Menjadi trader sebenarnya adalah hal yang mudah dilakukan, tetapi dengan cara yang benar tentunya. Untuk menjadi trader expert tidak cukup hanya dengan pengetahuan analisa teknis saja. Kebanyakan dari mereka berpikiran bahwa dengan pengetahuan dan berbagai strategi teknis saja sudah cukup untuk meraih keuntungan di bidang trading emas. Hal tersebut tidaklah cukup untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda.

Ada beberapa langkah yang yang harus Anda lakukan selain beberapa hal tersebut di atas. Bukan sesuatu yang sulit untuk dilakukan, yang paling penting hanyalah adanya niat dan kemauan untuk melakukannya. Pada artikel ini mari kita bahas apa saja yang biasa dilakukan oleh trader expert untuk meraih kesuksesannya selain hanya mengandalkan pengetahuan dan analisa teknis.

 1.    Melek Teknologi

Seperti yang Anda tahu bahwa Trading identik dengan teknologi. Teknologi yang digunakan untuk trading pun juga berbagai macam jenis. Maka dari itu seorang trader diwajibkan untuk melek teknologi alias tidak boleh gaptek atau gagap teknologi. Untuk bisa melakukan aktivitias trading setidaknya Anda harus menjalankan beberapa tools dan aplikasi.

Selain menggunakan metatrader, ada juga too tradeworks. Aplikasi ini adalah aplikasi yang sudah biasa digunakan oleh para trader profesional untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat. Layanan ini mampu otomatis menjalankan sistem trading seharian penuh. Tradeworks juga lebih canggih lagi dibandingkan dengan robot trading yang banyak dijual di forum internet. Selain teknologi ada hal penting yang juga perlu Anda untuk perhatikan yaitu Internet. Internet sudah pasti digunakan dalam kasus ini, bagaimana tidak? Tanpa internet bagaimana Anda akan melihat pergerakan harga dan situasi lainnya dalam sebuah chart? Anda hanya akan mendapatkan kerugian yang luar biasa jika melakukannya tanpa koneksi internet yang stabil dan cukup cepat.

 2.    Update Berita Setiap Saat

Anda juga pasti sudah paham bahwa berita akan mempengaruhi trading yang kita lakukan. Apabila data ekonomi rilis atau berita fundamental lainnya keluar, maka hal tersebut akan mempengaruhi pergerakan harga yang terkadang sulit untuk diprediksi ke arah mana pergerakannya. Dengan cara selalu update berita dan mengikuti perkembangan dunia ekonomi global maka Anda bisa dengan mudahuntuk menentukan kemungkinan open posisi yang tepat apakah beli atau jual. Hal ini juga diperlukan kolaborasi mengenai apa saja efek yang ditimbulkan dari berbagai kejadian pada dunia ekonomi global tersebut. Maka dari itu perbanyak pengetahuan Anda soal ekonomi global untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak lagi.

3.    Trading Plan

Trading tanpa perencanaan dan persiapan sama dengan trading maut. Selalu review hasil trading Anda dalam sehari dan bandigkan dengan planing yang sudah Anda buat. Anda harus melakukan trading berdasarkan planing yang sudah Anda buat sebelumnya. Akan menjadi mustahil bahkan bagi trader expert sekalipun bahwa dalam setiap trading selalu mendapatkan profit. Semua trader pemula bahkan trader expert pun akan tetap bisa mengalami apa yang disebut dengan loss. Dengan menggunakan trading plan, Anda bisa mengurangi resiko terhadap kerugian yang lebih besar. Gunakan manajemen keuangan dan stop loss untuk mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan.

4.    Disiplin dan Hemat

Yang dimaksud dengan disiplin dalam hal ini bukanlah Anda yang sering untuk trading, tetapi buatlah komitmen pada diri sendiri bahwah untuk trading akan selalu mengacu pada trading plan. Cobalah setia dengan strategi yang Anda sudah rencanakan dan sudah Anda terapkan. Lihatlah berapa profit yang Anda dapatkan dengan menggunakan cara tersebut. Apabila dirasa dengan cara tersebut profit yang didapatkan masih tergolong kecil atau bahkan loss berkepanjangan, maka Anda perlu untuk mereview kembali trading plan dan strategi yang Anda gunakan. Usahakanlah menjadi seorang trader yang tenang dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan.

5.    Kendalikan Emosi Anda

Yang perlu Anda ingat adalah jangan sampai Anda baper alias terbawa perasaan pada saat trading. Ketika kita mengalami loss dan masih ada saldo tersisa pada akun, biasanya kita lebih memilih untuk kembali membuka pada posisi lain dan menunggu profit itu datang bukan. Hal tersebut akan Anda lakukan sampai dengan saldo Anda habis. Jika Anda sampai melakukan hal seperti ini berarti Anda harus lebih pandai dalam mengendalikan emosi Anda. Tetaplah untuk mejadi trader yang berpikiran jernih. Jika kita emosi bukan pikiran jernih yang kita dapatkan, malah hanya terbawa emosi untuk mengembalikan sejumlah uang yang hilang dan bahkan akan membuat kita semakin kehilangan uang kita di akun. Terima sajakenyataan dan tetap tenang menghadapi berbagai kondisi yang tidak nyaman ini selama trading. Cara trading emas seperti ini sudah banyak diterapkan oleh kebanyakan trader expert dan profesional di luar sana. Maka jangan heran bahwa kebanyakan trader di luar sana selalu mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda.

6.    Move On

Move on tidak hanya berlaku bagi mereka yang sedang putus cinta. Ketika Anda sedang mengalami loss maka segera lah untuk move on dan cari peluang lainnya. Trading hanyalah bagi orang-orang yang berani mengambil resiko dan tidak cengeng. Selalu tanamkan pada diri Anda bahwa kegagalan akan cepat berakhir. Cobalah untuk melihat peluang lain dalam bisnis trading. Bagaimana cara agar bisa merubah kenyataan ini. Apakah strategi yang diterapkan perlu dirubah atau perlu disempurnakan. Daripada hanya meratapi karena telah kehilangan sejumlah modal Anda, lebih baik segera pikirkan cara yang paling tepat untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

7.    Jangan Paksakan Diri Anda

Hal ini sangat erat kaitannya dengan resiko dan manajemen keuangan. Jangan pernah untuk memaksakan diri Anda dengan mentransaksikan seluruh uang Anda yang ada pada Akun, apalagi kondisi keuangan Anda sedang dalam titik rawan. Trading emas memang merupakan permainan yang menantang, tetapi tidak ada peraturan yang mengharuskan setiap pesertanya untuk memaksakan dirinya bertransaksi. Maka dari itu muncullah resiko dan manajemen keuangan yang bertujuan untuk membatasi resiko Anda.

8.    Sabar

Sabar adalah kunci kesuksesan dari seorang trader profesional. Dengan kesabaran, Anda akan dapat berpikir secara jernih. Sabar menunggu kesempatan paling baik untuk mendapatkan keuntungan yang Anda sudah incar. Apabila memang masih belum mendapatkan keuntungan yang diincar atau bahkan loss, maka yang bisa Anda lakukan hanyalah diam bersabar menunggu saat yang tepat untuk memulai kembali trading Anda.

 

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini

*