Bill Williams membuat banyak sinyal dan strategi trading yang banyak membantu trader hingga akhirnya dapat berhasil dalam tradingnya, salah satunya adalah Fraktal dan Indikator Alligator yang benar benar berguna dalam trading. Dimana keduanya ini tidak hanya memberikan sinyal untuk mengatur sebuah order yang sangat menguntungkan tapi juga dapat membuat anda belajar dengan cepat mengenai apa itu analisa gelombang dimana analisa ini adalah konsep yang paling mendasar dari beraga sistem trading yang banyak digunakan oleh para trader.

INDIKATOR ALLIGATOR

 

Indikator ini adalah terdiri dari 3 garis seimbang yang dihitung dengan rumus yang sama namun variabel berbeda. Bibir Alligator ditandai dengan warna hijau, rahang Alligator ditandai dengan warna biru dan gigi Alligator ditandai dengan warna merah. Saat ketiga variabel ini tertidur, maka menandakan kalau pasar sedang dalam keadaan flat, namun saat terjadi tren maka akan ditunjukkan dengan rahang yang terbuka dimana kalau harga lebih tinggi dari rahang maka menunjukkan tren yang terjadi saat ini adalah bullish dan saat harga berada lebih rendah dari rahang maka tren yang terjadi saat ini adalah bearish.

Anda harus memantau letak harga dari beberapa time frame karena ini sangat penting untuk dapat menyesuaikan dengan cara trading anda. Jadi sesaat sebelum anda membuka order maka sebaiknya anda menganalisa juga time frame yang lain karena ada kemungkinan dimana tren di grafik 1 jam akan berbeda dengan tren di grafik harian. Ini menandakan bahwa kemungkinan besar akan terjadi kemunduran harga yang sedang kita pantau dalam sehari dan jelas ini adalah waktu yang sangat buruk untuk membuka posisi beli ataupun jual.

INDIKATOR FRAKTAL

 

Setelah membicarakan indikator Alligator, sekarang saatnya membicarakan mengenai sinyal indikator fraktal. Dimana ada 5 seri candle yang dalam tengahnya ada harga tertinggi maksimum dan juga terendah minimum. Apabila fraktal muncul diatas indikator Alligator, maka anda mendapatkan sinyal buy. Sebaliknya jika fraktal muncul dibawah indikator Alligator maka anda mendapatkan sinyal sell.

Namun keadaan terbaik adalah saat ketiga bibir, gigi dan rahang terjalin sempurna, ini adalah tanda bahwa Alligator sedang berada dalam kondisi tidur, dan harga diindikasikan akan segera berlari dari posisinya sekarang.

BERSABARLAH DAN SELALU GUNAKAN STOP LOSS

Saat anda memutuskan untuk masuk ke dalam market maka sebaiknya anda menggunakan pending order, entah itu buy stop ataupun sell stop. Contohnya adalah saat sinyal fraktal untuk buy muncul dan terbentuk sepurna diatas rahang, ini adalah tanda supaya anda melakukan posisi buy di posisi satu poin diatas maksimum candlestick yang berada di tengah. Jika anda mendapati order masuk maka itu adalah pertanda kalau sinyal sudah berhasil mentrigger.

Sudah sangat sering terjadi sebuah situasi dimana harga berada di sekitaran harga yang sudah tercipta dari sebuah keseimbangan, namun harga tidak bergerak lebih tinggi hanya beberapa poin. Keadaan ini disebut Bill Williams sebagai perdagangan yang terjadi di distrik sewa rendah. Anda sudah kehilangan banyak modal, tapi kerugian yang anda dapatkan masih dapat diterima apabila dibandingkan dengan keuntungan yang anda dapatkan saat pergerakan yang sebenarya dimulai, dan disaat ini anda sudah berada di dalam. Dalam kondisi seperti ini cepat atau lambat rahang Alligator akan membuka, dan anda akan mustahil untuk dapat lepas dari kerugian.

Inilah pentingnya untuk menganalisis posisi indikator ini di time frame yang lain sebelum anda memutuskan untuk membuka posisi beli ataupun jual. Selalu sabar dan belajar untuk menunggu, jangan lupa untuk bijaksana dalam menilai sebuah kondisi dan keadaan.

Walapun konsep trading yang diciptakan oleh Bill Williams ini jenius dan terbukti sangat mudah bukan berarti anda bisa meremehkan indikator ini, anda tetap harus membutuhkan latihan supaya anda bisa menganalisa pasar dengan cepat dan bisa menerapkan indikator ini dalam trading anda.

 

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini

*