihat dari reaksi pasar beberapa saat sebelum data itu rilis, walaupun terkadang juga tidak bisa dijadikan patokan. Ada kalanya harga akan bergerak naik dan turun sangat cepat sebelum akhirnya bergerak ke satu arah setelah data rilis. Ini disebabkan faktor spekulasi yang muncul dari sedikit bocoran yang terjadi beberapa saat sebelum data itu benar benar rilis.

Cara terbaik dalam memanfaatkan berita berita fundamental seperti ini adalah dengan menunggu reaksi pasar, lalu mengikuti kemana tren itu bergerak setelah data rilis. Memang benar masuk ke pasar sebelum data ada kemungkinan mendapatkan keuntungan yang lebih besar, tapi juga otomatis membuat faktor resiko menjadi semakin besar.

Ingat satu hal..

The Trend Is Your Friend

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini

*