Sepeti kata pepatah “ kegaglan adalah awal dari kesuksesan”. Pepatah ini hanya berlaku jika orang tersebut mengalami kegagalan sekali dan berusah belajar dari kegagalan tersebut. Namun tidak sedikit orang mengalami kegagalan yang sama bahkan melakukan kesalahan fatal yang berakibat sussahnya dalam mencapai kesuksesan. Mungkin sebagian besar dari kalian merasa seperti ini  terlebih lagi saat melakukan aktifitas trading bitcoin. Perkembangan dunia internet menciptakan jenis mata uang baru yaitu matu uang digital atau cryptocurrency. Bitcoin adalah salah jatu jenis cryptocurrency yang sekarang ini mulai ramai diperbincakangkan sebagai media baru dalam berinvestasi. Dalam menjalankan investasi atau trading bitcoin ini diperluakan kehati – hatian dalam menganalisa agar menghasilkan keuntungan. Namun tidak sedikit trader (sebutan dari orang yang menjalankan trading bitocoin) melakukan kesalahan fatal yang mengakibatkan hilangnya peluang mendapatkan keuntungan. Pada artikel ini akan membahas tentang 6 kesalahan fatal saat melakukan trading bitcoin ( wajib anda hindari).

Ada berberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh para trader bitcoin sehingga membuat mereka harus rela tidak mendapatkan keuntungan bahkan berpeluang mengahasilkan kerugian. Dalam trading bitcoin diperlukan pikiran tenang dan nyaman agar anda dapat berfikir secara jernih sehingga anda menghasilkan analisa yang akurat dan berakhir pada keuntungan finansial. Tidak sedikit trader melakukan trading dengan fikiran yang tidak nyaman dan tenang bahkan melakukan beberapa kesalahan fatal sehingga membuat mereka gagal mendapatkan keuntungan. Berikut ini 6 kesalahan fatal saat melakukan trading bitcoin ( wajib anda hindari )  antara lain:

  1. Melakukan buy saat harga jatuh

Keslahan fatal yang pertama dan sering dilakukan banyak trader adalah melakukan buy  saat harga bitcoin sedang rendah. Faktor ini disebabkan kurangnya kemampuan dalam melakukan analisa teknikal sehingga anda salah dalam menentukan transaksi mau buy or sell.

  1. Mengulangi kesalahan yang sama

Maksud dari mengulangi kesalahan yang sama yaitu jika anda gagal dalam menentukan buy or sell  maka jangnn ulangi cara analisa tersebut gunakan stategi analisa yang lain. Kesalahan inilah yang jarang diasdari oleh trader bitcoin terutama trader pemula. Sebaiknya anda belajar dari kesalahan dan perbaiki skill anda dalam menganalisa pergerakan harga bitcoin sehingga anda lebih sensitif dan responsif dalam menentukan buy or sell secara tepat dan cepat.

  1. Tidak percaya diri

Kesalahan fatal ini juga tidak sedikit dialami oleh para trader yaitu lebih percaya rekomendasi teman atau group dari pada analisa diri sendiri. Ketidakpercayaan diri ini mengakibatkan kemampuan dalam menganalisa pergerakan harga bitcoin menuru sehingga tidak fokus dan alhasil mendapatkan kegagalan atau kerugian. Percaya akan kemampuan diri itu sangat penting karena dengan menumbuhkembangkan percaya diri maka ada semangat dalam berfikir dalam menganalisa pergerkan harga bitcoin secara matang dan tenang. Kondisi ini akan membuat anda menghasilkan pundi – pundi rupiah.

  1. Takut gagal

Kondisi ini seperti halnya tidak percaya diri. Dimana rasa takut gagal berarti anda tidak memiliki kemampuan dalam mengadapi tantangan. Pikiran manusia menentukan apa yang akan dia lakukan. Jika anda takut gagal berarti anda megajak diri anda untuk gagal. Fokus pada peroses dan hindari dari pikiran yang membuat semangat anda menurun. Apabila semangat dalam trading bitcoin menurun maka dipastikan kemampuan analisa anda juga akan menurun. Keadaan seperti ini akan membuka pintu kegagalan anda.

  1. Target profit berlebihan

Kesalahan ini berbanding terbalik dengan takut gagal. Keinginan yang berlebih terkait target profit yang hendak didapatkan juga membuat anda mudah capek. Dalam merencakan target profit harus disesuaikan dengan kemampuan diri. Jika anda memaksakan diri untuk merencakan target profit trading foex berlebihan atau melewati batas kemampuan anda maka anda akan stress bahkan anda tidak mendapatkan untung malah rugi.  Hal ini dikarenakan jika anda stress atau capek maka kemampuan dalam analisa anda menurun sehingga hasil analisa anda tidak akurat dan berdampak pada kegaggalan alias rugi.  Oleh sebab itu sebaiknya anda pasang target profit tidak berlebihan serta sesuaikan dengan kemampuan anda. Jika target profit sudah tercapai berhentilah melakukan trading karena jika anda paksakan maka anda akan mendapatkan kerugian.

  1. Salah memilih tempat trading bticoin

Salah satu keslahan dalam trading bitcoin yang sering dialami trader yaitu tidak bisa membedakan tempat trading bitcoin yang terpercaya. Kesalahan inilah membuat trader harus terus merogoh kocek karena menurut sebagian besar dari mereka semua tempat trading bitcoin itu terpercaya dan tidak mungkin terjadi penipuan. Oleh sebab itu sebaiknya anda perhatikan terlebih dahulu tempat atau situs trading bitcoin yang terpercaya dan memiliki jaminan keamanan dana anda.

Demikianlah penjelasan singkat namun mendalam tentang 6 kesalahan fatal saat melakukan trading bitcoin (wajib anda hidnari). Bagi anda yang sering menjalankan aktifitas trading bitcoin dan masih sering gagal?. Sebaiknya anda pahami kesalahan fatal diatas agar anda dapat terhindar dari kesalahan tersebut dan mulailah bangkit untuk merubah kegaggalan tersebut menjadi kesuksesan. Seperti kata pepatah “ kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda”.

KIRIM KOMENTAR & DISKUSI

Masukkan komentar atau pertanyaan anda
Masukkan nama anda disini

*